Isra Miraj Adalah Peristiwa Penting Bagi Umat Islam. Yuk Ketahui Maknanya Disini!

Banyak dari kita pernah mendengar peristiwa isra miraj. Sebenarnya, apa itu peristiwa isra miraj? Isra miraj adalah sebuah peristiwa yang penting dalam sejarah islam yang mengisahkan perjalanan rohani nabi Muhammad SAW. Sebenarnya mengapa peristiwa ini menjadi penting dan apa keutamaannya bagi para umat islam? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Apa itu Isra Miraj?

isra miraj adalah
sumber : shutterstock.com

Isra Miraj adalah dua perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam satu malam pada tahun 621. Peristiwa ini digambarkan sebagai perjalanan fisik dan spiritual dari rasulullah karena bisa sampai pada Sidratul Muntaha atau langit ke tujuh dalam satu malam saja.

Pada kalender Islam, Isra Miraj secara umum diperingati pada hari ke-27 bulan Rajab. Pada tahun 1442 Hijriyah ini, hari ke-27 pada bulan rajab jatuh pada tanggal 11 Maret 2021 yakni hari Kamis Mendatang.

Peristiwa Isra Miraj terdiri dari dua perjalanan malam Nabi Muhammad dari Mekah ke masjid terjauh (isra) yaitu Masjid Aqsa di Yerusalem yakni tempat dimana beliau memimpin para nabi lainnya untuk beribadah.

Perjalanan kedua lalu naik ke surga (miraj) untuk dimurnikan dan kemudian menerima perintah Tuhan agar umat beriman melaksanakan ibadah sholat.

Allah SWT memerintahkan bahwa umat Islam harus melaksanakan ibadah sholat. Awalnya sholat harus dilakukan 50 kali sehari. Setelah Rasulullah berjuang meminta pengurangan, akhirnya ibadah sholat dilakukan lima waktu dalam sehari yang sekarang menjadi salah satu pilar agama.

Nabi Muhammad SAW naik ke surganya Allah bersama malaikat Jibril dan bertemu dengan nabi-nabi yang berbeda di masing-masing tujuh tingkat surga, yaitu Nabi Adam AS, Nabi Yahya AS dan Nabi Isa AS, Nabi Yusuf AS, Nabi Idris AS, Nabi Harun AS, Nabi Musa AS dan Nabi Ibrahim AS.

Baca Juga : Lakukan 10 Persiapan Menyambut Ramadhan Berikut Ini Agar Diridhoi Allah

Peringatan Isra Miraj

isra miraj adalah
sumber : shutterstock.com

Dalam agama Islam sebenarnya hanya terdapat dua hari raya yang wajib diperingati yaitu Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha. Peringatan selain itu dalam kalender Islam adalah tidak wajib, contohnya seperti Isra Miraj.

Namun hingga saat ini Isra Miraj menjadi salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam yang masih diperingati umat muslim di seluruh dunia.

Banyak cara untuk memperingati Isra Miraj. Ada yang berkumpul di masjid untuk beribadah, ada yang menceritakan kisah perjalanan Nabi Muhammad kepada anak-anak atau pun beribadah malam.

Dari peristiwa Isra Miraj ini, kita bisa mengambil banyak makn penting bagi umat Islam. Ada banyak hikmah dan pelajaran yang dapat diambil dan sesuai dengan kondisi saat ini, termasuk saat pandemi covid-19. Berikut adalah beberapa hikmah Isra Miraj bagi Umat Muslim.

Mari Beribadah di Hari Istimewa Ini dengan Membaca Buku-Buku Islami Penambah Ilmu Agama Dari Evermos

isra miraj adalah

Keutamaan Isra Miraj Bagi Umat Muslim

isra miraj adalah
sumber : shutterstock.com

1. Allah menyayangi hambanya

Peristiwa Isra Miraj terjadi pada tahun kesedihan dimana Rasulullah sedang dilanda banyak cobaan dan ditinggal oleh orang terdekatnya. Untuk itu, Isra Miraj merupakan bentuk penghiburan Allah kepada Nabi Muhammad.

Guna menghibur Nabi Muhammad, Allah mengutus Malaikat Jibril untuk membawa Nabi Muhammad melakukan perjalanan dari Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina dan diangkat ke singgasana Allah (Sidratul Muntaha) dalam satu malam saja.

Hal ini menunjukkan tanda-tanda kasih sayang Allah pada hambanya yang beriman. Ketika Nabi Muhammad sedang berada pada ujian yang sangat luar biasa maka Allah memberikan kepadanya peristiwa yang merupakan tanda kasih sayangnya

2. Keimanan meningkat

Cobaan yang diberikan kepada Nabi Muhammad sebelum Isra Miraj merupakan ujian untuk meningkatkan keimanan.  Dari sini bisa kita petik hikmahnya bahwa kita harus bisa mengimani segala sesuatu datangnya adalah dari Allah SWT dan kita perlu untuk meyakini segala masalah ada jalan keluarnya dari Allah SWT.

Sama seperti wabah virus corona ini yang sebaiknya kita maknai sebagai cobaan untuk meningkatkan kualitas keimanan kepada Allah. kelak orang yang dapat melalui cobaan dengan baik dan berpegang teguh pada syariat Islam akan mendapatkan karunia yang besar dari Allah.

Siapa yang berhasil melewati ujian kehidupan, maka Allah akan membuat peringkat imannya semakin kuat. Kualitas keimanan akan naik serta mendapatkan ketentraman dan berkah Allah.

Serupa seperti Nabi Muhammad SAW yang diberikan perjalanan isra miraj sebagai hadiah atas pencapaiannya melewati ujian Allah SWT. Isra miraj adalah peristiwa yang menunjukkan orang yang beriman sangat disayangi oleh Allah.

3. Memperbaiki Kualitas Shalat

Dalam perjalanan Isra Miraj, Nabi Muhammad menerima perintah shalat berkali-kali dari semula 50 kali sehari menjadi lima waktu sehari. Perintah shalat ini merupakan bentuk hubungan langsung antara Allah dan Rasulullah.

Peringatan Isra Miraj ini sebaiknya dimaknai untuk memperbaiki kualitas shalat yang bisa meningkatkan kualitas dan memperbaiki hubungan dengan Allah.

Shalat lima waktu sangat berguna untuk menghubungkan diri kepada Sang Maha Pencipta. Hal ini seharusnya menjadi pengingat bagi kita untuk tidak meninggalkannya. Karena shalat lima waktu bukan beban, melainkan karunia.

4. Meningkatkan Ibadah di Malam Hari

Isra Miraj adalah peristiwa yang terjadi di malam hari. Kiranya ada sejumlah alasan yang membuat Allah SWT memilih perjalanan di malam hari saat semua orang terlelap.

Malam hari merupakan waktu yang sunyi sepi dan Allah ingin melihat hambanya yang benar-benar beriman.

Pada malam hari pula adalah waktu yang sangat baik untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah. doa pun akan lebih cepat sampai dibandingkan waktu lainnya.

Di tengah wabah virus corona dan karantina ini, maka umat Muslim disarankan untuk mengisi dan memperbanyak ibadah dan amalan di malam hari seperti salat tahajud.

Agar Senantiasa Mendekatkan Diri Pada Allah Setiap Saat, Mari Bermurathal Bersama Speaker Alquran Dari Evermos

isra miraj adalah

5. Mempercayai kekuasaan Allah

Satu keutamaan yang dahsyat adalah bahwa Isra Miraj mengajarkan pada kita kekuasaan Allah. Jika kita meninjau dari ceritanya maka perjalanan ini seolah tak masuk akal jika tidak terjadi karena kekuasaan Allah.

Diperlukan kacamata keimanan untuk mempercayai kejadian luar biasa ini karena peristiwa Isra Miraj merupakan perjalanan agung Nabi Muhammad menuju langit ke-7.

Pada malam 27 Rajab saat itu seperti biasa Rasulullah Muhammad SAW mengisi waktu usai Isya dengan tidur agar bisa bangun pada sepertiga malam terakhir untuk salat.

Namun, malam itu malaikat Jibril datang untuk mengunjungi Rasulullah dan dibawa ke langit ketujuh, hanya dalam satu malam. Ketika tiba di langit ke tujuh, Nabi Muhammad bertemu Allah dan menerima perintah salat sebanyak 50 waktu dalam sehari.

Tidak semua Nabi bisa diberikan kesempatan bertemu langsung dengan Allah. Rasulullah SAW merupakan satu-satunya yang mendapatkan kehormatan untuk diundang dan berdialog dengan Allah. sungguh orang-orang yang terpilih dan oleh karenanya kisah perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad ini hendaknya diimani sebagai kejadian luar biasa yang terjadi karena kekuasaan Allah.

Doa Isra Miraj

isra miraj adalah
sumber : shutterstock.com

Untuk memperingati hari istimewa ini hendaknya kita mengisi waktu dengan kegiatan positif dsn beribadah kepada Allah untuk mendekatkan diri pada Allah.

Ada satu doa yang bisa kita panjatkan di malam 27 rajab, Bacaan doanya adalah sebagai berikut

Allahuma inni as-aluka bi musyahadati israari al-muhibbin, wabilhalawatillati khash-shashasta biha sayyidil mursalin, hina asrarta bihi lailata as-sab’I wal ‘isyriina,anirham qalbiia al-haziin,tujibta da’wati,yaa-akramil akramiin

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia para ahlul mahabbah dengan kemulian khalwat (pertemuan tersembunyi) yang hanya Engkau berikan kepada Nabi Muhammad pemimpin para Rasul ketika Engkau berikan kesempatan kepada beliau pada malam 27 Rajab, berikanlah hatiku yang sedang galau akan kasih sayang-Mu serta kabulkan doa-doaku, Wahai yang Maha memiliki kedermawanan.”

Keutamaan Membaca Doa Isra Miraj

Keutamaan dari membaca doa ini diungkapkan oleh Al-Arif Billah Sayyidi Imam Muhammad Bin Abdul Wahid An-Nazhifiy (1270 H-1366 H) yang menyatakan bahwa

“Siapa saja yang membaca doa ini pada malam 27 Rajab, akan Allah Taala ijabah segala doanya, diangkat kedudukannya dan dihidupkan hatinya dengan aneka kebaikan.”

Amalan Isra Miraj

isra miraj adalah
sumber : shutterstock.com

Selain berdoa, ada amalan lain yang bisa menyempurkan ibadah Isra Miraj Anda yakni adalah shalawat dan bertaubat pada Allah SWT.

1. Banyak Bersholawat

Ada salah satu keistimewaan dari bershalawat di bulan rajab sebagaimana dikatakan pada penyataan berikut bahwa

“Aku bertanya kepada Jibril,” Wahai Jibril, untuk siapakah sungai ini? “Jibril pun menjawab,  “Untuk orang yang bersalawat kepadamu di bulan Rajab.” (Durrah Al-Nasihin, hal. 85)

2. Istighfar dan Taubat

Ada salah satu keistimewaan dari bertaubat di bulan rajab sebagaimana dikatakan pada penyataan berikut bahwa

“Bertobatlah pada Tuhanmu dan mohon ampun atas dosa-dosamu,  dan jauhilah maksiat di bulan haram, yaitu di bulan Rajab.” (Durrah Al-Nasihin, hal. 85)

Demikianlah ulasan mengenai peristiwa isra miraj. dengan adanya artikel ini semoga kita bisa senantiasa meningkatkan keimanan dan menjadi hamba yang selalu diberikan keberkahan dan karunia Allah SWT.

Ada banyak sekali makna dan hikmah yang bisa kita Ambil dan dijadikan pelajaran hidup. Hidup sepatutnya adalah perihal beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Melaksanakan semua perintahnya dan menjauhi semua larangannya.

Untuk itu mari kita isi hari istimewa ini dengan kegiatan kegiatan ibadah yang positif. salah satu kegiatan yang positif adalah mengisi waktu dengan berikhtiar kepada Allah seperti membaca Alquran

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan atau menjual Alquran berkualitas baik, Anda dapat menjadi reseller Evermos.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

Persiapan Menyambut Ramadhan

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait perayaan isra miraj ini.  Semoga kita semua bisa mengisi waktu isra miraj dengan kegiatan positif yang sebaik-baiknya.

Jangan lewatkan artikel keislaman lainnya hanya di situs Blog Evermos

×