Hari Batik Nasional | Mari Kenakan Batik dan Dukung Brand Batik Lokal Indonesia

Hari Batik Nasional — Setiap Tanggal 2 Oktober setiap tahun adalah perayaan hari batik. Penasaran ingin tahu apa saja yang bisa dilakukan di perayaan hari batik ini? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

Sejarah Hari Batik Nasional

hari batik nasional
sumber : pexels.com

Perayaan Hari Batik Nasional dimulai sejak UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi.

Pada peringatan tahun pertamanya, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta seluruh elemen masyarakat untuk menggunakan batik setiap tanggal 2 Oktober sebagai bentuk perayaan Hari Batik Nasional.

Peringatan ini dilakukan sejak 2009, saat batik memperoleh pengakuan dunia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk budaya Lisan dan Non-Bendawi oleh United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Menurut UNESCO ICH dalam Iwearbatik, batik memiliki makna keragaman budaya, identitas masyarakat, serta kelompok individu yang harus dihormati seutuhnya.

Nilai-nilai yang melekat pada batik di antaranya Teknik produksi, Ekspresi budaya dan makna sosial budaya, Aturan pemakaian khususm dan Kuatnya karakter pemberdayaan sosial dalam tradisi membatik.

Kain batik ini merupakan identitas budaya masyarakat Indonesia. Makna simbolis dari desain serta warna mengekspresikan kreativitas dan spiritualitas.

Peringatan Hari Batik Nasional

hari batik nasional
sumber : pexels.com

Peringatan ini diselenggarakan bukan tanpa alasan. Sebagaimana dipaparkan dalam buku berjudul Kebanggaan Indonesia Batik Menjadi Warisan Dunia.

Buku yang di susun oleh Dodi Mawardi (2021:41) yang menyebutkan bahwa penetapan peringatan Hari Batik Nasional ini dilakukan agar batik lebih bermakna sebagai warisan budaya Indonesia.

Dalam buku ini juga menjelaskan bahwa peringatan hari batik merupakan hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi yang diberikan oleh UNESCO pada tahun 2009.

Untuk turut serta merayakannya kita dapat menggunakan pakaian batik dalam hari peringatan Batik Nasional 2021 sebagai upaya mempromosikan batik kepada masyarakat umum.

Tak hanya itu, dengan menggunakan pakaian motif batik dalam keseharian juga dapat di gunakan sebagai wujud kebanggaan kita terhadap batik sebagai warisan budaya Indonesia.

Salah satu cara untuk melestarikan budaya batik selain hanya mengenakannya ialah engan melestarikan produksinya. Salah satunya adalah dengan menjadi reseller batik melalui aplikasi Evemos

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier.
  • Bisa jualan di marketplace
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Anda pun bisa mulai berjualan ya dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Sekian artikel ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

×