Hari Kopi Internasional | Rayakan Dengan Dukung UMKM Kopi Indonesia

Hari Kopi Internasional — Setiap tanggal 01 Oktober diperingati sebagai Hari Kopi Internasional oleh para pencinta dan pelaku industri kopi di dunia.

Sebagaimana kita tahu, beberapa tahun terakhir industri kopi di Indonesia, khususnya di bagian hilir berkembang dengan pesat. Kopi tidak lagi menjadi sekadar minuman untuk menahan kantuk dan menghilangkan suntuk.

Kopi saat ini telah menjadi bagian dari gaya hidup hampir seluruh lapisan masyarakat, mulai dari generasi tua hingga muda di seluruh wilayah Indonesia.

Sejarah Hari Kopi Internasional

Hari Kopi Sedunia dirayakan pada 1 Oktober setiap tahunnya. Biasanya, berbagai gerai turut memberikan promosi khusus di Hari Kopi Sedunia.

Berbicara tentang perayaan, hari Kopi Sedunia tak hanya terbatas pada kegiatan minum kopi saja tapi lebih luas daripada itu,

Menurut laman Organisasi Kopi Internasional. Hari Kopi Sedunia adalah perayaan keragaman, kualitas, dan semangat seluruh sektor kopi.

Sebenarnya, berbagai negara di seluruh dunia memiliki hari kopi nasional masing-masing. Namun, pada Maret 2014, negara-negara anggota ICO menyepakati Hari Kopi Sedunia pada tanggal 1 Oktober.

Proposal untuk mempertimbangkan Hari Kopi Internasional dipresentasikan selama pertemuan ICO yang diadakan di kantor pusat ICO di London, Inggris dari 3-7 Maret 2014.

Proposal ini diusulkan oleh Dewan Penasihat Sektor Swasta organisasi (JCSP). Ada Sebanyak 77 negara anggota ICO yang kemudian ikut membahas dan memberikan suara pada ide ini selama pertemuan.

Kemudian proposal disetujui dan anggota ICO sepakat untuk merayakan Hari Kopi Internasional pada tanggal 1 Oktober setiap tahun mulai tahun 2015.

Oleh karena itu, perayaan Hari Kopi Internasional dilakukan pertama kali di Milan pada acara Milan Expo 2015, yang didirikan oleh International Coffee Organization atau ICO. T

Tujuan dari perayaan ini adalah untuk memobilisasi pemerintah impor dan ekspor untuk memerangi tantangan dunia kopi.

Hingga saat ini, momen ini bisa menjadi kesempatan bagi para pencinta kopi untuk berbagi kecintaannya pada minuman kopi sekaligus mendukung jutaan petani yang mata pencahariannya bergantung pada kopi.

Cara merayakan Hari Kopi Sedunia

Bagi para pencinta kopi, berikut cara merayakan Hari Kopi Sedunia yang dapat menjadi pilihan:

1. Minum Kopi Favorit

hari kopi internasional
sumber : pexels.com

Minum kopi favorit Anda hari ini adalah cara paling sederhana merayakan Hari Kopi Internasional.  Hari ini dideklarasikan sebagai momen untuk merayakan momen minum kopi.

Untuk itu, cara paling sederhana merayakan Hari Kopi Sedunia adalah dengan menikmati secangkir kopi pilihan.

Ada banyak sekali jenis kopi yang bisa kita nikmati bahkan di Indonesia sekarang sudah terdiri dari banyak jenis biji kopi lokal yang tidak kalah unggul dengan kualitas internasional.

Adapun beberapa contoh  jenis kopi Indonesia adalah sebagai berikut :

Arabika

Rasa yang dikeluarkan dari jenis kopi ini cenderung asam seperti rasa buah-buahan dan rasa pahit yang tipis dengan kandungan kafein yang cenderung lebih rendah dibanding jenis kopi lainnya.

Kopi arabika dapat ditemukan di beberapa daearah, seperti Bali Kintamani, Aceh Gayo, Ciwidey, Tapanuli Sipirok, Papua Wamena, dan Toraja.

Robusta

Rasa yang dihasilkan dari kopi robusta cenderung pahit dengan rasa seperti gandum. Kadar gula dalam kopi robusta nyaris tidak ada, sehingga kombinasi seduhan hasil robusta sangat cocok dinikmati dengan gula tambahan.

Robusta yang terkenal di Indonesia yakni robusta Lampung dan robusta Temanggung.

Liberika

Cita rasa liberika mirip dengan robusta, namun aromanya cenderung lebih berasap.

Rasa kopi jenis liberika terkadang mirip seperti tembakau, Kadar kafein dalam kopi ini pun cenderung rendah, berbanding terbalik dengan robusta yang memiliki kadar kafein sangat tinggi.

Kopi liberika ini dapat ditemui di daerah Jember, Kepulauan Riau, dan Kuala Tungkal.

Excelsa

Jenis kopi yang satu ini masih terhitung  cukup sulit ditemukan di Indonesia ini memiliki rasa yang masam, layaknya buah masam. Meski mirip dengan kopi jenis arabika, excelsa memiliki daya tarik sendiri yakni menimbulkan rasa gurih saat diminum. Jenis kopi excelsa dapat ditemui di Temanggung, Jawa Tengah.

Bagi Anda yang ingin mencari berbagai jenis kopi lokal. Yuk segera bergabung dengan Evermos. Selain untuk konsumsi pribadi, Anda juga bisa menjadikan kopi ini sebagai bisnis Anda.

Anda bisa menjadi reseller berbagai jenis kopi lokal unggulan di Indonesia. Yuk raih kesempatan mendapat komisi hingga jutaan rupiah perbulannya.

Klik tombol pendaftaran disini ya. Tenang saja, pendaftaran Gratis!

DAFTAR DISINI SEKARANG

2. Mendukung industri kopi

hari kopi internasional
sumber : pexels.com

Cara lainnya untuk merayakan Hari Kopi Sedunia adalah dengan mendukung industri kopi. Seperti saat ini di Indonesia kopi sedang merebak,  berarti sangat cocok untuk kita bisa turut andil dalam pengembangan industri kopi.

Kita bisa memesan kopi unggulan dari kedai kopi yang menjual minuman dari berbagai biji kopi untuk kemudian menikmatinya bersama teman atau keluarga.

Selain itu, Anda juga bisa mendukung pengembangan bisnis kopi lokal ini dengan turut serta didalamnya menjadi reseller biji kopi. Bagaimana caranya?

Caranya mudah sekali, yuk klik tombol pendaftaran Evermos di bawah ini dan mulai jualan sekarang untuk mendapatkan keuntungan hingga jutaan rupiah perbulan.

Pendaftaran gratis tanpa dipungut biaya apapun loh. Yuk klik disini sekarang

MULAI JUALAN SEKARANG

3. Mengirim hadiah kopi

Saling berbagi dan Mengirim kopi serta kudapan pendampingnya dapat menjadi pilihan merayakan Hari Kopi Internasional.

Jika mengenal teman atau kerabat yang sangat menyukai kopi tidak ada salahnya untuk mengirimi hadiah seperti paket berisi biji kopi, cangkir lucu, dan alat penggiling kopi.

Jika tidak ingin ribet maka kita juga bisa menggunakan jasa antar dan memesankan kopi untuk teman atau kerabat kita. Sudah banyak tersedia di platform online. Termasuk salah satunya Evermos. Yuk transaksi sekarang untuk mendukung perayaan hari kopi.

Ada promo potongna harganya juga loh!

 

4. Berburu promo kopi

hari kopi internasional
sumber : pexels.com

Berburu promo kopi juga bisa menjadi cara merayakan Hari Kopi Internasional.

Hari Kopi Sedunia dirayakan oleh berbagai asosiasi kopi di seluruh dunia.

Maka tak heran jika beberapa kedai kopi ikut merayakannya dengan membagikan promo atau bahkan kopi gratis.

Promo kopi ini pun bisa berbeda-beda, untuk itu kita bisa mengecek beberapa kedai kopi terdekat untuk mencari tahu apakah mereka menyediakan promo Hari Kopi Sedunia.

Mari rayakan bersama hari kopi internasional ini bersama Evermos!

Untuk merayakan hari kopi sedunia ini, Anda akan diberikan voucher khusus potongan 50K untuk transaksi pertama.

hari kopi internasional

Selain untuk konsumsi pribadi Anda juga berkesempatan berjualan kopi bersama Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier.
  • Bisa jualan di marketplace
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Anda pun bisa mulai berjualan ya dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Sekian artikel ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

×