Hari Hewan Ternak Sedunia : Tata Cara Menyembelih Sesuai Syariat

Hari Hewan Ternak Sedunia

Belum banyak masyarakat yang tahu bahwa hari ini tepat pada tanggal 2 Oktober dunia memperingati Hari Hewan Ternak Sedunia. Apakah Anda salah satunya?

Meski pada hari ini judul perayaan terlihat sepele, tak jarang banyak masyarakat yang mengabaikan peranan pentingnya setiap manusia cara merawat hewan.

Hewan-hewan ternak yang seringkali kita konsumsi hingga hari ini sebagai bahan pangan dan memiliki kaitan eratnya dengan kehidupan manusia antara lain; sapi, kambing, domba, ayam, dan sebagainya.

Sebagai salah satu dari hewan ternak, yaitu sapi dan domba menjadi daftar hewan yang termasuk dalam kategori dapat dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha.

Bagi masyarakat mayoritas muslim saat ini sebagaimana yang pernah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Muhammad AS contohkan dalam syariat qurban tentu ada tahapan pemotongan hewan qurban yang benar.

Namun, sebelum itu supaya mengetahui lebih lanjut dibalik sejarah dan bagaimana syariat dalam penyembelihan hewan qurban Anda perlu menyiapkan waktu dan tenaga untuk membaca artikel ini sampai habis, ya.

Baca juga  6 Peluang Usaha Ternak Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Latar Belakang Peringatan Hari Hewan Ternak Sedunia

Hari Hewan Ternak Sedunia

Sumber: pexels.com

Patut kita syukuri bahwa kita hidup dalam negara yang mayoritas muslim dimana ketika mengolah dan melakukan pemotongan hewan saat ini mengikuti syariat Islam.

Pasalnya, sebagaimana yang tercantum dalam berbagai sumber bahwa kini lebih dari 70 miliar hewan ternak seperti hewan sapi, ayam, babi, ayam kalkun dan lainnya tidak disembelih dengan cara yang baik.

Hewan ternak tersebut disembelih dengan berbagai cara, ada yang terlebih dahulu dibius, juga ada yang dimutilasi dan belum termasuk dengan hewan yang hidup di perairan yaitu dijaring atau dibom demi memenuhi kebutuhan manusia.

Baca Juga:  Wajib Tahu! Inilah Urutan Wali Nikah Serta Syaratnya dalam Syariat Islam

Tragisnya nasib hewan peternakan tersebut inilah menjadi peringatan bagi seluruh penjuru dunia yang berlangsung setiap tanggal 2 Oktober, yang sebutannya adalah World Day Of Farmed Animals.

Makna dari Hari Ternak Sedunia

Hari Hewan Ternak Sedunia

Sumber: pexels.com

Berdasarkan latar belakang tersebut, hendaknya ada yang dapat kita perhatikan untuk kemudian mengambil pelajaran darinya.

Memahami sejarah Hari Hewan Ternak Sedunia berarti tentu bisa mengharapkan dapat menghargai dan memperlakukan selayaknya hewan-hewan ternak yang disembelih.

Semakin banyak masyarakat yang mengetahui informasi ini tentu akan berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat dengan hal yang tidak terketahui selama ini.

Oleh karena itu, dalam rangka memaknai Hari Hewan Ternak Sedunia secara tepat, setidaknya kita dapat mengetahui terlebih dahulu bagaimana tata cara yang benar dalam melakukan penyembelihan hewan ternak.

Mau coba ikhtiar tapi terkendala dalam modal? Ingin penghasilan yang halal serta rezeki yang berkah dengan berdagang?

Anda sangat bisa untuk bergabung bersama ribuan reseller lainnya menjadi reseller dari produk-produk di Evermos.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Daftarkan diri Anda segera untuk bisa mendapatkan kemudahan dalam ikhtiar.

Baca juga   Mau Beli Hewan Qurban? Simak 5 Cara Menabung Untuk Berkurban Disini!

Tata Cara Penyembelihan Sesuai Syariat Islam

Hari Hewan Ternak Sedunia

Sumber: pexels.com

Syarat Hewan Qurban Sesuai Syariat

Tentunya ketika kita hendak memberikan kurban yang terbaik, sudah pasti akan mempersiapkan hewan yang terbaik yang kita miliki untuk kita persembahkan kepada Allah Ta’ala.

Meski begitu, bukanlah hewan ternak tersebut yang sampai kepada Allah melainkan ketakwaan seorang muslim yang menjadi poin penting dalam ibadah kurban. Hal ini tercantum dalam firman-Nya sebagai berikut,

Al-Quran surah Al-Hajj ayat 37,

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا ۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ

Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu. Demi-kianlah Dia menundukkannya untuk-mu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.

Sehingga kita juga patut mempertimbangkan dan memilih kondisi hewan yang sehat untuk dapat mempersembahkan ketakwaan kepada Allah Ta’ala.

Baca Juga:  10 Aplikasi Belanja Online Recommended, Terbaik dan Termurah

Berikut syarat hewan ternak yang layak;

  • Sehat secara fisik
  • Tidak pincang atau cacat misal, tanduknya patah atau bermata juling
  • Untuk sapi atau kerbau sekurang-kurangnya usia hewan mencapai 2 tahun,
  • Sementara kambing dan domba sekurang-kurangnya mencapai usia 1-2 tahun, dengan adanya tanda pergantian gigi seri

Kemudian langkah selanjutnya mempersiapkan hewan ternak dalam posisi yang siap untuk muslim sembelih.

daftar reseller evermos gratis

Doa Hendak Menyembelih Sesuai Syariat Islam

Islam sebagai agama yang menuntun manusia kepada jalan yang lurus, memberikan tata cara kepada manusia dalam segala aspek kehidupan termasuk cara seorang muslim agar ketika seluruh kehidupannya dapat bernilai ibadah.

Salah satu ibadah yang menjadi rutinan dan berlakunya syariat tersebut sejak Nabi Adam dengan peristiwa anaknya Habil dan Qabil, kita dapat mengambil pelajaran bahwasanya kurban terbaik yang layak untuk kita serahkan kepada Allah Ta’ala.

Jelang Hari Raya kedua setelah Hari Raya Idul Fitri, pada Hari Raya Idul Adha masyarakat muslim berlomba-lomba untuk mempersiapkan hewan terbaik yang bisa mereka dapatkan dari depot-depot hewan yang berkualitas.

Sebagai umat muslim, sudah sepatutnya kita mengetahui syariat penyembelihan baik sebagai kaum muslimah atau kaum muslimin.

Setelah shalat Idul Adha  secara berjamaah, kemudian para petugas kurban mempersiapkan peralatan yang mereka butuhkan untuk melakukan sembelih.

Kemudian, sebelum melakukan penyembelihan mereka membacakan doa yang harus dibaca ketika akan hendak menyembelih hewan ternak tersebut, doa tersebut antara lain yaitu,

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Artinya, “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”

Syariat menganjurkan umat muslim untuk membacakan shalawat Rasulullah,

Baca Juga:  Parenting Islami: Inilah 5 Cara Mendidik Anak Sesuai Ajaran Islam

Kemudian melanjutkan dengan bacaan takbir sebanyak 3 kali dan satu kali tahmid ketika akan melakukan penyembelihan.

Merobohkan Hewan yang Akan Disembelih

Menyiapkan hewan ternak tersebut dengan merobohkan secara baik dan benar, bukan berarti bersikap keras dan kasar dengan tujuan dapat menyakiti hewan tersebut.

Bahkan, ketika seorang muslim hendak akan mengasah pisau yang hendak ia gunakan sebaiknya jangan sampai terlihat oleh hewan yang hendak ia sembelih. Betapa Islam amat menjaga syariat tersebut.

Penghasilan yang halal dengan keuntungan berlimpah, siapa yang tidak mau? Tentu semua kemudahan ini bisa Anda dapatkan dengan melakukan penjualan produk berbagai kategori hanya di Evermos.

YUK, GABUNG DISINI!

Gabung menjadi reseller secara GRATIS dan dapatkan komisi sebanyak-banyaknya disini.

Sembelih Hewan Ternak Secara Cepat

Ketika melaksanakan penyembelihan, sesuai syariat hendaknya langsung menyembelih hewan tersebut secara cepat.

Saat menggores pisau ke leher lakukan dengan maksimal tiga kali irisan dan potong secara tepat dan cepat. Sebab dalam Islam seorang muslim tidak boleh memperlakukan hewan dengan sengaja membuat hewan kesakitan bukan dalam rangka berkurban.

Rekomendasi Produk Alat Masak Makin Praktis Hanya di Evermos

Hari Hewan Ternak Sedunia

Menjelang Hari Raya Idul Adha, momen keseruan memasak seperti inilah yang keluarga nanti-nantikan.

Ada begitu banyak yang harus seorang ibu persiapkan untuk menyiapkan makanan di rumah  salah satunya dengan alat masak yang memadai.

Berikan hadiah spesial buat istri, tetangga, kerabat Anda dengan peralatan memasak dengan harga hemat dan terjangkau.

InsyaAllah kegiatan memasak jadi lebih praktis dan menyenangkan bagi mereka.

Anda juga bisa menawarkan beberapa rekomendasi produk yang asli lainnya hanya di Evermos.

Anda juga sangat bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan produk tersebut.

Tunggu apalagi, join menjadi reseller dari Evermos sekarang juga.

MULAI JUALAN SEKARANG

Sekian mengenai informasi peringatan Hari Hewan Ternak Sedunia. Sebarkan informasi berikut kepada keluarga, saudara, kerabat hingga kenalan Anda sebagai amal kebaikan.

Jangan lewatkan artikel menarik dan informatif lainnya kunjungi blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×