Kultum : Golongan Orang yang Haram Diampuni Saat Bulan Ramadan

Golongan orang yang haram diampuni — Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah pada hari ini kita telah memasuki bulan Ramadan Hari ke-24. Sambil menunggu waktu berbuka puasa Anda, alangkah baiknya kita menyimak kultum (kuliah tujuh menit) atau dakwah yang disampaikan oleh Ustadzah Aisyah Farid BSA ini.

Bahasan kultum kali ini yaitu tentang “Golongan orang yang Haram diampuni” yang bisa menjadi pengingat bagi kita untuk senantiasa mendekatkan diri pada kebaikan dan menjauhkan larangan Allah.

Untuk itu, Yuk, langsung simak ulasannya pada artikel berikut ini. Untuk Video lengkapnya, Anda bisa menonton di Channel Youtube Evermos. Jangan Lupa subscribe, ya!

Golongan orang yang Haram diampuni

Sebagaimana kita tahu bahwasanya bulan Ramadan ini merupakan bulan yang penuh pengampunan. Allah menjadikan bulan yang suci ini sebagai pembuka pintu pahala dan juga penggugur dosa para umat muslim. Oleh karena itu, hendaknya kita bisa memaksimalkan amalan kita di bulan penuh yang penuh berkah dan rahmat ini.

Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa golongan orang yang haram diampuni dosanya oleh Allah SWT meskipun di bulan ramadhan ini. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, mari kita simak ulasan berikut ini

1. Pecandu Minuman keras

golongan orang yang haram diampuni
sumber : pexels.com

Mereka yang merupakan pecandu minum-minuman keras, termasuk orang yang menjual dan pembeli minuman keras, semua mereka tergolong kepada bulan suci ramadan. Larangan ini tercantum dalam sebuah hadist dan sabda Rasullullah,

“Allah melaknat peminum khamar, yang menyuguhkannya, yang menjualnya, yang membelinya, yang membuatnya, yang menyuruh membuat, yang memanggul dan yang menerimanya”. (HR Abu Daud dan Ibnu Majjah)

2. Orang yang Durhaka

golongan orang yang haram diampuni
sumber : pexels.com

Golongan orang selanjutnya yang haram mendapatkan pengampunan Allah saat Ramadan adalah golongan orang yang durhaka kepada orang tuanya. Golongan ini pun haram untuk masuk surga. Karena bagi seorang anak, surga berada pada keridhaan orang tuanya.

Maka ketika orang tua sudah tidak ridha dengan kedurhakaan anaknya, itu akan menjadi pertanda Allah SWT pun melaknat perbuatan tersebut. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al Isra ayat 23 yang berbunyi

“Maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.” Al-Isra (23)

Demikianlah ulasan mengenai kultum dari Ustadz AA Gym mengenai golongan orang yang haram mendapat Ampunan Allah SWT ini. Semoga dengan adanya kultum ini bisa membuat ibadah kita semakin lancar dan mendapat berkah serta rahmatNya.

Jangan lewatkan rangkaian kultum dengan tema menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos.

×
slot88