Hari Konsumen Sedunia 2022 | Kenali Sejarah dan Hak Konsumen

Hari Konsumen Sedunia 2022

Hari Konsumen sedunia 2022 — Tahukah Anda bahwa ada peringatan Hari Konsumen Sedunia.  Perayaan ini diperingati setiap tanggal 15 Maret.  Tujuan Hari Hak Konsumen Sedunia adalah untuk memastikan konsumen memiliki semua informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat.

Consumers International membuat dan menyelenggarakan Hari Hak Konsumen Sedunia setiap tahunnya.

Konsumen Internasional adalah sebbuah federasi global organisasi konsumen yang didirikan pada tahun 1960. Organisasi ini didirikan sebagai suara independen dan berpengaruh bagi konsumen.

Penasaran bagaimana awal mulanya bisa terbentuk hari konsumen dan perayaannya? Untuk lebih lengkapnya, mari langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Sejarah Hari Konsumen Sedunia 2022.

Hari Hak Konsumen Sedunia ini ternyata telah diperingati sejak tahun 1983.

Pemilihan tanggal 15 Maret yakni sebagai rangka menghormati pidato yang dibuat oleh Presiden AS John Fitzgerald Kennedy kepada Kongres AS pada tanggal 15 Maret 1962.

Dalam pidato ini, John. F. Kennedy menciptakan empat hak dasar konsumen melalui “Declaration of Consumer Right“, beliau menjelaskan bahwa setidaknya ada 4 hak dasar konsumen yaitu:

  1. The right of safety (hak atas keamanan).
  2. The right to choose (hak untuk memilih)
  3. The right to be informed (hak untuk mendapatkan Informasi)
  4. The right to be heard (hak untuk didengar pendapatnya)

Isi pidato tersebut membakar semangat aktivis hak konsumen bernama Anwar Fazal. Oleh karena itu, ia mengajukan agar dibuatkan hari khusus untuk memperingati hak-hak konsumen secara internasional.

Kemudian pada 15 Maret 1983, sebuah organisasi yang memperjuangkan hak-hak konsumen internasional bernama Consumers International, memperingati hari hak konsumen atau World Consumer Right Day untuk pertama kali.

Ini menjadi tonggak penting untuk memberikan kesadaran kepada konsumen atas hak yang mereka dapatkan.

Tujuan Hari Konsumen Sedunia 

Tujuan peringatan hari hak konsumen sedunia adalah sebagai bentuk solidaritas masyarakat internasional sebagai sesama konsumen.

Konsumen yang dimaksud di sini adalah seluruh masyarakat sebagai kelompok ekonomi dunia, yang memiliki pengaruh besar atas perekonomian.

Biasanya, para partisipan akan memperingati hari ini hadir dengan mempromosikan hak-hak dasar konsumen kemudian menuntut hak-hak tersebut dihargai dan dilindungi, serta memprotes ketidakadilan yang dilakukan pasar terhadap konsumen.

Tema Hari Konsumen Sedunia 2022

Setiap tanggal 15 Maret, pada Hari Hak Konsumen Sedunia, muncul gerakan konsumen bersatu untuk menyoroti masalah mendesak yang dihadapi konsumen secara global.

Pada tahun ini, Membership of Consumers International memilih tema Fair Digital Finance sebagai tema global.

Hal ini dikarenakan Pada 2024, jumlah konsumen perbankan digital diperkirakan akan melebihi 3,6 miliar.

Di negara berkembang, proporsi pemilik akun yang mengirim dan menerima pembayaran secara digital telah tumbuh dari 57% pada tahun 2014 menjadi 70% pada tahun 2017.

Keuangan digital ini tentunya membawa peluang baru namun juga risiko baru yang dapat menyebabkan hasil yang tidak adil bagi konsumen.

Keuangan digital dapat meningkatkan kemungkinan bahwa mereka yang paling rentan bisa tertinggal.

Untuk itu, pada kesempatan hari Konsumen Sedunia ini akan memicu percakapan global pertama tentang visi konsumen untuk keuangan digital yang adil.

Hak Konsumen Sedunia

Seperti yang disebutkan di atas, tujuan peringatan hari hak konsumen adalah untuk menyebarluaskan kesadaran konsumen akan hak mereka. Jadi apa saja hak konsumen sebenarnya? Berikut ini daftarnya.

1. Hak Memilih Barang

Seorang konsumen memiliki hak untuk memilih barang yang akan mereka bel.

Hal ini termasuk meneliti kualitas barang, apakah ada kerusakan atau tidak.

Jika ternyata ada kerusakan sebelum barang itu digunakan maka menjadi hak konsumen untuk tidak membelinya atau menukarnya dengan barang lain.

2. Hak Mendapatkan Ganti Rugi

Jika produk yang dibeli tidak sesuai dengan standar atau kualitas yang dijanjikan, makan menjadi hak konsumen untuk mendapatkan ganti rugi atau kompensasi.

3. Hak Mendapatkan Barang atau Jasa Sesuai Nilai Tukar

Jika antara konsumen dan penjual telah terjadi kesepakatan di awal, maka kesepakatan tersebut menjadi pedoman konsumen untuk mendapatkan produk yang sesuai perjanjian di awal

Bila ternyata terjadi ketidaksesuaian, maka konsumen berhak untuk menyampaikan keluhan.

4. Hak Diperlakukan dengan Baik

Tidak peduli latar belakang, suku, agama, pekerjaan, warna kulit. Seorang konsumen berhak diperlakukan dengan baik tanpa diskriminasi. Jika konsumen mendapat perlakuan diskriminatif, maka konsumen tersebut berhak untuk mengajukan keluhan.

5. Hak Mendapatkan Informasi yang Jelas dan Jujur Mengenai Barang atau Jasa yang Digunakan

Segala hal yang berhubungan dengan barang dan jasa yang dikonsumsi wajib diinformasikan kepada konsumen secara detail, jelas, dan jujur.

Demikianlah ulasan mengenai hari konsumen sedunia 2022. Semoga dengan adanya artikel ini bisa semakin menambah khazanah wawasan dan pengetahuan kita agar semakin menjadi konsmen yang cerdas dan cermat.

Penuhi hak-hak konsumen Anda dengan berbelanja di Evermos. Social commerce muslim pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Istimewanya lagi, tidak hanya bisa untuk penggunaan pribadi, Evermos juga menyediakan sistem reseller bagi Anda yang ingin menjalankan usaha online.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Sekian artikel mengenai hari konsumen sedunia. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×