Instagram Shopping Bisa Bikin Bisnis Makin Menguntungkan!

Media sosial saat ini terus berkembang tidak hanya sebagai media untuk bersosialisasi namun juga bisa menjadi media berbisnis. Salah satu fitur andalan berbisnis di media sosial saat ini adalah Instagram shopping.

Instagram selalu melakukan peningkatan layanan agar fitur didalamnya semakin baik dan membantu para penggunanya.

Instagram melihat potensi jika saat ini penggunanya tidak hanya memposting foto-foto pribadi tetapi juga akan memanfaatkannya untuk bisnis.

Maka dari itu Instagram menambahkan fitur terbaru yaitu shopping untuk mempermudah pengguna bisa langsung berbelanja di Laman Instagram.

Setiap bulan, 90 juta pengguna mengakses postingan di Instagram Shopping untuk mempelajari lebih lanjut tentang sebuah produk.

Untuk brand dan bisnis, menggunakan post Instagram Shopping adalah cara yang bagus untuk memamerkan produknya dan mendorong lebih banyak penjualan.

Fitur ini hadir namun belum banyak yang memahami bagaimana cara penggunaannya,untuk mendorong lebih banyak penjual.

Pada artikel ini kita akan coba membahas cara membuat Instagram shopping dan cara menggunakannnya bagi kelancaran bisnis anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum mulai menggunakan Instagram shopping.

Baca juga : Pelaku bisnis Wajib Tahu Instagram Ads untuk Bisnis yang Cuan!

Apa itu Instagram Shopping?

Instagram Shopping
Sumber:pexels.com

Instagram Shopping adalah sebuah fitur Instagram yang akan membantu konsumen dalam mengetahui harga barang yang akan dijual di Instagram secara langsung tanpa perlu berkunjung ke website, atau menanyakannya melalui “direct message”

Anda bisa menemukan layanan “shopping” ini di Halaman Eksplor.

Fitur “Shopping” ini dapat membantu Anda menemukan kiriman terkait produk dari brand yang Anda ikuti dan merek yang menurut Instagram mungkin Anda sukai.

Selain memudahkan pembeli, fitur ini juga membuka peluang besar bagi para pelaku bisnis online untuk memanfaatkan audiens yang baru dan memajangkan produknya ke khalayak luas.

Singkatnya, post pada Instagram Shopping mempermudah pembeli untuk berbelanja produk anda dengan cara “menandai” produk dan tag harga di posting.

Nantinya, Konsumen hanya perlu klik pada foto produk tersebut, maka secara otomatis harga dari produk tersebut akan langsung tertera. Informasi yang tertera ini tentunya dapat menggugah keinginan belanja dari konsumen.

Dengan fitur ini ketika ada pembeli yang mengetuk kotak informasi di produk anda bisa langsung terhubung ke website yang telah tersedia dan melakukan perbelanjaan.

Mudahnya dengan satu ketukan, pengguna dapat memperoleh akses cepat ke detail produk dan toko anda, termasuk sehingga sangat mudah bagi pengguna untuk membuat keputusan tentang pembelian.

Pengguna juga mendapat akses ke produk lain yang Anda tampilkan di post shopping. Fitur ini merupakan  cara yang efisien untuk pengguna dapat melihat koleksi produk anda.

Dan kabar baiknya adalah cukup mudah untuk menyiapkan post yang dapat dibagikan

Bagi Anda yang ingin segera mulai mengaktifkannya, bisa mengikuti setiap langkah demi langkah pada panduan ini.

Baca Juga : Bisa Ditiru! 5 Cara Sukses Online Shop Instagram Agar Kebanjiran Order

Cara Menggunakan Instagram Shopping

Untuk mulai mengaktifkan Instagram shopping. Ada 3 pengaturan yang perlu anda perhatikan

  1. Pastikan akun Instagram milik Anda sudah diubah menjadi Instagram Bisnis yang fungsi utamanya menjual barang-barang fisik. Cara mengubahnya ialah di pengaturan Instagram kemudian pilih pengaturan privasi
  2. Pastikan anda telah memiliki akun Bisnis Manager di Facebook (Facebook Business Manager)
  3. Pastikan akun Instagram Anda sudah terhubung dengan Facebook.

Membuat Katalog Baru

Setelah ketiga hal tersebut terselesaikan, Langkah pertama untuk menjalankan Instagram shopping adalah anda perlu membuat katalog berisikan produk-produk anda dengan cara berikut

  • Buka halaman Facebook Business Manager Anda di https://business.facebook.com.
  • Setelah Anda berhasil log in di Business Manager, klik pada menu utama di pinggir kemudian klik lainnya kemudian pengaturan bisnis.

Instagram shopping

  • Pilih menu sumber data kemudian pilih katalog.

Instagram shopping

 

  • Lalu klik tombol tambahkanInstagram shoppingPilih opsi buat katalog baru

Instagram shopping

  • Kemudian akan muncul halaman pembuatan katalog baru.

Instagram shopping

  • Isi informasi tentang katalog seperti nama, dan jenis produk.
  • Kemudian itu klik tombol buat katalog.
  • Selanjutnya, akan muncul pop-up pengaturan perizinan Pilih orang yang akan diberikan akses pada akun Instagram bisnis anda.

Instagram shopping

  • Setelah itu klik tombol izinkan, maka pembuatan katalog anda telah selesai, selanjutnya klik “OK”

Instagram shopping

  • Selesai. selanjutnya anda tinggal menambahkan produk ke katalog.

Instagram shopping

Menghubungkan Katalog dengan Profil Instagram Business.

  • Setelah berhasil membuat katalog baru, selanjutnya kita masih perlu untuk menghubungkan katalog dengan profile Instagram Bisnis dengan cara sebagai berikut.
  • Buka halaman “buka pengelolaan katalog”.
  • Pada halaman ini Anda diminta untuk memilih bagaimana Anda akan menggunakan katalog, Pilih “Instagram shopping”.
  • Pada bagian Instagram Shopping, setelah memilih ini, akan muncul 2 pilihan yaitu “tambahkan produk” dan “hubungkan ke profil Instagram bisnis.” Pilih “hubungkan ke profil instagram bisnis”
  • Setelah itu pastikan akun Instagram Anda di-approve untuk Instagram Shopping. Status akun akan berubah tidak terhubung menjadi terhubung.
  • Selesai.

Setelah Anda terhubung ke katalog produk di akun Business Manager, Instagram akan meninjau akun terlebih dahulu sebelum memberikan akses ke fitur shopping.

Mengaktifkan Instagram Shopping

Setelah akun anda terverifikasi untuk menggunakam Instagram shopping. Langkah selanjutnya ialah mengaktifkan fitur Instagram Shopping di Profil Instagram anda dengan langkah sebagai berikut

  • Buka profil IG Anda.
  • Buka menu pengaturan
  • Klik menu “Business”

Instagram shopping

  • Klik “set up Instagram shopping”, kemudian ikuti langkah selanjutnya.

Instagram shopping

  • Selesai.

Jika telah melalui beberapa peninjauan, sekarang anda telah terhubung dengan facebook business manager dan dapat mengakses katalog. Anda bisa mulai menambahkan tag produk ke posting dan stories Instagram Anda.

Cara Menambahkan Tag Produk ke Posting Instagram Anda

  • Mulailah dengan mengunggah gambar ke Instagram seperti biasa. Anda dapat  mengedit atau menambahkan filter dan menambahkan deskripsi produk seperti biasa.

 

  • Selanjutnya, sebelum mengunggah postingan, ada menu pilihan “tag product” atau “tandai produk”

Instagram shopping

  • Klik menu tersebut dan tandai produk sesuai dengan tag yang telah tersedia di katalog.
  • Selesai. Anda dapat menandai 5 produk sekaligus untuk setiap foto produk yang Anda posting.

Anda juga dapat memberi tag pada konten lama yang sudah Anda posting sebelumnya.

Instagram shopping

Klik edit pada konten yang ingin Anda ubah

Instagram shopping

Kemudian tambahkan tag produknya.

Instagram shopping

Cara Menambahkan Tag produk di Instastory

  • Sedangkan untuk konten di Instastory. Pilih foto yang akan ditayangkan di Instastory.
  • Kemudian ketuk tombol stiker

Instagram shopping

  • Pilih stiker produk

Instagram shopping

  • Di sana, anda akan diberikan pilihan berbagai produk dari katalog anda.
  • Pilih produk dari katalog anda.
  • Selesai.

Tips Menggunakan Instagram Shopping untuk meningkatkan penjualan

Perhatikan Konten di Instagram Shopping.

Instagram Shopping
Sumber : Pexels.com

Postingan anda tentu adalah hal yang pertama dilihat oleh konsumen di tampilan Instagram shopping. Maka dari itu, setiap produk yang anda posting perlulah diperhatikan estetika dan tampilan feednya agar dapat menarik interest dari pengguna.

Sebelum mulai mengunggah gambar, pikirkan terlebih dahulu konsep apa yang ingin Anda visualkan pada Instagram bisnis seperti warna dan layout.

Kualitas foto ditampilkan pun harus diperhatikan. Contohnya seperti menampilkan High Definition agar terkesan profesional.

Posting anda Instagram Shopping berperan seperti sebuah tampilan toko anda. Maka Secara estetika, sebuah post Instagram Shopping harus bisa menyesuaikan target market dan keseluruhan branding toko anda.

Caption yang menarik dan relevan.

Instagram Shopping
Sumber : Pexels.com

Tidak hanya soal estetika foto dan video yang akan diposting, isi dari caption untuk produk anda juga sangatlah penting untuk diperhatikan, karena caption ini merupakan kalimat penting yang dapat menentukan apakah pembaca tertarik atau tidak untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Jangan malas untuk menulis deskripsi yang menarik tentang produk di caption. Namun tetap perhatikan dan pastikan konsumen dapat membacanya dengan mudah dengan Bahasa yang tidak membingungkan.

Untuk caption, Anda bisa mengisinya dengan spesifikasi produk, harga, atau penjelasan lain yang tujuannya adalah informatif untuk menerangkan produk.

Manfaatkan audiens yang telah terlibat.

Instagram Shopping
Sumber : Pexels.com

Jika Anda telah memposting produk yang akan dijual dengan tampilan yang menarik, Anda akan mudah mendapatkan audiens walaupun hanya sekedar tap postingan Anda untuk mengetahui info dari harga produk Anda.

Namun, tidak jarang juga audiens yang akan melakukan interaksi dengan anda melalui pesan untuk menanyakan detail produk.

Oleh karena itu, Jangan lewatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan audiens. Dengan cara merespons pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dengan ramah dan cepat.

Manfaatkan fitur swipe up di Instastory

Instagram Shopping
Sumber : Pexels.com

Dengan hadirnya Instagram shopping, maka followers Anda akan bisa mengakses lebih cepat ke produk produk yang Anda jual hingga termasuk detail harga.

Sehingga membuat followers Anda lebih cept dalam mengambil keputusan untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Buatlah followers Anda tertarik untuk mengunjungi website dengan cara mengemasnya melalui story dengan menambahkan link swipe up.

Hubungkan link swipe up ke website anda, maka dengan begitu followers akan mudah menjangkau anda dan anda akan mendapat kenaikan jumlah kunjungan website.

Kembangkan strategi terus menerus.

Instagram Shopping
Sumber : Pexels.com

Menawarkan produk atau layanan melalui Instagram bukanlah perkara mudah, bahkan persaingan di Instagram saat ini cenderung lebih ketat.

Namun, bukan berarti hal itu tidak mungkin untuk dilakukan. Caranya dengan anda terus belajar dan memperbaiki kekurangan yang ada dari strategi yang sudah dilakukan.

Anda perlu untuk terus memberikan inovasi. Kemas produk dan konten promosi anda secara menarik serta jangan berhenti untuk mengevaluasi bagaimana perkembangan dari bisnis online Instagram milik anda.

Jangan lupa juga untuk terus mengeksplorasi tren yang ada saat ini untuk mengetahu interest dari audiens.

Anda juga bisa memanfaatkan media sosial lain seperti Youtube, Facebook, dan website yang saling terkoneksi.

Apabila anda rajin memasarkan produk anda di banyak media sosial, maka peluang bisnis anda untuk semakin dikenal pun semakin besar.

Jadi, tunggu apalagi, segera manfaatkan layanan Instagram shopping ini untuk mengembangkan bisnis dan mempromosikan produk Anda.

Jika anda belum memiliki produk bisnis sendiri, anda dapat menjadi reseller dan memanfaatkan fitur ini sebagai media promosi produk tersebut.

Jika anda berminat menjadi reseller, Anda dapat dengan mudah memulai bisnis praktis minim modal di Evermos.

Hanya dengan modal 300 ribu, anda akan langsung mempunyai toko sendiri dan terhubung dengan brand-brand ternama. Banyak jenis produk barang dari berbagai produsen yang dapat anda pilih.

Dengan bergabung menjadi reseller Evermos, anda tidak perlu pusing memikirkan stok barang, mengemas, bahkan pengiriman. Semua hal tersebut akan ditangani oleh pihak dari Evermos.

Belum memiliki kemampuan untuk berjualan? Tidak perlu khawatir, anda pun akan diberikan pelatihan dan bimbingan bisnis. Anda dapat memiliki bisnis rumahan dengan hasil jutaan per bulan.

Anda hanya perlu fokus mempromosikan produk anda kepada teman-teman dengan share produk ke media sosial.

Tunggu apa lagi, segera bergabung menjadi reseller Evermos untuk bisnis tanpa modal dengan hasil keuntungan maksimal.