Ingin Bisnis Rumahan Anda Sukses? Ikuti Langkah Ini!

0

Kegiatan ekonomi memang selalu terjadi dan siklusnya akan selalu berputar. Masyarakat sebagai pelakunya pasti melakukan usaha untuk menjadi yang terbaik. Mulai dari produsuksi, distribusi, dan konsumsi dilakukan oleh masyarakat sendiri. Salah satu kegiatan yang berpengaruh adalah produksi, dan itu ada yang skala besar dan skala kecil. Hal itu tergantung dengan siapa dan apa yang melatarbelakangi.

Salah satu produksi dengan skala kecil adalah usaha rumahan yang biasanya dijalankan oleh ibu rumah tangga. Usaha rumahan memang kebanyakan adalah produksi yang dilakukan di rumah, dan merupakan usaha sampingan. Tapi bisnis rumahan tidak selamanya berskala kecil, dan bisa berkembang menjadi usaha yang besar. Jadi Anda manfaatkan peluang usaha dengan sebaik-baiknya.

Agar bisnis rumahan Anda sukses, perlu untuk tahu kiat-kiat dan cara untuk mengembangkannya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan agar usaha rumahan Anda bisa berkembang sukses.

Kalau Bekerja Pada Bisnis Anda, Bukan Dalam Bisnis Anda

Makna dari kedua kata ini memang terlihat sama, tetapi sebenarnya berbeda. Jika Anda bekerja pada bisnis maka berarti terfokus pada segala rencana untuk pemajuaan usaha. Yaitu seperti perencanaan keuangan, visi dan misi, rencana pemasaran, dan pengembangan infrastruktur usaha. Ini berarti Anda harus memikirkan masa depan usaha Anda, dan masalah teknis bisa ditangani oleh karyawan Anda.

Berbeda dengan bekerja dalam bisnis, dimana artinnya Anda masuk ke dalam urusan produk dan pengiriman. Padahal sebagai pemilik Anda tidak perlu memikirkan masalah tersebut, karena urusan tersebut adalah kerjaan karyawan. Kalau Anda masih saja masuk ke dalam urusan tersebut maka bisnis Anda tidak akan maju.

Bekerja di Tempat yang Membuat Anda Jadi Lebih Produktif

Tempat kerja memang berpengaruh pada produktivitas, dan Anda perlu menginovasikannya supaya lebih baik. Meskipun Anda adalah pemilik tetapi kejenuhan juga tidak bisa terelakkan. Apalagi dengan karyawan Anda, jadi perlu dibuat rotasi tempat secara berkala supaya tidak jenuh dan lebih produktif.

Anda Bentuk Tim Kerja yang Kuat

Meskipun usaha rumahan, tetapi dalam menjalankannya juga memerlukan kekompakan tim. Jadi ketika Anda merekrut karyawan untuk usaha sampingan rumahan Anda, perlu dicari orang yang bisa diajak kerja sama. Sehingga akan membentuk tim yang solid dan kuat, sehingga usaha Anda akan lebih maju. Karena kesuksesan dari sebuah usaha dimulai dari kerja sama tim yang baik.

Keuangan Perlu Dikelola Secara Profesional

Sektor keuangan memang berpengaruh pada jalannya bisnis, dan jika pengelolaan uang tidak secara bijaksana maka akan fatal akibatnya. Apalagi sekarang banyak terjadi kegagalan usaha karena pengelolaan keuangan yang tidak profesional. Makanya Anda perlu memisahkan uang untuk keperluan pribadi dan uang usaha. Kalau uangnya tercampur maka bisa saja uang usaha Anda ikut habis untuk keperluan pribadi.

Sekalipun Anda mengambil prive, sebaiknya Anda bukukan supaya mudah dalam penghitungan. Jangan lupa Anda catat juga biaya pemasukan dan pengeluaran usaha, sehingga jumlah debit dan kredit sama.

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman dan Baik

Selain tempat, lingkungan kerja juga berpengaruh pada produktivitas kerja, baik untuk Anda maupun karyawan. Sehingga Anda perlu menciptakan lingkungan kerja yang baik dengan membuat budaya kerja. Meskipun hanya usaha rumahan, hal ini berpengaruh besar dan perlu Anda lakukan.

Miliki Cadangan Produksi

Dalam sebuah usaha, tentunya ada produksi dan itu tidak selalu lancar pasti ada halangannya. Misalkan saja seperti pemadaman listrik yang membuat esin tidak berfungsi, sehingga proses produksi terhambat. Makanya Anda perlu punya cadangan produksi dengan adanya subkontraktor. Dengan begitu produksi Anda akan tetap jalan dengan produk dari subkontraktor.

Ketika memilih subkontraktor Anda bisa memilih yang hasil produksinya menyerupai milik Anda sendiri kualitasnya. Sehingga kkonsumen tetap bisa merasakan kualitas produk yang sama meskipun beda produksi.

BACA JUGA: Tutorial Cara Membuat Katalog Whatsapp Business Catalog (Langkah Langkah)

Buatlah Skala Prioritas

Ketika Anda mendapatkan peluang usaha rumahan pasti Anda langsung mendirikannya dan mempromosikan produk Anda. Kalau usaha awal Anda berhasil, maka penjualan akan meningkat. Terlebih lagi jika produk Anda semakin dikenal luas, peningkatan penjualan akan semakin tinggi. Biasanya dalam situasi ini penguasaha akan kewalahan dalam melayani konsumen.

Maka dari itu Anda perlu membuat skala prioritas, sehingga Anda tahu mana dulu yang perlu diutamakan. Dengan begitu maka Anda bisa berlaku adil kepada konsumen Anda.

Jangan Anda Remehkan Pentingnya Branding

Branding atau pemberian merek pada produk memang kerap diremehkan oleh pengusaha rumahan. Padahal ini sangat penting dalam pemasaran,  sebab inilah yang bisa membangun identitas suatu  produk. Sehingga produk Anda mudah dikenali, dan jika banyak yang suka akan mudah dikenal dari mulut ke mulut.

Hasilkan Produk yang Terbaik Diantara Kompetitor

Dalam kegiatan ekonomi pasti ada persaingan, sehingga Anda perlu memenangkan persaingan agar bisnis Anda bisa maju. Persaingan bisa Anda menangkan jika produk rumahan Anda bisa unggul pada kualitas dan harga. Jadi Anda gunakan bahan terbaik dalam produksi, kemudian untuk harga jualnya Anda tekan. Keuntungannya tidak usah terlalu banyak, tetapi jika barang laku keras maka keuntungannya akan besar.

Pegang Prinsip Bekerja dari Rumah

Prinsip ini perlu Anda pegang sebagai pengusaha rumahan, dan jangan malah bekerja di rumah. Memang keduanya maknanya berbeda, jika bekerja dari rumah berarti Anda bekerja keras walaupun dari rumah. Sedangkan bekerja di rumah, kesannya terlalu santai dan tidak serius. Sehingga bekerja dari rumah itu semangatnya harus sama dengan yang bekerja di kantor.

Menciptakan Komunikasi yang Baik

Komunikasi memang penting dalam kehidupan, begitupun dalam usaha sampingan rumahan. Komunikasi yang baik bisa dimulai dari pihak internal seperti karyawan dan Anda selaku owner. Dengan  begitu akan menciptakan kinerja tim yang baik dan solid.selain pihak internal, perlu juga komunikasi yang baik dengan mitra bisnis serta konsumen. Karena komunikasi baik dengan konsumen akan baik untuk pemasaran produk.

Pastikan Usaha Rumahan Anda Legal

Legalitas usaha memang perlu Anda perhatikan meskipun hanya usaha rumahan. Karena sesuatu yang tidak legal itu tidak baik, dan bisa saja melanggar hukum. Makanya Anda pastikan usaha yang berjalan itu legal dan tidak melanggar hukum, supaya nanti tidak terlibat kasus sengketa.

Melengkapi Ijin yang Dibutuhkan

Seperti yang Anda ketahui bahwa setiap usaha di Indonesia memerlukan ijin, baik untuk standar produksi maupun standar produk. Misalkan saja pengurusah ijin usaha, kemudian pengurusan standardisasi produk. Jika produk makanan maka membutuhkan ijin dari BPOM, standardisasi hal, dan berbagai ijin yan bersangkutan.

Pahami Pajak Usaha Rumahan yang Berlaku

Sebagai warga negara yang baik maka tidak lupa untuk membayar pajak, begitupun dengan pajak usaha rumahan. Jadi ketika Anda mendapat peluang usaha  rumahan, dan berniat mendirikannya, maka Anda juga perlu mendaftarkan pajaknya. Pahami juga pajak yang berlaku untuk usaha rumahan supaya Anda bisa mengatur keuangan usaha dengan baik. Untuk itupun Anda bisa berkoordinasi dengan pemerintah daerah supaya lebih mudah.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan supaya bisnis rumahan Anda sukses. Tetap rajin dan juga tlaten untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!