Hukum Gosok Gigi Saat Puasa | Boleh Ataukah Haram??

hukum gosok gigi saat puasa

Sebagaimana kita tahu salah satu larangan saat berpuasa adalah memasukkan sesuatu melalui rongga tubuh dalam bentuk apapun. Lantas, bagaimana agar kita bisa menjaga kebersihan saat berpuasa? Bagaimana hukum gosok gigi saat puasa? Apakah diperbolehkan oleh para ulama? Untuk menemukan jawabannya mari kita simak ulasan berikut ini.

Hukum Gosok Gigi Saat Puasa

hukum gosok gigi saat puasa

sumber : pexels.com

Menjaga kebersihan termasuk gigi dan mulut merupakan sebagian dari keimanan dan sunnah Rasulullah. Tentunya, menjaga aroma mulut yang sedap juga menjadi bagian dari kebaikan. Namun, saat berpuasa kita tidak boleh memasukkan sesuatu ke dalam rongga mulut.

Oleh karena itu, untuk menjawabnya, kita bisa mengambil inti dari kedua hadist tersebut yang berisi :

Imam Nawawi yang menjelaskan bahwa : “apabila seseorang memakai siwak basah, lalu airnya berpisah dari siwak yang ia gunakan, atau cabang-cabang (bulu-bulu) kayunya itu lepas kemudian tertelan, maka puasanya batal tanpa ada perbedaan pendapat ulama”

Baca Juga : Jangan Salah Lagi, Inilah 7 Hal Hal yang Membatalkan Puasa

Apakah Gosok Gigi Pakai Odol Membatalkan Puasa

hukum gosok gigi saat puasa

sumber : pexels.com

Selanjutnya untuk menjawab pertanyaan ini ada sebuah kutipan lain yang menyatakan bahwa

“Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullah ketika ditanya apa hukum menggunakan pasta gigi saat berpuasa, jawaban beliau, “Membersihkan gigi saat dengan pasta gigi tidak membatalkan puasa sebagai siwak. Hal ini selama menjaga diri dari sesuatu yang masuk dalam rongga perut. Jika tidak sengaja ada sesuatu yang masuk di dalam, maka tidak batal.” (Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, 15: 260. Dinukil dari Fatwa Al-Islam Sual wa Jawab no. 108014).”

Jadi, sikat gigi baru dianggap membatalkan puasa jika pasta gigi atau airnya tertelan ke tenggorokan. Jika tidak ada yang tertelan maka sikat gigi diperbolehkan dan tak membatalkan puasa.

Namun, sebagaimana kita tahu bahwa pasta gigi memiliki rasa yang sangat kuat sehingga berpotensi untuk tertelan jika kita tidak kuat menahannya.

Solusi untuk ini adalah saat berpuasa kita tidak boleh sembarangan dan harus sangat berhati-hati dalam berkumur ataupun menyikat gigi.  Oleh karena itu menyikat gigi saat puasa hukumnya adalah makruh. Arti makruh adalah lebih baik ditinggalkan jika sekiranya berpotensi menimbulkan kebatalan.

Gosok Gigi Saat Puasa adalah Diperbolehkan

hukum gosok gigi saat puasa

sumber : pexels.com

Oleh karena itu kemudian ada pandangan lain yang mengatakan bahwa gosok gigi saat puasa adalah boleh namun dengan ketentuan di waktu tertentu, sebagaimana dikatakan dalam hadist berikut bahwa :

“Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah, “Lebih utama adalah orang yang berpuasa tidak menyikat gigi (dengan pasta). Waktu untuk menyikat gigi sebenarnya masih lapang. Jika seseorang mengakhirkan untuk menyikat gigi hingga waktu berbuka, maka dia berarti telah menjaga diri dari perkara yang dapat merusak puasanya.” (Majmu’ Fatawa wa Rasail Ibnu ‘Utsaimin, 17: 261-262).

Jadi solusinya adalah menggosok gigi pada saat waktu tertentu.

Waktu yang baik untuk sikat gigi baiknya adalah sebelum azan Shubuh atau setelah berbuka puasa. Jika ada rasa tersisa setelah menyikat gigi dan terasa di pagi hari, itu tidak merusak puasa.

Namun, Bila Anda memutuskan untuk menyikat gigi di siang hari saat berpuasa, maka ada beberapa ketentuan yang perlu dilakukan yakni :

  1. Menyikatlah dengan perlahan untuk menghindari gusi tergores dan berdarah. Jika hal ini terjadi maka segera muntahkan darah tersebut.
  2. Jika menggunakan pasta gigi, maka sebaiknya sedikit saja untuk menghindari risiko tertelan.
  3. Pelan-pelan dalam berkumur agar air tidak ikut masuk dalam rongga mulut.

Demikianlah ulasan mengenai hukum gosok gigi saat puasa. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah khazanah keilmuan Anda dan meningkatkan nilai kualitas ibadah agar kita tidak salah dalam berperilaku.

Temukan produk siwak untuk membersihkan gigi dan mulut saat berpuasa di Aplikasi Evermos.

Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menebarkan manfaat pada orang lain dengan menjualnya juga pada orang lain. Bagaimana caranya? Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Sekian artikel mengenai Puasa ini. jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×