Pelaku bisnis Wajib Tahu Instagram Ads untuk Bisnis yang Cuan!

Saat ini, tentunya kita sudah tidak asing dengan media sosial Instagram. Selain untuk media berbagai foto dan video, Instagram pun bisa menjadi saran berbisnis dngan adanya fitur Instagram ads.

Instagram ads merupakan salah satu layanan iklan melalui konten yang berbayar di Instagram. Tujuannya adalah untuk menjangkau audiens yang lebih banyak, spesifik, dan tertarget.

Instagram ads sering dimanfaatkan untuk meningkatkan brand exposure, serta lalu lintas kunjungan di website.

Siapa dari anda yang merupakan pengguna aktif Instagram? Tentunya anda dapat memanfaatkan layanan ini untuk membantu bisnis anda.

Ingin tahu caranya? Berikut simak penjelasan kami mengenai  cara untuk beriklan di Instagram ads.

Cara Beriklan di Instagram Ads Agar bisnis Cuan!

Instagram ads merupakan platform visual, yang menggabungkan tulisan dengan media gambar/video. Hal ini dapat menarik pehatian audiens saat melihat suatu produk di Instagram ads.

Di samping itu, menurut data statistik Instagram menyatakan bahwa 60% pengguna Instagram mengatakan mereka menemukan produk-produk baru dari Instagram.

Selain itu, 75% lainnya mengatakan bahwa mereka tergerak untuk melakukan sebuah aksi pembelian setelah mereka melihat postingan di Instagram.

Prinsip beriklan di Instagram ads hampir serupa dengan facebook ads. Pelaku bisnis mengeluarkan sedikit uang untuk mempromosikan postingannya namun aka meningkatkan exposure brand hingga interaksi untuk akun bisnis anda.

Selanjutnya, anda harus menentukan tujuan utama dalam beriklan. Adapun hal yang perlu dipersiapkan sebelum mulai menggunakan Instagram Ads adalah mengetahui terlebih dahulu siapa yang akan menjadi target audiens Anda.

Baca juga : Cara Jualan Di Facebook Untuk Pemula Agar Laris Dan Cepat Laku

Cara Membuat Instagram Ads

Pertama-tama, Anda perlu memiliki akun Facebook terlebih dahulu untuk dapat memulai Instagram ads.

Selanjutnya, terdapat lima pilihan cara yang bisa Anda coba untuk memulai iklan di Instagram, yakni melalui :

  • Aplikasi Instagram
  • Facebook business Manager
  • Facebook Power Editor
  • Facebook’s Marketing API
  • Instagram Partners

Dari kelima cara di atas, cara yang paling mudah dan praktis untuk pemula adalah melalui Facebook Ads Manager. Berikut adalah cara membuat Instagram ads melalui facebook business manager.

Pilih Objektif Campaign Anda

Instagram ads

Pertama, anda perlu yaitu memilih objektif dari campaign Anda. Objektif adalah tujuan dari anda beriklan. Dengan ini, facebook akan membantu anda dalam menentukan dan menyesuaikan format iklan, Jenis audiens, bidding options, dan auto optimization. Berikut ini adalah daftar objektif campaign yang tersedia di Facebook Ads Manager dan dapat digunakan untuk Instagram Ads :

  • Brand awareness : Meningkatkan kesadaran
  • Reach : Meningkatkan dan memperluas jangkauan dari target pasar anda
  • Traffic : meningkatkan jumlah pengunjung di website anda
  • Engagement : meningktkan jumlah interaksi seperti like, comment, dan share di akun anda.
  • All installs : menignkatkan jumlah pengguna yang mengunduh aplikasi anda
  • Video views : Jumlah penonton dari video (jika anda memiliki bisnis konten)
  • Lead generation : Meningkatkan prospek dari pengumpulan data orang yang memiliki ketertarikan pada produk Anda.
  • Conversions : meningkatkan jumlah orang yang melakukan pembelian
  • Product catalog sales : Penayangan mengenai produk katalog Anda sesuai dengan target yang ditentukan.
  • Store visits : meningkatkan jumlah kunjungan ke toko bisnis anda

Atur Target Audience

Instagram ads

 

Di bagian pengaturan ini, Anda akan diberi dua pilihan. Anda dapat menggunakan target audiens yang telah dipilih sebelumnya, atau anda bisa menentukan target audiens yang baru.

Berikut ini contoh beberapa aspek penting untuk menentukan target audiens iklan Anda, diantaranya:

  • Usia dan jenis kelamin
  • geografi
  • Interest(minat)
  • Demografi (pendidikan, status, dll)
  • Behavior(perilaku)

Anda harus sungguh-sungguh dan cermat dalam menentukan target audiens dari iklan. dikarenakan hal ini merupakan salah satu elemen penting dalam memasang iklan. Target juga jadi salah satu hal yang menentukan biaya iklan serta peluang keberhasilan kampanye iklan..

Atur penempatan iklan Anda

Selanjutnya, Anda memilih beberapa pilihan untuk meletakkan iklan Anda. yang berbeda dari pembuatan Instagram ads dan Facebook ads adalah dari penempatan iklannya. Untuk instagram ads pilih menu edit penempatan

Instagram ads

Kemudian anda perlu memilih Instagram sebagai opsi

Instagram ads

Tentukan Jadwal Penayangan

Tentukan berapa lama iklan Anda akan ditampilkan. anda bisa menjalankan set iklan secara otomatis, ataupun menentukan Iklan dalam jangka waktu tertentu.

Instagram ads

Hubungkan Akun facebook dengan Akun Instagram

Di langkah ini yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan akun Instagram yang ingin Anda hubungkan dengan halaman Facebook Anda. Anda bisa menambahkan akun yang telah ada atau membuat akun baru.

Instagram ads

 Optimasi budget dan Iklan

Instagram ads

Budget Iklan

Anda memiliki dua pilihan anggaran untuk kampanye anda antara lain harian, dan sepanjang masa promosi.

Anggaran harian : set iklan untuk terus berjalan sepanjang hari. Algoritma akan secara otomatis mempercepat pengeluaran per-hari Anda. Namun, terdapat anggaran harian minimum tergantung pada faktor-faktor yang ada dalam campaign, biasanya sekitar Rp 25.000.

Anggaran sepanjang masa promosi: set iklan ini dijalankan dalam jangka waktu tertentu, yang berarti pengeluaran Anda disesuaikan untuk seluruh periode waktu yang Anda tentukan.

Aspek lain untuk menetapkan anggaran Anda adalah pengaturan jadwal  campaign. Anda harus memilih dengan tepat rentang waktu campaign akan berjalan dan waktu penayangan campaign perharinya.

Optimasi pengiriman iklan.

Di sini Anda memiliki tiga pilihan yang akan mempengaruhi pembaca iklan Anda:

  1. Klik Tautan : iklan ini merupakan iklan yang paling direkomendasikan. Iklan ini dikirim kepada orang yang tepat untuk membantu Anda mendapatkan klik paling banyak dari iklan menuju website.
  2. Tayangan: Iklan Anda akan dikirimkan ke orang-orang sebanyak mungki dan setiap waktu
  3. Jangkauan Unik Harian: Iklan Anda akan dikirimkan kepada orang-orang dalam waktu sekali sehari.

Mengatur muatan iklan.

facebook ads

Pada step berikut, anda dituntut untuk kreatif dalam menyajikan format iklan Anda akan memutuskan tentang seperti apa iklan Anda akan terlihat.

Anda akan mendapat beberapa pilihan format untuk iklan Anda. Instagram telah menyediakan 7 format Instagram Ads yaitu

Single image ads – Format ads yang paling sering digunakan. Anda hanya membutuhkan sebuah gambar, caption gambar, dan tombol call to action (CTA).

Instagram carousel ads – Format Iklan untuk anda bisa memilih 1 sampai 10 gambar dan video.

Instagram video ads – Format video atau GIF.

Slideshow ads – Dengan format ini, Anda bisa menggunakan hingga 10 gambar lalu menambahkan music untuk membuat sebuah looping video.

Instagram lead ads – Format ini membantu anda untuk mengumpulkan informasi calon pelanggan. Saat seseorang klik pada leads iklan anda, mereka akan diarahkan ke halaman baru dengan formulir prospek yang berisi nama dan detail kontak mereka

Instagram stories image ads – Setelah fitur stories dirilis, semakin banyak orang memanfaatkan stories untuk meletakkan gambar iklan. Karena fitur stories ini merupakan fitur favorit bagi para pengguna Instagram.

Instagram stories video ads – Format Instagram stories videos ini merupakan format dimana anda dapat mengunggah video berdurasi hingga 15 detik

Setelah Anda memilih format ads yang Anda perlukan, Isilah detail dari ads seperti Headline, Text, dan tombol call to action (CTA). 

Buat Gambar dan Deskripsi Iklan

Pada bagian ini tulis deskripsi iklan Anda. Buatlah deskripsi yang menarik dan singkat agar audiens bisa langsung mengerti tujuan iklan Instagram Ads Anda. Kemudian, Pilih gambar yang sesuai dengan deskripsi iklan Anda.

Anda bisa melakukan pembayaran melalui kartu kredit atau kartu debit. Setelah Anda melakukan pembayaran Facebook akan mereview iklan Anda dan akan segera menampilkannya kalau sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Tips menggunakan Instagram ads untuk Bisnis yang Cuan

Maksimalkan Iklan di Instagram Stories.

Instagram Stories adalah fitur dari Instagram untuk menampilkan postingan foto atau video namun hanya berlaku selama 24 jam saja. Setelah 24 jam berakhir, postingan akan terhapus secara otomatis.

Namun menariknya menurut data Instagram 52% pengguna mengatakan bahwa mereka lebih tertarik pada brand yang mereka lihat di Instagram Stories.

Meskipun durasi Instagram Stories relatif lebih pendek, namun penyampaian pesan dirasa lebih efektif.

Pesan dikemas secara lebih kreatif untuk memenuhi durasi yang pendek tersebut. Ditambah, orang-orang tentunya cenderung lebih suka menonton sesuatu yang singkat namun jelas.

Fitur stories ini pun bisa menjadi sumber trafik Anda. Iklan di stories pun muncul di antara stories-stories lainnya,

Sehingga saat pengguna melihat instagram stories secara beruntun akan muncul instagram ads milik Anda dan akan menarik perhatian.

Optimasi visual pada Konten

Instagram adalah media sosial yang menitikberatkan kontennya pada visual. Sebab konten utama Instagram adalah foto dan video.

Berbeda dengan media sosial lain yang memungkinkan Anda untuk memposting tulisan saja. Instagram mengharuskan Anda mengunggah foto atau video di setiap postingan.

Hal ini menuntut Anda untuk menampilkan iklan dengan visual yang menarik.

Buat Iklan yang Natural

Membuat konten dengan visual yang menarik adalah hal utama. Namun hal lain yang tak kalah penting adalah Anda harus bisa membuat iklan tersebut secara soft selling sesuai dengan interest dari target audiens Anda.

Lakukan riset tentang target audiens  terlebih dahulu, kemudian cari tahu konten seperti apa yang biasa mereka lihat di Instagram dan konten apa yang mereka sukai.

Setelah memahami interest dari  target audience, Anda bisa dengan mudah menyisipkan value tersebut dalam pembuatan konten hingga seolah-olah anda konten promosi anda tidak terlihat seperti iklan hardselling

Optimasi Biaya Iklan di Instagram Ads

Biaya untuk beriklan di Instagram Ads juga terhitung terjangkau yakni di kisaran Rp 25.000 per hari.

Cara kerjanya yakni mengatur alokasi dana. semakin banyak dana yang dilokasikan, maka semakin banyak pula jumlah audiens yang dapat dijangkau.

Anda juga bisa menganggarkan biaya iklan dalam kurun waktu tertentu. Anda bisa mengatur sendiri kebutuhan suatu iklan dalam jangka waktu tersebut.

Menguasai cara beriklan di Instagram sudah menjadi keharusan bagi para pemilik usaha karena banyaknya jumlah pengguna di media sosial tersebut.

Banyaknya influencer dan figur publik yang aktif meramaikan Instagram pun menjadikan media sosial ini semakin ramai digunakan.

Membuat Instagram Ads adalah langkah awal untuk menjangkau konsumen dan meraup keuntungan untuk bisnis anda.

Beriklan di media sosial saat ini telah menjadi suatu kebutuhan. Anda perlu memahami caranya untuk bisa menerapkannya di bisnis anda.

Tidak ada salahnya Anda mencoba untuk mengiklankan produk atau jasa Anda melalui sosial media yang satu ini.

Apakah anda tertarik untuk memulai bisnis dan menggunakan instagram ads dalam meraih keuntungan?

Mari memulai bisnis dengan bergabung menjadi reseller di Evermos. Anda dapat dengan mudah memulai bisnis praktis dengan modal minim di Evermos.

Dengan mendaftar menjadi reseller Evermos, anda akan langsung memiliki toko sendiri dan terhubung dengan brand-brand ternama.

Dengan bergabung menjadi reseller Evermos, anda tidak perlu pusing memikirkan stok barang, packing, bahkan pengiriman. Semua hal tersebut akan ditangani oleh pihak dari Evermos.

Belum memiliki kemampuan untuk berusaha? Tidak perlu khawatir, anda pun akan diberikan pelatihan dan bimbingan bisnis. Anda dapat memiliki bisnis rumahan dengan hasil jutaan per bulan.

Tunggu apa lagi, segera bergabung menjadi reseller Evermos untuk bisnis minim modal dengan hasil keuntungan maksimal.

 

×