Hukum Mencicipi Makanan Saat Puasa, Batalkah?

Menjelang buka puasa, tentu kita perlu memasak untuk keluarga tercinta. Namun kurang lengkap rasanya bila kita tidak memastikan rasa dari masakan kita. Hal ini menimbulkan banyak pertanyaan. Bagaimanakah hukum mencicipi makanan saat puasa. Untuk menjawabnya, mari simak ulasan berikut ini.

Hukum Mencicipi Makanan Saat Puasa

hukum mencicipi makanan saat puasa
sumber: shutterstock.com

Sebagian orang mungkin berfikir dan mengira bahwa mencicipi makanan sebelum waktu berbuka adalah dapat membatalkan puasa.

Karena sebagaimana kita tahu bahwa salah satu hal-hal yang dapat membatalkan puasa adalah makan dan minum yang disengaja. Jadi, apakah boleh mencicipi masakan saat sedang berpuasa?

Untuk menjawab ini, ada sebuah hadist yang bisa menjabarkannya yakni sebagai berikut :

Jika sedang dalam keadaan berpuasa dan kita sedang memasak banyak makanan untuk suatu acara atau hajat, kita diperbolehkan untuk mencicipi makanan asal makanan tersebut hanya sampai di lidah dan tidak melewati kerongkongan. Hal ini sesuai dengan dalil berikut ini.

لَا بَأسَ أَن يَذُوق الخَلَّ أو الشَيءَ مَا لَـم يَدخُل حَلقَه وهو صائم. رواه البخاري معلق

“Tidak mengapa mencicipi cuka atau makanan lainnya selama tidak masuk ke kerongkongan.” (H.R. Bukhari)

Namun, saat mencicipi makanan, ada baiknya kita serahkan kepada mereka yang memang sudah mengetahui rasa makanan tersebut. Sehingga untuk mencicipinya hanya dilakukan satu kali dan tidak berulang kali.

Sebagai umat muslim, perlu kita ketahui bahwa tujuan utama menjalankan ibadah puasa adalah untuk meningkatkan ketaqwaan. Oleh karenanya, semua perbuatan bisa dilihat dari niat seseorang yang melakukan perbuatannya.

Memang secara prinsip hal yang membatalkan puasa adalah masuknya minuman atau barang kedalam lubang seperti mulut, hidung atau telinga. Namun, hal itu bisa membuat batal jika tanpa hajat yang jelas.

Pada kasus ini ada hajat dalam mencicipi makanan yakni untuk memastikan rasa dan kualitasnya layak untuk disajikan berbuka puasa.

Dalam konteks ini kita harus sadar bahwa selagi tidak masuk ke kerongkongan tidak menjadi masalah. Dengan begitu, seorang yang mencicip makanan hendaknya cukup mengecap lalu mengeluarkannya kembali dari mulut.

Baca Juga : Hukum Gosok Gigi Saat Puasa | Boleh Ataukah Haram??

Hukum Mencium Aroma Makanan Saat Puasa

hukum mencicipi makanan saat puasa
sumber: shutterstock.com

Allah telah memberikan hal-hal yang sangat mudah dalam beragama. Kita telah diberikan kelonggaran dalam mencicipi makanan. selanjutnya, bagaimana jika kita tiba-tiba berjalan dan mencium aroma makanan jangan penah berfikir untuk sanksi dan ragu bahwasanya puasa kita akan batal.

Namun, lain halnya jika kita secara tidak sengaja mencicipi atau menelan makanan ketika berpuasa. Ketika saat berpuasa kita secara tidak sengaja menelan makanan maka kita tidak wajib untuk mengganti puasa tersebut di hari lain. Kita bisa melanjutkan berpuasa seperti biasa sampai dengan waktu berbuka.

Hal ini sesuai dengan hadits berikut ini.

من نسي وهو صائم ، فأكل أو شرب فليتم صومه ، فإنما أطعمه الله وسقاه “. متفق عليه

“Siapa saja yang lupa ketika puasa kemudian makan atau minum maka hendaknya dia sempurnakan puasanya, karena Allah telah memberinya makan atau minum.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Demikianlah ulasan mengenai hukum mencicipi makanan saat puasa.  semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah khazanan keilmuan agama kita agar tidak salah pemahaman lagi.

Bagi Anda yang mencari masakan lezat dan praktis untuk buka puasa, Anda bisa mendapatkannya di aplikasi Evermos.

Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha dengan bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Yuk, mulai ikhtiar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama! Siap-siap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

Sekian artikel mengenai hukum mencicipi makanan saat puasa ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

×