25 Ide Jualan Makanan Ringan Tahan Lama dan Murah, Laku Keras!

Menjual makanan ringan menjadi salah satu opsi berbisnis modal kecil dengan keuntungan yang besar. Ada banyak sekali ide jualan makanan ringan tahan lama dan kekinian. 

Makanan ringan atau camilan menjadi teman setiap orang ketika menonton, belajar, berkumpul bersama teman, dan di berbagai aktivitas lainnya. Tak salah jika banyak penggemarnya. 

Adapun modal untuk memulai bisnis ini tidak besar karena bahan yang digunakan untuk membuat makanan ringan tidaklah banyak dan harganya cukup terjangkau. 

Nah, salah satu tips agar tidak rugi ketika berbisnis makanan ringan adalah kamu bisa menjual camilan yang tahan lama atau tidak mudah basi. 

Apa saja ide jualan makanan ringan yang tahan lama dan banyak peminatnya? Mari simak di artikel berikut ini. 

Baca juga: 17 Ide Jualan Bazar di Sekolah, Modal Kecil Untung Besar!

Ide Jualan Makanan Ringan Tahan Lama Cemilan Asin

ide jualan makanan ringan tahan lama
Sumber: Dokumentasi Evermos

Jika kamu sedang mencari inspirasi jualan camilan dengan untung besar, berikut ini contoh makanan ringan yang mudah dibuat, tahan lama, dan pastinya untung besar. 

1. Keripik Basreng Kering 

Salah satu jualan makanan yang paling laku dan untung banyak saat ini adalah basreng. Basreng atau bakso goreng merupakan cemilan kering yang sangat populer saat ini. 

Kamu bisa menjual basreng dengan berbagai rasa, mulai dari balado, asin, rumput laut, pedas daun jeruk dan banyak rasa lainnya dengan membelinya dari distributor makanan ringan. 

Kamu dapat membelinya dalam jumlah kiloan lalu menjualnya dengan ukuran yang lebih kecil, mulai dari 100 gram, 250 gram, hingga 500 gram. 

Selain itu, soal ketahanan tidak usah diragukan lagi. Basreng kering bisa tahan selama berbulan-bulan. Jadi kamu tidak perlu khawatir mengalami kerugian. 

2. Mi Lidi Berbagai Rasa

Contoh ide bisnis makanan ringan yang tahan lama kedua adalah mi lidi. Sama seperti basreng, mi lidi juga banyak peminatnya. 

Rasa mi lidi ini bisa mulai dari ayam bakar, barbeque, jagung bakar, keju, rumput laut, hingga balado. 

Bahkan, kamu dapat berinovasi dengan membuat mi lidi versi manis seperti rasa coklat hingga matcha. 

Karena mi lidi adalah cemilan kering yang digoreng, maka pastinya makanan ringan ini tahan lama dan tidak mudah basi. 

3. Kerupuk Seblak Kering 

Kerupuk seblak adalah jenis cemilan kering yang akhir-akhir ini viral dimana-mana. 

Jika sebelumnya kerupuk seblak hanya dijual dengan versi basah atau berkuah, kini banyak yang mulai berinovasi menjual kerupuk seblak kering yang gurih dengan bumbu pedas. 

Kerupuk seblak kering dapat menjadi ide jualan makanan ringan tahan lama dengan modal yang kecil, namun berpotensi meraup keuntungan besar, lho. 

Kamu dapat menjualnya baik secara online maupun offline seperti di kantin sekolah atau kantor. Jika ingin lebih untung, kamu bisa menjual versi kemasan kecil dan kemasan besar.

Baca juga: 40 Ide Jualan Makanan Modal Kecil Untung Besar, Wajib Coba!

4. Keripik Sayur Kering 

Jika kamu mencari opsi makanan yang bisa bertahan lama namun tetap mengandung nutrisi, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk menjual keripik sayur kering. 

Keripik sayur yang digoreng kering bisa bertahan selama berbulan-bulan. Jadi, kamu bisa stok camilan ini dalam jumlah yang cukup besar untuk dijual dengan minim kerugian. 

Ada banyak sayuran yang enak dijadikan keripik dan tentu saja juga ramai peminatnya. Mulai dari keripik bayam, keripik wortel, keripik kangkung, dan banyak sayuran lainnya. 

5. Makaroni Goreng Bumbu

Ide jualan makanan ringan tahan lama berikutnya adalah makaroni goreng dengan berbagai varian bumbu. 

Varian bumbu makaroni ini bisa mulai dari pedas, balado, pedas daun jeruk, hingga pedas manis.  Kamu juga bisa menambahkan variasi level kepedasannya, mulai dari level 1 hingga 5. 

Menjual makaroni goreng ini bisa menjamin daganganmu laku setiap hari, lho! Karena sangat banyak peminat makaroni kering. 

Namun, kamu harus benar-benar memastikan makaroni kering yang kamu jual tidak keras dan gurih. 

6. Kulit Ayam Krispi

Tahukah kamu ternyata kulit ayam bisa jadi salah satu ide jualan makanan ringan tahan lama juga lho. Kulit ayam yang digoreng kering dan gurih akan bertahan sangat lama.

Jadi, kamu bisa menjual ini dengan stok yang cukup banyak tanpa khawatir mengalami kerugian. 

Peminat kulit ayam krispi tidak perlu kamu ragukan lama. Cemilan yang juga sering disebut crispy skin chicken ini ini bisa jadi cemilan hingga lauk untuk makan nasi. 

7. Stik Keju 

Stik keju adalah jenis cemilan kering yang disukai oleh semua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua banyak yang menyukai cemilan ini. 

Kamu bisa jadikan stik keju sebagai opsi makanan ringan yang ingin kamu jual. Untuk soal ketahanan tidak perlu ragu, karena stik keju yang gurih bisa tahan berbulan-bulan. 

Bahan yang dibutuhkan untuk menjual stik keju juga murah dan tidak banyak, atau jika mau praktis, kamu bisa membelinya melalui distributor camilan yang terpercaya. 

8. Keripik Kaca Pedas

Salah satu contoh makanan ringan yang mudah dibuat dengan modal yang sangat terjangkau adalah keripik kaca. 

Tapi jangan salah, keripik kaca sangat banyak peminatnya lho. 

Makanan ringan khas Jawa Barat ini terbuat dari tepung tapioka tanpa ada tambahan bahan lainnya selain perbumbuan. 

Keripik kaca ini bisa bertahan hingga 1 bulan jadi kamu tidak perlu khawatir mengalami kerugian atau basi. Selain itu, orang-orang lebih banyak menyukai keripik kaca versi pedas. 

9. Tempe Goreng Krispi 

Tempe goreng krispi adalah jenis cemilan kering yang tidak hanya dimakan sebagai cemilan namun juga sebagai lauk makan nasi. 

Sehingga tidak salah jika tempe goreng krispi menjadi salah satu jualan makanan yang paling laku saat ini. 

Apalagi, makanan ringan ini bisa tahan berbulan bulan tanpa perlu kulkas. Jika dimaksukkan ke dalam kulkas akan lebih lama lagi tahannya dan tidak rentan basi. 

Kamu dapat jadikan tempe goreng krispi sebagai opsi makanan ringan yang ingin kamu jual. 

Jika sudah menentukan makanan ringan apa yang ingin dijual, kamu bisa menentukan nama bisnis makananya dengan cek disini: 300 Nama Unik Usaha Makanan, Bagus & Jarang Dipakai!

Ide Jualan Makanan Ringan Tahan Lama Cemilan Manis 

ide jualan makanan ringan tahan lama
Sumber: Dokumentasi Evermos

Selain beberapa ide jualan makanan ringan yang asin dan tahan lama di atas, juga ada beberapa ide makanan ringan yang manis dan pastinya juga tahan lama. 

10. Keripik Pisang 

Jika kamu bertanya kepada orang yang menyukai cemilan atau makanan ringan, mungkin sebagian besar mereka akan menjawab salah satunya adalah keripik pisang. 

Ya, kamu tidak salah, keripik pisang adalah makanan khas Lampung yang banyak penggemarnya. 

Pisang yang dipotong tipis-tipis, digoreng, lalu diberi berbagai bumbu yang bervariasi akan tahan berbulan-bulan. 

Kamu bisa pertimbangkan untuk menjual keripik pisang ini jika ingin meraih keuntungan yang besar. 

11. Popcorn 

Jenis cemilan kering manis yang berikutnya adalah popcorn. Popcorn adalah cemilan yang terbuat dari jagung kering yang dipipil dan dipanaskan. 

Makanan ringan ini menjadi pilihan utama banyak orang yang ingin membeli cemilan untuk menemani mereka menonton tv. 

Popcorn ini bisa tahan hingga berbulan-bulan. Namun, karena banyak yang menyukainya, dijamin popcorn yang akan kamu jual laku dalam waktu cepat. 

Kamu bisa membuat popcorn sendiri dengan jagung kering atau membelinya dalam jumlah kiloan melalui distributor makanan ringan. 

12. Kukis Kering 

Kukis kering adalah salah satu camilan manis yang sangat banyak penggemarnya.

Apalagi, saat ini kukis cukup viral dengan berbagai inovasinya, mulai dari kukis versi mini, kukis dengan beragam rasa, hingga kukis bites. 

Nah, jika kamu mencari camilan manis yang tahan lama untuk dijual, kukis kering bisa menjadi pilihan yang bagus. 

Kamu dapat menjualnya dengan kemasan kecil-kecil jika target pelanggan adalah pelajar di sekolah. Selain itu, kukis kering memiliki ketahanan hingga beberapa minggu. 

13. Sereal 

Pilihan ide jualan makanan ringan tahan lama lainnya adalah sereal. Sama seperti popcorn, sereal menjadi pilihan cemilan untuk menemani aktivitas sehari-hari. 

Sebagian besar distributor makanan ringan pasti menjual cemilan sereal ini. Kamu dapat membelinya dalam jumlah kiloan, kemudian menjualnya dengan kemasan kecil. 

Untuk ketahanannya tidak perlu diragukan. Sereal bisa tahan berbulan-bulan bahkan tanpa disimpan ke dalam kulkas. 

Baca juga: 12 Ide Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu Namun Untung Besar!

Ide Jualan Makanan yang Paling Laku Tahun 2024

ide jualan makanan ringan tahan lama
Sumber: Canva

Itulah beberapa ide jualan makanan ringan tahan lama yang dapat kamu pertimbangkan untuk memulai usaha. 

Selain beberapa ide di atas, juga ada ide makanan lainnya yang dianggap paling laku oleh sebagian orang di Indonesia dan berpotensi mendapatkan keuntungan yang besar. 

Kamu juga dapat mempertimbangkan beberapa makanan berikut ini, 

  1. Kentang Mustofa
  2. Baso Aci Instan Seduh 
  3. Kue Kering 
  4. Keripik Singkong 
  5. Stik Kentang 
  6. Kue Bawang 
  7. Keripik Pangsit 
  8. Brownies Crispy
  9. Telur Gabus 
  10. Fish Skin atau Kulit Ikan Krispi 
  11. Cilok Goreng 
  12. Bola Bola Susu

Demikianlah artikel ini kami ulas untuk kamu yang sedang berencana memulai usaha makanan ringan.

Jika kamu membeli makanan ringan untuk dijual kembali melalui distributor, ingatlah untuk teliti dan memastikan kualitas makanan tersebut, ya!

Apabila kamu masih belum menemukan distributor makanan ringan yang aman, terpercaya dan berkualitas, kamu bisa menemukannya di Evermos.

Melalui platform ini, kamu dapat menjual makanan ringan sebagai reseller Evermos. Bahkan, kamu bisa memulainya tanpa modal lho!

Tertarik? Yuk, segera daftarkan diri dengan klik tombol di bawah ini.

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)