Panduan Internet Marketing | Pengertian, Tujuan dan Strategi untuk Pemula

Di era digital ini sudah pasti mengenal internet marketing yang digunakan oleh para pebisnis. Bagi Anda sebagai pemula yang memerlukan ilmu internet marketing, suatu keputusan yang tepat bagi Anda untuk menyimak artikel ini hingga tuntas!

Apa Itu Internet Marketing?

Internet Marketing
Sumber: google/bersosial

Internet marketing merupakan proses mempromosikan bisnis, produk atau layanan jasa, melalui internet. Menggunakan media/alat yang membantu mengarahkan lalu lintas, arahan, tindakan dan penjualan.

Sebenarnya internet marketing ini mencakup berbagai taktik dan strategi pemasaran – termasuk konten, media sosial, email, lalu lintas mesin pencari, iklan berbayar, dan banyak lagi.

Bagi Anda yang berminat memulai bisnis online yuk segera daftar menjadi reseller Evermos. Anda sudah bisa memiliki toko online sendiri dan gampang share ke sosial medianya. Jadi penjualannya pun bisa efektif. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan pelatihan bisnis dan marketing langsung dari ahlinya. Yuk segera daftar sekarang!

Tujuan Internet Marketing

Internet Marketing
Sumber: pexels.com

1. Untuk Memikat Calon Konsumen

Penggunaan platform online untuk mempromosikan bisnis adalah cara yang tepat untuk menarik perhatian calon pelanggan. Bahkan, cakupan pemasaran Anda lebih luas berkat jangkauan internet yang tidak terbatas.

2. Untuk Mempertahankan atau Memelihara Hubungan dengan Pelanggan Lama

Dengan membagikan konten melalui email newsletter misalnya, Anda dapat menginformasikan produk terbaru atau promo yang sedang berlangsung.

Tidak hanya itu, Anda dapat membagikan konten informatif atau membuka dialog dengan pelanggan lama menggunakan posting blog dan media sosial.

Bagi Anda yang memiliki bisnis online, yuk coba merambah ke aplikasi Evermos. Di Evermos semuanya praktis dan juga pendaftaran gratis. Dengan mendaftarkan diri sekali, Anda bisa langsung mendapatkan akses ke ribuan produk unggulan mulai dari fashion, kosmetik, hingga perlengkapan ibadah.

Aplikasi Evermos ini pun sudah bisa terhubung ke media sosial dan marketplace. Jadi Anda bisa melakukan share produk secara mudah dan praktis hanya dengan satu kali klik.

Jadi, tunggu apalagi, yuk segera daftarkan diri Anda dan raih kesempatan mendapat komisi hingga jutaan rupiah perbulannya. Tenang saja, pendaftaran gratis. Yuk klik tombol di bawah ini.

Strategi Internet Marketing

1. Menciptakan Website dan Membuat Blog

Internet Marketing
Sumber: pexels.com

Menurut sebuah riset menyatakan bahwa sebesar 84% konsumen lebih percaya pada bisnis yang memiliki website.

Maka dari itu, sangat disarankan bagi Anda untuk membuat website kebutuhan bisnis Anda. Untuk pemula, Anda bisa membuat website website dengan menggunakan WordPress, tanpa keahlian teknis pun Anda dapat menciptakan dan mengelola website.

Selain itu, dengan memiliki blog dapat memberikan beberapa manfaat untuk bisnis Anda. Diantaranya adalah traffic atau pengunjung situs bisnis Anda dapat bertambah, mendatangkan leads atau prospek bisnis dan bisa berinteraksi dengan pengunjung yang bisa menjadi konsumen potensial Anda.

Baca juga: Ampuh! 5 Strategi Marketing Ini Mampu Meningkatkan Omset Penjualan

2. Mendatangkan Traffic dengan SEO

Internet Marketing
Sumber: pexels.com

Dengan memiliki website dan blog saja sebenarnya tidak cukup. Anda harus menjalani strategi lainnya yaitu dengan mengoptimasi website dan blog Anda.

Agar situs dan blog Anda dapat ditampilkan di Google, Anda perlu menerapkan SEO (Search Engine Optimization).

Jika Anda menulis artikel pada situs atau blog tentang bisnis Anda dengan menggunakan teknik SEO, sudah barang tentu berpotensi untuk bisa muncul di halaman pertama google.

Dampaknya, tentu akan menambahkan traffic pengunjung dan dapat mengonversi konsumen.

Namun, perlu Anda ingat bahwa hasil dari optimasi mesin pencarian tidak akan terlihat dalam waktu dekat. Keuletan dan kesabaran adalah kunci utama dalam SEO.

3. Mengiklankan Situs dengan SEM

Apakah Anda pernah mencari tentang sebuah topik di Google dan menemukan tautan dengan label “Iklan” seperti pada contoh di bawah ini?

Internet Marketing
Sumber: google/bersosial

Itu adalah hasil dari optimasi berbayar atau paid search result yang dilakukan dengan SEM (Search Engine Marketing).

Apakah SEO dan SEM itu sama?

Pada dasarnya, SEM dan SEO sama-sama bertujuan untuk menampilkan website atau blog di halaman pertama hasil pencarian. Namun, proses kedua strategi ini berbeda.

Dalam SEO, Anda berusaha meningkatkan visibilitas website atau blog dengan memenuhi berbagai kriteria optimasi.

Berbeda halnya dengan SEM. Strategi ini tidak meliputi faktor-faktor rumit, tapi Anda harus mengeluarkan biaya.

Dalam SEM, Anda perlu melakukan riset kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Gunakanlah tool keyword research seperti Ubersuggest atau Google Keyword Planner untuk melakukan ini.

Kemudian, Anda membayar kepada Google agar menampilkan iklan situs pada setiap hasil pencarian dengan  kata kunci yang telah Anda tentukan.

Baca juga: Pahami 6 Strategi Pemasaran Online yang Paling Efektif dan Efisien

4. Melakukan Guest Blogging

Internet Marketing
Sumber: pexels.com

Pada dasarnya, guest blogging adalah aktifitas di mana Anda menulis artikel untuk blog orang atau bisnis lain. Lalu, mengapa strategi ini penting untuk internet marketing?

Jawabannya tentu tidak akan jauh dari SEO. Dua faktor yang ditentukan oleh Google agar situs Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian adalah page authority dan domain authority.

Dengan kata lain, semakin tinggi angka kedua faktor tersebut, semakin tinggi juga kemungkinan situs Anda tampil di halaman pertama Google.

Anda perlu mendapatkan backlink dari banyak situs atau blog lain untuk meningkatkan angka tersebut. Backlink adalah tautan website Anda yang diletakkan pada situs lain.

Backlink sendiri bisa didapatkan melalui dua cara bertukar link dengan pemilik website lain atau melakukan guest blogging.

5. Membangun Komunikasi dengan Sosial Media

Internet Marketing
Sumber: pexels.com

Melakukan pemasaran melalui sosial media mungkin terlihat paling sederhana di antara strategi internet marketing lain. Akan tetapi, Anda tidak boleh melakukannya secara asal-asalan.

Agar Anda dapat memaksimalkan potensi dari penggunaan sosial media untuk pemasaran, ada beberapa hal yang perlu Anda dilakukan, diantaranya:

  • Ketahui platform apa yang sering digunakan oleh target pasar Anda
  • Perlu menentukan tujuan yang jelas dan fokus sosial media marketing
  • Ketahui waktu yang tepat untuk posting konten

Media sosial saat ini sudah menjadi platform utama dalam memasarkan produk. Di media sosial ini banyak orang berinteraksi. Beruntunglah ada sebuah platform yang bisa langsung menghubungkan Anda dengan media sosial dan marketplace. Platform online ini adalah Evermos. Bagi Anda yang tertarik dan ingin lebih tahu tentang Evermos langsung saja klik banner di bawah ini.

daftar reseller evermos

Demikianlah ulasan mengenai cara dan panduan melaksanakan internet marketing. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memajukan semangat Anda dalam berbisnis.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Anda juga bisa langsung berjualan, lho. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

mulai jualan sekarang

Nah, demikianlah informasi tentang internet marketing, mulai dari pengertian, tujuan serta  strategi-strategi. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda semakin paham dalam penggunaan internet marketing ini.

Informasi di atas tentu sangat cocok bagi Anda yang pemula dalam menjalani bisnis, sehingga ilmu tentang internet marketing bisa langsung diaplikasikan untuk bisnis Anda.

Ingin mengetahui informasi menarik lainnya? Temukan berbagai informasi yang menarik pada artikel lainnya di situs blog Evermos!

×