Doa Taubat Nabi Adam dan Artinya Ketika Melanggar Perintah Allah, Amalkan untuk Menghapus Dosa!

Sebagai umat Muslim, pasti kita pernah mendengar kisah Nabi Adam sebagai manusia pertama yang turun ke bumi karena melanggar perintah Allah SWT di Surga. Nabi Adam kemudian memohon ampunan pada Allah atas kesalahannya. Seperti apa doa taubat Nabi Adam?

Simak ulasan mengenai kisah taubatnya Nabi Adam dan doa yang beliau panjatkan untuk memohon ampun atas dosa yang telah beliau perbuat kepada Allah SWT. Sebagai umat Muslim, kita juga bisa mengamalkan doa taubat Nabi Adam lho!

Kisah Taubatnya Nabi Adam dan Dikeluarkan dari Surga 

doa taubat nabi adam
Sumber: pexels.com

Mengutip dari buku Bahkan Tuhan Pun Berkurban karya Ustadz Ahmad Rifa’i Rifan, menceritakan kisah taubat Nabi Adam yang dapat menjadi pelajaran bagi anak cucunya.

Saat Nabi Adam menjalani kehidupannya di syurga, suatu ketika ia mengungkapkan permohonan kepada Allah SWT untuk mendapatkan pendamping hidup di surga. Allah SWT mengabulkan keinginannya dan menciptakan Hawa dari tulang rusuk Adam AS.

Nabi Adam bersama istrinya yaitu Hawa mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk tidak mendekati pohon buah khuldi apalagi memakannya. Namun, Iblis yang mengetahui perintah tersebut menjadi tahu akan kelemahan Nabi Adam bersama istrinya.

Iblispun menipu dan membujuk agar Nabi Adam dan Hawa untuk mendekati pohon khuldi. Kemudian bersumpah atas nama Allah SWT sehingga mereka dapat terbujuk untuk melanggar aturan Allah.

Iblis menipu mereka dengan mengatakan bahwa jika memakan buah khuldi akan kekal kehidupannya di syurga. Setelah Nabi Adam dan Hawa terjerumus mendekati dan memakan buah khuldi, Allah SWT pun mengetahuinya dan mengeluarkan kedua manusia tersebut dari syurga.

Dalil Tentang Kisah Nabi Adam yang Melanggar Perintah Allah

Meskipun Allah mengangkat Nabi Adam sebagai seorang “Nabi”, namun Nabi Adam tetaplah manusia yang memiliki kegoyahan ketika iblis menghasut hal-hal buruk. Bahkan, kisah hasutan iblis ini juga tercantum di dalam Al-Quran surat Al-A’raf ayat 20,

فَوَسْوَسَ لَهُمَا الشَّيْطٰنُ لِيُبْدِيَ لَهُمَا مَا وٗرِيَ عَنْهُمَا مِنْ سَوْءٰتِهِمَا وَقَالَ مَا نَهٰىكُمَا رَبُّكُمَا عَنْ هٰذِهِ الشَّجَرَةِ اِلَّآ اَنْ تَكُوْنَا مَلَكَيْنِ اَوْ تَكُوْنَا مِنَ الْخٰلِدِيْنَ



Artinya: “Maka, setan membisikkan (pikiran jahat) kepada keduanya yang berakibat tampak pada keduanya sesuatu yang tertutup dari aurat keduanya. Ia (setan) berkata, “Tuhanmu tidak melarang kamu berdua untuk mendekati pohon ini, kecuali (karena Dia tidak senang) kamu berdua menjadi malaikat atau kamu berdua termasuk orang-orang yang kekal (dalam surga).

Begitulah Al-Quran menceritakan kisah Nabi Adam dan Hawa yang kemudian Allah turunkan ke bumi.

Doa Taubat Nabi Adam dan Artinya

doa taubat nabi adam
Sumber: pexels.com

Ketika Allah menurunkan Nabi Adam ke bumi, pastinya tidak ada nikmat bumi yang sebanding dengan Surga. Dengan rasa bersalah yang teramat dalam, Nabi Adam kemudian bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Berikut adalah doa Nabi Adam saat bertaubat,

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

robbana dholamna anfusana wa illam taghfirlana wa tarhamnaa lanakunanna minal khosirin”.

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi”.

Dalam tafsir Imam at-Thabari mengatakan bahwa maksud dari kalimat “mendzalimi diri sendiri” yaitu kalimat penyesalan karena sudah melakukan hal yang akan merugikan diri sendiri.

Ibrah yang bisa seorang Muslim ambil yaitu ketika orang melakukan keburukan. Berarti ia telah melakukan keburukan yang berdampak kepadanya. 

Selain itu, Nabi Adam AS dalam permohonannya melalui meminta agar taubatnya Allah SWT terima. Sebab, jika Nabi Adam AS dan Hawa tidak diampuni, maka mereka tentu akan menjadi hamba yang merugi dan hina di hadapan Allah SWT.

Para Muslim dan Muslimah tentunya dapat mengamalkan bacaan doa taubat Nabi Adam tersebut untuk segala dosa. Selain itu, Anda juga dalam mengamalkan doa agar terhindar dari bahaya dan godaan iblis agar senantiasa berada di jalan yang benar. 

Allah Menerima Doa Nabi Adam Memohon Ampunan

Setelah mendapatkan hukuman dari Allah SWT, Nabi Adam AS dan Hawa kemudian turun ke bumi dan berpisah selama ribuan tahun lamanya.

Kala itu, Nabi Adam AS sangat terpukul dan menyesal segera menyadari kesalahan yang telah ia perbuat. Dengan rasa malu kepada Tuhannya, Nabi Adam AS dalam waktu lama meminta ampun kepada Allah SWT.

Nabi Adam AS bertaubat selama 300 tahun lamanya dengan memanjatkan doa taubat Nabi Adam. Kemudian, pada bulan Muharram, akhirnya Allah SWT mengabulkan doa taubat Nabi Adam tersebut.

Kisah Allah menerima do’a Nabi Adam untuk bertaubat tersebut juga terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 37,

فَتَلَقّٰٓى اٰدَمُ مِنْ رَّبِّهٖ كَلِمٰتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ ۗ اِنَّهٗ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Artinya: “Kemudian, Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, lalu Dia pun menerima taubatnya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”

Doa Nabi Adam Mohon Ampun Kepada Saat di Ka’bah 

doa taubat nabi adam
Sumber: pexels.com

Ketika Allah mengusir beliau dari surga dan jatuh ke bumi, beliau mendatangi Ka’bah dan shalat dua rakaat, kemudian berdoa, dalam untaian doa yang indah :

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ سِرِّيْ وَعَلاَنِيَتِيْ فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِيْ، وَتَعْلَمُ حَاجَتِيْ فَأَعْطَنِيْ سُؤْلِيْ، وَتَعْلَمُ مَا فِيْ نَفْسِيْ فَاغْفِرْلِيْ ذَنْبِيْ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ إِيْمَانًا دَائِمًا يُبَاشِرُ قَلْبِيْ، وَأَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمَ أَنَّهُ لَنْ يُصِيْبَنِيْ إِلاَّ مَا كَتَبْتَهُ عَلَيَّ، وَالرِّضَا بِمَا قَسَمْتَهُ لِيْ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ.

Artinya : “Ya Allah, sungguh Engkau tahu apa yang tersembunyi dan tampak dariku, karena itu terimalah penyesalanku. Engkau tahu kebutuhanku, maka kabulkanlah permintaanku. Engkau tahu apa yang ada dalam diriku, maka ampunilah dosaku. Ya Allah sungguh aku memohon kepada-Mu iman yang menyentuh kalbuku dan keyakinan yang benar. Sehingga aku tahu bahwa tidak akan menimpaku kecuali telah Engkau tetapkan atasku. Ya Allah berikanlah rasa rela terhadap apa yang Engkau beri untuk diriku.”

Kemudian Allah pun menjawab doa Nabi Adam:

“Hai Adam, Aku telah terima taubatmu dan telah Aku ampuni dosamu. Tidak ada seorangpun di antara keturunanmu yang berdoa dengan doa sepertimu kecuali Aku ampuni dosa-dosanya, Aku angkat kesedihan dan kesulitannya, Aku cabut kefakiran dari dirinya, Aku niagakan dia melebihi perniagaan semua saudagar, Aku tundukkan dunia di hadapannya meskipun dia tidak menghendakinya.”

Doa yang Nabi Adam panjatkan kemudian tercantum dalam Al-Quran serta menjadi doa kaum muslimin hingga sekarang.

Selain bacaan di atas, Anda juga dapat menonton tayangan mengenai doa taubat nabi Adam berikut ini.

Demikianlah penjelasan doa taubat Nabi Adam, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi doa-doa Islam.

Sebagai amal kebaikan jangan lupa untuk share link artikel berikut atau klik tombol media sosial di bawah ini kepada orang-orang terdekat Anda yang membutuhkannya.

Mau punya penghasilan tambahan dengan bisnis online yang mudah tanpa modal? Yuk coba platform reseller & dropship Evermos sekarang juga!

Raih komisi penghasilan hingga 35% per produknya, daftar secara GRATIS dengan klik tombol daftar di bawah berikut.

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)