Doa 1 Muharram dan Artinya Agar Dapat Limpahan Rahmat

Bulan Muharram diperingati sebagai bulan pertama dalam Islam atau disebut sebagai Tahun Baru Islam. Umat Muslim akan merayakan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah Insya Allah pada tanggal 19 Juli 2023 mendatang. Sudah menjadi ketetapan bagi umat Muslim untuk menyambut sukacita dan membacakan Doa 1 Muharram. 

Momen tahun baru Islam menjadi momen yang paling penting bagi seluruh umat Muslim yang ada di belahan dunia.

Meski, dalam keseharian saat ini masih menggunakan kalender Masehi dan bukan Hijriah, bukan berarti sistem penanggalan dalam kalender Islam serupa.

Sejarah Tahun Baru Hijriah atau Islam

Doa 1 Muharram
Sumber: unsplash.com

Sistem penanggalan tahun baru hijriah ternyata sudah ada sejak zaman kekhalifahan Sahabat Rasulullah SAW silam.

Artinya, sudah sejak 1444 tahun silam penanggalan Islam tersebut ada dan masih diakui hingga saat ini.

Adanya tahun baru Islam atau tahun baru Hijriah dilatarbelakangi oleh para kesepakatan Sahabat Rasulullah SAW.

Pada Tahun 622 Masehi, Khalifah Umar bin Khattab memprakarsai persoalan sistem penanggalan hari.

Dan mendapat persetujuan dari  Utsman Bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.

Penetapan awal tahun baru Islam merujuk pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Makkah ke Madinah.

Makna Tahun Baru Hijriyah antara lain sebagai pengingat bagi Umat Muslim dan awal tahun baru bagi umat Muslim.

Peristiwa hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW sebagai bentuk strategi dalam misi dakwah dan menanggapi situasi kondisi yang tidak kondusif dari masyarakat Mekkah setempat.

Kata hijrah sendiri secara bahasa artinya adalah berpindah tempat, secara makna yaitu meninggalkan hal yang buruk ke hal yang lebih baik. 

Sehingga, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan hijrah atau perbaikan, meninggalkan perbuatan buruk kepada perbuatan yang baik dan terus menerus.

Doa Awal Tahun 1 Muharram

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَىَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِى وَدَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَا ئَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعَ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Wa shalallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allahumma antal-abadiyyul-qodimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-‘azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junudihi walauna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammarah bis-suu’i wal-isytighal bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram ya arhamar-rahimin, wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi wa shahbihii wa sallam.

Artinya: “Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW serta keluarga dan sahabatnya. 

Ya Allah, Engkaulah Yang Maha Abadi, Dahulu, lagi Awal. 

Dan, hanya kepada anugerah-Mu yang agung dan kedermawanan-Mu yang menjadi tempat bergantung. 

Dan, inilah tahun baru yang benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, pembantu-pembantunya, dan bala tentaranya. 

Dan, kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan, dan agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan, wahai Dzat Yang Maha Pengasih di antara mereka yang mengasihi. 

Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW serta keluarga dan sahabatnya.”

Doa 1 Muharram dan Artinya

Berikut di bawah ini adalah doa 1 Muharram versi lainnya,

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allahumma ma ‘amiltu min ‘amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha ‘alayya bi fadhlika ba’da qudratika ‘ala ‘uqubati, wa da’autani ilat taubati min ba’di jara’ati ‘ala ma’shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirlî wa ma ‘amiltu fiha mimma tardha, wa wa’attani ‘alaihits tsawaba, fa’as’aluka an tataqabbala minni wa la taqtha’ raja’i minka ya karim.

Artinya: “Ya Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini termasuk yang Engkau larang sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Engkau maklumi karena kemurahanMu sementara Engkau mampu menyiksaku,

dan perbuatan (dosa) yang Engkau perintahkan untuk tobat sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakaiMu. 

Karenanya aku memohon ampun kepadaMu, ampunilah aku. 

Ya Tuhanku, aku berharap Engkau menerima perbuatanku yang Engkau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahalaMu. 

Janganlah pupuskan harapanku, wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Kedua doa tersebut dapat dibacakan pada Bulan Muharram, baik doa pertama dapat diamalkan saat awal bulan Muharram.

Sedangkan doa kedua dapat kita panjatkan menjelang akhir tahun Islam sebelum memasuki Bulan Muharram.

Itulah penjelasan mengenai Doa 1 Muharram, semoga dapat bermanfaat.

Hadapi awal tahun Islam dengan sikap hijrah yaitu senantiasa membersihkan diri dari perbuatan yang buruk dan berpindah ke arah lebih baik lagi.

Share link artikel berikut kepada orang-orang terdekat yang membutuhkannya.

Selain berdoa, untuk mendapatkan rezeki tentunya bisa ditempuh melalui pengorbanan dan ikhtiar. Yakin sudah ikhtiar maksimal? Saat ini jualan online semakin mudah dengan menggunakan platform social commerce Evermos.

Tanpa perlu modal, alias pendaftaran GRATIS, reseller bisa menikmati komisi penghasilan hingga 35% per produknya.

Yuk, gabung sekarang juga dengan melakukan pendaftaran di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

×