Catat! Ini Dia Cara Jualan Sembako Online Tanpa Modal, Praktis dan Menguntungkan

Perkembangan teknologi digital saat ini memang terbukti sangat berdampak kepada kemudahan dalam berbisnis. Percayakah Anda bahwa saat ini Anda bahkan bisa bisnis jualan sembako online tanpa modal? 

Berbisnis sembako online memang telah menjadi tren populer di Indonesia sejak pertumbuhan e-commerce dan media sosial. 

Apabila Anda sedang mencari informasi dan cara bisnis online sembako tanpa perlu modal yang banyak, simak artikel berikut ini untuk tahu jawabannya. 

Baca juga: Kiat Sukses Berbisnis Menjadi Supplier Sembako Bagi Pemula

Apa itu Jualan Sembako Online Tanpa Modal?

jualan sembako online tanpa modal
Sumber: freepik.com

Sembako atau kepanjangan dari sembilan bahan pokok, merupakan kebutuhan dasar yang selalu dicari masyarakat. Sembilan bahan pokok tersebut meliputi beras, gula, minyak goreng, garam, telur, daging, susu, tepung, hingga bahan makanan lainnya. 

Karena terdiri dari berbagai bahan pokok yang pasti dibutuhkan setiap rumah tangga, sembako menjadi bisnis yang tidak pernah sepi pembeli. 

Namun untuk berjualan sembako secara konvensional di toko atau warung, Anda membutuhkan modal yang cukup besar untuk menyediakan barang-barang tersebut. 

Belum lagi biaya sewa tempat, listrik, karyawan, dan lain-lain. Bagaimana jika Anda tidak memiliki modal yang cukup untuk berjualan sembako?

Tenang saja, Anda masih bisa berjualan sembako online tanpa modal. Ya, Anda tidak salah baca. Anda bisa menjual sembako secara online tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. 

Jualan sembako online tanpa modal merupakan bisnis yang mana Anda menjual berbagai kebutuhan dasar sembako namun secara online dan tidak memerlukan modal awal ataupun hanya perlu modal kecil. 

Bagaimana caranya? Simak tips berikut ini.

Baca juga: 11 Ide Desain Toko Sembako Modern yang Bikin Pelanggan Betah

3 Cara Jitu Jualan Sembako Online Tanpa Modal

Jualan Sembako Online Tanpa Modal
Sumber: freepik.com

1. Jualan Sembako Online Tanpa Modal Sebagai Reseller

Anda bisa mencari distributor atau supplier sembako yang terpercaya dan menawarkan diri untuk menjadi agen atau reseller mereka.

Dengan menjadi agen atau reseller, Anda bisa mendapatkan barang sembako dari distributor atau supplier dengan harga lebih murah daripada harga pasar. 

Anda juga bisa mengambil barang secara kredit atau tempo, yaitu membayar barang setelah laku terjual. Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang sembako terlebih dahulu. 

Anda hanya perlu membayar barang setelah Anda menjualnya kepada pembeli. Tentu saja, Anda harus memiliki kejujuran dan tanggung jawab untuk membayar barang tepat waktu sesuai kesepakatan. 

Penjualan dari barang sembako tersebut dapat Anda lakukan dengan membuat toko online di marketplace seperti Shopee dan Lazada, atau di media sosial. 

2. Menjual Sembako Dengan Sistem Pre-Order 

Cara kedua untuk jadi agen usaha tanpa modal bisnis sembako adalah dengan menjual sembako secara pre-order atau pesanan terlebih dahulu. Dengan cara ini, Anda tidak perlu menyediakan stok barang di rumah atau gudang Anda. 

Anda hanya perlu menyiapkan katalog produk yang bisa Anda dapatkan dari distributor atau supplier sembako. Anda bisa menawarkan produk-produk sembako tersebut kepada calon pembeli melalui media sosial, website, aplikasi chat, atau marketplace

Jangan lupa untuk memberikan informasi mengenai nama produk, harga, berat, masa kadaluarsa, dan informasi penting lainnya. Selain itu, memberikan diskon atau promo dapat menarik minat target pelanggan. 

Misalnya, gratis ongkir untuk pembelian minimal sekian rupiah, bonus produk tertentu untuk pembelian minimal sekian item, potongan harga untuk pembelian dalam jumlah besar, dan lain-lain.

Jika ada pembeli yang tertarik untuk membeli produk sembako dari Anda, maka Anda bisa meminta mereka untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu dengan cara transfer uang ke rekening Anda sejumlah harga produk plus ongkos kirim.


Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Category Apa yang Paling Anda Sukai?

Setelah uang masuk ke rekening Anda, maka Anda bisa memesan barang tersebut kepada distributor atau supplier sembako sesuai dengan pesanan pembeli. 

Kemudian, Anda bisa mengirimkan barang tersebut kepada pembeli melalui jasa pengiriman yang sudah disepakati.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang terlebih dahulu. Modal yang Anda gunakan adalah uang dari pembeli yang sudah transfer ke rekening Anda. Selisih antara harga jual dan harga beli adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

3. Jualan Sembako Online Tanpa Modal Dengan Sistem Dropship

Cara ketiga untuk jualan sembako online tanpa modal adalah dengan menjual sembako secara dropship. Dropship adalah sistem penjualan online di mana Anda tidak perlu menyediakan stok barang di rumah atau gudang Anda. 

Sistem ini mirip dengan cara kedua di atas yaitu sistem pre-order, namun pembedanya adalah ketika pada sistem pre-order ada proses transaksi langsung antara Anda dan pelanggan. 

Sedangkan pada sistem dropship, Anda hanya bertugas sebagai perantara pelanggan dan supplier. Sehingga, Anda hanya perlu menawarkan produk-produk dari distributor atau supplier sembako kepada calon pembeli. 

Jika ada pembeli yang tertarik untuk membeli produk sembako dari Anda, maka Anda bisa memesan barang tersebut kepada distributor atau supplier sembako sesuai dengan pesanan pembeli. 

Kemudian, distributor atau supplier sembako akan mengirimkan barang tersebut langsung kepada pembeli atas nama Anda sebagai penjual.

Baca juga: Yuk Jadi Reseller Sembako? Dropship & Reseller Produk Sembako Terlaris di Evermos

Tips Agar Jualan Sembako Online Tanpa Modal Sukses dan Laris Manis

jualan sembako online tanpa modal
Sumber: freepik.com

Meskipun bisnis sembako online tidak perlu modal awal, namun tantangan yang harus dihadapi juga sulit dan harus semaksimal mungkin. Sebab produk yang akan Anda jual bukan produk yang Anda stok sendiri, melainkan melalui distributor. 

Berikut beberapa tips agar usaha sembako online yang Anda jalankan bisa sukses dan laris manis. 

1. Kualitas Produk yang Unggul

Pastikan Anda menyediakan produk sembako berkualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Pilihlah distributor atau supplier yang dapat menyediakan produk dengan kualitas yang terjamin.

2. Kreatif dalam Pemasaran

Gunakan strategi pemasaran yang kreatif untuk menarik minat pelanggan. Buatlah konten menarik di media sosial, berikan promosi atau diskon khusus, atau tawarkan paket produk yang menarik.

3. Layanan Pelanggan yang Baik

Prioritaskan pelayanan pelanggan yang baik. Tanggapi pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan cepat, berikan informasi yang jelas dan akurat, serta berikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan.

4. Manfaatkan Media Sosial

Gunakan media sosial sebagai alat utama untuk mempromosikan produk sembako Anda. Buatlah akun bisnis yang menarik di platform seperti Facebook, Instagram, atau Twitter, dan gunakan fitur-fitur yang ada untuk memperluas jangkauan pasar Anda.

5. Jaga Ketersediaan Produk

Pastikan Anda memiliki stok yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan. Manfaatkan sistem inventaris yang baik untuk mengelola persediaan barang dengan efisien.

6. Berikan Keunikan pada Produk 

Cari keunikan atau nilai tambah pada produk sembako Anda. Misalnya, produk lokal atau organik yang sulit ditemukan di tempat lain. Hal ini akan membuat pelanggan tertarik dan membedakan Anda dari pesaing.

7. Berinteraksi dengan Komunitas

Bergabunglah dengan komunitas online yang terkait dengan sembako atau bisnis online. Berinteraksi dengan sesama pelaku usaha dapat memberikan wawasan dan peluang baru.

8. Evaluasi dan Tingkatkan

Lakukan evaluasi secara rutin terhadap kinerja bisnis Anda. Tinjau strategi pemasaran, evaluasi keuntungan dan kerugian, dan terus tingkatkan layanan dan kualitas produk Anda.

Ini Dia Platform Online untuk Usaha Sembako Online Tanpa Modal 

Jika Anda ingin menjalankan usaha sembako online tanpa modal, Anda membutuhkan platform online yang bisa membantu Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis Anda. Salah satu platform online yang bisa Anda gunakan adalah Evermos.

Evermos adalah aplikasi dropshipper dan reseller online yang menyediakan berbagai macam produk berkualitas dan halal, termasuk produk sembako. Dengan Evermos, Anda bisa menjadi dropshipper dan reseller sembako tanpa modal, tanpa stok, dan tanpa repot.

Keuntungan menggunakan platform ini adalah Anda tidak perlu repot mencari dan mengurus stok barang secara mandiri. Evermos akan menyediakan stok barang yang siap untuk Anda jual. 

Anda hanya perlu mempromosikan produk melalui aplikasi ini dan mengelola transaksi dengan pelanggan. Evermos juga menyediakan sistem pembayaran yang aman dan pengiriman yang terpercaya.

Melalui aplikasi Evermos, Anda dapat dengan mudah mengelola toko online Anda, memperoleh akses ke berbagai produk sembako berkualitas, serta mendapatkan dukungan dan bimbingan dari tim Evermos. 

Dengan demikian, Anda dapat fokus pada strategi pemasaran dan pelayanan pelanggan tanpa harus khawatir tentang logistik dan stok barang.

Aplikasi ini memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin terjun ke dunia bisnis sembako online tanpa harus mengeluarkan modal awal yang besar. Apabila Anda tertarik Anda dapat mendaftarkan sebagai dropshipper secara gratis sekarang. 

Semoga jualan sembako online Anda sukses dan mendapatkan keuntungan besar!