Doa Taubat Nabi Adam dan Artinya, Insya Allah Dosa Diampuni

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Begitu pula Nabi Adam AS bersama istrinya yaitu Hawa pernah melanggar perintah Allah SWT. Lalu seperti apa Doa Taubat Nabi Adam kepada Tuhannya untuk memohon agar diampuni dosanya?

Nabi Adam AS dikenal sebagai manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. 

Tujuan dari penciptaan manusia sendiri juga dijelaskan dalam surat Ad-Dzariyat pada ayat 56 sebagaimana firman Allah SWT berikut.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Artinya: “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.”

Manusia dan jin diciptakan oleh Allah dengan tujuan agar menyembah Allah SWT, akan tetapi dalam perjalanannya manusia akan digoda oleh berbagai macam bentuk tipuan dari Iblis dan bala tentaranya yaitu syaithan.

Sebab pada masa penciptaan Nabi Adam, saat Iblis yang sudah dulu diciptakan oleh Allah ratusan ribu tahun lamanya itu mengabdi, pertama kalinya membangkang perintah Allah SWT untuk bersujud kepada Adam karena kesombongannya dan merasa lebih baik daripada Nabi Adam AS.

Lalu seperti apa perjalanan Nabi Adam dan kisah taubat Nabi Adam, dan bacaan doa taubat Nabi Adam AS? Simak terus untuk lanjutannya.

Kisah Taubat Nabi Adam

Doa taubat nabi Adam
Sumber: pexels.com

Mengutip dari buku Bahkan Tuhan Pun Berkurban karya Ustadz Ahmad Rifa’i Rifan, menceritakan kisah taubat Nabi Adam yang dapat menjadi pelajaran bagi anak cucunya.

Saat Nabi Adam menjalani kehidupannya di syurga, suatu ketika  ia mengungkapkan permohonan kepada Allah SWT untuk mendapatkan pendamping hidup di surga. 

Allah SWT mengabulkan keinginannya dan menciptakan Hawa dari tulang rusuk Adam AS.

Nabi Adam bersama istrinya yaitu Hawa mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk tidak mendekati pohon buah khuldi apalagi memakannya.

Iblis yang mengetahui perintah tersebut menjadi tahu akan kelemahan Nabi Adam bersama istrinya.

Dengan tipu daya Iblis yaitu membujuk agar Nabi Adam dan Hawa untuk mendekati pohon khuldi, kemudian bersumpah atas nama Allah SWT sehingga mereka dapat terbujuk untuk melanggar aturan Allah.

Iblis menipu mereka dengan mengatakan bahwa jika memakan buah khuldi akan kekal kehidupannya di syurga.

Setelah Nabi Adam dan Hawa terjerumus mendekati dan memakan buah khuldi, Allah SWT pun mengetahuinya dan mengeluarkan kedua manusia tersebut dari syurga.

Doa Taubat Nabi Adam dan Artinya

Doa taubat nabi Adam
Sumber: pexels.com

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Robbana dholamna Anfusana wa inlam taghfirlanaa wa tarhamnaa lanakunanna minal khosirin”.

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi”.

Dalam tafsir Imam at-Thabari mengatakan bahwa maksud dari kalimat “mendzalimi diri sendiri” yaitu kalimat penyesalan karena sudah melakukan hal yang akan merugikan diri sendiri.

Ibrah yang bisa seorang Muslim ambil yaitu ketika orang melakukan keburukan, berarti ia telah melakukan keburukan yang berdampak kepada dirinya sendiri.

Selain itu, Nabi Adam AS dalam permohonannya meminta agar taubatnya diterima oleh Allah SWT.

Jika Nabi Adam AS dan Hawa tidak akan diampuni mereka tentu akan menjadi hamba yang merugi dan hina dihadapan Allah SWT.

Para Muslim dan Muslimah tentunya dapat mengamalkan bacaan doa taubat Nabi Adam tersebut untuk segala dosa.

Kemudian doa berikut juga menjadi salah satu bentuk permohonan atas penyesalannya terhadap perbuatan dosa dan memohon ampunan untuk bertaubat.

Taubat Nabi Adam Diterima

Doa taubat nabi Adam
Sumber: pexels.com

Adam AS dan Hawa kemudian turun ke bumi dan berpisah selama ribuan tahun lamanya.

Kala itu, Nabi Adam AS sangat terpukul dan menyesal segera menyadari kesalahan yang telah diperbuatnya.

Dengan rasa malu kepada Tuhannya, Nabi Adam AS dalam waktu lama meminta ampun kepada Allah SWT.

Dalam buku tersebut diceritakan, Nabi Adam AS bertaubat selama 300 tahun lamanya dengan memanjatkan doa taubat Nabi Adam.

Pada tanggal 1 Zulhijjah, akhirnya Allah SWT mengabulkan doa taubat Nabi Adam tersebut.

Dalam surat Al Baqarah ayat 37 mengisahkan tentang Nabi Adam, disebutkan bahwa:

فَتَلَقّٰٓى اٰدَمُ مِنْ رَّبِّهٖ كَلِمٰتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ ۗ اِنَّهٗ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Artinya: “Kemudian, Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, lalu Dia pun menerima taubatnya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”

Ketika diusir dari surga dan jatuh ke bumi, beliau mendatangi Ka’bah dan shalat dua rakaat, kemudian berdoa, dalam untaian doa yang indah :

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ سِرِّيْ وَعَلاَنِيَتِيْ فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِيْ، وَتَعْلَمُ حَاجَتِيْ فَأَعْطَنِيْ سُؤْلِيْ، وَتَعْلَمُ مَا فِيْ نَفْسِيْ فَاغْفِرْلِيْ ذَنْبِيْ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ إِيْمَانًا دَائِمًا يُبَاشِرُ قَلْبِيْ، وَأَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمَ أَنَّهُ لَنْ يُصِيْبَنِيْ إِلاَّ مَا كَتَبْتَهُ عَلَيَّ، وَالرِّضَا بِمَا قَسَمْتَهُ لِيْ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ.

Artinya : “Ya Allah, sungguh Engkau tahu apa yang tersembunyi dan tampak dariku, karena itu terimalah penyesalanku. Engkau tahu kebutuhanku, maka kabulkanlah permintaanku. Engkau tahu apa yang ada dalam diriku, maka ampunilah dosaku. Ya Allah sungguh aku memohon kepada-Mu iman yang menyentuh kalbuku dan keyakinan yang benar sehingga aku tahu bahwa tidak akan menimpaku kecuali telah Engkau tetapkan atasku. Ya Allah berikanlah rasa rela terhadap apa yang Engkau beri untuk diriku.”

Kemudian Allah pun menjawab doa Nabi Adam:

“Hai Adam, Aku telah terima taubatmu dan telah Aku ampuni dosamu. Tidak ada seorangpun di antara keturunanmu yang berdoa dengan doa sepertimu kecuali Aku ampuni dosa-dosanya, Aku angkat kesedihan dan kesulitannya, Aku cabut kefakiran dari dirinya, Aku niagakan dia melebihi perniagaan semua saudagar, Aku tundukkan dunia di hadapannya meskipun dia tidak menghendakinya.”

Doa yang dipanjatkan oleh Nabi Adam kemudian diabadikan dalam Al-Quran serta menjadi doa kaum muslimin hingga sekarang.

Demikianlah penjelasan doa taubat Nabi Adam, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi doa-doa Islam.

Sebagai amal kebaikan jangan lupa untuk share link artikel berikut atau klik tombol media sosial di bawah ini kepada orang-orang terdekat Anda yang membutuhkannya.

Mau punya penghasilan tambahan dengan bisnis online yang mudah tanpa modal? Yuk coba platform reseller & dropship Evermos sekarang juga!

Raih komisi penghasilan hingga 35% per produknya, daftar secara GRATIS dengan klik tombol daftar di bawah berikut.

DAFTAR DISINI SEKARANG

×