7 Modus Investasi Bodong Harus Waspada, Belajar dari Kasus Crazy Rich

Siapa yang tidak kenal dengan Crazy Rich Bandung, yaitu Doni Muhamad Taufik alias Doni Salmanan kini menjadi tersangka dalam kasus afiliator binary option dalam aplikasi Quotex. Investasi dengan binary option termasuk investasi ilegal dan investasi bodong. Investasi bodong adalah investasi fiktif yang merugikan nasabah dan berujung penipuan, penggelapan dana oleh kelompok investasi.

Berkedok investasi dan mengiming-imingi penghasilan besar, siapa sangka bahwa kini Doni Salmanan menyusul rekannya Indra Kenz sebagai tersangka penipuan trading online.

Dalam menjalankan aksinya, mereka menggunakan aplikasi Binomo dan Quotex terduga melakukan kasus tindak pidana pencucian uang dan penipuan terhadap pengguna.

Mengutip sejumlah sumber berita, Doni Salmanan terjerat dalam pelanggaran Undang-Undang Informatika dan Transaksi Elektronik (ITE) Pasal 378 KUHP dengan ancaman penjara maksimal 20 tahun.

Berbuntut dari pamer kekayaan di media sosial keduanya menyorot sejumlah aset yang bukan main seperti mobil Ferrari, mobil Tesla, dan sebagainya yang di rupiahkan mencapai milyaran rupiah.

Bagi Anda yang melakukan investasi, apalagi investor pemula mesti mewaspadai apa saja yang termasuk investasi bodong agar tidak mendapatkan kerugian yang besar.

Mengenal Investasi Bodong

investasi bodong adalah
Sumber: pexels.com

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kekayaan, selain bekerja, berdagang yaitu dengan berinvestasi.

Para investor atau orang yang sedang melakukan investasi biasanya akan mengembangkan dana atau harta yang mereka miliki untuk mendapatkan keuntungan dan mencapai tujuan tertentu.

Misalnya saja, seseorang berinvestasi pada emas, atau saham perusahaan dengan tujuan membeli rumah impiannya.

Dalam dunia investasi, ada pula yang disebut dengan investasi bodong. Investasi ini kerap bukannya menguntungkan malah membuntungkan dana investor. Lalu apa itu investasi bodong?

Investasi bodong adalah investasi yang dimana Anda akan dimintai sejumlah uang untuk melakukan penanaman modal produk atau bisnis, padahal tidak pernah ada. Mereka yang meminta uang Anda akan membawa kabur uang Anda.

Mendengar istilah tersebut, cukup mengerikan bukan bahwa siapa saja bisa terjerat dengan investasi bodong apabila tidak dapat mengenalinya dengan tepat.

Melihat dari kasus Crazy Rich Medan dan Crazy Rich Bandung ini, menggunakan instrumen binary option atau instrumen trading online yang mengharuskan trader memprediksi atau menebak suatu harga aset akan bergerak naik atau turun dalam jangka waktu tertentu.

Yang artinya adalah, merupakan investasi bodong adalah yang dilarang karena sistemnya mirip dengan judi ketimbang investasi atau trading pada umumnya.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena jenis investasi bodong juga memiliki ciri atau modus yang dapat Anda kenali agar berhati-hati.

Modus Investasi Bodong

Berikut adalah modus Investasi bodong yang di uraikan oleh Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Agus Andrianto, mengutip dari CNN Indonesia pada Jumat (11/03).

1. Menjanjikan Keuntungan Bunga Tinggi

Modus investasi bodong yang pertama adalah menjanjikan keuntungan atau bunga tinggi dari modal yang disetorkan.

Biasanya para penyedia jasa investasi menawarkan bagi trader pengelolaan investasi beragam komoditi.

Komoditi tersebut diantaranya seperti property, saham, trading, dan lainnya, yang sebenarnya justru fiktif atau tidak pernah ada.

2. Dana Digunakan Untuk Kepentingan Pribadi

Modus selanjutnya adalah dana nasabah investasi yang seharusnya memiliki peruntukannya, justru malah digunakan untuk kepentingan pribadi maupun kelompoknya.

Karena hal yang mereka tawarkan sebenarnya itu fiktif, tidak nyata dan tidak ada.

3. Pengumpulan Dana Ilegal

Selain penggelapan dana nasabah untuk kepentingan pribadi maupun kelompok, modus investasi menggunakan model bisnis koperasi.

Sistem pengumpulan dana bukannya seperti mekanisme koperasi yang terdapat dalam Undang-Undang justru dilakukan layaknya kegiatan perbankan.

4. Penggunaan AI (Artificial Intelligence) dan Robot Trading

Binary option sendiri jelas memiliki sistem yang salah, sebab mirip dengan melakukan perjudian daripada kegiatan investasi atau trading.

Agus melanjutkan, modus investasi berlanjut dengan menggunakan aplikasi AI dan memanfaatkan bursa komoditi yang fiktif dan ilegal.

5. Belum Berizin OJK

Kita juga perlu bersikap hati-hati dan tidak mudah tergiur meski sejumlah influencer melakukan promosi terkait aplikasi trading online yang mengakibatkan kerugian bagi nasabah.

Platform yang terduga menjadi tempat investasi bodong tersebut dilakukan juga tidak mengantongi izin alias ilegal.

6. Mempromosikan Kekayaan dalam Waktu Singkat

Setiap instrumen investasi yang legal memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam sistemnya.

Modus investasi bodong justru akan mengatakan bahwa mereka dapat menjanjikan dan mempromosikan kekayaan dalam waktu yang singkat.

7. Pembenaran Atas Kerugian yang Terjadi

Modus berikutnya adalah investasi bodong akan melakukan pembenaran terhadap kerugian yang terjadi bagi nasabah.

Menurutnya, kerugian tersebut merupakan hal yang wajar sebagai bentuk dari risiko yang mesti terjadi kepada para investor.

Justru yang sebenarnya terjadi kerugian tersebut sudah direncanakan sedemikian rupa oleh kelompok yang berada dalam investasi tersebut.

Setiap masyarakat hendaknya berhati-hati dan mengenali lebih dalam terlebih dahulu terhadap memilih instrumen investasi.

Hal ini agar tidak menimbulkan kerugian besar yang tidak kita inginkan, tetap waspada ketika mendapatkan informasi yang seperti melebih-lebihkan atau fiktif.

Berikhtiar dalam rangka mencari keuntungan adalah hal yang perlu kita lakukan untuk mencapai kesejahteraan dalam hidup.

Anda juga bisa memulainya dengan berbisnis online yang pasti aman dan menguntungkan seperti menjadi reseller Evermos.

Produk UMK pilihan serta berbagai rentang komisi hingga 35% siap untuk Anda pasarkan kepada orang terdekat Anda.

Yuk daftar sekarang juga GRATIS tanpa memungut biaya apapun dengan klik button di bawah berikut.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Sekian artikel mengenai investasi bodong adalah, semoga dapat bermanfaat dan silahkan share ke orang terdekat Anda.

Untuk membaca artikel informatif lainnya kunjungi Blog Evermos.

×
slot88