Home » Jenis Jenis Ikan Cupang Terbaik Untuk Peliharaan Baru Anda

Jenis Jenis Ikan Cupang Terbaik Untuk Peliharaan Baru Anda

by Siti Choerunnisa
0 comment

Saat ini banyak jenis jenis ikan cupang untuk dipelihara. Ikan cupang sedang menjadi tren saat ini karena beragam jenis bentuk dan warnanya yang unik serta perawatannya yang mudah.

Ditambah lagi Indonesia dikenal dengan negara maritime yang terkenal dengan kekayaan laut dan ekosistemnya. Salah satunya ikan air tawar seperti cupang ini.

Memelihara cupang bisa menjadi hiburan tersendiri dan membantu menghilangkan penat. Bahkan, memelihara ikan cupang bisa menjadi ladang bisnis, lho! Karena harganya yang bisa mencapai jutaan rupiah.

Anda penasaran ingin mulai memelihara cupang? Namun bingung ingin membeli jenis apa? Yuk, mari kita simak ulasan terkait jenis-jenis ikan cupang di bawah ini.

Baca Juga : 11 Jenis Bunga Gantung di Teras Rumah Untuk Mempercantik Halaman

Inilah Jenis jenis ikan cupang Terbaik Untuk Peliharaan Baru Anda

1. Ikan cupang halfmoon

jenis jenis ikan cupang

sumber : pexels.com

Seperti namanya, cupang, halfmoon adalah jenis ikan cupang yang memiliki sirip lebar dan ekor yang seolah menyatu membentuk bulan sabit/setengah lingkaran

Nama lain dari ikan ini adalah cupang Big Ear. Warna cupang halfmoon ini bagus dan beragam, mulai dari biru merah, ungu sampai yang paling langka, kuning.

Baca Juga : 7 Fakta Bunga Janda Bolong yang Banyak Diincar Para Pecinta Tanaman | Waspada No. 5!

2. Ikan cupang crowntail/serit.

jenis jenis ikan cupang

sumber : pixabay.com

Ikan ini dinamakan crowntail karena memiliki ekor dan sirip yang runcing seperti mahkota terbalik. Ekor dan sirip yang runcing ini membuatnya terlihat royal dan elegan.

Jenis cupang satu ini juga tergolong jenis cupang yang mahal karena cukup langka di pasaran.

Keunikan lainnya dari ikan ini adalah warnanya yang sangat mencolok, cocok untuk dipelihara di dalam aquarium rumah.

3. Cupang doubletail

jenis jenis ikan cupang

sumber : pixabay.com

Ikan cupang double tail terkenal dengan sebutan “bulan sepotong” Hal ini karena cupang double tail memiliki warna yang sangat mencolok dengan ekornya yang ganda.

Ikan ini menjadi salah satu jenis ikan cupang yang banyak dicari, namun cukup sulit untuk dibudidayakan.

Jenis double tail ini juga memiliki variasi warna yang beragam. Hal unik lainnya adalah Tampilannya yang sangat indah, mulai dari siripnya yang lebar dan lebat sampai gradasi warna sisiknya yang memikat. Ekornya pun bercabang dua menambah keunikan dari ikan ini.

Maka tak heran jika mereka memiliki harga yang cukup mahal, yaitu berkisar Rp100.000 hingga Rp2.000.000

4, Ikan Cupang Fancy

jenis jenis ikan cupang

sumber : pexels.com

Jenis cupang fancy ini seperti Namanya memiliki warna sisik yang cantik dan unik. Tampilan warnanya tampak seperti 3D hingga terlihat seperti lukisan yang berenang di dalam air.

Tampilan unik lainnya dari ikan cupang ini adalah sirip yang membentuk pedang di bawah dagunya.

Jenis ikan cupang Fancy ini merupakan ikan hias yanl terkenal karena eunggulan kombinasi warnanya yang cantic. Maka tak heran apabila jenis ikan cupang ini memiliki harga yang cukup mahal berkisar Rp100.000 hingga Rp2.000.000.

Biasanya semakin cantik warnanya, maka harganya pun akan semakin mahal.

5. Ikan Cupang Slayer

jenis jenis ikan cupang

sumber : pexels.com

Jenis ikan cupang slayer ini merupakan hasil dari persilangan dari halfmoon dan serit.

Jenisnya cukup marak dijual di banyak pasar ikan dan merupakan salah satu favorit banyak orang.

Bentuk dan warnanya yang indah menjadikan cupang jenis ini digemari dan banyak dipelihara orang. Ciri khasnya adalah siripnya yang lebih lebar dan besar dari pada seluruh badannya.  Ikan ini bewarna terang seperti oranye, kuning, merah, hijau.

Biasanya ikan ini banyak dijual di pasaran maupun di sekolahan. Selain itu, harga ikan cupang ini tidak terlalu mahal, yaitu berkisar Rp25.000 hingga Rp300.000

6. Cupang Plakat

jenis jenis ikan cupang

sumber : pixabay.com

Ikan cupang yang berasal dari Thailand Ini memiliki ciri khas sirip dan ekornya yang pendek. Umumnya ikan cupang plakat memiliki ukuran yang besar dan warnanya tidak terlalu mencolok.

Tubuhnya kokoh dan besar menjadikan cupang plakat ini cocok dijadikan sebagai jenis cupang aduan.  Ikan ini pun tidak rentan cedera dan penyakit. Selain itu, ikan ini juga bergerak sangat agresif apabila melihat musuh di dekatnya.

Meski begitu, tampilannya tidak kalah cantik dengan ikan cupang hias. Siripnya lurus dan kekar serta warnanya tidak pucat seperti kebanyakan ikan cupang adu lainnya.

Fakta lainnya, Cupang jenis plakat ini merupakan nenek moyang dari semua ikan cupang, Lho.

7. Cupang giant

jenis jenis ikan cupang

sumber : pixabay.com

Ikan cupang giant ini merupakan hasil persilangan dari berbagai macam jenis cupang. Jenis ikan cupang giant ini memiliki bentuk badan yang lebih besar dibandingkan dengan cupang lainnya. Pasalnya, cupang giant ini bisa mencapai ukuran 10-15 cm.

Anda bisa menemukan giant fish ini di Thailand dan umumnya hidup di sungai atau danau di sana.

Ikan cupang giant dikenal memiliki sifat yang agresif, sehingga cocok digunakan sebagai ikan cupang aduan. Namun, karena bentuk tubuhnya yang besar menjadikan ikan ini tidak selincah cupang lainnya.

Ukurannya yang besar menjadikan jenis yang satu ini memiliki harga yang cukup mahal, yaitu berkisar di harga Rp500.000 hingga Rp1.000.000.

sekian rekomendasi jenis-jenis ikan cupang yang cocok untuk dipelihara. semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi Anda.

untuk melihat artikel menarik lainnya, anda bisa mengunjungi blog Evermos.

Related Posts