Hadist Tentang Sedekah dan Keutamaannya Menurut Al-Quran | Yuk, Rajin Sedekah!

Allah SWT menganjurkan kita untuk bersedekah agar dapat meraih berkah dalam kehidupan dunia dan akhirat. Sebagaimana hal ini pun dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Ada beberapa hadist tentang sedekah dan keutamaannya menurut Al-Quran. Bagaimana bunyi hadist tersebut? Simak ulasannya pada artikel berikut ini!

Terdapat banyak cara bersedekah, dan hendaknya kita memilih sedekah yang terbaik. Kita bisa bersedekah sesuatu yang memang kita sukai, sebagai contoh kita ingin memberikan pakaian ke panti asuhan, pilihlah baju yang pantas dan masih bagus serta layak untuk dipakai.

Perlu kita ingat bahwa harta kekayaan atau sedekah terbaik adalah harta yang didapatkan dari cara yang halal. Dengan rezeki yang halal dan keikhlasan, Insya Allah hidup hidup mendapatkan keberkahan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Amalan bersedekah ini telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Beliau adalah sosok yang amat dermawan.

Selain mencontohkan, Rasul pun mengajarkan berbagai macam keutamaan dalam bersedekah.

Bahkan dalam salah satu hadist, Rasulullah SAW mengatakan bersedekah merupakan kewajiban bagi setiap Muslim.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang hadist dan keutamaan dari sedekah. Ketahui penjelasannya di bawah ini yuk!

Baca juga: Perlu Dipahami! Inilah Perbedaan Infak dan Sedekah Serta Keutamaannya

Pengertian Sedekah

Hadist Tentang Sedekah
Sumber: shutterstock.com

Sedekah atau shadaqah adalah mengamalkan atau menginfakan harta di jalan Allah. Namun, kegiatan ini bukan hanya semata-mata menginfakan harta di jalan Allah atau menyisihkan sebagian uang pada fakir miskin, tetapi sedekah juga mencakup segala macam dzikir (tasbih, tahmid, dan tahlil) dan segala macam perbuatan baik lainnya.

Adapun pengertian sedekah menurut KBBI yaitu pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, diluar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi.

Pengertian sedekah secara umum adalah mengamalkan harta di jalan Allah dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan, dan semata-mata mengharapkan ridha-Nya sebagai kebenaran iman seseorang.

Sedangkan istilah lain dari sedekah adalah derma dan donasi. Bukankah tidak asing dengan kata tersebut?

Adapun janji Allah yang akan melipatgandakan pahala bagi orang yang bersedekah dalam QS. Al-Baqarah ayat 245 yang artinya:

“Barang siapa yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya dijalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya lah kamu dikembalikan.”

Ayat tersebut menggambarkan bahwa sedekah memiliki makna mendermakan atau menyisihkan uang di jalan Allah SWT.

Memberi sedekah kepada fakir miskin, kerabat, atau orang lain yang dilakukan hanya untuk mengaharap ridha Allah maka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, baik di dunia maupun di akhirat.

Kumpulan Hadist Tentang Sedekah

Hadist Tentang Sedekah
Sumber: shutterstock.com

Berikut ini ada empat hadist shahih mengenai keutamaan bersedekah, antara lain:

1. Dari Abu Musa dari Nabi SAW, beliau bersabda,” Wajib bagi setiap Muslim untuk bersedekah.” Para sahabat bertanya: ‘Wahai Nabi Allah, bagaimana jika ia tidak mendapatkan untuk bersedekah? Beliau menjawab: ‘Berusaha dengan tangannya, sehingga bermanfaat untuk dirinya dan bersedekah. ‘Mereka bertanya: Bagaimana jika ia tidak bisa melakukannya?’ Beliau bersabda: ‘Menolong orang yang sangat memerlukan bantuan. ‘ Mereka bertanya: Bangamana jika ia tidak bisa melakukannya? Beliau bersabda: Menyuruh untuk melakukan kebaikan dan menahan diri dari kejahatan, maka hal itu adalah sedekah baginya. (HR Al Bukhari, Muslim dan Ahmad).

2. Dari Abu Hurairah Ra, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda: Tidaklah seorang hamba memasuki waktu pagi pada setiap harinya, kecuali ada dua malaikat yang turun. Salah satunya memohon, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya.’ Dan satu lagi memohon: ‘Ya Allah, musnahkanlah harta si bakhil.” (HR Al Bukhari dan Muslim).

3. Dari Adi bin Hatim Ra, dia berkata, “Rasulullah SAW menyebutkan tentang neraka, maka wajah beliau berubah, lalu beliau berlindung darinya sebanyak tiga kali, lalu beliau bersabda: Takutlah kalian dari api neraka, walaupun bersedekah dengan sepotong kurma. Jika kalian tidak mendapatkannya, maka dengan kalimat yang baik.” HR An-Nasa’i, At Tirmidzi dan Ahmad.

4. Dari Hakim bin Hizam Radhiyallhu Anhu, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda: ‘Tangan di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Mulailah memberi dari orang yang berada di bawah tanggunganmu, dan sebaik-baiknya sedekah ketika merasa cukup, barang siapa menjaga kehormatan dirinya niscaya Allah menjaganya, barang siapa yang merasa cukup maka Allah akan mencukupkannya.”(HR Al Bukhari, Ahmad, An-Nasa’i (dari Abu Hurairah).

Ayat Al-Quran Tentang Sedekah

Hadist Tentang Sedekah
Sumber: shutterstock.com

Bagi orang yang bersedekah niscaya akan mendapatkan ganjaran yang setimpal dengan sedekah yang diberikan. Allah berfirman dalam QS. Ali Imran ayat 92 yang berbunyi:

لَن تَنَالُوا۟ ٱلْبِرَّ حَتَّىٰ تُنفِقُوا۟ مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنفِقُوا۟ مِن شَىْءٍ فَإِنَّ ٱللَّهَ بِهِۦ عَلِيمٌ

Artinya: “Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan (sebagian harta) yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.”

Selain itu, Allah juga berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 267 yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَنفِقُوا۟ مِن طَيِّبَٰتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّآ أَخْرَجْنَا لَكُم مِّنَ ٱلْأَرْضِ ۖ وَلَا تَيَمَّمُوا۟ ٱلْخَبِيثَ مِنْهُ تُنفِقُونَ وَلَسْتُم بِـَٔاخِذِيهِ إِلَّآ أَن تُغْمِضُوا۟ فِيهِ ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ غَنِىٌّ حَمِيدٌ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.”

Sedekah bukan menjadikan seorang Muslim menjadi miskin tetapi malah menjadikan kaya raya. Hal ini sesuai dengan ayat tentang sedekah dan infaq dalam QS. Al Baqarah ayat 276 yang berbunyi:

يَمْحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرْبِى الصَّدَقٰتِ ۗ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيْمٍ

Yam-ḥaqullāhur-ribā wa yurbiṣ-ṣadaqāt, wallāhu lā yuḥibbu kulla kaffārin aṡīm

Artinya: “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.”

Hadist Tentang Sedekah

Hadist Tentang Sedekah

Baca juga: Inilah 6 Amalan Sedekah Jariyah yang Pahalanya Mengalir Hingga Kubur

Keutamaan Bersedekah Menurut Al-Quran dan Hadist

Hadist Tentang Sedekah
Sumber: shutterstock.com

Ada banyak sekali manfaat yang bisa dihasilkan dari sedekah, baik itu bagi penerima maupun pemberi.

Apalagi jika aktivitas berbagi dilakukan pada bulan Ramadhan. Sedekah menjadi amal yang mampu menambah dari kekurangan yang dimiliki seseorang.

Kekurangan itu justru bisa terisi dan menjadi tercukupi. Dengan sedekah, kita bisa meringankan beban yang seseorang hingga tidak akan kesusahan lagi.

Sebenarnya sedekah tidak hanya berpatok pada harta benda saja, sehingga membuat sebagian dari kita berpikir ulang melakukan amal baik ini.

Hal-hal yang berkaitan dengan non materi pun ternyata bisa saja disebut sebagai sedekah. Seperti, menolong orang lain baik dengan tenaga maupun pikiran, memberi nafkah keluarga atau istri, menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan pun masuk ke dalam sedekah.

Sampai dengan hal yang paling sederhana, Anda bisa memberikan senyum kepada orang lainpun merupakan bagian dari sedekah. Seperti yang Rasulullah sampaikan, “Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah”.(HR. At-Tirmidzi).

Melihat ada banyaknya cara untuk berbuat baik dengan sedekah ini. Rasanya, tidak ada lagi alasan bagi kita untuk berkata tidak melakukannya.

Apalagi jika mengetahui banyaknya manfaat dan keutamaan dari bersedekah. Berikut ini ada beberapa keutamaan bersedekah sebagaimana yang telah tercantum dalam Al-Qur’an maupun hadist.

1. Mendapat Ganjaran Harta Maupun Pahala yang Berlipat Ganda

Hadist Tentang Sedekah
Sumber: shutterstock.com

Salah satu hal istimewa dari bersedekah adalah mendapat pahala yang berlimpah. Hal ini sesuai dengan janji Allah tentang keutamaan bersedekah itu sendiri yang tercantum dalam Al-Quran.

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki  maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18).

Bahkan, dengan sedekah jariyah, seseorang bisa saja terus mendapatkan pahala walau ia telah mati. Amalan inilah yang biasa kita kenal dengan sedekah jariyah.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara: Shodaqoh jariyah, anak sholeh yang memohon ampunan untuknya (ibu dan bapaknya) dan ilmu yang bermanfaat setelahnya.”

Perlu kita ingat bahwa dengan bersedekah tidaklah membuat harta benda berkurang atau membuat seseorang jatuh miskin.

Justru Allah SWT telah berjanji akan melipatgandakanNYA. Sebagaimana yang tercantum dalam Al-Quran:

“Perumpaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai. Pada tiap tangkai ada seratu biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.”(QS. Al Baqarah: 261).

2. Sedekah Sebagai Penghapus Dosa, Seperti Air Memandakan Api

Hadist Tentang Sedekah
Sumber: shutterstock.com

Orang yang banyak bersedekah ibaratkan seperti air yang memadamkan api. Dosa-dosa pun terhapus dengan pahala kebaikan yang berlimpah dari amalan sedekah.

Dengan bersedekah, Allah SWT akan menghapus dosa-dosa hamba-Nya. Oleh sebab itu, jangan pernah ragu dan menolak untuk bersedekah.

Kita juga tidak pernah tahu, berapa besar dosa-dosa yang kita miliki, bukan?

Untuk itulah, sedekah bisa menjadi salah satu amalan yang harus konsisten kita lakukan.

Sebagaimana sabda Rasulullah, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi).

3. Sedekah Dapat Menjauhkan Diri dari Api Neraka

Hadist Tentang Sedekah
Sumber: shutterstock.com

Sebagaimana pada penjelasan sebelumnya, dengan sedekah mampu menghapus dosa-dosa kita. Maka, dengan bersedekah pula kita bisa terhindar dari api neraka.

Siapa yang tak ingin masuk Surga? Semua umat muslim pasti menginginkannya, salah satu jalan untuk menuju Surga yaitu dengan bersedekah.

Mengingat pahala berlipat ganda dan terhapuskannya dosa, maka kita pun bisa menjauhkan diri kita agar tidak masuk ke dalam neraka jahanam. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma.”(Muttafaqun ‘alaih).

4. Sedekah Dapat Memanjangkan Usia dan Mencegah Kematian Buruk

Hadist Tentang Sedekah
Sumber: shutterstock.com

Salah satu keutamaan dari bersedekah ini adalah mampu memperpanjang usia. Maksud dari usia ini adalah amalan kebaikan dari orang yang bersedekah ini akan terus dikenang melebihi umur hidup di dunia ini.

Selain itu, denghan sedekah, seseorang dijauhkan dari kematian yang buruk.

Hal ini seperti yang disebutkan dalam sabda Rasulullah SAW,

“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk, Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.”(HR. Thabrani).

5. Mendapatkan Naungan Pada Hari Kiamat Karena Sedekah

Hadist Tentang Sedekah
Sumber: shutterstock.com

Dijelaskan dalam ayat-ayat Al-Quran, pada hari kiamat nanti manusia akan dibangkitkan dan dikumpulkan di Padang Mahsyar.

Pada saat itu jarak matahari akan sangat dekat dengan kepala setiap orang sehingga akan terasa sangat panas.

Untuk melindungi diri dari panasnya sinar matahari inilah, Rasulullah SAWtelah memberitahukan kabar baik kepada umatnya mengenai amalan apa yang dapat menjadikan naungan dari panasnya matahari kelak.

Nantinya, saat di Padang Mahsyar setiap manusia akan menunggu giliran untuk diadili dari timbangan amal baik dan buruknya.

Bisakah kita bayangkan berapa lama manusia akan menunggu dan merasakan panasnya terik matahari yang sangat dekat dengan kepala?

Maka, dijelaskanlah dari hadits Rasulullah SAW bahwasannya yang menjadikan naungan umat manusia di hari kiamat nanti adalah amalan sedekahnya.

“Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya (pada hari kiamat) hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata: “Ditetapkan hukuman di antara manusia.” Yazid berkata: “Abul Khair tidak pernah melewati satu haripun melainkan ia bersedekah padanya dengan sesuatu, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini.” (HR. Al-Baihqi, Al-Hakim dan Ibnu Khuzaimah).

Adapula dalam riwayat lainnya, bahwasannya Rasulullah Saw bersabda:

“Naungan orang beriman di hari Kiamat adalah sedekahnya.”(HR Ahmad).

Itulah lima keutamaan bersedekah yang tentunya akan membawa keberkahan dunia dan menyelamatkan kita kelak di akhirat. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang mendapatkan keutamaan ini.

Rekomendasi Produk Sembako yang Tersedia di Evermos

Hadist Tentang Sedekah

Bagi Anda yang ingin membeli produk sembako dengan berbagai kebutuhan pangan sehari-hari, Anda bisa mendapatkannya di Evermos.

Produk sembako ini terdiri dari beberapa paket, Anda tinggal pilih sesuai dengan keinginan Anda.

Kebutuhan sembako ini tentu sangat dibutuhkan oleh siapapun, maka dari Anda dapat memanfaatkan dengan menjual produk sembako sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

Bila Anda ingin menjual produk sembako, Anda dapat menjadi reseller Evermos.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

Hadist Tentang Sedekah

Demikianlah informasi mengenai hadist tentang sedekah dan penjelasannya menurut Al-Quran serta keutamaan bagi orang-orang yang bersedekah.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan setelah tahu keutamaannya, tentu akan menyadarkan kita untuk senantiasa berbagi atau bersedekah kepada orang-orang yang berhak menerima.

Bagi Anda yang ingin bersedekah, boleh mengunjungi situs Beramal Jariyah yang merupakan yayasan yang bekerja sama dengan Evermos untuk membantu masyarakat Indonesia dalam bentuk penggalangan dana atau donasi.

Donasi tersebut nantinya akan tersalurkan untuk program-program yang dijalani seperti program peduli anak yatim, fakir dan miskin, peduli pada anak kucing yang terlandar dan masih banyak program lainnya.

Jangan lupa bersedekah! Boleh share artikel ini pada yang lain agar ikut merasakan kebermanfaatan dari isi tulisan ini.

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Silahkan untuk mengunjungi situs blog Evermos.   

×