Ingin Bisnis? Ini Bisnis yang Banyak Diburu Anak Muda

<![CDATA[Manusia dengan generasi zaman sekarang mungkin masih dalam era milenial, namun ini sudah dalam masa peralihan. Maksud dari peralihan sendiri adalah peralihan dari milenial menjadi era generasi z. Dan tentunya sangat berbeda dan juga lebih kreatif serta memanfaatkan yang namanya teknologi. Namun penggunaan teknologi oleh generasi anak muda ini bukan hanya untuk senang-senang saja, tapi juga dimanfaatkan untuk bisnis.
Tentunya, dunia bisnis yang digeluti oleh anak muda zaman sekarang ini memang sangat berbeda dengan bisnis biasa. Karena anak muda memang lebih kreatif dan juga berani dalam berbisnis. Mungkin karena sudut pandang anak muda zaman sekarang itu berbeda, jadi dalam pengolahan uang dan konsumsinya juga lebih unik dan berbeda. Bukan hanya berfokus pada kebutuhan saja, namun anak muda generasi ini juga lebih tertatik dengan hal lain.
Maksudnya, bukan hal yang bersifat hedonisme, melainkan sesuatu yang mencerminkan kepeduliannya dan juga dampak akan pembelian yang dilakukan. Hal ini mungkin bisa menjadi menarik untuk Anda sebagai peluang usaha, atau mungkin bisa melakukannya sesama anak muda sebagai usaha sampingan. Karena kalau sudah menguasai pasar mereka maka bisnis Anda akan lancar dengan angka penjualan tinggi.
Berikut ini adalah beberapa bisnis yang mungkin bisa Anda geluti untuk menyasar pangsa konsumen di kalangan anak muda.

Bisnis Berbasis Industri Kreatif

Teknologi di Indonesia memang sudah berkembang dengan baik, dan dengan itu bisa menciptakan industri kreatif di kalangan anak muda. Mungkin diantara Anda masih belum merngerti betul apa itu industri kreatif. Industri kreatif sendiri adalah industri yang berhubungan dengan penciptaan, serta penggunaan informasi dan juga ilmu pengetahuan. Tapi dari mana ini cocok dengan anak muda?
Ini karena industri kreatif ini memanfaatkan dan membutuhkan krativitas dan bakat sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru. Dan dalam lapangan pekerjaan tersebut juga membutuhkan daya kreatif dan juga kemampuan daya cipta untuk bisa menghasilkan produk yang menarik. Dan sekarang ini industri kreatif memang sangat dibutuhkan untuk bisa mendograk perekonimian Indonesia.
Namun jika dilihat dari industri kreatif sendiri memang masih sangat luas daya cakupnya, jadi memang dibagi menjadi sub sektor. Mungkin jika Anda tertarik dengan peluang usaha dari indutri kreatif Anda bisa memulainya dengan target konsumennya adalah anak muda. Atau mungkin Anda yang masih anak muda dan memiliki bakat dan kretifitas bisa membuka usaha sampingan, berikut adalah sub sektor industri kreatif yang harus Anda ketahui.

1.    Periklanan

Seperti yang Anda ketahui bahwa dalam industri periklanan itu membutuhkan daya kreativitas, serta melewati proses produksi dan disribusi. Dan untuk iklan yang diproduksi itu sangat beragam, mulai dari riset pasar, perencanaan, sampai dengan penyebaran iklannya.

2.    Arsitektur

Pasti Anda juga sudah tahu bahwa industri di bidang arsitektur itu meliputi penyediaan jasa untuk mendesain bangunan, merencanakan biaya dari konstruksi bangunan, konservasi dan juga pengawasan dari konstruksi. Hal ini dilakukan mulai dari lingkup mikro yang berupa taman dan desain interior, sampai dengan makro seperti perencanaan kota, urban design, dan lainnya.

3.    Desain

Bisnis desain dalam industri kreatif itu lingkupnya luas, mulai dari desain produk, desain interior, desain industri, dan sampai dengan konsultasi mengenai pemasaran produk dari suatu perusahaan. Konsultasi yang dilakukan itu berhubungan dengan desain dari produk tersebut yang sekiranya bisa menarik perhatian konsumen.

Bisnis dengan Berbasis Sosial

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa anak muda generasi sekarang itu tidak memiliki kepedulian yang tinggi dan hanya peduli dengan teknologi saja. Namun hal itu salah, karena generasi muda zaman sekarang itu peduli dan tidak cuek serta peduli dengan isu sosial yang sedang panas. Hanya saja cara dan pola pikirnya terhadap masalah sosial itu termasuk unik dan berbeda.
Sebab banyak juga anak muda yang memiliki ketertarikan terhadap bisnis maupun perusahaan yang bergerak di bidang sosial yang rutin menyelenggarakan agenda kegiatan sosial. Dan mereka juga tertarik untuk menjadi aktifis di berbagai bidang baik itu bisnis maupun sosial. Bahkan ada juga yang membuka lapangan pekerjaan untuk orang yang memiliki keterbatasan fisik.
Kalau Anda mau memberdayakan orang yang memiliki keterbatasan fisik sebagai pekerja, maka Anda juga harus tau batas dan memperlakukan mereka dengan baik. Mungkin dengan begitu para generasi muda tertarik dengan produk Anda, karena mereka juga ingin mengamalkan perbuatan baik untuk orang yang kekurangan.
Ini sangat baik untuk bisnis Anda dan dengan begitu bukan hanya keuntungan yang Anda dapatkan namun juga amal baik untuk orang yang memiliki keterbatasan fisik.

Bisnis yang Berhubungan dengan Lingkungan

Anak muda zaman sekarang memang punya rasa peduli untuk lingkungan, bahkan mereka sering melakukan kegiatan positif untuk lingkungan. Misalkan saja seperti penanaman pohon, membersihkan sampah, dan berbagai kegiatan lainnya. Ini tidak menutup kemungkinan kalau anak muda juga tertarik dengan bisnis yang ramah lingkungan. Jadi mungkin saja mereka juga memilih produk yang ramah lingkungan dalam konsumsinya.
Dan ini tentu saja bisa menjadi peluang bisnis yang bagus untuk Anda. serta bagi Anda yang masih dalam generasi muda, Anda bisa membuka usaha sampingan dengan menciptakan produk yang dibutuhkan serta ramah lingkungan. Kemudian Anda jual hasil kreativitas Anda, dijamin pasti banyak anak muda yang tertarik dengan produk Anda. jika Anda bingung mau memakai produk apa, Anda bisa simak infonya berikut ini.

·      Minuman dengan Botol Bukan Sekali Pakai

Botol plastik memang menjadi masalah lingkungan yang serius, bahkan untuk dapat terurai saja butuh waktu jutaan tahun. Makanya akan lebih baik jika Anda mau berbisnis di bidang kuliner, kemasannya Anda pakai yang bukan plastik sekali pakai. Sehingga bisa digunakan lagi oleh konsumen sebagai wadah minum sehingga tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

·      Bungkus Produk Mudah Terurai

Selain minuman, produk makanan juga bisa menggunakan bungkus yang ramah lingkungan. Karena selain tidak sehat, bungkus plastik juga sangat berbahaya jika masuk ke dalam laut. Adanya plastik di laut pastinya akan mengancam kehidupan biota laut. Makanya, kalau Anda mau bisnis makanan, Anda bisa pakai plastik organik yang terbuat dari singkong misalnya, jadi mudah larut ke air dan aman.

·      Makanan dengan Bahan Organik

Selain ramah dengan lingkungan, perlu juga makanan yang ramah dengan kesehatan. Jadi, lebih baik Anda gunakan bahan yang organik untuk produk makanan Anda. Dengan bahan organik pada produk makanan Anda, maka bisa menarik perhatian anak muda sebagai konsumen. Karena anak muda itu suka dengan makanan yang sehat dan inovatif sehingga penjualan produk Anda bisa meningkat.
Itulah beberapa bisnis yang digandrungi dengan anak muda sebagai konsumen, jadi Anda tentunya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini kan? Dengan promosi yang baik, maka penjualan juga pasti akan baik juga, kalau bisa Anda gunakan media sosial karena banyak anak muda yang menggunakannya.

×
slot88