Inilah 10 Amalan 10 Muharram yang Harus Dikerjakan!

Amalan 10 Muharram – Bulan Muharram adalah salah satu bulan di Kalender Islam atau tahun Hijriyah yang sangat mulia. Oleh karena itu Anda dianjurkan untuk tidak melewatkan amalan 10 Muharram karena sangat banyak kebajikan di dalamnya.

Apa saja amalan yang harus dilakukan di bulan Muharram? Tentu sangat banyak, namun pada artikel ini akan dijelaskan 8 amalan 10 Muharram yang harus Anda lakukan.

Penasaran apa saja amalan yang dianjurkan untuk dilakukan? Simak penjelasannya berikut ini.

Dalil yang Menjelaskan Tentang Amalan 10 Muharram

Amalan 10 Muharram
Sumber: google.com/bersosial

Sebelum lebih jauh membahas tentang amalan 10 Muharram, berikut adalah dalil yang menjelaskan tentang amalan di bulan Muharram.

Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah:

Abu Qatadah R.A menerangkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Berpuasa pada hari Asyura’ sesungguhnya aku mengharapkan kepada Allah supaya ia dapat menghapuskan dosa-dosa setahun sebelumnya.” (HR. Ibnu Majah).

Hadits ini menjelaskan bahwa banyak sekali amalan yang harus Anda kerjakan pada bulan Muharram.

Oleh karena itu, jika datang bulan Muharram maka jangan lewatkan kesempatan apalagi mengacuhkannya begitu saja.

10 Amalan 10 Muharram yang Dianjurkan untuk Dikerjakan

Amalan 10 Muharram
Sumber: google.com/bersosial

Berikut adalah 10 amalan 10 Muharram:

1. Mengerjakan puasa sunnah

Menjalankan ibadah puasa sunnah sangat dianjurkan dilakukan pada tanggal-tanggal tertentu, misal pada tanggal 9 Muharram yang disunnahkan berpuasa Tasu’a sebagaimana Rasulullah SAW meniatkan diri untuk melaksanakan puasa tersebut.

Lalu dilanjutkan di tanggal 10 Muharram juga dianjurkan berpuasa sunnah Asyura yang mana diyakini dosa selama satu tahun ke belakang akan dihapuskan jika menjalankannya.

2. Membagikan harta kepada keluarga dan istri

Dianjurkan untuk memberikan atau menyisihkan sedikit harta yang dimiliki untuk keluarga dan juga istri agar dilapangkan rezeki setiap tahunnya bagi orang yang memberikan harta tersebut. 

Membagikan harta dapat dilakukan dengan cara berbelanja makanan atau kebutuhan lain melebihi dari hari biasanya dan sekaligus menggembirakan hati keluarga.

Dalam hadist Rasulullah SAW juga menjelaskan, “Dan berikan kelonggaran harta kepada Keluargamu di hari Asyura, sebab orang yang memberikan kelonggaran harta kepada Istri dan Keluarganya di hari Asyura, maka Allah akan melonggarkan rizkinya orang tersebut setiap tahun.”

3. Mawas diri

Dengan introspeksi di waktu yang tepat dan dimuliakan seperti tanggal 10 Muharram, membantu seseorang menjadi lebih mengenal dirinya dan semakin dekat dengan sang pencipta. Sesungguhnya, manusia diciptakan untuk mengabdi kepada Allah SWT.

Berintrospeksi juga akan menjadikan seseorang lebih baik dari sebelumnya. Dalam Ibnu Mas’ud RA, menjelaskan tentang introspeksi diri bahwa, 

“Tidak ada penyesalan selain saat matahari sudah tenggelam, kemudian hidup berkurang dan amal tidak juga bertambah.”

4. Berziarah makam kyai atau alim ulama

Kegiatan ziarah ke makam kyai atau ulama akan membuat hati sebagian orang akan menjadi lebih tentram. 

Anda juga bisa mengunjungi alim ulama atau kyai yang masih hidup dengan penuh sukacita.

5. Melakukan shalat sunnah

Menjalankan sholat sunnah empat rakaat, menjadi amalan 10 Muharram yang dapat dilakukan. 

Pelaksanaannya dilakukan di malam menuju tanggal 10 Muharram dan setiap rakaat dibaca Al-Fatihah serta surat Al-Ikhlas sebanyak 51 kali.

Rasulullah pernah bersabda, “Bahwa siapapun yang melakukan shalat empat rakaat di malam 10 Muharram dengan membaca surat Al Fatihah sebanyak satu kali dan surat Al-Ikhlas sebanyak 51 kali, Allah Akan memudahkan rezekinya.”

6. Menyayangi orang miskin

Kegiatan memuliakan fakir miskin memang dapat dilakukan kapanpun. Namun akan lebih afdhol dan dilipatgandakan pahala Anda jika dapat melakukannya juga di bulan Muharram. 

Amalan ini juga menjadi salah satu amalan di tanggal 10 Muharram yang diyakini nantinya akan dilapangkan kuburnya bagi hamba yang memuliakan fakir miskin tersebut.

7. Membaca dzikir dan doa Asyura

Membaca dzikir dan doa hingga 70 kali akan menjadi sebuah amalan mulia di malam 10 Muharram.

Waktu yang dianjurkan untuk membaca doa tersebut adalah setelah sholat Maghrib, dengan khusuk dan benar-benar ikhlas karena Allah SWT.

8. Bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW

Membaca shalawat untuk Nabi Muhammad SAW, juga menjadi salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada tanggal 10 Muharram. 

Dapat dilakukan selepas melaksanakan shalat wajib, sebelum dan sesudah berdoa, dan waktu-waktu mustajab lainnya.

9. Memotong kuku

Memotong kuku juga menjadi bagian dari amalan 10 Muharram. Bisa sejalan dilakukan dengan memakai celak, supaya tubuh menjadi bersih dan rapi. Selain itu, juga menjadi bagian dari kesehatan bagian kaki dan tangan.

Siapapun yang memotong kuku pada hari Asyura 10 Muharram akan mendapatkan berkah tak terhingga dari Allah SWT.

10. Bertaubat dan mengajak orang bertaubat

Memang tidak mudah untuk mengajak orang lain bertaubat, namun setidaknya banyak jalan untuk mulai melakukannya. 

Seperti, memberikan contoh-contoh positif kepada orang yang tersesat dan belum mendapatkan hidayah dari Allah SWT.

Berbagai langkah mengajak ini, diniatkan sebagai ibadah supaya menjadi amalan baik di hari yang baik.

Demikianlah pembehasan tentang amalan 10 Muharram yang dianjurkan untuk dikerjakan. Semoga bermanfaat!

Terus kunjungi situs Blog Evermos untuk membaca artikel islami lainnya. Semoga bermanfaat.

Jika Anda ingin mendapatkan uang tanpa harus mengeluarkan modal, mudah saja. Yuk gabung jadi reseller Evermos dan dapatkan jutaan rupiah setiap bulannya.

×