Hari Bumi Sedunia 2022 | Sejarah dan Cara Memperingatinya

Setiap tanggal 22 April setiap tahunnya, adalah peringatan hari bumi sedunia. Hari Bumi diciptakan menandai hari lahir gerakan lingkungan modern pada tahun 1970. Untuk itu, mari kita peringati dan langsung simak terkait sejarah dan cara merayakannya pada artikel berikut ini.

Sejarah Hari Bumi Sedunia

hari bumi sedunia
sumber : shutterstock.com

Peringatan hari bumi ini dimulai sejak tahun 1970 dimana ada penyuaraan kesadaran publik yang muncul tentang keadaan planet . Hari Bumi inipertama kali dicanangkan oleh pengajar lingkungan Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970.

Hal ini diawali dari tahun 1960-1970 dimana saat itu Amerika Serikat sedang mengalami pergolakan ekonomi dan politik. Ide Hari Bumi muncul sejak awal 1960-an di Amerika Serikat ketika orang-orang mulai sadar tentang efek pencemaran lingkungan.

Isu pencemaran lingkungan ini banyak diangkat pada saat itu, bahkan hingga diangkat menjadi buku.

Beberapa tahun setelahnya, terjadi kebakaran besar di Sungai Cuyahoga, Cleveland yang disebabkan oleh pembuangan limbah kimia ke sungai.

Tragedi inilah yang kemudian mendorong orang untuk melindungi sumber daya alam. Setelahnya baru mulai bermunculan aktivis peduli lingkungan yang fokus pada isu pencemaran lingkungan berskala besar, seperti polusi udara yang disebabkan pabrik dan pembuangan limbah ini.

Oleh karena itu, Senator Gaylord Nelson, bertekad untuk meyakinkan pemerintah bahwa planet bumi berada dalam bahaya. Pada 1969, Nelson kemudian menjadi salah satu orang yang mengembangkan gagasan Hari Bumi. Nelson mengumumkan konsep Hari Bumi di sebuah konferensi pers di Seattle pada musim gugur 1969.

Baca juga : Perlu Diketahui! Inilah 9 Tanaman Pembawa Kekayaan Menurut Islam

Tema Hari Bumi Sedunia | Earth Day : Restore Our Earth

hari bumi sedunia
sumber : shutterstock.com

Tema Hari bumi kali ini adalah”Restore Our Earth” atau artinya Pulihkan Bumi Kita. Hari Bumi tahun ini berfokus pada proses alam, teknologi hijau, pemikiran inovatif yang dapat memulihkan ekosistem dunia.

Saat ini kita tidak bisa menganggap bahwa mitigasi atau adaptasi adalah satu-satunya cara untuk mengatasi perubahan iklim. Kita perlu memberikan kontribusi memulihkan bumi bukan hanya karena kita peduli dengan alam namun juga karena kita hidup di atasnya.

Kita harus memiliki kesadaran bahwa kita membutuhkan bumi yang sehat untuk mendukung pekerjaan, sumber penghasilan, kesehatan & kelangsungan hidup.  Lebih dari 1 miliar orang di 192 negara sekarang berpartisipasi dalam kegiatan Hari Bumi setiap tahunnya. Oleh karena itu mari kita ikut berpartisipasi dalam hari bumi.

Mari lakukan gerakan kecil untuk melindungi bumi salah satunya seperti menggunakan peralatan makan yang ramah lingkungan. Produk ini bisa Anda dapatkan di Aplikasi Evermos.

hari bumi sedunia

Selain untuk pengggunaan pribadi, Anda juga bisa memanfaatkan produk-produk ini sebagai peluang usaha dengan bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Jadi, mari daftar sekarang dan raih keuntungannya. Apalagi ada kupon voucher di transaksi pertama yang bisa Anda gunakan. Sayang sekali kalau dilewatkan. Transaksi sekarang dan manfaatkan voucerhnya, ya.

Amalan Malam Nuzulul Quran

Bagaimana Cara Memperingati Hari Bumi

hari bumi sedunia
sumber : shutterstock.com

Secara umum, tentunya kita perlu untuk menjaga lingkungan serta peduli terhadapnya. Salah satu langkah nyata untuk memperingati Hari Bumi adalah dengan menjaga kelestarian hutan dan ikut berkontribusi dalam memulihkam daerah-daerah yang alamnya sudah cukup rusak. Contohnya seperti ikut menanam pohon

Selain itu, banyak langkah kecil berarti yang bisa kita lakukan seperti tidak membuang sampah secara sembarangan di lingkungan sekitar, hemat listrik dan air, dan gerakan positif lainnya. Hal-hal yang kecil ini lah yang menjadi perwujudan dari hari bumi ini.

Jika kita telaah lebih lanjut, hari bumi tanggal 22 april ini hanyalah seremonial. Pembuktian nyatanya harus kita terapkan sehari-hari guna menjaga bumi berumur panjang dan senantiasa memberikan manfaat bagi yang Ada di dalamnya.

Baca Juga : Jarang Diketahui! 10 Tanaman Obat Ini Kaya Akan Manfaat | Bisa Ditanam di Rumah!

Doa Untuk Melindungi Bumi

Tidak hanya berusaha saja, tentunya kita juga perlu berdoa agar Allah SWT selalu memberi rahmatnya di muka bumi serta melindungi hambaNya dari segala marabahaya. Berikut adalah bacaan doanya.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

Allaahumma innii a’uudzubika minal hammi wal hazani wal ‘ajli wal kasal, wal bukhli wal jubni wa dhola’iddaini wa gholabatir rijaal

Artinya: “Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang.”

Allahumma inni a’udzu bika min zawali ni’matika, wa tahawwuli “afiyatika, wa fuja’ati niqmatika, wa jami’i sakhathika’

Artinya: “Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, dari beralihnya keselamatan (yang merupakan anugerah)-Mu; dari datangnya siksa-Mu (bencana) secara mendadak, dan dari semua kemurkaan-Mu”(HR. Muslim).

Demikianlah ulasan mengenai peringatan hari bumi sedunia. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda untuk kita bisa lebih meningkatkan kepedulian pada lingkungan di bumi. Kita perlu menjaga lingkungan alam terhindar dari kerusakan dan bencana alam.

Semoga kita semua bisa selalu terlindungi dari hal-hal yang membahayakan.

Tidak hanya berdiam diri, kita juga perlu melakukan suatu usaha dengan merubah kebiasaan kebiasaan kecil yang lebih ramah lingkungan. Salah satunya adalah dengan mendapatkan produk alat makan ramah lingkungan di Aplikasi Evermos.

Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha dengan bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

 

 

Amalan Malam Nuzulul Quran

Setelah mendaftar jadi reseller, khusus pendaftaran dari blog akan langsung mendapatkan subsidi transaksi pertama, lho!

Anda akan mendapatkan potongan langsung dari transaksi pertama, dengan rincian sebagai berikut:

Belanja Rp100.000 akan dapat Rp50.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMA100

Belanja Rp50.000 akan dapat Rp20.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMA50

Sedangkan khusus untuk produk digital jika berbelanja Rp100.000 maka akan dapat Rp5.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMADG

Yuk, mulai ikhtiar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama! Siap-siap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

Sekian artikel mengenai hukum mencicipi makanan saat puasa ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos

×