Harga BBM Naik – Berapa Harga Pertamax per 1 April 2022?

Harga BBM Naik – Sudah tahu informasi bahwa ada kenaikan harga BBM belum? Sejumlah warganet di media sosial ramai menyebut harga Pertamax akan naik mulai per 1 April 2022.

Untuk lebih jelas mengenai alasan mengapa adanya kenaikan harga pertamax hingga daftar harga BBM yang berlaku mulai per 1 April 2022 ini, silahkan simak ulasan artikel berikut ini.

Harga BBM Naik

harga bbm naik
Sumber: google/bersosial

PT Pertamina (Persero) resmi menaikkan harga bahan bahar minyak (BBM) jenis Pertamax mulai, Jumat, 1 April 2022. Kenaikan harga  pertamax ini berlaku untuk 16 Provinsi.

Berapa Harga Pertamax per 1 April 2022?

Berdasarkan pengumuman resmi perseroan, harga Pertamax per 1 April 2022 ini naik menjadi di kisaran Rp 12.500 sampai Rp 13.500 bahkan hingga Rp. 16.000 per liter dari sebelumnya Rp 9.000 sampai Rp 9.400 per liter.

Mengapa Harga Pertamax Naik?

Menteri BUMN, Erick Thohir, sudah memberi sinyal terkait kenaikan harga Pertamax

Hal ini karena Pertamax tidak disubsidi.

Pemerintah hanya memberikan subsidi untuk BBM jenis Pertalite.

“Pertamax tidak (bersubsidi). Jadi, kalau (harga) Pertamax naik, ya, mohon maaf,” kata Erick saat memberikan sambutan dalam Kuliah Umum Universitas Hasanuddin, Rabu (30/3/2022).

Keunggulan Pertamax

Melansir dari pertaminafuels.com, Pertamax merupakan bahan bakar dari Pertamina yang diluncurkan pada 10 Desember 2002, dan merupakan bahan bakar bensin dengan kadar oktan 92 berstandar internasional EURO 2.

Pertamax direkomendasikan untuk kendaraan dengan rasio kompresi 10:1 sampai 11:1 atau kendaraan yang sudah memiliki teknologi setara dengan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), dan memiliki ciri-ciri berwarna biru, terang dan jernih.

Berikut ini beberapa keunggulan Pertamax yang dapat Anda ketahui, antara lain:

1. Pembakaran Lebih Sempurna

Salah satu keunggulan Pertamax, yakni diklaim sebagai bahan bakar mesin yang memiliki pembakaran sempurna dibandingkan dengan jenis bahan bakar mesin lainnya.

Bahan bakar mesin yang memiliki nilai oktan rendah akan lebih lama dalam proses pembakaran bahan bakar minyak di dalam ruang bakar.

Proses pembakaran yang memiliki waktu lama akan menimbulkan knocking pada mesin.

Jika angka oktan pada bahan bakar mesin tinggi, maka proses pembakaran di dalam ruang bakar juga akan lebih baik.

Alasannya karena bahan bakar bisa dipadatkan hingga tekanan tertinggi sebelum terkena api dari busi.

Pertamax memiliki nilai oktan yang lebih tinggi dari beberapa bahan bakar mesin lainnya. Hasilnya, pembakaran yang dihasilkan oleh Pertamax akan lebih sempurna.

2. Ramah Lingkungan

Pertamax diklaim sebagai salah satu bahan bakar yang memiliki pembakaran yang lebih baik dan efisien, sehingga emisi gas yang dikeluarkan oleh bahan bakar ini lebih bersih dan lebih ramah lingkungan.

Lebih lanjut, emisi gas yang dihasilkan oleh proses pembakaran Pertamax lebih efisien dan memiliki dampak emisi gas buang yang dihasilkan pada proses pembakaran akan jauh lebih rendah.

3. Lebih Irit

Pertamax juga lebih irit ketimbang dengan bahan bakar mesin lainnya.

Alasannya karena sifat Pertamax yang lebih sulit dibakar yang membuat proses pembakaran pada ruang pembakaran lebih baik.

Hasilnya, bahan bakar mesin akan lebih sulit habis terbakar sebelum kembali pada proses titik mati atas (TMA).

4. Perawatan Lebih Mudah

Pertamax menjadi pilihan sebagian besar masyarakat Indonesia karena bahan bakar mesin yang satu ini akan membuat proses perawatan kendaraan menjadi jauh lebih mudah.

Pertamax tidak memiliki timbal dan memiliki proses pembakaran yang lebih sempurna sehingga klep, head, piston, serta busi sehingga memiliki kadar kerak atau deposit lebih minim.

Lebih lanjut, apabila menggunakan Pertamax, waktu untuk melakukan servis akan berkurang secara otomatis karena proses pembersihan kerak atau deposit yang menempel akan berkurang.

Bahan bakar ini juga sudah dilengkapi dengan Ecosave Technology yang dirancang khusus untuk melindungi mesin.

5. Performa Lebih Baik dan Responsif

Keunggulan Pertamax selanjutnya adalah Pertamax memiliki performa mesin yang jauh lebih baik dan responsif ketimbang dengan jenis bahan bakar mesin yang lain.

Pertamax memiliki tambahan zat aditif yang akan membuat putaran gas lebih ringan dan beban kerja mesin juga akan jauh lebih ringan.

Bahan bakar Pertamax juga akan mengurangi kandungan deposit dan kerak-kerak yang menempel pada ruang pembakaran, hasilnya mobil akan lebih responsif dan performa mesin lebih maksimal.

Daftar Harga BBM Pertamina Hari Ini, Berlaku Efektif per 1 April 2022

harga bbm naik
Sumber: google/bersosial
  • Pertalite (RON 90): Rp 7.650 per liter, ada yang tetap. Ada yang turun dari sebelumnya mencapai Rp 8.000 per liter di Maret 2022.
  • Pertamax (RON 92): Rp 12.500 – Rp 13.000 per liter. Naik dari sebelumnya Rp 9.000 – Rp 9.400 per liter di Maret 2022.
  • Pertamax Turbo (RON 98): Rp 14.500 – Rp 15.100 per liter, tetap atau tidak berubah dari Maret 2022.
  • Solar/Biosolar (Subsidi): Rp 5.150 per liter, tetap.
  • Dexlite (CN 51): Rp 12.950 – Rp 13.550 per liter, tetap dari periode Maret 2022.
  • Pertamina DEX (CN 53): Rp 13.700 – Rp 14.300 per liter, tetap dari periode Maret 2022.

Demikianlah ulasan artikel tentang kenaikan harga BBM naik yang dapat Anda ketahui. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Untuk membaca artikel menarik lainnya, silahkan untuk mengunjungi situs blog Evermos.

×