Inilah Cara Membasmi Rayap Dengan Aman dan Efektif, Beres!

Cara Membasmi Rayap

Rasanya mengesalkan bukan jika perabotan rumah Anda habis digerogoti oleh rayap, tentu merugikan. Muncul pertanyaan, bagaimana cara membasmi rayap dengan efektif?

Jangan khawatir, Evermos akan memberikan tips cara mengatasinya sampai tuntas tak bersisa.

Keberadaan rayap pada rumah seringkali membuat material benda yang berbahan kayu menjadi tidak tahan lama bahkan tidak berfungsi kembali.

Membasmi Rayap Secara Efektif

 Cara Membasmi Rayap

Sumber: pexels.com

Jika Anda tidak tahan karena kehadirannya yang bisa merugikan, sebaiknya Anda mencoba untuk mengatasinya dengan cara yang aman dan ampuh sebelum memutuskan penggunaan bahan-bahan obat kimia.

Apalagi, jika rayap menghinggapi perabotan yang Anda miliki dalam rumah, hewan yang hidup berkoloni tersebut dapat merusak barang-barang Anda. Menjengkelkan, bukan.

Biasanya rayap tersebut bisa menggerogoti dokumen atau surat-surat, tumbuhan terutama pohon, juga benda-benda yang berada di tempat lembab.

Baca juga Peluang Usaha Budidaya Jangkrik di Tahun 2020 yang Menjanjikan

Kurangi Kelembaban Ruangan

 Cara Membasmi Rayap

Sumber: pexels.com

Umumnya, hewan kecil satu ini akan berkembangbiak dan aktif dalam kondisi ruangan yang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi. 

Namun, siapa sangka bahwa ketahanan rayap dalam suatu ruangan tidak bisa mampu menahan suhu yang sangat ekstrim, oleh karena itu jika ruangan Anda memiliki pengatur suhu ruangan atau AC, Anda bisa menurunkan level suhu ruangan tersebut.

Maka dalam suhu yang sangat dingin dapat membuat rayap tidak betah berada di tempat tersebut.

Mau jualan lewat online dan pilihan beragam produk yang menarik? Bisa jadi penghasilan tambahan sehari-hari, lho.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Yuk daftar jadi reseller di Evermos, jadilah penggerak ekonomi umat bersama-sama!

Memberikan Ventilasi yang Cukup

 Cara Membasmi Rayap

Sumber: pexels.com

Karena rayap merupakan hewan yang betah dengan kondisi lingkungan yang lembab, apalagi furnitur Anda dekat dengan ventilasi udara dan cahaya matahari, gunakanlah kesempatan ini.

Sebab dengan memberikan penyorotan dari sinar matahari atau menempatkan furnitur berbahan dasar kayu pada tempat terbuka secara otomatis akan mengusir rayap.

Tidak Membiarkan Adanya Genangan Air

 Cara Membasmi Rayap

Sumber: pexels.com

Langkah selanjutnya yang tentu bisa Anda lakukan di sekitar rumah adalah menghilangkan genangan-genangan air yang kemudian akan bertumbuh menjadi tempat rayap berkerumun.

Perhatikan kondisi sekitaran rumah, dekat halaman rumah, maupun selokan dekat rumah. Habitat dalam satu tempat air menggenang saja tidak hanya mengundang rayap, namun sangat mungkin mengundang serangga lainnya seperti nyamuk.

Apalagi ketika menjelang musim penghujan, tentu ini cara yang dapat Anda tempuh untuk memblokir media perkembangan hewan rayap.

Menggunakan Kapur Barus

 Cara Membasmi Rayap

Sumber: pexels.com

Cara mengusir hewan rayap di rumah Anda selanjutnya ialah dengan menggunakan kapur barus. Meski menggunakan berbahan dasar kimia, namun cara ini juga terbilang aman dan efektif karena menggunakan skala kecil.

Banyak produk-produk yang beredar di pasaran tentang obat yang ampuh untuk menuntaskan hama tersebut. 

Misal, dengan menggunakan kapur barus yang berguna untuk mengatasi berbagai serangan serangga pada rumah Anda.

Dengan menggunakan kapur barus Anda sekaligus bisa membasmi hama lainnya seperti kecoak dan semut. 

Mau jualan tanpa perlu takut rasa khawatir karena belum tahu ilmunya? Evermos bisa menjadi solusi buat Anda, karena Anda akan terbantu dan mendapatkan sharing yang bermanfaat ketika berjualan bersama reseller lainnya.

MULAI JUALAN SEKARANG

Menambal Retak di Permukaan Dinding

 Cara Membasmi Rayap

Sumber: pexels.com

Ini merupakan langkah yang patut Anda perhatikan dalam rangka membasmi hama serangga di rumah. Sebab, tempat keluar masuknya bagi rayap salah satunya adalah melalui lubang-lubang tembok rumah.

Tidak perlu bingung, Anda bisa menambal keretakan dinding ini dengan semen putih yang bisa Anda peroleh dari toko cat atau toko bahan bangunan.

Selamat, rumah Anda kini akan dijauhi dari sumber rayap.

Rutin Menjemur Furnitur Kayu

 Cara Membasmi Rayap

Sumber: pexels.com

Jika cara sebelumnya dengan memberikan ventilasi cahaya matahari yang cukup, cara selanjutnya ketika furnitur Anda terlanjur sudah rayap hinggapi, lakukanlah cara berikut.

Ketika cuaca sedang teriknya, bawa keluar atau ke tempat terbuka furnitur yang terdapat rayap di dalamnya. 

Hal ini juga berfungsi untuk mengatasi udara yang lembab dalam furnitur kayu tersebut. 

Nah, jauh lebih mudah kan caranya ternyata?

Mau yang lebih mudah lagi? Gabung menjadi anggota reseller dari Evermos. Banyak penawaran terbaru, lho. Anda bisa mendapatkan rezeki yang mengalir sekarang juga.

YUK, GABUNG DISINI!

Menyemprotkan Air Sabun

 Cara Membasmi Rayap

Sumber: pexels.com

Masih terdapat cara yang efektif dan tetap aman dalam menuntaskan hama rayap ini, salah satunya menggunakan air sabun. 

Selain bahannya dapat Anda temukan sehari-hari di rumah bahan yang Anda perlukan juga lebih terjangkau harganya ketimbang membeli bahan-bahan kimia yang cukup berbahaya.

Caranya cukup mudah, isi botol dengan air sabun baik itu sabun batangan atau sabun cair, kemudian kocok-kocok hingga air dan sabun menyatu semprotkan langsung ke seluruh furnitur kayu yang rayap hinggapi.

Penggunaan air sabun juga menjadi cara yang ampuh dengan mengganggu aliran pernapasan rayap.

Membuat Cairan dari Air Garam

 Cara Membasmi Rayap

Sumber: pexels.com

Nah, jika Anda mau yang lebih praktis lagi Anda juga bisa menggunakan cara yang satu ini. Ternyata selain berfungsi sebagai bumbu dapur dan bahan pelengkap makanan, garam memiliki beragam fungsi lainnya yang bermanfaat.

Salah satunya bisa Anda gunakan sebagai bahan pengusir rayap.

Cara membuatnya pun sama seperti membuat air sabun, larutkan garam ke dalam air dan masukkan ke tempat botol semprot. Larutan pengusir rayap siap untuk Anda gunakan.

Anda bisa menyemprot ke bagian furnitur, bagian tembok, bahan-bahan kayu yang terdapat di rumah Anda untuk mengatasi sarang rayap. 

Rayap tidak akan kuat dengan cairan ini dan timbul rasa perih, yang membuat rayap tersebut mati pelan-pelan.

Tempelkan Daun Salam atau Kemangi

 Cara Membasmi Rayap

Sumber: pexels.com

Apa yang menjadi ciri khas dari bahan pelengkap makanan tersebut? Tentu saja aromanya yang wangi dan kuat.

Ternyata ini bisa Anda gunakan juga sebagai bahan pembasmi rayap terutama pada daerah perabotan dapur.

Anda dapat menggunakannya dari sisa-sisa bahan selesai Anda memasak makanan, cukup letakkan daun-daun tersebut di daerah perabotan berbahan kayu.

Akibat baunya, rayap tidak akan mau mendekati perabotan Anda. 

Sebagai salah satu bahan yang aman untuk Anda gunakan, tidak ada salahnya Anda menyimpan daun salam atau kemangi ini di lemari pakaian Anda.

Sangat solutif, bukan?

daftar reseller evermos gratis

Mengalihkan Tempat Sarang Rayap ke Kardus

 Cara Membasmi Rayap

Sumber: pexels.com

Ada cara lagi yang dapat Anda lakukan setelah terlanjur mengalami serangan dari rayap terhadap barang-barang berharga Anda.

Ya, caranya adalah membuat jebakan yang diduga mirip dengan kondisi furnitur yang lembab. Bahannya pun sederhana yaitu menggunakan kardus yang sengaja Anda buat basah sehingga kondisinya lembab.

Anda bisa meletakkan kardus tersebut ke lokasi yang sering menjadi tempat tinggal bagi para rayap, kemudian setelah terkumpul Anda bisa memusnahkan rayap-rayap tersebut atau membuangnya langsung ke tempat pembuangan.

Gimana, ternyata tidak sulit bukan?

Mau artikel informatif, terupdate dan menarik lainnya? Kunjungi Blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×