Bagaimana Hukum Memakai Masker Saat Shalat di Kala Pandemi?

hukum memakai masker saat shalat

Di tengah situasi pandemi seperti ini kita semua wajib menggunakan masker dalam setiap aktivitas guna mencegah penyebaran virus covid-19. Mulai dari bekerja bahkan hingga beribadah semuanya menggunakan masker. Lantas, sebenarnya bagaimana hukum memakai masker saat shalat menurut islam? Lebih lengkapnya, mari simak ulasan berikut.

Bagaimana Hukum Memakai Masker Saat Shalat?

hukum memakai masker saat shalat

sumber : google/bersosial

Pada dasarnya, dalam kondisi dan situasi yang normal mendirikan sholat dalam keadaan tertutup wajah tidaklah dianjurkan.

Hal ini sebagaimana tercantum dalam hadist berikut,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُغَطِّيَ الرَّجُلُ فَاهُ فِي الصَّلَاةِ ]رواه ابن ماجه.

Dari Abū Hurairah (diriwayatkan), ia berkata: Rasulullah melarang seseorang menutup mulutnya di dalam shalat [HR. Ibnu Mājah]

Dalam hadits ini terdapat larangan menutup sebagian wajah namun larangan tersebut tidak sampai pada hukum haram. Hal ini ditunjukkan oleh Ibnu Majah sendiri yang meletakkan hadits tersebut pada bab Mā Yukrahu fī aṣ-Ṣalāh (hal-hal yang tidak disukai [makruh] dalam shalat).

Jadi, hukum memakai masker dalam shalat adalah makruh karena dilarang.

Selain itu, larangan dalam hadits ini pun tidak berlaku secara umum namun karena memiliki sebab yang khusus, yaitu agar tidak menyerupai kaum Majusi saat beribadah sebagaimana ada dalam dalam kitab Syarḥ Sunan Abī Dāwūd karya Badr ad-Dīn al-‘Aini.

Maka dari itu, pada keadaan situasi pandemi seperti saat ini ada suatu pengecualian dalam hadistnya.

Baca Juga : Yakin Shalat Anda Sudah Sah? Perhatikan Dulu Hal Hal yang Membatalkan Shalat Ini

3 kaidah ushul fiqh

Paling tidak ada 3 kaidah ushul fiqh ini yang relevan dengan situasi seperti saat ini, yakni :

1. Al-hukmu yaduru ala illati wujudan wa adaman.

Hukum itu sangat tergantung dengan illat atau alasan/situasi kondisi yang melatarbelakanginya.

2. Dar-ul mafasid muqaddamun ala jalbil mashalikh

Upaya untuk mencegah marabahaya harus didahulukan daripada upaya untuk mengambil manfaat atau mendapatkan kebaikan.

3. Addaruratu tubikhul makhdzurat.

Dalam kondisi darurat hal yang terlarang diperbolehkan.

Temukan beragam jenis Masker di Aplikasi Evermos mulai dari yang polos hingga bermotif cantik

hukum memakai masker saat shalat

 

Hukum memakai masker saat shalat di masa pandemi seperti ini adalah boleh

hukum memakai masker saat shalat

sumber : google/bersosial

Maka dari itu, setidaknya ketiga ushul fiqh di atas sudah bisa menjelaskan bagaimana hukum menggunakan masker saat shalat di situasi seperti saat ini yakni diperbolehkan

Memakai masker saat shalat demi mencegah penyebaran virus covid-19 adalah diperbolehkan. Hal ini dikarenakan setiap umat Islam wajib menjaga dharuriyyatul khams atau 5 hal yang paling penting, salah satunya adalah hifdzun nafs atau menjaga keselamatan jiwa kita.

Pandemi ini bisa sangat berbahaya terutama bagi orang lanjut usia dan komorbid (pembawa penyakit tertentu)

Para dokter dan para ahli mengharuskan seluruh masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas termasuk beribadah.

Hal ini karena covid 19 sangat mudah menular melalui droplet (percikan air liur) yang masuk melalui hidung, mulut dan mata. Droplet ini berasal dari 3B yaitu bersin, batuk dan bicara.

Jadi,  apabila kita membuka masker saat kita solat berjamaah dengan orang lain yg kita tidak tahu membawa virus atau tidak maka sangat beresiko karena droplet dapat keluar dari sang Imam dan jamaah yang membaca bacaan solat. Virus ini pun dapat bertahan beberapa saat di lantai atau alas sujud.

Baca Juga : Inilah 5 Syarat Sah Shalat yang Umat Muslim Wajib Ketahui

Dalil Mengenai Hukum Memakai Masker saat Shalat
hukum memakai masker saat shalat

sumber : google/bersosial

Kesimpulannya, hukum memakai masker saat shalat adalah makruh namun karena ada pandemi maka boleh, bahkan “wajib”

Dalam islam, sesuatu yang makruh bisa menjadi boleh ketika ada hajat.

الكَرَاهَةُ تَزُوْلُ بِالحَاجَةِ

“Suatu yang makruh menjadi hilang karena ada hajat.”

Dalam kasus ini hajatnya adalah seperti saat batuk, pilek, takut menularkan ataukah takut tertular.

Penggunaan masker ini sudah ada dalam Surat Edaran (SE) Kemenag tentang panduan penyelenggaraan kegiatan keagamaan di masa pandemi covid-19.

Surat edaran ini adalah jawaban yang sudah ditunggu-tunggu atas keresahan masyarakat yang ingin segera kembali ke rumah ibadah.

Temukan ragam masker cantik mulai dari anak hingga dewasa di Aplikasi Evermos

hukum memakai masker saat shalat

 

Peraturan Resmi dari Pemerintah Terkait Penggunaan Masker saat Beribadah
hukum memakai masker saat shalat

sumber : google/bersosial

Surat edaran nomor 15 tahun 2020 ini menjalaskan mengenai poin kewajiban masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan di rumah ibadah.

Selain itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga sebelumnya sempat menerbitkan maklumat tentang pemberlakuan new normal atau adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi corona.

Dalam penerapan new normal, MUI meminta pemerintah mengikuti standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Bahkan Maklumat MUI menyatakan bahwa baiknya setiap pihak berwenang bisa melakukan sosialisasi, edukasi, dan advokasi mengenai protokol kesehatan dengan slogan ’empat sehat lima sempurna’.

Yakni senantiasa menggunakan masker, jaga jarak sehat, selalu mencuci tangan, olahraga teratur/istirahat yang cukup, tidak panik, makan makanan yang bergizi, baik, dan halal.

Lagi pula, kasus menggunakan masker ini pun pernah berlaku pada saat ibadah hajil. Para umat islam yang menggunakan masker ini tidak bersalah dan tak perlu melakukan apa pun untuk menebusnya.

Bahkan Imam Al-Shirazi dalam bukunya Al-Muhadhab pun mengizinkan menutuo wajahnya, hal ini pun Imam Al-Nawawi lakukan juga.

Demikianlah ulasan mengenai hukum memakai masker saat shalat di tengah situasi pandemi covid-19 ini. Jadi, mulai saat ini Anda tidak perlu khawatir lagi ibadahnya tidak sah.

Guna melindungi diri dan orang lain, mari kita bersama-sama selalu menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan).

Temukan berbagai koleksi masker cantik dan berkualitas di aplikasi Evermos.

hukum memakai masker saat shalat

Semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi jawaban bagi Anda yang masih bingung jikalau ingin menunaikan ibadah shalat di Masjid.

Untuk membaca artikel islami lainnya, Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×