Hari Guru Sedunia: Sejarah dan Makna Penting Bagi Pendidik Bangsa

Hari Guru Seduni

Setiap tanggal 5 Oktober ternyata di peringati sebagai Hari Guru Sedunia. Apakah Anda tahu sejarah dan maknanya? Simak dalam artikel berikut.

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Tanpa guru tentunya kita tidak akan bisa berada di titik saat ini tahu cara membaca, berhitung, dan sebagainya.

Bahkan saat di masa pandemi sekalipun guru tetap tidak hentinya untuk menguras tenaga dan pikiran agar tetap melaksanakan kegiatan belajar yang efektif.

Hari Guru ternyata tidak hanya diperingati oleh beberapa bagian negara tertentu saja tetapi peringatannya kini mendunia. Penasaran apa saja hal yang melatarbelakangi dan apa makna yang terkandung di dalamnya?

Simak penjelasan artikel berikut sampai habis, ya.

Baca juga  Inilah 7 Usaha Sampingan Guru Honorer Yang Mudah dan Menjanjikan

Sejarah dan Tujuan Peringatan Hari Guru Sedunia

Hari Guru Seduni

Sumber: unsplash.com

Hal yang Melatarbelakangi

UNESCO sebagai organisasi internasional yang berpusat di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan PBB mencetuskan tanggal tersebut sebagai perayaan Hari Guru.

Perayaan pada setiap tanggal tersebut bertujuan untuk merayakan dan mengapresiasi jasa guru di seluruh dunia sejak tahun 1994.

Pada tanggal tersebut lahirnya penandatanganan Rekomendasi ILO/UNESCO yang mana terdapat aturan seputar hak dan tanggungjawab guru, standar persiapan guru, pengerahan dan pengembangan kondisi pembelajaran.

Beberapa ahli juga terlibat di dalamnya dalam rancangan Rekomendasi ILO/UNESCO terkait kebijakan pada sistem pendidikan.

Baca juga  Sekolah Mulai Tatap Muka, Cek 11 Daftar Perlengkapan Sekolah Anak SD

Tema Hari Guru Tahun Ini

Tema yang sedang berlangsung pada tahun 2021 adalah “Teacher at the heart of education recovery”.

Baca Juga:  5 Fakta Atau Kisah Ali bin Abi Thalib, Salah Satunya Pernah Menyamar Jadi Rasul!

Sehubungan dengan dampak pandemi menjadikan peringatan hari ini berfokus untuk mencapai dukungan yang dibutuhkan para guru.

Serta perlunya mengambil langkah-langkah agar memastikan para guru sebagai tenaga pengajar mengembangkan potensi mereka dalam proses pemulihan dari masa pandemi.

Oleh karena itu, dalam memperingati hari tersebut UNESCO melangsungkan momen tersebut bersamaan dengan Komite Ahli Gabungan ILO-UNESCO.

Pertemuan kali ini dalam upaya Penerapan Rekomendasi Tentang Tenaga Pengajar (CEART) yang akan berlangsung selama lima hari.

Kegiatan yang terdapat dalam serangkaian acara tersebut bertujuan untuk menyadarkan bahwa bagaimana pandemi berdampak terhadap profesi guru serta menanggapi kebijakan agar guru dapat mengerahkan potensi yang mereka miliki.

Acara ini akan dilaksanakan secara virtual atau daring dan mulai pada tanggal 5 Oktober 2021 oleh Direktur Jenderal UNESCO, Audrey Azoulay.

Mau memiliki penghasilan sampingan hanya dengan modal internet dan hp saja?

Anda bisa mencoba berbisnis untuk menawarkan produk kebutuhan setiap harinya di aplikasi Evermos.

YUK, GABUNG DISINI!

Makna Bagi Tenaga Pengajar di Indonesia

Hari Guru Seduni

Sumber: unsplash.com

Lalu bagaimana kondisi tenaga pengajar yang terdapat di negara Indonesia?

Kita masih sering mendengar bahwa sampai saat ini masih banyak pendapatan guru yang belum dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Misalnya saja pada guru honerer sebagai pegawai bukan tetap, di wilayah NTT mendapatkan penghasilan per bulan hanya 300 ribu rupiah saja.

Kondisi ini juga menyoroti perkotaan besar seperti Banten, Jawa Barat menghadirkan fakta seorang guru madrasah hanya mendapatkan pendapatan 50 ribu rupiah per bulan.

Hal ini tentunya memprihatinkan apalagi dengan adanya dampak pandemi yang berlangsung hampir selama dua tahun.

Para guru harus dapat menyesuaikan kondisi mereka untuk tetap bertahan dalam mengembangkan metode yang efektif di tengah masa pandemi ini.

Baca Juga:  Makna dari Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir

Meski ini era digital namun tetap saja bukan berarti semua dapat menyediakan metode belajar yang sama terutama pada daerah-daerah terpencil.

Sulitnya mendapatkan sinyal, terbatasnya jaringan internet, serta masih banyak anak didik yang tidak memiliki perangkat memadai untuk belajar menjadi dilema bagi para pengajar.

Guru sebagai penentu kecerdasan generasi selanjutnya patut mendapatkan dukungan dan penghasilan yang layak.

Oleh sebab itu, sudah seharusnya bagi kita untuk mengapresiasi dan menghargai jasa-jasa yang telah mereka berikan sepenuhnya kepada kita.

Bagi Anda karyawan kantor atau ibu rumah tangga yang sibuk tapi ingin tetap berpenghasilan, jangan khawatir.

Evermos bisa menjadi solusi untuk usaha sampingan Anda maupun sumber penghasilan utama Anda, tentunya Anda hanya perlu menawarkan produk dan melakukan transaksi untuk mendapatkan komisi.

MULAI JUALAN SEKARANG

Rekomendasi Sepatu Pantofel Modis Spesial Hari Guru Hanya di Evermos

Hari Guru Seduni

Mau memberikan kado yang pas teruntuk guru kesayangan Anda?

Tenang saja, Anda bisa membelikan hadiah yang spesial dengan membelikan sepatu dengan harga yang terjangkau disini.

Tidak perlu ragu dengan kualitas produknya sebab Evermos menjual produk-produk dengan kualitas terbaik untuk berbagai kategori produk.

Terdapat banyak sub kategori produk yang bisa Anda beli disini, serta jika Anda menawarkan hingga melakukan transaksi pembelian kepada kerabat, atau orang terdekat Anda tentu bisa mendapatkan keuntungan.

Raih komisi sebanyak-banyaknya hingga bisa Anda gunakan untuk berumroh secara GRATIS.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Anda hanya perlu mendaftarkan diri sebagai reseller di Evermos tanpa dipungut biaya apapun.

daftar reseller evermos gratis

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier.
  • Bisa jualan di marketplace
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah
Baca Juga:  Hari Tani Nasional 24 September 2022: Sejarah dan Refleksinya

Demikian mengenai informasi seputar hari nasional pada tanggal 5 Oktober, semoga dapat bermanfaat dan cukup memberikan hiburan bagi Anda.

Jangan lupa sebarkan artikel berikut kepada keluarga, saudara, teman-teman dan orang terdekat Anda supaya lebih bermanfaat.

Untuk membaca artikel menarik dan terupdate lainnya kunjungi blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×