Inilah 10 Inspirasi Kado Pernikahan Islami Yang Istimewa di 2022

Mencari kado pernikahan islami untuk pengantin baru terkadang tidak semudah yang kita kira. Banyak barang-barang Islami yang terlihat biasa dan biasa saja saat digunakan sebagai hadiah. Oleh karena itu, Blog Evermos akan siap membantu Anda menemukan kado pernikahan islami yang tidak akan mengecewakan calon pengantin.

Berikut ulasannya!

Bingung mencari kado pernikahan Islami?

Kado Pernikahan Islami
Sumber Gambar: Google

Cinta terhadap lawan jenis tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, karena cinta adalah fitrah yang ada bersama penciptaan manusia itu sendiri. Cara mengungkapkan cinta tentu berbeda tergantung orang, daerah, budaya, negara dan tentunya agama. Berbeda dengan adat Barat yang bebas mengungkapkan cinta, Islam sebenarnya memiliki aturan dan batasan tertentu dalam menyalurkan cinta. Pernikahan merupakan aturan mutlak yang harus ditaati oleh umat Islam dalam rangka menyalurkan cinta halal kepada pasangannya.

Di negara kita tentunya pernikahan sangat identik dengan kado atau hadiah. Dalam Islam sendiri, hadiah atau karunia berarti memberikan sesuatu kepada orang lain dengan maksud untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang tersebut dan mengharap pahala dari Allah. Hadiah diberikan tanpa permintaan dan kondisi yang mengikatnya. Islam mewajibkan pemberian hadiah untuk membalas budi serta membangun persahabatan dan kasih sayang antara sesama muslim, namun haram hukumnya jika hadiah tersebut berupa barang yang haram atau sesuatu yang mengarah pada perbuatan yang haram seperti suap. Selama tujuannya baik, Islam sangat menganjurkan umatnya untuk saling memberi hadiah pada waktu-waktu tertentu, seperti walimahan (perkawinan), khitanan dan sebagainya.

Tentu saja, ketika Anda mendengar bahwa saudara atau teman Muslim Anda akan menikah, Anda sangat senang. Selain menghadiri undangan, Anda ingin membuatkan kado atau bingkisan untuknya. Sekecil apapun hadiah atau kado yang kamu berikan, kamu ingin menjadi salah satu hal yang sangat berguna dan akan selalu dikenang oleh teman atau kerabat yang akan menikah.

Tips mempersiapkan kado pernikahan Islami yang baik dan benar

Kado Pernikahan Islami
Sumber Gambar: Google

Siapapun yang menikah dan beragama islam harus mempersiapkan kado pernikahan islami dengan sebaik-baiknya agar dikenang selamanya. Mereka juga mengharapkan kehadiran Anda dan teman-teman mereka yang lain untuk memeriahkan pernikahan mereka dan mendoakan mereka. Namun bagi diri sendiri, hadir dan berdoa saja tidak cukup. Anda pasti ingin memberikan sesuatu yang akan membuat sahabat Anda bahagia dan berkesan.

Kado pernikahan islami yang berkesan bukan berarti harus mahal lho, kamu bisa memberikan sesuatu yang disukai atau dibutuhkan sahabatmu dengan harga murah. Meski murah, carilah yang berkualitas dan unik, karena hadiah yang unik akan membuat sahabat Anda selalu mengingat Anda.

Bagaimana memilih kado pernikahan islami yang murah tapi unik dan tak terlupakan?

Pertama, lakukan survei ke beberapa toko atau vendor, lalu lihat tampilan barangnya dan bandingkan harganya. Pilih kualitas bagus tapi harga murah.

Kedua, pertimbangkan apa yang dibutuhkan pengantin baru? Pengantin baru pengantin baru romantis, mereka suka hadiah yang bisa digunakan bersama, seperti B. beberapa cangkir, pakaian pasangan dan sebagainya. Anda dapat memilih hadiah ini untuk membangun suasana romantis di antara mereka. Atau hal-hal yang mereka butuhkan untuk rumah baru mereka, seperti peralatan masak atau elektronik.

9 Inspirasi kado pernikahan islami

Sebagai seorang muslim, Anda perlu memikirkan kado pernikahan islami apa yang baik untuk diberikan kepada teman yang sesuai dengan syariat Islam. Padahal, tidak ada norma khusus yang mengatur pemberian apa yang boleh dan tidak boleh diberikan kepada sesama Muslim. Namun akan lebih baik jika hadiah yang Anda berikan menjadi penyemangat bagi mereka untuk beribadah kepada Allah dan mendorong mereka untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

kado pernikahan islami yang bermanfaat namun tidak membutuhkan budget yang besar adalah alat-alat ibadah seperti mukena, topi, Al-Quran, dan sajadah dengan motif seragam. Setelah pernikahan, tidak hanya kegiatan lain, tetapi juga kebaktian gereja dilakukan bersama. Kegiatan ibadah ini akan terasa lebih berkesan jika peralatan yang digunakan memiliki pola yang serupa. Jadi Anda benar-benar dapat memberi teman Anda sepasang perlengkapan Tuhan.

Jika dekorasi ibadah Anda terasa terlalu biasa dan personal, Anda bisa memilih kado lain yang kurang lebih sesuai untuk pengantin baru. Tapi masih bingung mau kasih kado apa? Berikut adalah beberapa rekomendasi kado pernikahan islami untuk diberikan kepada teman-teman Anda.

1. Buku

Kado Pernikahan Islami Buku
Sumber Gambar: Google

Pernikahan dalam Islam merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah SWT, Sunnah Nabi dan sarana mengungkapkan cinta dengan cara yang sah. Mempersiapkan pernikahan tidak hanya mempersiapkan fisik, tetapi juga mental, karena pernikahan bukan hanya tentang kesiapan materi, tetapi juga kedewasaan rohani untuk menjalankan rumah tangga di masa depan.

Salah satu cara mempersiapkan kedewasaan jiwa adalah dengan membaca buku-buku tentang pernikahan. Nah, Anda memang bisa memberikan buku tentang pernikahan kepada sahabat Anda agar pernikahan mereka dipersiapkan dengan baik dan diberkati.

Saat memilih buku pernikahan sebagai hadiah atau kado pernikahan islami, ada juga berbagai hal yang perlu dipertimbangkan, seperti buku mana yang terbaik untuk sahabat Anda. Caranya adalah kenali dulu karakter temanmu lalu pilih buku yang sesuai dengan karakter tersebut. Tidak ada salahnya juga untuk memberikan buku-buku motivasi, nasehat, tips, atau pendidikan lainnya yang berkaitan dengan pernikahan dan rumah tangga.

Salah satu buku nikah yang direkomendasikan adalah Nasihat dan Pelajaran untuk Pengantin, buku 16 x 23,5 cm dengan berat 292 gram ini menjelaskan bagaimana memberikan solusi tepat bagi pengantin baru yang belum menikah pasti menikah. Tebal 207 halaman dan dikemas dalam soft cover, buku ini juga mencakup berbagai solusi atas masalah yang muncul di rumah. Buku ini juga banyak tersedia secara online, harganya hanya Rp 44.000 saja. Karunia ini dijamin akan membantu sahabat Anda menjadi siap rohani dan dewasa dalam ilmu untuk membangun keluarga impian sesuai dengan ajaran Syariah Islam.

2. Perlengkapan sholat

Kado Pernikahan Islami Peralatan Sholat
Sumber Gambar: Google

Di beberapa daerah mahar dapat diberikan dalam bentuk sejumlah alat sholat. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa memberikan hadiah kepada temanmu berupa perlengkapan sholat. Tentu saja, karena perlengkapan sholat selalu dibutuhkan oleh umat Islam, maka kado pernikahan islami Anda akan sangat bermanfaat baik bagi calon pengantin.

Anda bisa memberikan berbagai perlengkapan ibadah berupa mukena, sarung dan sajadah. Nah kok banyak mukena dan sarung yang sengaja didesain untuk pasangan jadi motifnya sama. Perlengkapan sholat ini harganya juga terjangkau mulai dari Rp 195.000 Rp 350.000. Memberi perlengkapan sholat tidak hanya sebatas memberi hadiah saja karena di balik pemberian anda ada doa dan harapan yang anda doakan agar teman dan pasangan anda semakin termotivasi dan rajin beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hadiah dari Anda membuat mereka berdua tidak hanya memikirkan Anda sebagai pemberi, tetapi juga harapan yang Anda tempatkan di dalamnya.

3. Hiasan kaligrafi

Kado Pernikahan Islami Hiasan Dinding
Sumber Gambar: Google

Sebuah ruangan akan terasa kosong dan hampa jika tidak ada hiasan yang menghiasi dindingnya. Saat calon pengantin (terutama calon pengantin) menikah, salah satu hal yang mereka persiapkan adalah desain interior ruangan pernikahan. Apalagi jika teman Anda adalah orang yang sangat peduli dengan penampilan sebuah ruangan, maka dekorasi kaligrafi sangat cocok untuk Anda sebagai kado pernikahan untuk menghiasi dinding kamarnya.

Kaligrafi tidak hanya berfungsi sebagai hiasan dinding, tetapi juga menenangkan untuk dilihat dan insya Allah tidak bersumber dari syarat agama. Memberikan hadiah kaligrafi kepada sahabat muslim akan menambah keindahan dan keindahan artistik pada ruangan pernikahan. Banyak sekali penjual kaligrafi dengan berbagai macam desain tulisan, bingkai dan warna. Jika waktu Anda terbatas untuk mencarinya secara langsung, Anda bisa membelinya di toko online atau marketplace seperti Evermos. Estimasi harga sekitar Rp 69.000 Rp 280.000

Tidak hanya sebagai penghias kamar pengantin, kado kaligrafi dari Anda juga sangat bermanfaat dan tetap bisa digunakan saat sahabat Anda sudah memiliki rumah baru. Karena rumah baru secara alami membutuhkan dekorasi untuk mempermanis ruang, kaligrafi Anda dapat digunakan untuk menciptakan suasana rumah yang lebih islami, asri, dan menenangkan. Kaligrafi ini dijamin akan membuat teman Anda mengingat Anda selamanya.

4. Al Quran

Kado Pernikahan Islami Al Quran
Sumber Gambar: Google

Al-Quran adalah petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa, Al-Quran juga merupakan petunjuk bagi umat Islam. Oleh karena itu, sebagai seorang muslim sangat dianjurkan untuk selalu membaca dan mempelajari makna ayat-ayat dalam Al-Quran. Nah, jika Anda masih bingung mau memberikan kado apa untuk pernikahan sahabat Anda maka Al-Qur’an adalah jawabannya.

Ya, meski sudah pasti hampir semua umat Islam memiliki Al Quran di rumahnya, bukan berarti kamu tidak bisa memilih Al Quran sebagai hadiah lho. Al-Quran adalah hadiah yang istimewa dan sangat berguna untuk teman-teman Anda. Apalagi jika Al-Quran yang Anda berikan memiliki terjemahannya karena dari sini sobat bisa mempelajari makna-makna yang tersirat dalam Al-Quran lebih dalam. Membaca dan mempelajari Al-Qur’an adalah ibadah dan dihargai sebagai pahala. Selain hadiah, Anda juga memberikan manfaat luar biasa untuk teman-teman Anda.

Apalagi saat ini banyak sekali Al-Quran yang didesain dengan sangat indah, mulai dari kertas hingga covernya. Ada juga Al-Qur’an yang dilengkapi dengan terjemahan dan bacaan, sehingga sangat cocok sebagai hadiah pernikahan. Misalnya, Mushaf Al-Quran (A6) edisi ekonomi yang diterbitkan oleh Perpustakaan Al-Kautsar, yang mendapat tashih dari sebuah lembaga resmi pemerintah Indonesia. Ditampilkan dalam Ottoman Khot, Mushaf ini dibuat dengan kualitas terbaik dan harga yang sangat kompetitif yaitu hanya sekitar Rp 48.000. Kamu bisa banget menjadikan Al Quran ini sebagai hadiah untuk sahabatmu.

5. Hiasan Dinding Ka’bah

Kado Pernikahan Hiasan Dinding
Sumber Gambar: google

Rumahku Surgaku. Istilah ini sangat terkenal di kalangan umat Islam. Rumah harus menjadi tempat paling nyaman dan surga bagi penghuninya. Oleh karena itu, umat Islam harus mendekorasi rumahnya agar terlihat nyaman dan artistik. Salah satunya dengan lukisan dan hiasan dinding lainnya. Karena itu, Anda bisa menjadikan hiasan dinding sebagai hadiah untuk pernikahan sahabat Anda.

Telah disebutkan di atas bahwa kaligrafi dapat menjadi inspirasi untuk hadiah pernikahan. Namun ternyata tidak hanya kaligrafi saja, hiasan dinding berupa gambar Ka’bah juga bisa dijadikan kado pernikahan islami untuk memperkaya estetika ruangan pernikahan atau rumah sahabat Anda.

Hiasan dinding Ka’bah adalah foto Ka’bah dengan Masjidil Haram dan kompleks Abraj Al-Bait sebagai latar belakangnya. Selain mempercantik ruangan, hiasan dinding Ka’bah juga akan membangkitkan semangat dan kerinduan untuk berkunjung ke Rumah Allah, Mekkah Al-Mukarrahmah untuk menunaikan rukun Islam yang terakhir. Anda bisa membelinya langsung di toko atau bisa juga dilakukan secara online, harga mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 600.000.

6. Buku Hadis & Sunnah Rasulullah

Buku Hadis
Sumber Gambar: Google

Selain Al-Qur’an, Hadis dan Sunnah Nabi juga merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Oleh karena itu, adalah kewajiban umat Islam untuk mempelajari dan mematuhi Hadis dan Sunnah Nabi Muhammad.

Buku-buku Hadis dan sunnah nabi benar-benar bisa dijadikan sebagai hadiah untuk sahabat anda. Salah satu buku yang direkomendasikan adalah Bulughul Maram, Kumpulan Hadis dan Sunnah Nabi Muhammad SAW oleh Al-Hafizd Ibn Hajar Al-‘Asqalani. Buku ini merupakan karya besar yang terkenal dalam khazanah Islam dan menjadi buku referensi bacaan dalam memahami Islam bagi umat Islam di seluruh dunia. Harganya di kisaran Rp. Hanya 165.750 lho. Dijelaskan bagaimana seorang muslim harus bertindak dan berperilaku sesuai dengan sunnah Nabi – dari bangun tidur hingga kembali tidur – semua dibahas secara tematis, detail dan mudah dipahami, juga terjemahan bahasa Indonesianya sangat enak dibaca, sehingga meningkatkan pemahaman dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari lebih mudah.

Dengan memberikan Kitab Hadis dan Sunnah Nabi, Anda telah mengajak teman-teman Anda untuk mempelajari dan menerapkan ajaran Islam secara benar dan sesuai dengan tuntunan Nabi, sehingga akan membawa kebahagiaan di dunia dan akhirat. . Kehendak Tuhan.

7. Jilbab atau pashmina

Pashmina
Sumber Gambar: Google

Islam mewajibkan pemeluknya untuk menutup aurat secara menyeluruh, hal ini bertujuan untuk menjaga kehormatan dan martabat serta untuk melindungi wanita itu sendiri dari fitnah dunia. Perintah ini kemudian dijadikan sebagai dalil atau dasar bagi wanita muslimah untuk berhijab untuk menutup auratnya. Seiring berjalannya waktu model hijab ini juga mengalami perkembangan, dulu model hijab hanya seperti itu, kini hijab divariasikan dengan model, warna, corak dan bahan yang sangat berbeda.

Sebagai sahabat muslim, kamu bisa menggunakan hijab atau pashmina sebagai inspirasi kado pernikahan sahabatmu. Anda tidak hanya menyenangkan dia dengan hadiah Anda, tetapi Anda juga membantunya untuk memperluas koleksi jilbabnya, yang digunakan untuk menjalankan perintah Allah untuk menutup aurat dengan sempurna.

Tentunya saat memberikan hijab sebagai hadiah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hijab yang kamu berikan sebagai Kado Pernikahan Islami sesuai dengan karakter dan gaya temanmu. Sama seperti membeli jilbab untuk diri sendiri, Anda harus mencari yang paling tepat dan sesuai dengan selera, karakter, dan warna kulit Anda, bukan? Apalagi sahabat Anda yang baru menikah dan pada dasarnya ingin tampil cantik di depan suaminya. Perpaduan hijab yang bagus membuat sahabatmu tampil fashionable dengan tampilan yang elegan.

Meski membeli hijab dan pasmina dengan harga murah, kualitasnya juga harus diperhatikan. Kualitas yang baik akan membuat teman Anda senang memakai hijab dan pasmina oleh Anda. Saat ini banyak sekali produsen dan toko online yang menawarkan hijab yang bagus dengan harga yang terjangkau. Anda bisa mendapatkannya di Zalia, Zalia Hijab dan Pashmina memberikan sentuhan elegan dan bahannya juga bervariasi mulai dari yang halus, satin dan lain sebagainya. Zalia Satin Infinity Snood 2 pack dibandrol dengan harga sekitar Rp 179.000. Jilbab atau pashmina yang berkualitas akan membantu calon pengantin tampil lebih anggun dan menawan.

8. Baju gamis & baju koko senada

Baju Couple
Sumber Gambar: Google

Selain kewajiban menutup aurat, busana muslim juga menjadi trend fashion yang sangat populer saat ini. Banyak sekali busana muslim yang didesain agar fashionable, fashionable namun tetap syar’i. Jadi mengapa tidak mencoba memberikan sepasang gamis yang serasi dan pakaian cocok sebagai hadiah pernikahan untuk sahabat Anda?

Pasangan muda sangat senang ketika bisa memakai seragam atau baju couple bersama pasangannya, apalagi saat menghadiri acara-acara tertentu seperti undangan atau hari-hari besar seperti Hari Raya, ada kebahagiaan ketika bisa memakai baju couple agar terlihat serasi dan kompak.

Banyak model baju muslim couple terbaru yang saat ini sedang dijual, jadi pilihlah yang model dan motifnya tidak ada di pasaran, mis. B. Baju Muslim couple Batik Karenina atau Batik Sarimbit yang dijual dengan harga Rp 275.000 saja. Bagaimanapun, jika Anda memberikan hadiah berupa kemeja seragam dan baju koko, sahabat Anda akan sangat senang, karena dia akan merasa bahwa dia mendapatkan perhatian dari Anda.

9. Tasbih

Tasbih
Sumber Gambar: Google

Amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam adalah dzikir (mengingat) Allah SWT dengan memuji-Nya. Ketika kita berdzikir, biasanya kita menghitung pengucapan dzikir itu, kita bisa menghitungnya dengan jari atau tasbih kita. Tasbih biasanya terbuat dari kayu, tulang dan sebagainya.

Anda bisa membuat tasbih sebagai hadiah untuk teman Anda. Karunia tasbih tidak hanya unik tetapi juga menyiratkan bahwa Anda ingin sahabat Anda selalu berdzikir atau mengingat Allah SWT. Jika Anda ingin memberikan tasbih sebagai hadiah, pilihlah yang terbuat dari bahan yang bagus, seperti kayu cendana, kayu yang terkenal dengan aromanya yang khas. Maka tidak heran jika tasbih cendana sangat dicari atau diminati karena masyarakat percaya dengan menggunakan tasbih cendana akan membuat zikir lebih khusyuk. Tasbih cendana yang dijual umumnya terdiri dari 33 tasbih (harga Rp 95.000) dan 90 tasbih (harga Rp 145.000).

Pemberian tasbih cendana yang Anda berikan kepada sahabat Anda tidak hanya membuatnya selalu mengingat Allah tetapi juga mengingat Anda dalam dzikir dan doanya.

Jangan lupa siapkan ucapan terbaik untuk pernikahan teman kamu

Pemberian hadiah tidak lengkap jika tidak disertai dengan harapan dan doa untuk pengantin baru. Pada dasarnya kedua mempelai mengharapkan kehadiran dan restu dari keluarga dan sahabatnya agar rumah tangga merak menjadi keluarga yang bahagia. Jadi jangan lupa sertakan doa terbaikmu untuk teman-temanmu. Anda dapat mengucapkan doa-doa ini secara langsung atau menuliskannya dan kemudian memasukkannya ke dalam kotak hadiah.

Simak informasi menarik lainnya hanya di Blog Evermos.

×