DOWNLOAD Jadwal Imsakiyah 2022 Lengkap dengan Jadwal Sholat dan Waktu Buka Puasa

Tidak terasa sebentar lagi akan tiba bulan suci Ramadhan. Sebagai umat Muslim, tentu kita harus bersemangat dalam menyambut bulan Ramadhan. Agar kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar, alangkah lebih baik ketahui jadwal imsakiyah 2022, lengkap dengan jadwal sholat dan buka puasa.

Salah satu persiapan yang harus kita lakukan dalam menjalani ibadah puasa adalah dengan mendownload jadwal Imsakiyah tahun 2022.

Jadwal Imsakiyah ini meliputi waktu imsak, sholat 5 waktu serta waktu buka puasa.

Selama bulan Ramadhan, umat Islam akan melaksanakan puasa dengan menahan lapar, haus, dan hawa nafsu dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari.

Kapan Waktu Puasa Ramadhan 2022?

Jadwal Imsakiyah 2021

Sumber: pexels.com

1 Ramadhan 1443 H jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022. Pihak Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 2022, yakni tanggal 2 April 2022. Hal tersebut diatur dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2022.

Kapan 1 Ramadhan 1443 H atau 2022 dari Pemerintah

Dalam penentuan awal puasa 1 Ramadhan 2022 H oleh pemerintah, biasanya Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat.

Berbeda dari Muhammadiyah, Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperkirakan awal Ramadhan 2022 jatuh pada Minggu (3/4/2022). Profesor Riset Bidang Astronomi dan Astrofisika BRIN Thomas Djamaluddin mengatakan, hilal terlalu rendah untuk diamati di wilayah Indonesia, yaitu kurang dari 2 derajat.

“Itu artinya, rukyatul hilal (pengamatan hilal) pada saat maghrib 1 April berpotensi tidak terlihat,” kata Thomas, dikutip dari Kompas.com.

Menurutnya, hanya di wilayah barat Jawa dan Sumatera yang tinggi bulannya sedikit di atas 2 derajat, sementara sebagian besar wilayah Indonesia masih di bawah kriteria MABIMAS. Dalam kesepakatan MABIMS, kriteria hilal yang harus dipenuhi adalah minimal tiga derajat dan elongasi minimal 6,4 derajat.

Ia menjelaskan, rendahnya posisi hilal pada 2 April 2022 karena keteraturan orbita Bulan mengitari Bumi, bukan dipicu oleh peristiwa apa pun.

“Angka kurang 2 derajat ini adalah posisi Bulan di langit pada suatu waktu tertentu. Jadi, karena keteraturan orbit Bulan mengitari Bumi, bukan dipicu oleh sesuatu,” jelas dia.

Jadi, menurut keputusan sidang isbat, 1 Ramadhan jatuh pada 3 April 2022.

Download Jadwal Imsakiyah 2022 Lengkap dengan Jadwal Sholat 5 Waktu dan Buka Puasa

Bagi Anda yang ingin mendownload jadwal imsakiyah 2022 lengkap dengan jadwal sholat 5 waktu dan buka puasa.  Silahkan untuk klik download di bawah ini.

DOWNLOAD JADWAL IMSAKIYAH 2022

Demikianlah informasi mengenai kapan bulan Ramadhan akan dimulai serta jadwal imsakiyah. Selain itu, lengkap dengan jadwal sholat dan waktu buka puasa yang dapat Anda ketahui.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Silahkan share artikel ini agar yang lain dapat mengetahui jadwal imsakiyah 2022 dan bisa mendownloadnya secara gratis!

Bagi Anda yang ingin membaca artikel menarik lainnya, silahkan untuk mengunjungi situs blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×