Ingin Bisnis Cafe? Ini Yang Harus Disiapkan Supaya Menguntungkan

Bisnis cafe merupakan bisnis yang telah banyak di gandrungi oleh anak muda. Pasalnya sekarang tempat tongkrongan seperti cafe menjadi favorit di berbagai kalangan.

Cafe merupakan tempat yang digunakan orang untuk duduk bersantai dan menikmati beberapa menu ringan yang telah di sediakan. Cafe merupakan peluang usaha yang memiliki prospek yang sangat menjanjikan di kalangan anak muda.

Selain itu, cafe dapat di gunakan sebagai usaha sampingan untuk membantu bisnis yang sedang di kelola. Sehingga Anda dapat memeroleh keuntungan tambahan dari cafe yang di operasikan.

Mempersiapkan Pasar

bisnis cafe
sumber : unsplash.com

Pada saat menjalankan usaha cafe, Anda harus menentukan tempat yang sesuai dan strategis untuk mengembangkan bisnis cafe. Tempat yang strategis dapat di peroleh di tengah-tengah kota. Tetapi, Anda juga dapat mendirikan usaha cafe jauh dari kota, tetapi harus merencanakan usaha tersebut dengan matang baik mengenai konsep dan sebagainya. Sehingga meskipun tidak terletak di pusat kota, cafe yang Anda kelola akan terus dicari.

Penentuan Strategi Pemasaran

bisnis cafe
Sumber Gambar: Pexels

Meskipun sebagai usaha sampingan, namun dalam berbisnis cafe Anda perlu menentukan strategi pemasaran yang bagus, agar cafe yang Anda bangun dapat berkembang lebih besar. Strategi pemasaran yang di maksudkan dalam hal ini, dapat berupa desain cafe yang saat ini sedang trending dan unik di tahun 2019, sehingga para pembeli akan berdatangan pada cafe Anda.

BACA JUGA : Rahasia Sukses 10 Strategi Jualan Memanfaatkan Media Sosial

Adanya Sumber Daya Manusia

bisnis cafe
sumber : unsplash.com

SDM merupakan hal penting yang harus di perhatikan pada saat membuka peluang usaha cafe. Hal tersebut di karenakan, tidak mungkin Anda akan mengelola cafe sendiri. SDM yang di tempatkan haruslah sesuai dengan cafe yang sedang di kelola. Sehingga nantinya Cafe Anda akan memiliki banyak pengunjung.

Seperti apabila Anda tengah membuka usaha cafe kopi, maka yang perlu di lakukan adalah mencari barista yang sudah sangat profesional dalam hal membuat kopi. Karena kopi pada sebuah cafe memiliki cita rasa yang berbeda-beda sesuai dengan tangan ahli yang mengelolanya.

Selain barista, pramusaji juga di perlukan agar cafe Anda menjadi terkontrol dan tidak ribet. Guna pramusaji di sini akan mengunjungi para pelanggan dan menawarkan berbagai menu yang berada di cafe Anda. Oleh karena itu, pemilihan pramusaji yang tepat juga akan memberikan pengaruh yang baik pada cafe Anda.

Merdeka Ongkir Ke Seluruh Indonesia

Penentuan Besaran Modal

Cara Menabung
Sumber Gambar: Pexel.com

Buka usaha cafe apabila Anda telah memiliki modal yang cukup bahkan lebih. Lakukan kalkulasi dengan akurat, sehingga modal yang di keluarkan tidak akan sia-sia. Meskipun dana yang Anda gunakan sebagai membuka usaha cafe, telah cukup, jangan mengesampingkan dana cadangan sebagai biaya operasional cafe. Oleh karena itu, mulailah untuk membuka usaha cafe pada saat modal yang Anda miliki benar-benar cukup.  

Analisis Modal Usaha Cafe

Mompreneur
Sumber Gambar: Pexels.com

Apabila Anda menyewa tempat yang akan di gunakan sebagai usaha sampingan cafe, maka Anda harus melakukan kalkulasi yang akurat. Berikut ini merupakan contoh kalkulasi dalam menentukan modal usaha cafe.

Sewa tempat per bulan mencapai Rp. 1.500.000,-
Renovasi apabila perlu mencapai Rp. 16.000.000,-
Peralatan seperti meja kursi, peralatan memasak dan sebagainya mencapai Rp. 16.000.000,-
Keburuhan bulanan lainnya seperti listrik, telepon, promosi mencapai Rp. 1.300.000,-
Sehingga total minimal modal yang harus Anda miliki sebesar, Rp. 34.800.000,-

Tips dan Persiapan Membuka Bisnis Cafe

Itulah merupakan ulasan mengenai peluang usaha cafe. Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis di bidang cafe, ulasan tersebut dapat di gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membangung usaha cafe. Selain itu, bisnis cafe ini memiliki modal yang tak sedikit, sehingga Anda harus melakukan kalkulasi dengan matang dalam mempersiapkan modal dalam membuka cafe.

Pengoperasian cafe juga harus di pertimbangkan, karena akan sangat di sayangkan modal besar yang di keluarkan, tetapi keuntungannya sangat sedikit. Pertimbangan matang harus di lakukan. Cafe yang bagus adalah cafe yang sesuai dengan selera masyarakat saat ini, sehingga cafe Anda akan banyak dikunjungi.

Seperti penambahan berbagai fasilitas pada cafe, akan memberikan keuntungan lebih pada Anda. Fasilitas yang dimaksud adalah seperti adanya hotspot, diskon dan masih banyak lagi. Fasilitas tersebut, nantinya akan menarik minat para konsumen agar berdatangan ke cafe Anda.

Jika Anda ingin memulai bisnis namun dengan modal kecil, maka Anda bisa mencoba peluang bisnis menjadi Reseller di Evermos.  Dengan modal minim, Anda sudah bisa memiliki toko online sendiri dengan keuntungan hingga jutaan rupiah per bulan.

Tidak hanya itu, jualan di Evermos pun sangat mudah karena tidak perlu ribet memikirkan stok dan pengiriman barang, semuanya sudah diurusi oleh pihak dari Evermos.

Jadi tunggu apalagi, segera daftarkan diri Anda dan raih sukses Anda dengan bergabung menjadi reseller Evermos. selamat berikhtiar!

Demikianlah artikel ini kami sampaikan semoga bisa bermanfaat untuk menjadi referensi bisnis Anda.

Untuk menemukan tips bisnis menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos.

×
slot88