3 Jawaban Jazakallah untuk Perempuan dan Laki-laki yang Benar

Sering mendengar kalimat jazakallah tapi masih bingung dengan perbedaan jawaban jazzakallah untuk perempuan dan laki-laki? Yuk, simak ulasan lengkapnya di artikel ini!

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan kalimat jazakallah khairan katsiiraa. Kalimat tersebut merupakan doa yang baik untuk seseorang yang memberikan sesuatu.

Mungkin Anda juga pernah mendengar kalimat tersebut setelah memberikan sesuatu kepada orang lain. 

Tak hanya itu, sebagian orang di jalan yang meminta amal jariyah untuk pembangunan masjid juga kerap mengucapkan jazakallah khairan katsiiran ketika ada yang memberikan sumbangan.

Meskipun sudah sering mendengarnya, namun sudah tahukan Anda jawaban dari jazakallah? Ternyata jawaban dari jazakallah untuk perempuan dan laki-laki berbeda lho!

Mari simak penjelasannya berikut ini, ya!

Baca juga: Ternyata Ini Jawaban Syukron untuk Perempuan yang Benar dan Contohnya.

Arti Jazakallah Khairan Katsiiraa dan Jawaban Jazakallah untuk Perempuan

jawaban jazakallah untuk perempuan
Sumber: blog.evermos.com

Sebelum mengetahui jawaban jazakallah untuk wanita, maka sebaiknya kita tahu terlebih dahulu arti kalimat jazakallah khairan katsiiraa, dan jawaban jazakallah khairan untuk perempuan.

Kalimat jazakallah khairan katsiiraa merupakan sebuah ucapan yang sering digunakan ketika ingin mengungkapkan rasa terima kasih kepada seseorang yang telah memberikan sesuatu kepada kita. 



Selain itu, jazakallah khairan katsiiraa merupakan doa yang baik, dan kita harus menjawab dengan doa yang baik pula ketika ada orang yang mengucapkan kalimat tersebut kepada kita. 

Kalimat ini memiliki dua suku kata dan satu kata tambahan. Kata jazakallah dan khair merupakan dua suku kata utama, kata jazakallah memiliki arti “semoga Allah membalasmu”, kemudian kata khair memiliki arti “kebaikan”

Jika disatukan, maka kalimat jawaban jazakallah khairan untuk wanita memiliki arti yang sangat indah, yaitu “semoga Allah membalasmu dengan kebaikan”.

Selain arti dari dua kata tersebut, kalimat jawaban jazakallah khairan untuk wanita juga menambahkan satu kata lain yakni katsiiraa.

Kata katsiiraa dalam bahasa Arab memiliki arti “banyak”, maka dari itu jika ketiga kata tersebut Anda gabungkan menjadi satu kalimat doa yang utuh, yakni jazakallah khairan katsiiraa, maka memiliki arti “semoga Allah membalas kebaikanmu dengan kebaikan yang banyak pula”. 

Lantas, apa jawaban jazakallah khoir untuk wanita? Karena kalimat tersebut diperuntukkannya untuk laki-laki, maka kita bisa tetap menjawabnya wa’jazakallahu khairan katsiran.

Selain jazakallah, ada kalimat bahasa Arab lain yang digunakan sehari-hari yaitu Fii Amanillah. Apa arti dan jawabannya? Yuk, baca disini: Jawaban Fii Amanillah Sesuai Sunnah dan Waktu Pengucapannya.

Makna Kalimat Jawaban Jazakallah Khairan Katsiiraa untuk Perempuan

Berdasarkan arti dan ulasan jazakallah khairan artinya untuk perempuan yang di atas, maka makna yang terkandung, yaitu sebuah doa yang baik dipanjatkan kepada Allah SWT untuk seseorang. 

Oleh sebab itu, tak jarang banyak orang yang mengucapkan kalimat tersebut sebagai salah satu bentuk doa dan penghargaan bagi orang yang telah berbuat baik kepada kita.

Selain sebagai doa dan apresiasi, kalimat jazakallah khairan katsiiraa juga sebagai pengganti ucapan “terima kasih banyak”.

Hal itu karena kalimat ini memiliki arti yang lebih luas dibandingkan kalimat terima kasih banyak. 

Namun, jawaban jazakallah khairan katsiran atau terima kasih banyak merupakan dua kalimat yang baik. 

Sehingga, wajib kita ucapkan ketika kita diberikan sesuatu atau diberikan pertolongan oleh seseorang.

Baca juga: Tafadhol Artinya Apa dalam Bahasa Indonesia? Pahami Makna dan Penggunaannya!

Cara Menjawab Jazakallah Khairan Katsiran untuk Perempuan dan Laki-Laki

Seperti yang kita tahu ternyata cara berterimakasih itu berbeda tergantung lawan bicara kita seperti apa. Berikut adalah cara menggunakan jawaban jazakallah khairan katsiran. 

1. Lawan Bicara Laki-Laki 

Untuk lawan bicara laki-laki kita bisa menjawab dengan Jazakallah khairan katsiran

2. Lawan Bicara Perempuan 

Berbeda dengan perempuan, untuk mengucapkan pada perempuan bisa dengan jazakillah khairan katsiran. 

Jawaban Jazakallah untuk Perempuan dan Laki-laki

Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui jazakallah khairan artinya dan balasannya setelah kita membantu seseorang.

Rata-rata dari kita tentu menjawab kalimat tersebut  dengan kalimat “terima kasih kembali” atau pun dengan kalimat “sama-sama”. 

Tidak ada salahnya memang, namun jika kita mendapati ucapan terimakasih dengan bahasa Arab atau dengan kalimat jazakallah khairan.

Maka alangkah baiknya kita juga menjawabnya dengan bahasa Arab atau doa yang sama baiknya.

Bukan semata karena ingin menjawab kalimat ini dengan bahasa Arab saja, ada pahala yang lebih besar ketika menjawab kalimat tersebut dengan sebuah doa untuk orang yang mengucapkannya.

Jazakallah khairan jawabnya memiliki perbedaan yang disesuaikan dengan lawan bicaranya. Jazakallah khairan jawabnya adalah sebagai berikut:

1. Lawan Bicara Laki-laki Tunggal

Jika lawan bicaranya laki-laki tunggal untuk jawaban jazakallah khairan untuk laki-laki maka balasan jazakallah khairan yaitu “fa jazakallahu khairan”.

Kalimat tersebut memiliki arti “semoga Allah membalasmu dengan kebaikan”

2. Lawan Bicara Perempuan Tunggal 

Jika lawan bicaranya perempuan tunggal, maka jawaban yang diucapkan adalah “fa jazakillahu khairan” yang berarti “semoga Allah membalasmu dengan kebaikan”.

3. Lawan Bicara Lebih dari Satu Orang

Jika lawan bicaranya jamak maka yang diucapkan yaitu “fa jazakumullahu khairan”. Kalimat tersebut artinya “semoga Allah membalasmu dengan kebaikan” 

Berdasarkan penjelasan di atas, maka wajib bagi kita untuk mendoakan kembali orang yang mengucapkan kalimat jazakallah khairan katsiiraa. 

Namun tetap harus Anda perhatikan kepada siapa lawan bicaranya, agar tepat dalam menggunakan kalimat untuk menjawabnya..

Keutamaan Mengucapkan Jazakallah Khairan dan Menjawabnya

Selain itu, mengucapkan kalimat tersebut dan menjawabnya memiliki keutamaan yang sangat luar biasa.

Seperti yang ada di dalam hadits berikut, dari Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 

“Barangsiapa yang diperlakukan baik, lalu ia mengatakan kepada pelakunya, jazakallahu khairan (Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan)’, maka sungguh ia telah sangat menyanjungnya.” (HR. Tirmidzi).

Anda juga bisa menonton video bagaimana cara menjawab jazakallah berikut ini:

Itulah ulasan lengkap mengenai jawaban jazakallah untuk perempuan. Jika Anda ingin mendapatkan dan membaca artikel Islami menarik lainnya, silahkan untuk kunjungi selalu situs Blog Evermos.

Anda juga bisa menambah pemasukan Anda setiap bulannya hanya dengan modal HP dan tanpa mengeluarkan uang sedikitpun.  Caranya sangat mudah, Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos dan mendapatkan keuntungan serta keberkahan.

Penasaran dan tertarik untuk bergabung? Klik tombol di bawah ini, ya!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)