Jokowi Serukan Benci Produk Asing dan Cintai Produk Lokal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat Indonesia untuk membenci produk luar negeri. Beliau meminta masyarakat untuk mencintai produk lokal.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh pembantunya untuk melakukan kampanye benci produk asing dan mendorong masyarakat agar masyarakat lebih mencintai produk dalam negeri. Pernyataan itu beliau sampaikan saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021 di Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Dalam pernyataannya, Jokowi mengungkapkan, pemerintah harus menjaga pasar dalam negeri supaya tidak dikuasai oleh produk asing. Untuk itu, Ia meminta selain menggaungkan Bangga Buatan Indonesia, harus ada juga kampanye benci produk asing.

“Cinta produk kita sendiri, harus terus digaungkan.Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri. Bukan hanya cinta, tapi benci. Cinta barang kita, benci produk dari luar negeri,” tambah Jokowi.

Dia mengaku senang perdagangan Indonesia 2020 bisa surplus. Namun, Ia berharap, surplus tersebut bisa terjadi bukan karena bahan baku dan penolong turun, melainkan barang konsumsi yang turun.

Melansir dari Sindonews.com, setidaknya ada beberapa fakta mengenai alasan mengapa Jokowi serukan membenci produk asing. Simak ulasannya hingga tuntas!

Alasan Mengapa Presiden RI Menyerukan Benci Produk Asing 

1. Ingin Produk Lokal Jadi Primadona

Cintai Produk Lokal
Sumber: shutterstock.com

Kementerian Perdagangan (Kemendag) langsung bertindak cepat begitu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggaungkan “Benci Produk Asing”.

Kementerian ini langsung menyiapkan aturan untuk mendukung gerakan Bangga buatan Indonesia agar bisa terealisasi dengan baik.

“Yang diamanatkan bapak Presiden tadi, memastikan merek-merek Indonesia akan menjadi primadona di mal-mal Indonesia, kita akan atur aturannya supaya masyarakat membeli produk Indonesia,” ujar Lutfi dalam Konferensi Pers Rapat Kemendag 2021, Kamis (04/03/2021).

Luthfi mengatakan, aturan akan dibahas oleh pihaknya dalam rapat kerja Kemendag. Untuk itu, dia meminta kepada jajarannya untuk menyiapkan aturan yang membantu UMKM.

“Selama ini kita selalu memikirkan daripada supply side perdagangan atau dari segi supply. Sekarang ini kita mesti melihat demand side dari perdagangan,” jelasnya.

2. Adanya Harapan Pedagang Pasar Untuk Bangkit

Cintai Produk Lokal
Sumber: shutterstock.com

Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) merespon baik pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan bahwa kita harus membangkitkan produk UMKM dan dalam negeri. Jokowi juga menyatakan untuk melakukan kampanye membenci produk produk luar negeri.

Ketua Bidang Organisasi DPP IKAPPI, Muhammad Ainun, berharap ajakan Presiden Jokowi mendapat respon dari publik untuk bisa meningkatkan produk-produk dalam negeri.

Terutama di masa pandemi, dia mengatakan, masyarakat harus bisa bangkit dan berdiri di kaki sendiri.

3. Ada Kecurangan Dagang di e-Commerce

Cintai Produk Lokal
Sumber: shutterstock.com

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengaku mendapatkan banyak pertanyaan atas pernyataan Presiden Joko Widodo yang menggaungkan benci buatan asing.

Dia mengatakan bahwa dasar ungkapan itu berasal dari laporan dirinya kepada Presiden terkait praktik kecurangan perdagangan.

“Perlu saya luruskan disini bahwa sebenarnya ada background yang menyertai pernyataan bapak presiden yaitu laporan saya kepada beliau bahwa ada praktik yang tidak sesuai dengan peraturan perdagangan,” kata Lutfi dalam konferensi pers rapat kerja Kemendag di Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Ia menjelaskan praktik tersebut berasal dari e-commerce dunia yang melakukan predatory pricing atau harga yang membunuh kompetisi sehingga tidak terjadi keadilan. Mereka dinilai tidak menciptakan perdagangan yang membawa manfaat baik buat pembeli dan penjual.

“Saya ingin luruskan bahwa saya memohon beliau (Presiden) untuk membuka rapat kerja perdagangan. Jadi beliau membenci produk tersebut karena banyak UMKM yang kehilangan prospeknya,” ujarnya

4. Agar Produk Dalam Negeri Naik Kelas

Cintai Produk Lokal
Sumber: shutterstock.com

Keberpihakan Jokowi terhadap produk lokal sangat tinggi. Bukan saja dari sisi kebijakan afirmasi pemerintah, tapi juga ingin mengajak swasta, usaha besar, dan masyarakat Indonesia agar berpihak kepada UMKM atau produk lokal.

Oleh karena itu, Jokowi meminta ruang strategis di area publik dan pusat-pusat perdagangan milik swasta diberikan kepada UMKM ketimbang produk impor baik di pusat perbelanjaan maupun platform perdagangan digital.

“Pernyataan Pak Jokowi adalah bentuk afirmasi peran negara untuk memberi peluang lebih besar kepada produk lokal. Apalagi, di saat banyak pelaku UMKM produsen produk lokal mengalami penurunan penjualan karena dampak pandemi Covid-19,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki merespon pernyataan Jokowi di Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Bagaimana Solusi Agar Produk Dalam Negeri Naik Kelas?

Cintai Produk Lokal
Sumber: shutterstock.com

Di era teknologi yang semakin canggih ini, banyak sekali produk luar negeri yang masuk ke Indonesia. Mulai dari teknologi, fashion, makanan dan lain sebagainya.

Tentu ini menjadi PR bagi kita semua, untuk dapat lebih mencintai produk lokal.

Padahal ada banyak alasan mengapa kita harus cinta produk Indonesia kita sendiri.

Di saat kita bangga dan mencintai produk dalam negeri, akan banyak keuntungan yang dapat diperoleh oleh negeri tercinta kita ini.

Bahkan, kita juga bisa membuat produk dalam negeri pantas bersaing di kancah internasional.

Mulai sekarang, mari cintai produk lokal untuk dapat naik kelas. Karena kalau bukan kita, siapa lagi?

Baca juga: Simak Kisah UMKM Bangkit Bersama Evermos : 7 Sunday

Evermos Siap Mendukung Produk UMKM

Bagi para UMKM yang ingin bangkit untuk menjalankan usahanya, Anda dapat bergabung untuk berikhtiar bersama Evermos.

Sesuai dengan visi Evermos yaitu ingin membantu perekonomian umat, yang mana dalam hal ini kami siap membantu dan mendukung produk lokal yang berasal dari UMKM.

Selain itu, kami juga siap membantu para reseller untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjual produk-produk lokal.

Pada intinya, Evermos menjembatani pemilik UKM dan UMKM serta reseller di seluruh Indonesia melalui teknologi dan kami siap berkontribusi nyata mewujudkan kemandirian Ekonomi Umat.

Salah Satu UMKM yang Sukses Bersama Evermos

Cintai Produk Lokal

UMKM yang telah merasakan dampak positif dari Evermos ini adalah salah satu pengusaha UMKM asal Bandung yakni Bapak Yudi Pendiri Esyu Shoes.

Beliau mengatakan bahwa dampak dari Evermos ini bisa berpengaruh pada perluasan channel pemasaran dan distribusi produknya ke seluruh Indonesia. Karena selama ini hambatan yang ada selama telah 20 tahun berbisnis adalah cara memasarkannya.

Oleh karena itu, hadirnya platform online seperti Evermos ini sangat menguntungkan bagi para UMKM.

Bagaimana tidak, jangkauan reseller dari Evermos ini sudah ada dari Aceh hingga Papua. Sehingga tentunya sangat menguntungkan untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga: Kisah Perjalanan Evermos Membantu UMKM : Esyu Shoes

Contoh Produk Lokal dari Esyu Shoes

Cintai Produk Lokal

Inilah salah satu produk lokal dari Esyu Shoes, UMKM yang sukses bersama Evermos. Untuk mendapatkan atau menjual produk ini, silahkam klik Rekomendasi Produk di bawah ini.

Cintai Produk Lokal

Evermos Didukung oleh Ratusan Brand Lokal Ternama dan UMKM di Indonesia

Terdapat 580++ Brand & UMKM yang bergabung bersama Evermos. Adapun brand-brand ternama yang telah bergabung antara lain brand Wardah, Zoya, Rabbani, Kintakun, In.The.Box, dan masih banyak lagi.

Cintai Produk Lokal

Tak hanya para UMKM, Reseller pun menjadi salah satu subjek yang paling banyak menerima manfaat akan hadirnya
Evermos.

Tak hanya keuntungan non materil, Reseller pun mendapatkan banyak keuntungan materil yang mampu menopang dan terbantukan perekonomiannya.

 

Testimoni Para Reseller Evermos yang Tergabung di Evermos

Cintai Produk Lokal

Bagaimana sudah siapkah Anda untuk bangkit mewujudkan perekonomian yang gemilang?

Kini saatnya Anda untuk melangkah lebih jauh dan mengerahkan usaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan perekonomian agar dapat bersaing dan mengalahkan produk asing yang masuk di Indonesia.

Bagi Anda yang ingin mewujudkan impian Anda menjadi UMKM dan reseller sukses, silahkan untuk bergabung bersama Evermos dengan klik di bawah ini.

Jokowi Serukan Benci Produk Asing

Semoga dengan segala ikhtiar yang mampu kita kerahkan, dapat mendobrak perekonomian Indonesia yang lebih baik dan membuat masyarakat lebih sejahtera.

 

×