Jelaskan Isi Kandungan Surat Luqman! Inilah 5 Nasehat di Dalamnya

Jelaskan isi kandungan surat LuqmanSurat Luqman adalah surat ke-31 dalam kitab suci Al-Qur’an. Surat ini dinamai menurut Luqman, seorang bijak yang disebutkan dalam surat ini sebagai seseorang yang memberikan nasihat dan petunjuk kepada anaknya. 

kemudian surat ini terdiri dari 34 ayat dan termasuk surat Makkiyah, yang berarti diwahyukan di kota Makkah sebelum hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Madinah. 

Selain itu surat ini berisi tentang nasehat-nasehat bijak dari Luqman kepada anaknya, yang dapat dijadikan pedoman bagi setiap orang dalam menjalani kehidupan.

Artikel ini akan memberikan penjelasan tentang jelaskan isi kandungan surat Luqman.

Jelaskan Isi Kandungan Surat Luqman! Ini Penggalan Suratnya

Jelaskan Isi Kandungan Surat Luqman
Sumber: google.com/bersosial

Bacaan Arab dari Surat Luqman adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

المٓ

تِلْكَ آيَاتُ الْكِتَابِ الْحَكِيمِ

هُدًى وَرَحْمَةً لِلْمُحْسِنِينَ



الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَهُمْ بِالْآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ

أُولَئِكَ عَلَى هُدًى مِّن رَّبِّهِمْ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Surat Luqman dimulai dengan kata-kata “Alif, Lam, Mim”. Seperti pada banyak surat dalam Al-Qur’an, arti dari huruf-huruf ini tidak sepenuhnya diketahui dan masih menjadi misteri sampai sekarang. 

Namun, mereka dianggap sebagai bagian dari struktur bahasa Al-Qur’an dan kemungkinan memiliki arti atau makna tertentu bagi para pengkaji Al-Qur’an.

Setelah huruf-huruf tersebut, surat ini menyatakan bahwa ayat-ayat dalam Al-Qur’an adalah tanda-tanda kebijaksanaan dan rahmat dari Allah SWT, yang diberikan kepada orang-orang yang berbuat baik. 

Surat ini kemudian memberikan nasehat untuk beribadah kepada Allah SWT, yaitu dengan menjalankan shalat dan memberikan zakat. Surat ini juga menyatakan bahwa orang-orang yang beriman pada hari akhirat akan selalu hidup dalam kebenaran dan kebahagiaan.

Jelaskan Isi Kandungan Surat Luqman

Jelaskan Isi Kandungan Surat Luqman
Sumber: google.com/bersosial

Isi kandungan Surat Luqman terdiri dari beberapa tema utama, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kebijaksanaan dan rahmat Allah SWT

Surat Luqman diawali dengan kata-kata “Alif, Lam, Mim”, yang dianggap sebagai bagian dari struktur bahasa Al-Qur’an. 

Selanjutnya, surat ini menyatakan bahwa ayat-ayat dalam Al-Qur’an adalah tanda-tanda kebijaksanaan dan rahmat dari Allah SWT, yang diberikan kepada orang-orang yang berbuat baik.

2. Beribadah kepada Allah SWT

Kemudian surat Luqman memberikan nasehat untuk beribadah kepada Allah SWT, yaitu dengan menjalankan shalat dan memberikan zakat. 

Shalat adalah salah satu bentuk ibadah yang paling utama dalam Islam, sedangkan zakat adalah kewajiban bagi umat Muslim untuk memberikan sebagian harta mereka kepada yang membutuhkan.

3. Pentingnya beriman pada hari akhirat

Selain itu surat Luqman juga menyatakan bahwa orang-orang yang beriman pada hari akhirat akan selalu hidup dalam kebenaran dan kebahagiaan. 

Orang-orang yang beriman pada hari akhirat akan selalu berusaha untuk berbuat baik dan menjauhi perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh agama.

4. Nasehat-nasehat bijak dari Luqman

Di dalam Surat Luqman, Luqman memberikan nasehat-nasehat bijak kepada anaknya tentang bagaimana menjadi orang yang baik dan bijaksana. 

Ia mengatakan kepada anaknya agar tidak mempersekutukan Allah SWT dengan apapun dan agar selalu berbuat baik kepada kedua orang tuanya. 

Luqman juga memberikan nasehat tentang pentingnya kesabaran, kejujuran, dan rendah hati dalam hidup.

5. Pengingkaran dan akhirat

Kandungan yang terakhir di dalam surat Luqman yaitu tentang pengingkaran dan akhirat. 

Surat Luqman juga mengingatkan manusia tentang pengingkaran yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak beriman, serta hukuman yang akan diterima di akhirat. 

Selain itu surat ini menegaskan bahwa Allah SWT adalah Yang Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui, dan bahwa hanya Dia yang berhak untuk menghakimi manusia di akhirat.

Dalam keseluruhan isi kandungan Surat Luqman, terdapat beberapa pesan penting yang dapat diambil sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan. 

Pesan-pesan ini meliputi pentingnya beribadah kepada Allah SWT, beriman pada hari akhirat, menghargai kedua orang tua, menjaga diri dari perbuatan yang dilarang agama, serta memiliki kesabaran, kejujuran, dan rendah hati dalam hidup.

Anda juga bisa menyimak video di bawah ini tentang keutamaan membaca surat Luqman:

Demikianlah pembahasan tentang jelaskan isi kandungan surat Luqman. Kunjungi terus situs Blog Evermos dan dapatkan artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)