Hari Perempuan Internasional 2022 | Saatnya Wanita Berkarya!

Hari perempuan internasional 2022

Hari perempuan internasional 2022 — Saat ini kita mungkin sering mendengar tentang Hari Perempuan Internasional di berbagai media.

Tapi sebenarnya, ada apa dengan hari perempuan ini? Kapankah itu diselenggarakan? Apakah sebagai bentuk perayaan atau protes?

Singkat cerita, selama lebih dari satu abad orang di seluruh dunia telah menandai 8 Maret sebagai hari istimewa bagi wanita.

Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak ulasan mengenai sejarah dan perayaan hari perempuan internasional 2022 ini.

Sejarah Hari Perempuan Internasional 8 Maret

Hari perempuan internasional 2022

sumber : pexels.com

Perayaan Hari Perempuan Internasional ini tumbuh dari gerakan buruh yang sudah menjadi acara tahunan dan diakui oleh PBB. Bermula pada tahun 1908, ketika 15.000 wanita berbaris melalui New York menuntut jam kerja yang lebih pendek, gaji yang lebih baik dan hak untuk memilih.

Setahun kemudian, Partai Sosialis Amerika mendeklarasikan Hari Perempuan Nasional pertama. Clara Zetkin, seorang aktivis komunis dan pembela hak-hak perempuan lah yang mengusulkan pembentukan hari perayaan internasional ini.

Clara memasukkan idenya ke Konferensi Internasional Wanita Pekerja di Kopenhagen pada tahun 1910 – dan 100 wanita di sana, dari 17 negara, menyetujuinya dengan suara bulat.

Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan pada tahun 1911, di Austria, Denmark, Jerman dan Swiss.

Hal-hal dibuat resmi pada tahun 1975 ketika Perserikatan Bangsa-Bangsa mulai merayakan hari itu.

Hari Perempuan Internasional telah menjadi tanggal untuk merayakan seberapa jauh perempuan telah datang dalam masyarakat, politik dan ekonomi, sementara akar politik dari hari itu artinya adalah pemogokan dan protes diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran akan ketidaksetaraan yang berkelanjutan.

Hal ini dikarenakan gagasan Clara mengenai Hari Perempuan Internasional tidak memiliki tanggal yang pasti.

Hal itu tidak diresmikan sampai pada demo pemogokan buruh pada masa perang pada tahun 1917, ketika wanita Rusia menuntut “roti dan perdamaian”.

Empat hari setelah pemogokan, pemerintah dipaksa turun tahta dan pemerintah sementara memberikan hak pilih kepada perempuan.

Pemogokan dimulai pada 8 Maret dan ini menjadi tanggal Hari Perempuan Internasional dirayakan.

Perayaan Hari Perempuan Internasional 2022

Hari perempuan internasional 2022

sumber : pexels.com

Tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional 2022.

Tema Hari Perempuan Internasional 2022 kali ini berkaitan dengan kesetaraan gender dalam konteks krisis iklim dan pengurangan risiko bencana.

Perempuan makin sini diakui lebih rentan terhadap dampak perubahan iklim daripada laki-laki, karena perempuan merupakan mayoritas penduduk miskin dunia dan lebih bergantung pada sumber daya alam yang paling terancam perubahan iklim.

Pada saat yang sama, perempuan dan anak perempuan adalah pemimpin dan pembuat perubahan yang efektif untuk adaptasi dan mitigasi iklim. Mereka terlibat dalam inisiatif keberlanjutan di seluruh dunia.

Partisipasi serta kepemimpinan mereka menghasilkan aksi iklim yang lebih efektif. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terus mengkaji peluang serta kendala untuk memberdayakan perempuan agar memiliki suara atau menjadi pemain yang setara dalam pengambilan keputusan terkait perubahan iklim yang penting untuk pembangunan berkelanjutan dan kesetaraan gender.

Tanpa kesetaraan gender hari ini, masa depan yang sustainable dan equality di amsa depan akan semakin berada di luar jangkauan.

Tema Hari Perempuan Internasional 2022

Tema Hari Perempuan Internasional tahun ini adalah “Kesetaraan gender hari ini untuk masa depan yang berkelanjutan” (Gender equality today for a sustainable tomorrow).

Arti Tema Hari Perempuan Internasional 2022 Memajukan kesetaraan gender dalam konteks krisis iklim dan pengurangan risiko bencana merupakan salah satu tantangan global terbesar abad ke-21.

Isu-isu perubahan iklim dan keberlanjutan telah dan akan terus berdampak parah dan bertahan lama terhadap lingkungan, pembangunan ekonomi dan sosial. P

erempuan dan anak perempuan berada dalam posisi yang paling rentan dan terpinggirkan. Peringatan Hari Perempuan Internasional 2022 akan ditandai dengan acara virtual tingkat tinggi pada Selasa, 8 Maret 2022.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Presiden Majelis Umum, Ketua Komisi Status Perempuan, Direktur Eksekutif UN Women serta aktivis kesetaraan gender dan perubahan iklim dan selebriti akan berpartisipasi. Acara akan dilanjutkan dengan diskusi panel tingkat tinggi dan pertunjukan musik.

Tema Hari Perempuan Internasional selaras dengan tema prioritas Komisi Status Perempuan ke-66 mendatang (CSW66): “Mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan semua perempuan dan anak perempuan dalam konteks perubahan iklim, lingkungan dan pengurangan risiko bencana”.

Demikianlah ulasan mengenai hari perempuan internasional. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menumbuhkan semangat kita sebagai perempuan.

Saat ini, perempuan sudah dinilai mandiri loh. Jadi, kita perlu berbangga. Kita bisa melakukan yang setara dengan laki-laki. Termasuk perempuan juga bisa berpenghasilan

Anda ingin memiliki penghasilan sendiri? Bisa banget. Saat ini banyak platform yang menyediakan

Anda pun bisa memanfaatkan Evermos menjadi ladang usaha untuk penghasilan tambahan. Bagaimana caranya? Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

Sekian artikel mengenai cara menghilangkan bau mulut saat puasa ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×