Inilah 7 Strategi Personal Branding Bisnis Online di Sosial Media

0

Berbisnis memang hal populer yang banyak dilakukan akhir-akhir ini, terlebih lagi untuk bisnis online. Tentunya dalam berbisnis setiap orang ingin hasil yang terbaik dan juga sukses dalam bisnisnya. Dan itu juga memerlukan usaha, bagaimana dengan melakukan personal branding apakah perlu? Itu memang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu, karena memang ada harus ada alasan untuk melakukan personal branding dan bisa membuka peluang usaha.

Dalam berbisnis online personal branding berfungsi sebagai pembeda dari kompetitor Anda. terlebih lagi Anda berbisnis sebagai freelancer atau marketer melalui sosial media. Bukan untuk mempromosikan, namun lebih ke menunjukkan aksistensi Anda di bidang tersebut. selain itu, dengan personal branding juga bisa menciptakan suatu koneksi antara penyedia dan konsumen. Dan personal branding bisa Anda gunakan sebagai usaha sampingan.

Karena dengan personal branding Anda bisa diikuti oleh banyak orang yang tertarik, dan itu bisa Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dan setidaknya setelah ada koneksi dan komunikasi akan tercipta suatu transaksi. Personal branding juga bisa menciptakan suatu hubungan dengan tingkat authority tinggi, dan sebakin banyak pengikut maka akan semakin tinggi tingkat authority, dan pengikut bisa menjadi lebih terpengaruh.

Meminta Testimoni Produk pada Konsumen atau Orang yang Anda Kenal

Testimoni memang sangat berpengaruh dalam menarik perhatian konsumen, karena biasanya pemakai jasa atau pembeli akan mencari testimoni dulu baru mau bertransaksi. Tentunya testimoni yang dicarioleh konsumen adalah testimoni yang baik. Mungkin untuk membuat testimoni Anda bisa menghubungi konsumen secara personal chat, atau bisa juga memanfaatkan link untuk memasukkannya.

Salah satunya adalah melalui LinkedIn, dan konsumen akan memberikan testimoninya melalui link tersebut. Setelah Anda sudah mendapatkan testimoni, Anda bisa memajang testimoni pada profil akun bisnis Anda. Dengan begitu maka konsumen akan dengan mudah melihat kerja dan juga produk bisnis Anda, dan mungkin juga akan tertarik. Dan ini adalah peluang usaha yang bagus untuk membuka bisnis sampingan.

Mengikuti Akun yang Bermanfaat pada Media Sosial Bisnis Anda

Untuk memperkuat kepercayaan dan mungkin juga menambah wawasan mengenai bisnis Anda, Anda mengikuti akun yang masih berhubungan dengan bisnis Anda. Misalnya saja jika Anda membuka bisnis online di bidang kecantikan, maka Anda bisa mengikuti akun para a beauty influencer atau akun official dari brand yang Anda jual. Selain itu jika Anda membangun bisnis di bidang jasa seperti keuangan, Anda bisa mengikuti akun bank, OJK, dll.

Dengan begitu maka bisa meyakinkan konsumen akan personal statement Anda. sehingga konsumen akan lebih percaya dan juga lebih merasa nyaman bermitra bisnis dengan Anda. Maka testimoni yang akan diberikan juga akan bagus, sehingga banyak yang tertarik dengan personal branding Anda.

Mengoptimalkan Kekuatan dan Ciri Khas Utama Anda

Yang namanya personal branding tentu akan membuat Anda memiliki ciri khas lain dan berbeda dengan kompetitor. Namun sebelum Anda membuat personal branding Anda harus tahu dan mengenali potensi dan kekuatan Anda. Karena dengan begitu maka akan membuat personal branding Anda lebih diingat dan memiliki ciri khas.

BACA JUGA: Lakukan 8 Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Baru

Supaya Anda bisa mengenali tentang diri Anda, tentu tidak bisa dilakukan dengan mudah dan perlu pengenalan mengenai diri Anda sendiri. Cukup Anda beri saja pertanyaan kepada diri Anda sendiri, sehingga bisa memunculkan jawaban yang bisa dimanfaatkan untuk membangun personal branding. Berikut adalah pertanyaan yang bisa Anda pakai,

  1. Anda ingin dikenal menjadi seperti apa?
  2. Bagaimana pandangan orang lain mengenai Anda?
  3. Apa keahlian yang Anda miliki?
  4. Apa kekuatan yang Anda punya?
  5. Apa yang sekiranya Anda sukai?

Mempromosikan Bisnis yang Anda Miliki

Promosi memang sangat penting untuk pemasaran, namun bukan hanya itu, dalam personal branding juga sangat penting. Karena dengan promosi, maka personal branding Anda akan lebih mencuri perhatian konsumen. Jadi Anda buat promosi supaya personal branding Anda bisa menjadi kuat, dan Anda harus peduli untuk mempromosikan diri Anda. Dengan promosi juga bisa memperluas peluang usaha dari personal branding Anda.

Cara promosinya juga mudah, Anda bisa menggunakan blog sebagai ajang promosi. Blongnya Anda sortir dan bagi menjadi beberapa kategori dengan masing-masing individual Anda. Jadi kontennya juga harus berkualitas pada setiap personal branding yang sesuai dengan bidang keahlian. Kalau sudah tinggal Anda pastikan saja personal branding Anda dikenal oleh masyarakat.

Bergabung dengan Suatu Grup atau Komunitas

Wawasan dan juga ilmu memang perlu Anda dapatkan, dan Anda juga perlu membaginya. Makanya Anda bisa bergabung dengan komunitas tertentu yang sesuai dengan Anda untuk menambah dan membagi ilmu. Dengan begitu maka jaringan Anda akan semakin luas dan Anda bisa unjuk diri. Asalkan Anda percaya diri, maka anggota grup atau komunitas tersebut bisa tahu bakat personal apa yang Anda miliki.

Selain itu, Anda bisa melakukan interaksi dengan sesama anggota komunitas, dan Anda pilih yang memiliki kecocokan visi dengan Anda. Atau mungkin Anda bisa menyapa di grup dan para anggotanya akan melihat profil Anda. setelah profil Anda dilihat mungkin mereka mau merekomendasikan Anda kepada orang lain. Dan ini sangat baik untuk usaha sampingan personal branding Anda.

Buat Konten yang Sesuai dengan Passion

Passion memang sangat penting, dan konten yang Anda unggah seharusnya sesuai dengan passion Anda. Sehingga akan memunculkan ciri dan khas untuk diri Anda, dan semakin banyak konten yang Anda unggah, maka semakin banyak juga yang bisa mengenali Anda. Namun untuk melalui media sosial itu sedikit sulit, karena tidak semua memperbolehkan penggunakanya untuk mengunggah konten dalam berdekatan dan ada batasnya.

Seperti media sosial twitter dan facebook yang memiliki batasa unggahan konten dalam waktu tertentu. Jadi supaya tidak melebihi batas tetapi semua konten Anda terunggah, maka Anda bisa membuat konten yang berkualitas. Dan jangan lupakan passion karena itu bisa menggambarkan citra Anda, dan juga kemampuan Anda dalam melakukan keahlian Anda.

Gunakan Media Sosial yang Sesuai dengan Bidang Anda

Pemilihan media sosial memang bisa berpengaruh, karena karakteristik pengguna setiap media sosial juga berbeda. Makanya jika Anda sudah menggetahui passion, maka Anda pilih media sosial yang sesuai. Dengan begitu maka Anda bisa membangun personal branding yang cocok dengan media yang Anda gunakan dan juga passion yang Anda miliki. Kalau sudah cocok, maka personal branding Anda akan semakin kuat.

Contohnya saja, Anda menggeluti bidang fotografi dan filmografi, maka Anda bisa membangun personal branding Anda di instagram. Tapi Anda harus tetap membangun personal branding di media sosial yang lain seperti facebook dan twitter. Hal ini berguna sebagai media promosi dari foto yang sudah Anda unggah di instagram. Atau mungkin Anda bisa juga mengunggah fotonya di semua media sosial yang Anda miliki.

Itulah 7 strategi yang bisa Anda terapkan dalam membangun personal branding untuk bisnis online Anda dengan melalui sosial media.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!