Kumpulan Hadits Pendek Tentang Sabar dan Keagungan Allah

Hadits pendek tentang sabar – Sabar adalah sikap yang harus dimiliki oleh semua umat Islam, karena sabar adalah kunci dari semua keberhasilan.

Orang-orang yang sabar adalah orang-orang yang selamat dalam hidupnya, begitupun sebaliknya. Orang yang tidak memiliki rasa sabar maka akan merugi dalam hidupnya.

Karena orang yang sabar adalah orang yang mampu menjaga perilaku, lisan, dan kehidupannya.

Oleh karena itu sabar adalah sikap wajib yang harus dimiliki oleh semua orang. Berikut ini adalah dalil hadits pendek tentang sabar dan dalil Al-Quran tentang sabar.

Hadits Pendek Tentang Sabar

hadits pendek tentang sabar
Sumber: shutterstock.com

Berikut ini adalah beberapa hadits pendek tentang sabar, yakni sebagai berikut:

1. Hadits pendek tentang sabar atas ketetapan Allah

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: مَا تَجَّرَعَ عَبْدٌ جُرْعَةً أَفْضَلُ عِنْدَ اللهِ مِنْ جُرْعَةِ غَيْظٍ كَظَمَهَا ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ تَعَالَى.

Dari Ibnu ‘Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada seorang hamba yang meneguk satu tegukan (menerima musibah) yang lebih utama di sisi Allah dari pada satu tegukan yang berat yang ditahan untuk mencari ridha Allah ta’ala,” (HR Ahmad dan At-Thabrani).

Hadits di atas mengajarkan bahwa apapun yang ditetapkan oleh Allah SWT harus disikapi dengan sabar dan berserah diri kepadanya.

2. Hadits pendek tentang sabar saat mendapat musibah

Ketika mendapat musibah, apapun bentuknya, sabar adalah jalan keluarnya. Allah akan memberikan pertolongan kepada hambaNya yang sabar dalam menghadapi segala ujian hidup yang diberikan.

Seperti yang terkandung dalam hadits berikut ini:

قَالَ النَّبِيُّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: الصَّبْرُ عِنْدَ الصَّدْمَةِ الْأُوْلَى

Dari abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sabar itu ketika pertama kali mendapatkan musibah,” (HR Al-Bazzar dan Abu Ya’la).

3. Hadits tentang laki-laki mulia adalah yang mampu bersabar

Seorang laki-laki akan terlihat kemuliaannya jika ia mampu untuk bersabar dalam menghadapi segala hal.

Misalnya dalam menghadapi prahara rumah tangga, dalam menghadapi ujian hidup, dan dalam kondisi lainnya.

Berikut ini adalah hadits yang menjelaskan laki-laki yang bersabar adalah laki-laki yang mulia:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: لَوْ كَانَ الصَّبْرُ رَجُلاً لَكَانَ رَجُلاً كَرِيْمًا

Dari ‘Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Jika kesabaran itu adalah seorang laki-laki, maka sungguh ia adalah laki-laki yang mulia,” (HR Abu Nu’aim).

Selain hadits pendek yang menjelaskan tentang keutamaan bersabar, ada juga dalil Al-Quran yang menjelaskan tentang sabar.

Dalil Al-Quran Tentang Sabar

hadits pendek tentang sabar
Sumber: unsplash.com

Berikut ini adalah beberapa ayat Al-Quran yang menceritakan tentang sabar:

1. Surat Al-Baqarah ayat 155-156

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ * الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Artinya: “Dan sungguh akan Kami uji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. 

Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar. Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un (Sesungguhnya kami milik Allah, dan kepadanya kami akan kembali)”,” (QS Al-Baqarah: 155-156).

2. Surat Ali Imran ayat 142

أَمْ حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَعْلَمِ اللَّهُ الَّذِينَ جَاهَدُوا مِنْكُمْ وَيَعْلَمَ الصَّابِرِينَ

Artinya: “Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad dan orang-orang yang bersabar di antara kamu,” (QS Ali Imran: 142).

Ayat di atas adalah gambaran bahwa orang yang sabar sama derajatnya dengan orang yang berjihad di jalan Allah.

3. Surat Al-Baqarah ayat 153

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar,” (QS Al-Baqarah: 153).

Dari penjelasan ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah akan selalu bersama orang-orang yang sabar. Karena sesungguhnya sabar adalah penolong kehidupan seseorang. Baik di dunia maupun di akhirat.

4. Surat Hud ayat 11

إِلَّا الَّذِينَ صَبَرُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَئِكَ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ كَبِيرٌ

Artinya: “Kecuali orang-orang yang bersabar dan mengerjakan kebajikan, mereka memperoleh ampunan dan pahala yang besar,” (QS Hud: 11).

Itulah beberapa hadits pendek tentang sabar dan ayat Al-Quran yang menjelaskan betapa pentingnya sikap sabar dalam diri manusia. Karena orang yang selamat adalah orang yang bersabar, dan Allah akan selalu bersama orang-orang yang sabar.

Jika Anda ingin mendapatkan dan membaca artikel Islami menarik lainnya, silahkan untuk kunjungi selalu situs Blog Evermos.

Anda juga bisa menambah pemasukan Anda setiap bulannya hanya dengan modal HP dan tanpa mengeluarkan uang sedikitpun. 

Caranya sangat mudah, Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos dan mendapatkan keuntungan serta keberkahan.

Penasaran dan tertarik untuk bergabung? Klik tombol di bawah ini, ya.

YUK, GABUNG DISINI!

×
slot88