Jazakumullah dan Jazakallah, Perbedaan serta Cara Menjawabnya

Jazakumullah Khairan Katsiran dan Jazakallah Khairan Katsiran – Ucapan Terimakasih dalam Bahasa Arab

Kalimat ini sudah sangat ramah di telinga kita bukan? Biasanya kita akan mengucapkan terimakasih pada banyak kesempatan, terutama ketika mendapatkan pertolongan atau perlakuan baik dari seseorang.

Bahkan ucapan ini juga sering kita pakai sudah menjadi sebuah etika setelah menerima kebaikan dari orang lain.

Tapi ada dua kalimat lain yang bisa kita ucapkan lebih dari sekedar “terimakasih” saja. yuk kita simak lebih lanjut ! 

Dalam bahasa Arab sering kita dengan dengan Jazakumullah dan Jazakallah namun lengkapnya adalah Jazakumullah Khairan katsiran  dan Jazakallah Khairan Katsiran.

Yang artinya  “terima kasih” namun kedua kalimat ini tidak hanya sekedar ucapan “terima kasih” melainkan terdapat doa di dalam nya.

Oleh karena itu, sangat baik jika kita membalas kebaikan orang sekitar kita dengan mengatakan kedua kalimat ini, dan akan lebih baik jika kita bisa membalas budi kebaikan mereka.

Tapi seringkali kita juga keliru dalam menggunakan kedua kalimat tersebut, mungkin memang terdengar sama saja, tapi sebenarnya berbeda.

Kita perlu tahu dulu arti dari kedua kalimat tersebut. 

Lantas apa kalian sudah tau arti yang lebih spesifik dari kedua nya tersebut? namun sebelum itu kita akan bahas keutamaan nya dulu  ya ! 

Keutamaan berterimakasih dan Perbedaan dengan Jazakumullah Khairan Katsirun  dan Jazakallah Khairan Katsiran 

Jazakumullah Khairan Katsiran
Sumber : www.pexels.com

Sebagai umat muslim kita sering di anjurkan untuk mengucapkan hal-hal yang baik termasuk setelah kita mendapatkan sebuah kebaikan dari orang lain.

Biasanya kita akan mengucapkan “terimakasih” bukan ? tentu hal ini sudah lumrah bagi kita.

Namun ternyata anjuran mengucapkan terimakasih juga terdapat di salah satu hadist sebagai berikut. 

“Barangsiapa yang telah mendapatkan kenikmatan dari seseorang, maka sebutlah (pelaku kebaikan karena kebaikannya). Siapa saja yang menyebutnya, berarti dia telah berterima kasih padanya. Dan barangsiapa yang menyembunyikan kebaikannya, maka berarti dia telah mengkufurinya (tidak berterima kasih kepadanya).” (HR. Ath-Thabrani dan dinilai hasan oleh Al-Albani).

Sudah jelas sesama umat muslim wajib saling menghargai serta mengapresiasi kebaikan satu sama lain.

Dan hebatnya islam menganjurkan lebih hanya sekedar dari ucapan “terimakasih” saja, namun kita juga perlu menyelipkan doa pada pelaku kebaikan tersebut. 

Kalimat “Jazakumullah Khairan Katsiran” dan “Jazakallah Khairan Katsirun” lebih di anjurkan Rasullulah lho, karena kalimat ini juga mengandung doa yang baik. 

 Salah satu kutipan dari pustaka petijen juga ada sebuah hadist yang meriwayatkan tentang ini. dari Usamah bin Zaid berkata , Rasullulah bersabda : 

مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا؛ فَقَدْ أَبْلَغَ فِي الثَّنَاء

Artinya: “Barang siapa diberi suatu kebaikan, lalu ia mengucapkan kepada orang yang memberi kebaikan tersebut: Jazaakallahu khairan”, maka sesungguhnya hal itu sudah mencukupi dalam menyatakan rasa syukurnya.” (HR.At-Tirmidzi (2035), An-Nasaai dalam Al-kubra (6/53), Al-Maqdisi dalam Al-mukhtarah: 4/1321, Ibnu Hibban: 3413, Al-Bazzar dalam musnadnya:7/54)

Dari hadist tersebut kalimat Jazakallah khairan katsiran maupun Jazakumullah khairan katsirun lebih baik diucapkan.

Karena bisa menjadi doa bagi pelaku maupun kita sendiri. namun kedua kalimat ini mempunyai arti yang berbeda meski memiliki makna yang sama. 

Arti dari Jazakumullahu Khairan Katsiran dan Jazakallah Khairan Katsiran 

Dari Hadist di atas di katakan bahwa sesama muslim wajib mengapresiasikan kebaikan seseorang dengan ucapan terimakasih yang baik dengan mengucapkan kata tersebut. Jazakallah Khairan Katsiran memiliki arti “ Semoga Allah membalas kebaikanmu yang banyak”  dimana kalimat ini di ucapkan ketika kita menerima pertolongan dan kebaikan dari seseorang. 

Kalimat ini memiliki makna pujian, rasa syukur serta doa yang baik bagi kita agar kita selalu di cukupkan dengan rasa syukur, serta agar selalu terjalin silahturahmi dengan sesama muslim. ‘

Namun apa bedanya Jazakallahu Khairan Katsiran dengan Jazakumullah Khairan Katsiran? 

Kalimat JazaKumullah Khairan Katsirun sendiri memiliki arti “Semoga Allah membalas kebaikan kalian yang banyak”  jadi perbadaan nya terlihat dari salah satu kata nya. 

Tentu saja kalimat ini juga mempunyai makna pujian dan doa yang baik. 

Makna dari Kalimat Jazakumullahu Khairan Katsiran

Kata “Ka” bermakna “kamu” sedangkan “Kum” bermakna Jama yang berarti kalian.

Dapat di bilang kedua kalimat ini hanya memiliki makna perbedaan dari katanya saja. 

Lalu ada juga  kata kalimat “Jazakillahu Khairan Katsiran” dimana kalimat ini di ucapkan pada seseorang, namun perempuan yang baik pada kita. bagaimana sudah tau kan perbedaan nya ? 

Tapi selain berarti “ semoga Allah membalas kebaikan kamu/kalian yang banyak” kedua kalimat ini juga mempunyai arti lain yang tentunya memiliki doa yang baik. berikut arti dari kedua kalimat tersebut : 

  1. Semoga Allah menganugerahkan Surga kepadamu/ kalian 
  2. Dan semoga Allah menjauhkan mu/kalian dari neraka Jahanam 
  3. Semoga Allah melindungi kalian dari huru-hara kiamat
  4. Berikutnya semoga Allah menganugerahkan kamu/kalian melihat wajah-Nya di Surga 
  5. Semoga Allah menjadikan engkau selalu mengikuti sunnah Rasullulah SAW. 

Cara Menjawab Kalimat Jazakumullahu Khairan Katsirun dan Jazakallahu Khairan Katsiran

Jazakumullah Khairan Katsiran
Sumber : www.pexels.com

Seringkali kita hanya sering mendengar kedua kalimat tersebut namun bingung cara menjawabnya seperti apa. cara menjawab kedua kalimat ini tidaklah sulit. ini lah cara menjawabnya ! tentunya jawaban nya juga mengandung doa dan pujian lho. 

Kalian bisa merespon Jazakumullahu Khairan Katsiran dengan Wa Jazakumullahu Khairan Katsiran yang memiliki arti “ dan semoga Allah juga membalas kebaikan mu yang banyak” 

Begitupula dengan merespon Jazakallah Khairan Katsiran dengan wa Jazakallahu khairan Katsiran yang memiliki arti “dan semoga Allah juga membalas kebaikan kalian yang banyak”  

Namun jika agak kepanjangan kita juga bisa membalas ucapan tersebut dengan “Wa iyakka” pada pelaku laki-laki dan “Wa iyyaki” untuk perempuan. 

Tidak hanya dengan kedua cara tersebut. kita masih bisa mengucapkan terimakasih dengan cara yang lain dan juga mengandung doa yang baik bagi pelaku. 

Ungkapan selain Jazakumullah dan Jazakallah 

Jazakumullah Khairan Katsiran
Sumber : www.pexels.com

Menurut laman kapanlagi.com ada kata-kata lain yang bermakna sama dengan Jazakumullah khairan katsiran dan Jazakillah Khairan katsiran sebagai berikut :

1.Tabarakallah 

Kita sering mendengar kalimat ini bukan ? terutama setelah kita mendapatkan rezeki dari Allah. secara harfiah kata ini berarti “semoga Allah memberkatimu” kalimat ini biasanya di pakai saat kita kagum dengan nikmat Allah yang sudah di berikan kepada kita.

Kalimat ini terdapat dalam Al-Quran, kalimat ini memiliki arti “ maha berkah”, “maha suci” dan “maha tinggi”.

2. Barakallah 

Sudah tak asing bukan ?  kata Barakallah memiliki arti yang sama yaitu “semoga Allah memberkahi” .

Namun biasanya pada kalimat kita sering kita sematkan dengan kata “fikka” yang di tujukan untuk laki-laki, “fikki” untuk perempuan.

Serta “fikkum” kepada sekelompok orang, baik laki-laki maupun perempuan.

Bukan kah kita sering dengar kalimat “barakallah fi umrik” yang berarti “semoga Allah memberkahi umurmu” itu salah satu contoh penggunaan kata dari Barakallah. 

3. MasyaAllah 

Secara harfiah. kata itu berarti “ apa yang akan di kehendaki Allah, itu yang akan terjadi”. sering kita pakai ketika melihat atau mengetahui sesuatu yang takjub hingga kita kagum dengan mukhzijat Allah. kalimat ini juga sebagai bentuk dari pujian dan doa kepada Allah. 

Demikian artikel doa mengenai perbedaan dari Jazakumullah dan Jazakallah. sebarkan informasi-informasi bermanfaat kepada orang-orang terdekat kalian.  jangan lewatkan artikel informatif dan inspiratif di Evermos.

Bagi Anda yang ingin menjadi ingin berjualan online merupakan langkah yang tepat untuk bergabung di Evermos.

Di Evermos, Anda akan mendapatkan bimbingan bisnis dari nol hingga strategi marketing yang tepat untuk menarik perhatian pembeli.

Raih beragam keuntungan serta penawaran menarik lainnya hanya di Evermos sekarang juga!

×