13 Hadits Pendek Tentang Sabar Beserta Dalil Al-Quran dan Artinya

Sabar adalah sikap yang harus dimiliki oleh semua umat Islam, karena sabar adalah kunci dari semua keberhasilan. Selain itu, Allah SWT juga sangat menyukai orang-orang yang sabar. Bahkan, ini sudah tercantum dalam hadits pendek tentang sabar dan berbagai dalil di Al-Quran. 

Orang-orang yang sabar adalah orang-orang yang selamat dalam hidupnya. Sebab, ia mampu menjaga perilaku, lisan, dan memikirkan secara matang keputusan yang ia ambil dalam kehidupan.

Sebaliknya, orang yang tidak memiliki rasa sabar maka akan merugi dalam hidupnya. Sebab, tanpa kesabaran, seseorang akan bertindak gegabah dalam mengambil keputusan, sehingga ia tidak bisa mengendalikan perkataan dan perbuatannya dengan baik. 

Itu sebabnya sabar menjadi sikap wajib yang harus dimiliki oleh semua orang. Allah SWT juga sudah berkali-kali menyerukan kepada umat manusia untuk sabar melalui hadits dan dalil Al-Quran.

Berikut ini adalah dalil hadits pendek tentang sabar dan dalil-dalilnya di dalam Al-Quran. 

Kumpulan Hadits Pendek Tentang Sabar

Hadits Pendek Tentang Sabar
Sumber: pexels.com

1. Hadits Pendek tentang Sabar Atas Ketetapan Allah

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: مَا تَجَّرَعَ عَبْدٌ جُرْعَةً أَفْضَلُ عِنْدَ اللهِ مِنْ جُرْعَةِ غَيْظٍ كَظَمَهَا ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ تَعَالَى.

Dari Ibnu ‘Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada seorang hamba yang meneguk satu tegukan (menerima musibah) yang lebih utama di sisi Allah dari pada satu tegukan yang berat yang ditahan untuk mencari ridha Allah ta’ala,” (HR Ahmad dan At-Thabrani).

Hadits di atas mengajarkan bahwa apapun yang ditetapkan oleh Allah SWT harus disikapi dengan sabar dan berserah diri kepadanya.

2. Hadits Pendek tentang Sabar saat Mendapat Musibah

Ketika mendapat musibah, apapun bentuknya, sabar adalah jalan keluarnya. Allah akan memberikan pertolongan kepada hambaNya yang sabar dalam menghadapi segala ujian hidup yang diberikan. Seperti yang terkandung dalam hadits berikut ini:



قَالَ النَّبِيُّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: الصَّبْرُ عِنْدَ الصَّدْمَةِ الْأُوْلَى

Dari abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sabar itu ketika pertama kali mendapatkan musibah,” (HR Al-Bazzar dan Abu Ya’la).

3. Hadits tentang Laki-laki Mulia Adalah yang Mampu Bersabar

Seorang laki-laki akan terlihat kemuliaannya jika ia mampu untuk bersabar dalam menghadapi segala hal.

Misalnya dalam menghadapi prahara rumah tangga, dalam menghadapi ujian hidup, dan dalam kondisi lainnya.

Berikut ini adalah hadits yang menjelaskan laki-laki yang bersabar adalah laki-laki yang mulia:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: لَوْ كَانَ الصَّبْرُ رَجُلاً لَكَانَ رَجُلاً كَرِيْمًا

Dari ‘Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Jika kesabaran itu adalah seorang laki-laki, maka sungguh ia adalah laki-laki yang mulia,” (HR Abu Nu’aim).

4. Hadits tentang Sabar dan Ikhlas 

Sabar dan ikhlas adalah salah satu tanda ciri orang yang beriman.  setiap masalah yang kita hadapi harus bisa dihadapi dengan rasa sabar dan ikhlas.

Misalkan masalah keluarga, pasangan ataupun finansial dan teman sejawat.

Berikut adalah hadits tentang sabar dan ikhlas: 

وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللَّهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللَّهُ، وَمَنْ يَتَصَبَّرْ يُصَبِّرْهُ اللَّهُ، وَمَا أُعْطِيَ أَحَدٌ عَطَاءً خَيْرًا وَأَوْسَعَ مِنْ الصَّبْرِ

Artinya: “Barangsiapa yang berusaha menjaga diri, maka Allah menjaganya, barangsiapa yang berusaha merasa cukup, maka Allah mencukupinya. Barangsiapa yang berusaha bersabar, maka Allah akan menjadikannya bisa bersabar dan tidak ada seorang pun yang dianugerahi sesuatu yang melebihi kesabaran.” (HR Bukhari No 1469).

5. Hadits tentang Sabar Akan Mendapatkan Kemenangan 

Orang sabar juga senantiasa akan mendapatkan kemenangan dari apa yang ia nantikan. meski mungkin butuh proses yang panjang dan penuh luka.

Tapi meski demikian hal ini juga sudah dijamin oleh Allah SWT. berikut adalah hadits tentang orang sabar akan mendapatkan kemenangan sebagai berikut :

“Ketahuilah, sesungguhnya datangnya kemenangan itu bersama dengan kesabaran. Bersama kesempitan pasti akan ada jalan keluar. Bersama kesusahan pasti ada kemudahan.” (HR. Abd bin Humaid di dalam Musnadnya (lihat durrah salafiyah hal 148.)

6. Hadis tentang Sabar Saat Sakit

Sakit juga adalah sebuah musibah kecil yang akan dialami semua orang. sebaik-baiknya orang sakit adalah orang yang sabar.

Selain itu sabar saat sakit juga bisa menjadi penggugur dosa yang telah lampau. berikut hadits nya :

ما من مسلم يصيبه أذى من مرض فما سواه إلا پو , گماط الشكر رها (رواه بخاری ومسلم)

Artinya: “Seorang muslim yang tertimpa suatu gangguan berupa penyakit atau yang lainnya pasti Allah akan menggugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya.” (HR Imam Bukhari dan Muslim).

7. Hadits tentang Sabar dan Pemaaf 

Setiap orang pastinya punya nafsu dan rasa marah ketika menghadapi masalah yang sulit ditangani atau menghadapi orang yang cukup menyebalkan.

Tapi jadikan rasa marah sebagai acuan. terbawa emosi sesaat justru akan membawa diri kita pada penyesalan serta masalah baru.

Setidaknya kita harus bisa mengontrol emosi dan menjadi pemaaf agar bisa menjalani kehidupan yang lebih baik.

Berikut hadits tentang sabar dan pemaaf :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم، قال: “لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرُعة، وَلَكِنَّ الشَّدِيدَ الَّذِي يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ

Artinya: “Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi SAW. yang telah bersabda: Orang yang kuat itu bukanlah karena jago gulat, tetapi orang kuat ialah orang yang dapat menahan dirinya di kala sedang marah.” (HR Bukhari dan Muslim).

8. Hadits tentang Kesabaran Rasulullah SAW

Serta ada pula hadits yang menjelaskan sikap terpuji dari Rasulullah yang patut kita tiru

كان أحسن الناس خلقا، لم يكن فاحشا ولا متفحشا، ولا سخابا في الأسواق، ولا يجزي بالسيئة السيئة، ولكن يعفو ويصفح

Artinya: “Adalah Rasulullah SAW orang yang paling bagus akhlaknya: beliau tidak pernah kasar, berbuat keji, berteriak-teriak di pasar, dan membalas kejahatan dengan kejahatan. Malahan beliau pemaaf dan mendamaikan,” (HR Ibnu Hibban).

9. Hadits tentang Sabar Menghadapi Cobaan

Berikut ini adalah salah satu hadits tentang sabar menghadapi cobaan yang bisa kita amalkan sebagai hamba Allah yang taat atas kehendak-Nya. 

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: “مَا يُصِيبُ الْمُسْلِمَ مِنْ نَصَبٍ وَلاَ وَصَبٍ وَلاَ هَمٍّ وَلاَ حُزْنٍ وَلاَ أَذًى وَلاَ غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا إِلاَّ كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاهُ”. (رواه البخاري)

Artinya: “Dari Abu Sa’id al-Khudri ra, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah seorang hamba yang tertimpa kelelahan, kesedihan, penyakit, atau kepedihan, maka dia berkata: ‘Allah telah menyingsingkan dosaku dengan ini,’ kecuali Allah akan menggugurkan salah satu dari dosanya dengannya sebagaimana daun pohon gugur.” (HR. Bukhari)

Selain hadits pendek yang menjelaskan tentang keutamaan bersabar, ada juga dalil Al-Quran yang menjelaskan tentang sabar.

Dalil Al-Quran Tentang Sabar

Hadits Pendek Tentang Sabar
Sumber: pexels.com

Berikut ini adalah beberapa ayat Al-Quran yang menceritakan tentang sabar:

1. Surat Al-Baqarah ayat 155-156

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ * الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Artinya: “Dan sungguh akan Kami uji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. 

Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar. Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un (Sesungguhnya kami milik Allah, dan kepadanya kami akan kembali)”,” (QS Al-Baqarah: 155-156).

2. Surat Ali Imran ayat 142

أَمْ حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَعْلَمِ اللَّهُ الَّذِينَ جَاهَدُوا مِنْكُمْ وَيَعْلَمَ الصَّابِرِينَ

Artinya: “Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad dan orang-orang yang bersabar di antara kamu,” (QS Ali Imran: 142).

Ayat di atas adalah gambaran bahwa orang yang sabar sama derajatnya dengan orang yang berjihad di jalan Allah.

3. Surat Al-Baqarah ayat 153

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar,” (QS Al-Baqarah: 153).

Dari penjelasan ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah akan selalu bersama orang-orang yang sabar. Karena sesungguhnya sabar adalah penolong kehidupan seseorang. Baik di dunia maupun di akhirat.

4. Surat Hud ayat 11

إِلَّا الَّذِينَ صَبَرُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَئِكَ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ كَبِيرٌ

Artinya: “Kecuali orang-orang yang bersabar dan mengerjakan kebajikan, mereka memperoleh ampunan dan pahala yang besar,” (QS Hud: 11).

Itulah beberapa hadits pendek tentang sabar dan ayat Al-Quran yang menjelaskan betapa pentingnya sikap sabar dalam diri manusia. Karena orang yang selamat adalah orang yang bersabar, dan Allah akan selalu bersama orang-orang yang sabar.

Jika Anda ingin mendapatkan dan membaca artikel Islami menarik lainnya, silahkan untuk kunjungi selalu situs Blog Evermos.

Anda juga bisa menambah pemasukan Anda setiap bulannya hanya dengan modal HP dan tanpa mengeluarkan uang sedikitpun. 

Caranya sangat mudah, Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos dan mendapatkan keuntungan serta keberkahan.

Penasaran dan tertarik untuk bergabung? Klik tombol di bawah ini, ya.

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)