Home » 12 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah Ini Bisa Anda Terapkan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

12 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah Ini Bisa Anda Terapkan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

by Risma Novianti
0 comment

Gaya hidup sehat seakan menjadi hal yang tidak terlalu diperhatikan. Bahkan hampir seluruh sumber penyakit sebenarnya berasal dari gaya hidup yang tidak sehat tersebut. Maka dari itu, simak 12 tips hidup sehat ala Rasulullah pada ulasan artikel berikut ini.

Tata cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW ini, sebenarnya juga telah dijelaskan pada berbagai ayat di Al-Quran dan juga Hadist.

Bahkan ada beberapa cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW tersebut yang sudah termasuk ke dalam sunnah, yang tentu akan sangat baik jika kita lakukan.

Oleh karena itu, yuk ikuti tips hidup sehat ala Rasulullah yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari berbagai penyakit!

Baca juga: 7 Ide Makanan Vegetarian yang Sehat dan Lezat untuk Anda Konsumsi

Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

1. Tidak Makan Secara Berlebihan

Hidup Sehat Ala Rasulullah

Sumber: pexels.com

Kita  tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi makanan. Karena Nabi Muhammad SAW mengajarkan hal tersebut.

Apabila makan dengan berlebihan, dikhawatirkan akan menimbulkan berbagai kerugian, seperti makanan yang justru tidak habis hingga mengalami mual dan muntah karena kekenyangan.

Hal tersebut sebagaimana ungkapan dari Aisyah RA, yaitu:

“Dahulu Rasulullah tidak pernah mengenyangkan perutnya dengan dua jenis makanan. Ketika sudah kenyang dengan roti, beliau tidak akan makan kurma, dan ketika sudah kenyang dengan kurma, beliau tidak akan makan roti.”

2. Berhentilah Makan Sebelum Kenyang

Hidup Sehat Ala Rasulullah

Sumber: pexels.com

Cara menjaga kesehatan selanjutnya sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW adalah yaitu berhenti makan sebelum kenyang.

Hal ini ternyata merupakan cara yang cukup ampuh untuk menghindari dari berbagai penyakit.

Jika dilihat dari sisi medis, berhenti makan sebelum kenyang dapat mencegah berbagai masalah pencernaan yang bisa sangat merugikan tubuh.

Adapula menurut HR. Bukhari Muslim menjelaskan bahwa:

“Kami adalah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak pernah kekenyangan.”

Jadi, sebaiknya kita berhenti makan sebelum kenyang ya! Karena mengambil makanan yang banyak terkadang tidak habis, hal tersebut hanya nafsu semata.

3. Mengatur Porsi Makan

Hidup Sehat Ala Rasulullah

Sumber: pexels.com

Selain anjuran berhenti makan sebelum kenyang, Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan porsi yang baik.

Artinya, kita perlu mengatur porsi makanan yang hendak kita makan. Hal ini sekaligus mengatur minuman dan udara dengan seimbang.

Sebab, kondisi perut yang terlalu penuh dengan makanan dan minuman akan membuat tidak adanya ruang bernafas atau ruang udara dalam perut dan akan membuat sesak nafas.

Ada pula salah satu hadist yang menjelaskan mengenai hal tersebut yaitu:

“Anak Adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya. Cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuhnya. Kalau tidak ditemukan jalan lain, maka (ia dapat mengisi perutnya) dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiganya lagi untuk pernafasan.” (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban)

4. Menghindari Makanan yang Haram

Hidup Sehat Ala Rasulullah

Sumber: pexels.com

Larangan mengonsumsi makanan yang haram ini telah diatur dalam Al-Qur’an.

Artinya, hal tersebut perlu kita taati untuk menghindari dalam mengonsumsi makanan yang haram.

Jangan sekali-kali umat Islam mengonsumsi makanan yang haram, sebab hal tersebut dapat menimbulkan berbagai kerugian bagi tubuh.

Larangan mengonsumsi makanan yang haram, terdapat dalam Surat Al Maidah ayat 3 yang berbunyi:

حُرِّمَتۡ عَلَيۡكُمُ الۡمَيۡتَةُ وَالدَّمُ وَلَحۡمُ الۡخِنۡزِيۡرِ وَمَاۤ اُهِلَّ لِغَيۡرِ اللّٰهِ بِهٖ وَالۡمُنۡخَنِقَةُ وَالۡمَوۡقُوۡذَةُ وَالۡمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيۡحَةُ وَمَاۤ اَكَلَ السَّبُعُ اِلَّا مَا ذَكَّيۡتُمۡ وَمَا ذُ بِحَ عَلَى النُّصُبِ وَاَنۡ تَسۡتَقۡسِمُوۡا بِالۡاَزۡلَامِ‌ ؕ ذٰ لِكُمۡ فِسۡقٌ‌ ؕ اَلۡيَوۡمَ يَٮِٕسَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡ دِيۡـنِكُمۡ فَلَا تَخۡشَوۡهُمۡ وَاخۡشَوۡنِ‌ ؕ اَ لۡيَوۡمَ اَكۡمَلۡتُ لَـكُمۡ دِيۡنَكُمۡ وَاَ تۡمَمۡتُ عَلَيۡكُمۡ نِعۡمَتِىۡ وَرَضِيۡتُ لَـكُمُ الۡاِسۡلَامَ دِيۡنًا‌ ؕ فَمَنِ اضۡطُرَّ فِىۡ مَخۡمَصَةٍ غَيۡرَ مُتَجَانِفٍ لِّاِثۡمٍ‌ۙ فَاِنَّ اللّٰهَ غَفُوۡرٌ رَّحِيۡمٌ
Artinya: “Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih. Dan (diharamkan pula) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan pula) mengundi nasib dengan azlam (anak panah), (karena) itu suatu perbuatan fasik. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridhai Islam sebagai agamamu. Tetapi barangsiapa terpaksa karena lapar, bukan karena ingin berbuat dosa, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

5. Tidak Meminum Khamr

Hidup Sehat Ala Rasulullah

Sumber: pexels.com

Begitu pula dengan minuman Khamr, tentu saja islam melarang karena meminum minuman ini hukumnya termasuk haram.

Menganai minuman berupa khamr sudah dijelaskan pada salah satu ayat Al-Quran yaitu pada surat Al Maidah ayat 90-91 yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِنَّمَا ٱلْخَمْرُ وَٱلْمَيْسِرُ وَٱلْأَنصَابُ وَٱلْأَزْلَٰمُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ ٱلشَّيْطَٰنِ فَٱجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ إِنَّمَا يُرِيدُ ٱلشَّيْطَٰنُ أَن يُوقِعَ بَيْنَكُمُ ٱلْعَدَٰوَةَ وَٱلْبَغْضَآءَ فِى ٱلْخَمْرِ وَٱلْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَن ذِكْرِ ٱللَّهِ وَعَنِ ٱلصَّلَوٰةِ ۖ فَهَلْ أَنتُم مُّنتَهُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamr, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, yang adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaithan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaithan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian diantara kamu lantaran (meminum) khamr dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan shalat, maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).”

Baca juga: Jarang diketahui! Inilah 9 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

6. Sering Berpuasa

Hidup Sehat Ala Rasulullah

Sumber: shutterstock.com

Menjalankan puasa sudah tidak perlu Anda ragukan lagi dan begitu banyak penelitian yang menjelaskan mengenai puasa tersebut.

Dalam Islam, pelaksanaan puasa ini sangatlah banyak macamnya, mulai dari puasa wajib pada bulan Ramadan, dan juga berbagai puasa sunnah seperti puasa daud, puasa muharam, puasa senin dan kamis, dan lain sebagainya.

Diriwayatkan pada hadist Bukhari yang berbunyi:

“Berpuasalah kamu supaya sehat tubuhmu.”

Dari hadits tersebut memberi sebuah arti jika dengan menjalankan puasa akan memberi manfaat yang baik dan sehat bagi tubuh.

7. Jangan Tidur Tengkurap

Hidup Sehat Ala Rasulullah

Sumber: google/bersosial

Hal ini  mungkin tidak banyak Anda sadari, bukan?

Dalam Islam melarang posisi tidur dengan posisi tengkurap, karena merupakan tidurnya setan.

Selain itu, dengan tidur tengkurap akan mengganggu saluran pernafasan yang akan berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, usahakan jangan tidur tengkurap ya!

Dari Ya’isy bin Thokhfah Al Ghifariy, dari bapaknya, beliau berkata:

“Ketika itu aku sedang berbaring tengkurap di masjid karena begadang dan itu terjadi di waktu sahur. Lalu tiba-tiba ada seseorang menggerak-gerakkanku dengan kakinya. Ia pun berkata, ‘Sesungguhnya ini adalah cara berbaring yang dibenci oleh Allah.’ Kemudian aku pandang orang tersebut, ternyata ia adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

8. Tidur dengan Posisi Miring ke Kanan

Hidup Sehat Ala Rasulullah

Sumber: google/bersosial

Larangan tidur dengan posisi tengkurap sudah jelas pada poin sebelumnya, lalu seperti apa cara tidur yang benar?

Nabi Muhammad SAW sangat menyarankan untuk tidur dalm posisi miring ke kanan karena dapat memperlancar kerja jantung dan hati.

Selain itu, proses metabolisme tubuh serta detoksifikasi saat tidur akan lebih lancar saat tidur miring ke sisi kanan badan.

Sebagaimana sabda dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang artinya:

 “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu.” (HR Bukhari dan Muslim)

9. Menjaga Kebersihan Tubuh

Hidup Sehat Ala Rasulullah

Sumber: pexels.com

Nabi Muhammad SAW sangat menjaga kebersihan tubuhnya. Dengan menjaga kebersihan tubuh akan menghindarkan seseorang dari penyakit.

Berdasarkan HR. Muslim dan Tirmidzi yang mengatakan:

“Waktu untuk memotong kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan hendaknya tidak melebihi 40 hari.”

Sebagai umat muslim tentu wajib untuk mengikuti berbagai sunnah dan tuntunan salah satunya cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW tersebut, agar tidak mendapat kerugian pada masa yang akan datang.

10. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Hidup Sehat Ala Rasulullah

Sumber: pexels.com

Dengan menjaga kebersihan memang sudah tidak perlu diragukan lagi menjadi hal penting agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Apabila lingkungan sangat kotor tentu akan tinggi risikonya untuk timbul berbagai sumber penyakit seperti demam berdarah ataupun penyakit berbahaya lainnya.

Berikut hadits tentang kebersihan yang pernah disabdakan Rasulullah:

“Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.” (HR Tirmidzi)

11. Sering Berolahraga

Hidup Sehat Ala Rasulullah

Sumber: google/bersosial

Dalam sebuah riwayat, diketahui bahwa Rasulullah pun hobi berolahraga seperti berkuda, memanah, dan berenang. Hal itu menunjukan bahwa tubuh Beliau tidak hanya sehat, tapi juga kuat.

Beliau juga pernah lomba lari, gulat, bahkan memanah.

Seperti halnya olahraga memanah, jika Anda tidak akrab dengan olahraga ini, maka Anda mungkin akan terkejut untuk mengetahui ada banyak manfaat kesehatan yang ditimbulkan.

Selain manfaat fisik, panahan dapat meningkatkan kesehatan mental Anda juga.

12. Senantiasa Bersilaturahmi

Hidup Sehat Ala Rasulullah

Sumber: shutterstock.com

Dengan menjalin silaturahmi , Rasulullah adalah pribadi yang suka bersilaturahim dengan para sahabat dan tetangganya.

Bersosialisasi adalah salah satu tips menjaga kesehatan yang patut kita tiru saat ini.

Jangan lupa untuk bersilaturahmi ya!

Demikianlah informasi mengenai tips hidup sehat ala Rasulullah, semoga dapat bermanfaat.

Semoga Allah senantiasa memberikan kita kesehatan dan perlindungan. Aamiin Ya Rabbal ‘alamiin.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya di situs blog Evermos. 

Related Posts