Makna & Sejarah dalam Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

Warga negara yang baik adalah warga negara yang mengetahui kisah perjuangan bangsanya. Tahukah Anda sekarang Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober?

Meski berbeda dengan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni, perayaan Hari Kesaktian Pancasila tepat pada tanggal ini merupakan perihal yang berbeda.

Ternyata peristiwa G30S PKI memiliki kaitan yang erat dengan latar belakang dari perayaan pada hari 1 Oktober tersebut.

Ingin tahu bagaimana sejarah dan maknanya seperti apa? Siap-siap untuk membaca ulasan ini sampai habis, ya.

Baca juga  Sejarah dan Implementasinya, Hari Hak Mendapatkan Informasi

Sejarah Mengenai Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

Sumber: unsplash.com

Gerakan 30 September yang pernah Partai Komunis Indonesia (PKI) dalangi sempat membawa momen yang pilu dan menyesakkan bagi rakyat Indonesia.

PKI adalah salah satu partai tertua dan terbesar yang pernah ada di Indonesia sebelumnya.

Pada masa kolonial sebelumnya PKI memiliki kaitannya erat dengan Indishe Sociaal Democratische Vereeniging (ISDV) sebuah partai haluan kiri yang pelopornya adalah orang Belanda yaitu Henk Sneevliet.

Mengutip beberapa sumber dari Api Sejarah 2 dan detik.com, latar belakang adanya peristiwa tersebut akibat ketidakharmonisan hubungan antara anggota TNI dan juga anggota PKI yang kemudian menimbulkan pertentangan.

Peristiwa ini melibatkan dan sempat mengeksekusi tujuh perwira militer Angkatan Darat (AD) di Jakarta dan di daerah Yogyakarta setelah sebelumnya berhasil mereka culik.

Kronologis kejadian penculikan tersebut bertepatan pada tanggal 30 September 1965 dan terjadi pada malam harinya.

PKI yang mengincar perwira tinggi TNI AD Indonesia tersebut menculik tujuh orang, satu orang letnan TNI AD dan tiga dari seluruhnya kemudian dieksekusi langsung dalam kediamannya.

Baca Juga:  Masya Allah, Inilah 5 Doa Meluluhkan Hati Seseorang yang Keras Hatinya

Sementara sisa dari ketujuh orang  tersebut lainnya dibawa pergi menuju Lubang Buaya.

Tujuh pahlawan revolusi yang gugur adalah Jenderal TNI Anumerta Achmad Yani, Letjen Anumerta Suprapto, Mayjen Anumerta MT Haryono, dan Letjen Anumerta Siswondo Parman.

Lalu Mayjen Anurmerta DI Pandjaitan, Letnan Anumerta Pierre Andreas Tendean, Mayjen Anumerta Sutoyo Siswomihardjo.

Mau penghasilan tambahan tanpa harus punya modal yang tinggi dan dan bisa Anda kerjakan kapan saja dimana saja? Cobalah untuk jadi reseller berbagai ribuan produk yang berbeda hanya di Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Anda pun bisa mulai berjualan ya dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Baca juga  Hari Tani Nasional 24 September 2021: Sejarah dan Refleksinya

Makna Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

Sumber: unsplash.com

Oleh karena itu, dalam rangka memperingati jasa para perwira AD serta perjuangannya untuk mempertahankan kesatuan Indonesia lahirlah peringatan kesaktian pancasila.

Dahulu banyak sekali yang para pahlawan lakukan untuk mempertahankan tanah air dari penjajahan pada era tahun 1965-1966.

Melatarbelakangi sejarah yang kelam tersebut, kini Anda mengetahui arti dari hadirnya Hari Kesaktian Pancasila agar kita dapat mengingat sejarah pahit dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan

Kemudian, sebagai ideologi negara yaitu pancasila kita pahami bahwa ia mempunyai peranan yang amat penting sebagai dasar utama Negara Indonesia.

Menghormati dasar negara serta para pejuangnya yang telah gugur menjadi makna kesatuan dari Hari Kesaktian Pancasila itu sendiri.

Dalam rangka menghormati para pahlawan tersebut, warga Indonesia melakukan pengibaran bendera setengah tiang yang menjadi arti wujud bela sungkawa atas peristiwa lalu.

Mau coba penghasilan tambahan yang halal? Tenang saja, Evermos adalah solusi bagi Anda yang ingin usaha berjualan produk-produk halal jamin kualitasnya asli.

Baca Juga:  11 Lomba 17 Agustus yang Unik dan Kreatif Dilakukan Secara Online

MULAI JUALAN SEKARANG

Yuk, bergabung menjadi reseller di Evermos dan dapatkan kemudahan ikhtiarnya bersama-sama sekarang juga.

daftar reseller evermos gratis

Rekomendasi Baju Batik Modis Buat Wanita dan Pria Hanya di Evermos

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

Busana batik merupakan bagian dari budaya negara kita tercinta, yaitu Indonesia.

Apalagi dalam momen tertentu misalnya seperti tepat pada tanggal 1 Oktober sebagai menghargai warisan budaya, tentu kita wajib memiliki busana tersebut.

Bagi Anda yang sedang membutuhkannya, jangan khawatir dengan soal harga.

Sebab, Evermos merupakan rekomendasi social commerce terbaik yang bisa menjadi solusi belanja bagi Anda, keluarga, rekan-rekan juga orang terdekat Anda.

Bagikan informasi ini, lakukan penjualan dengan mendaftar sebagai reseller dan raih komisi sebanyak-banyaknya hanya di Evermos.

Poin tersebut juga bisa Anda tabung untuk Anda gunakan sebagai kesempatan berumroh, sangat menarik bukan.

Tentunya semua produk ini bisa Anda dapatkan dengan harga diskon terbaik, hanya Anda temukan di Evermos.

Ingin bisa berhasil menjadii reseller sukses dan punya usaha halal?  Temukan ribuan produk jualnya dan nikmati modal GRATIS untuk reseller baru.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier.
  • Bisa jualan di marketplace
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Demikian mengenai informasi sejarah dan maknanya pada hari kesaktian pancasila, semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Jangan lupa untuk menyebarkan informasi berikut kepada keluarga, kerabat dan orang-orang terdekat Anda sebagai amal kebaikan.

Baca Juga:  Doa Selamat Untuk Keluarga Agar Selalu Sehat dan Bahagia

Selamat Hari Kesaktian Pancasila, Semoga kita senantiasa dapat menghargai dan menghormati sejarah dengan memberikan yang terbaik kepada negara.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×