Inilah Manfaat Olahraga Pagi Untuk Kesehatan

0

Kebanyakan orang malas untuk bangun pagi dan melaksanakan olahraga, Sebab mereka sudah terlanjur cinta dengan kebiasaan yang buruk itu. Jangankan pergi untuk melakukan olahraga pagi, bahkan untuk bangun dari tempat tidur pun sangat malas.

Sepertinya kebiasaan tersebut harus ditingkatkan dan mulailah untuk membangun kebiasaan yang lebih baik yakni bangun pagi dan berolahraga secara rutin. Sebab di balik kebiasaan melaksanakan olahraga pagi ini memiliki banyak sekali manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan. Nah, untuk Anda yang penasaran apa saja manfaat olahraga pagi, maka berikut ini adalah ulasannya:

Mampu Meningkatkan Kecerdasan Otak

Untuk manfaat pertama yang bisa diperoleh ketika melaksanakan olahraga pagi secara rutin ialah peningkatan dari kecerdasan otak. Dan hal ini telah diteliti oleh sebuah universitas yang ada di Jepang, dimana peneliti tersebut menerangkan jika orang yang rutin melaksanakan olahraga ketika pagi hari maka mempunyai intelektualitas yang sangat tinggi. Tak hanya itu saja dari penelitian itu terdapat adanya peningkatan dari kemampuan memori otak jika melakukan olahraga pagi secara rutin.

Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Untuk manfaat yang kedua dari olahraga pagi ialah bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena tubuh kita akan merasakan bagaimana hangatnya sinar matahari pagi yang memiliki banyak kandungan vitamin D. dimana vitamin D tersebut sangat berguna bagi kesehatan tubuh bahkan sistem kekebalan yang dimiliki oleh tubuh manusia. Untuk Vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari akan diolah menjadi antibodi yang berfungsi menjadi penangkal penyakit. waktu yang paling tepat untuk olahraga renang mendapatkan vitamin D adalah di bawah jam 9 pagi.

Bisa Meminimalisir Rasa Sakit Di Kepala

Apakah Anda termasuk orang yang sering kali mengalami sakit kepala ataupun sering mengalami pusing? Apabila iya, terdapat salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit kepala yakni secara rutin melakukan olahraga pagi. Sebab, rupanya dengan melaksanakan olahraga secara rutin akan membantu Anda dalam pengurangan rasa sakit kepala atau pusing yang seringkali terjadi secara tiba-tiba.

Mampu Mencegah Penyakit Alzheimer

Terdapat sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh university of south Carolina yang telah berhasil menemukan sebuah fakta jika latihan treadmill dan juga jogging di pagi hari bisa meningkatkan kekuatan otak bahkan mampu menjadikan otak lebih kuat terhadap lelah yang datang. Kemudian yang paling menakjubkan dari olahraga pagi ialah mampu mencegah terjadinya penyakit alzheimer.

Bisa Menyehatkan Kondisi Jantung

Banyak yang mengatakan jika keluarga bagi bisa menyehatkan kondisi jantung. Sebab olahraga pagi mampu meningkatkan hormon adrenalin yang secara otomatis jantung pun berdetak lebih cepat, sehingga hal itu sangat baik guna menjaga fungsi jantung. Akan tetapi Ketika Anda memiliki riwayat penyakit jantung maka lakukanlah diskusi dan konsultasi ke dokter terkait olahraga pagi sebab untuk orang yang memiliki penyakit jantung ketika jantung berdetak dengan kencang akan menimbulkan rasa nyeri di bagian dada.

Mampu Memberikan Proses Penuaan

Manfaat lain ketika rutin olahraga pagi tentunya metabolisme yang ada pada tubuh juga mengalami peningkatan. Sebab pertumbuhan dari sel-sel yang baru pun bisa lebih cepat bahkan sel-sel yang tua akan mati dikarenakan melakukan gerakan-gerakan saat berolahraga. Mengapa para pakar sangat yakin jika melakukan olahraga bisa membantu kita untuk mengganti sel-sel yang telah tua sehingga diganti dengan sel-sel yang baru.

Akan Terhindar Resiko Obesitas

Untuk yang satu ini memang menjadi di manfaat yang paling umum ketika melaksanakan olahraga pagi secara rutin. Bahkan terdapat sebuah studi pada tahun 2012 yang mana studi tersebut melibatkan kurang lebih 35 sampel, yang di antaranya terdapat 17 sampel tergolong mempunyai tubuh ideal sedangkan 18 sampai lainnya mengalami obesitas.

Yang berikutnya mereka pun akan diminta untuk melaksanakan jalan cepat sekitar 45 menit. Ketika selesai melakukan olahraga rupanya mereka sama sekali tidak berselera untuk memakan makanan yang disuguhkan jika dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan olahraga.

Lebih Bersemangat Sepanjang Hari

Ketika menjalani hari-hari melakukan aktivitas tentu rasa semangat juga mendominasi mood. Nah, agar sepanjang hari lebih bersemangat olahraga pagi secara rutin menjadi alternatif yang paling tepat karena bisa melepaskan hormon yang dapat membuat kita merasa senang.

Contohnya saja seperti hormon androgen yang mana hormon tersebut bisa meningkatkan mood dan juga energi yang bahkan kondisi tersebut bisa berlangsung dari pagi sampai sore selama Anda melakukan aktivitas. Maka dari itu agar Anda bisa melakukan aktivitas dengan baik sehari-hari, selalu rutinlah melakukan olahraga pagi.

Akan Terhindar Dari Ancaman Stress

Terdapat sebuah ancaman yang berbahaya ketika Anda kerap kali merasakan stres. dan hal itu bisa saja dikarenakan kurangnya melakukan olahraga sehingga semangat pun menurun dan aktivitas yang dilakukan tidak pernah maksimal. Pada saat bekerja kerap kali Anda akan merasakan yang terus menerus datang bahkan sampai menjadikan hubungan sosial anda akan terganggu.

Jika menurut beberapa ahli sistem pakar jika olahraga pagi rupanya mampu meningkatkan kenyamanan ketika berkomunikasi dengan anggota keluarga, teman bahkan sampai pasangan dan tentunya hal tersebut akan menghindarkan dari stress yang berkepanjangan.

Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur Anda

Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan di American college of sport medicine yang menyatakan jika orang-orang yang melakukan olahraga pasti akan mempunyai tekanan darah yang rendah sehingga tidur pun bisa lebih nyenyak. Bahkan agar kebugaran yang berasal dari royal Kansas city menyatakan jika olahraga pagi bermanfaat untuk menjadikan Anda lebih terbiasa bangun pagi dan melakukan olahraga, yang mana olahraga tersebut juga dapat membuat siapapun tidur lebih lelap sepanjang malam.

Bisa Meningkatkan Daya Konsentrasi

Penelitian lain juga mengatakan jika ingin meningkatkan kemampuan otak maka olahraga pagi bisa menjadi alternatif. Selain itu, olahraga ini juga mampu meningkatkan kekuatan otak agar bisa lebih berkonsentrasi ketika bekerja ataupun menerima pelajaran. Dengan daya konsentrasi yang meningkat pastinya Anda pun bisa lebih fokus dan waspada ketika melakukan aktivitas apapun.

Kepercayaan Diri Lebih Meningkat

Nah, untuk yang berikutnya manfaat dari olahraga ialah bisa membuat rasa percaya diri lebih meningkat. Dan perlu Anda ketahui jika melakukan olahraga pagi secara rutin maka organ paru-paru pun bisa menerima asupan udara yang lebih bersih dan segar, yang mana udara tersebut nantinya akan diikat di dalam darah. Dan apabila oksigen dalam darah lebih banyak tentunya otak pun akan dirangsang untuk membantu menjaga kesehatan mental, bahkan bisa menyegarkan pikiran dan tubuh.

Selain itu, rasa percaya diri pun akan lebih meningkat karena Anda tidak akan mudah gugup. Tentunya hal ini sangat penting bagi beberapa orang yang bekerja di perusahaan, sehingga tidak melakukan kesalahan ketika di depan client.

Nah, itulah sekilas dari manfaat-manfaat ketika melakukan olahraga pagi. Dari berbagai macam manfaat yang diberikan tentunya Anda pun tertarik untuk olahraga pagi secara rutin. Jika memang Anda ingin memiliki kehidupan yang sehat Anda bisa melakukan olahraga secara rutin sekaligus mengkonsumsi makanan yang sehat dan menghindari junk food.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!