Ingin Dosa Terhapuskan? Lakukan 10 Amalan Penghapus Dosa Berikut Ini

Manusia memang hakikatnya tidak luput dari dosa. Setiap hari ada saja dosa yang dilakukan oleh manusia, terlebih dosa-dosa kecil, baik yang disengaja maupun tak disengaja. Maka kita perlu mengetahui dan lakukanlah amalan penghapus dosa pada ulasan artikel berikut ini.

Coba renungkan bersama, sudah berapa banyak dosa yang kita perbuat? Bahkan mungkin kita akan sulit untuk menghitungnya karena terlalu banyak dosa yang telah kita perbuat.

Namun, Allah SWT Maha Penyayang dan Maha Pengampun, sehingga dosa-dosa kita akan Allah ampuni jika kita benar-benar memohon ampunan dan bertaubat.

Berikut ini ada beberapa amalan penghapus dosa yang telah kita lakukan. Simak penjelasannya hingga tuntas ya!

Baca juga: 6 Dosa yang Tidak Diampuni Allah SWT yang Harus Kita Hindari

Amalan-Amalan Penghapus Dosa

1. Bertasbih

Amalan Penghapus Dosa
Sumber: shutterstock.com

Dalam kehidupan sehari-hari, saling puji-memuji antara manusia merupakan fenomena yang sering kita jumpai, bukan?

Nah, sebagai umat muslim kita juga wajib memuji Sang Pencipta atas karunia yang telah Allah berikan kepada kita.

Dengan memperbanyak pujian kepada Allah, sebetulnya kita dilatih untuk menyadari posisi dan peran kita di dunia.

Kita terkadang mendapat pujian dari orang lain, lalu lupa diri sehingga berujung kesombongan.

Jadi, upayakan untuk selalu bertasbih atau memuji Allah. Semakin banyak memuji Allah, kita dituntun untuk menyadari bahwa kelebihan yang kita miliki sejatinya adalah pemberian Allah.

Tentu saja dengan bertasbih ini sebagai amalan untuk mengapuskan dosa yang telah kita perbuat.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Barangsiapa membaca ‘subhanallah wabihamdih’ seratus kali dalam sehari, niscaya dosa-dosa akan dihapus walaupun sebanyak buih lautan.” (HR Muslim – 2691)

2. Istighfar

Amalan Penghapus Dosa
Sumber: shutterstock.com

Dengan beristighfar, kita mengingat Allah dan istighfar merupakan ungkapan kita meminta maaf dan mengingat dosa apa saja atau kesalahan apa saja yang kita perbuat.

Maka dari itu, kita harus selalu beristighfar kepada Allah agar dosa kita terampuni.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa berkata, ‘astaghfirullah alladzi laa ilaaha illa huwa al Hayyul Qayyum wa atuubu ilahi’ maka akan diampuni dosa-dosanya walaupun dia pernah lari dari medan perang.” Dishahihkan oleh Al Albani (Misykat al Masyabih 2353)

3. Dzikir

Amalan Penghapus Dosa
Sumber: shutterstock.com

Dengan berdzikir, membuat manusia ingat kepada Allah. Oleh karena itu, manusia akan selalu ingat dengan apa yang telah Allah larang, sehingga kita tidak akan melakukan dosa tersebut.

Hal ini tentu  menjadi ujian untuk setiap orang yang berusaha agar tidak melakukan dosa, baik itu dosa kecil ataupun besar.

Rasulullah SAW bersabda: “Siapapun di muka bumi yang membaca: ‘laailaaha illallah wallahu akbar walaa hawla walaa quwwata illa billah’ niscara dihapuskan dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.” Dihasankan oleh Syaikh Al Albani (Shahih al Jami’ 5636)

Untuk menunjang berdzikir Anda lebih khusyu, Anda bisa menggunakan Speaker Quran yang ada di Evermos.

Banyak fitur yang dapat Anda gunakan terkait dengan dzikir, lantunan ayat suci Al-Quran, doa sehari-hari dan masih banyak lagi. Klik di sini atau gambar di bawah ini untuk lihat produk lebih detail. 

Amalan Penghapus Dosa

4. Berdoa Setelah Makan

Amalan Penghapus Dosa
Sumber: shutterstock.com

Tidak hanya sebelum makan, berdoa pun wajib kita lakukan setelah makan. Adapun doa setelah makan yaitu:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنِيْ هَـٰذَا وَرَزَقَنِيْهِ، مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلاَ قُوَّةٍ

Alhamdulillaahil-ladzii ath’amanii haadzaa wa rozaqoniihi, min ghoiri haulin minnii wa laa quwwah.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini, dan memberi rezeki kepadaku, tanpa daya dan kekuatan dariku), maka diampuni dosanya yang telah lalu”

5. Berdoa Saat Berpakaian

Amalan Penghapus Dosa
Sumber: shutterstock.com

Berdoa saat menggunakan pakaian akan membuat dosa-dosa seseorang di masa lampau terampuni.

Rasulullah SAW bersabda:”Barangsiapa yang memakai pakaian dan dia membaca ‘alhamdulillahilladzi kasaani hadz wa rozaqoniihi min ghoiri hawlin minni walaa quwwah’ maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” Dihasankan oleh Al Albani (Shahih al Jami’ 6086)

Namun, ada hal yang perlu kita perhatikan saat membaca doa ketika berpakaian agar dosa-dosa dapat terampuni. Yaitu pakaian yang kita gunakan adalah pakaian yang sesuai tuntunan Al-Quran dan dapat menutupi aurat dari pemakainya.

6. Berdoa Setelah Adzan

Amalan Penghapus Dosa
Sumber: shutterstock.com

Adzan memiliki banyak keutamaan, saat umat Islam membaca doa setelah mendengarkan adzan untuk mendapatkan keberkahan dan kebaikan.

Saat setelah mendengarkan adzan dan membaca doa, Allah akan mengabulkan permintaan hamba-Nya, menghapuskan dosa, dan mendapatkan syafaat oleh Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa ketika mendengar muadzin kemudian dia berkata ‘asyahdu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syarika lahu wa anna Muhammadin rosuulan wabil Islaami diinan’ maka dosa-dosanya akan diampuni.”
(HR Muslim 386)

7. Berwudhu

Amalan Penghapus Dosa
Sumber: shutterstock.com

Salah satu amalan lainnya untuk menghapuskan dosa yaitu dengan berwudhu.

Keluarnya dosa yang menetes bersamaan dengan akhir tetesan air wudhu adalah makna majaz dari ampunan Allah.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang wudhu dan dia memperbagus wudhunya keluarlah dosa-dosanya dari tubuhnya hingga keluar dari balik kuku-kukunya.” (HR. Muslim 245)

8. Dzikir Setelah Sholat

Amalan Penghapus Dosa
Sumber: shutterstock.com

Setelah menjalankan sholat, kita dianjurkan untuk berdzikir. Banyak keutamaan yang akan kita dapatkan dengan berdzikir ini, salah satunya agar dosa kita terampuni.

Selain itu, dzikir juga akan membuat hati kita menjadi tenang dan damai. Dzikir juga menjadi sarana bagi kita untuk mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yagn sesudah sholat dia membaca tasbih 33 kali, tahmid 33 kalik, takbir 33 kali, itu 99, dan sebagai penyempurna yang keseratus dia membaca ‘laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qodiir’ maka diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Muslim 597)

9. Hapus Dosa Sebelum Tidur

Amalan Penghapus Dosa
Sumber: shutterstock.com

Sebelum tidur kita wajib membaca doa, agar dapat menghindari kita dari mimpi buruk. Amalan berdoa sebelum tidur ini juga dapat menghapuskan dosa-dosa.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa tatkala ke pembaringannya dia membaca ‘laa ilaaha illallah wahdahulaa syariikalahu lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai-in qodiir, la hawlaa walaa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adziim, subhanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar’ niscaya dihapuskan dosa-dosanya atau kesalahan-kesalahannya walaupun sebanyak buih di lautan.” (Shahih al Targhieb 607)

10. Bangun Tengah Malam

Amalan Penghapus Dosa
Sumber: google/bersosial

Saat orang lain sulit bangun untuk mengerjakan sholat tahajud, Allah beri kenikmatan kepada kita untuk bangun malam tanpa sengaja.

Saat itulah kita harus melakukan ibadah, seperti sholat malam. Insya Allah, segala keinginan atau hajat kita Allah kabulkan.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang terbangun di tengah malam dan ia membaca ‘laa ilaaha illallah wahdahulaa syariikalahu lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai-in qodiir, alhamdulillah, wa subhanallah walaa ilaaha illallah wallahu akbar walaa hawla walaa quwwata illa billah,’ kemudian dia berkata ‘Allahummagh firlii’ atau dia berdoa, niscaya akan dikabulkan doanya. Dan jika dia wudhu dan sholat niscaya akan diterima sholatnya.” (HR. Bukhari 1154).

Rekomendasi Speaker Quran dengan Fitur Lengkap Tersedia di Evermos

Amalan Penghapus Dosa

Untuk menunjang segala peribadahan seperti berdoa, berdzikir maupun memahami hal-hal keislaman, Anda bisa memiliki Speaker Quran yang kaya manfaat ini. Klik di sini atau gambar di atas untuk melihat detail produknya ya!

Speaker Quran yang tersedia di Evermos ini memiliki ragam model yang menarik. Cocok digunakan oleh berbagai kalangan, baik dewasa maupun anak-anak.

Speaker Quran ini bisa menjadi alat bantu dalam menghafal Al-Quran, mendengar lantunan Quran, bacaan doa sehari-hari, asmaul husna, bacaan dzikir, ceramah dari para ulama ternama dan masih banyak lagi.

Karena manfaatnya yang sangat baik, tentu setiap muslim sangat perlu memilikinya. Hanya dari benda ini, kualitas ibadah kita semakin meningkat. Insya Allah, mari kita ikhtiarkan untuk meningkatkan kualitas ibadah ya!

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki produk Speaker Quran, atau ingin menjadi reseller Evermos, silahkan klik Daftar Menjadi Reseller Evermos Gratis di bawah ini.

Daftar Reseller Evermos Gratis

Yuk, daftarkan diri Anda sekarang juga. Jemput rezeki dengan berikhtiar menjadi reseller Evermos. Bantu para UMKM juga dalam meningkatkan perekonomiannya.

Insya Allah konsumen Anda pun akan merasakan kebermanfaatan dengan memiliki produk-produk yang ada di Evermos, termasuk Speaker Quran ini.

Demikianlah informasi mengenai amalan penghapus dosa yang perlu Anda ketahui.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Tingkatkan terus segala amalan kita agar kita dapat menggapai ridha Allah. Aamiin Ya Rabbal ‘alamiin.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya pada situs blog Evermos. 

 

 

×