Syukron Jawabannya Apa? Ini Hadits Anjuran Berterimakasih

Dalam bahasa Arab, terdapat ungkapan kata “syukron” dan “afwan” ketika bereaksi terhadap bantuan dari orang lain sebagai rasa terimakasih. Pertanyaannya, bagaimana jika kita mendapatkan kata syukron jawabannya harus apa?

Ucapan terimakasih menjadi salah satu dari kumpulan magic word yang semestinya diajarkan oleh para orangtua kepada anak sejak kecil.

Meski begitu, tidak semua muslim juga mengetahui arti kata syukron, yang termasuk sebagai kosa kata bahasa Arab.

Rasulullah SAW mencontohkan kepada umatnya agar ketika menerima pemberian dari orang hendaknya kita dapat menghargainya dengan mengucapkan rasa terimakasih.

Hal ini sesuai dengan riwayat hadits berikut,

وَعَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ، فَقَالَ لِفَا وَقَالَ جَزَاكَاللهُخَيْراً ، فَقَدْ أَبْلَغَ فِي الثَّنَاء : 

Diantara ucapan terimakasih tersebut selain ucapan jazakallahu khairan katsiron juga terdapat ucapan syukron.

Lantas mendapat ucapan syukron jawabannya apa? Simak di bawah berikut untuk penjelasannya.

Arti Syukron

Melansir dari hot.liputan6, secara istilah tulisan syukron bahasa arab  شُكْرًا artinya adalah “terima kasih.” Adapun arti syukron dalam bahasa Arab berasal dari isim syakaro-yaskuru-syukron

Oleh karena itu, kata syukron juga kerap digunakan oleh orang-orang sebagai salah satu kata ungkapan syukur dan rasa terimakasih.

Ternyata mengucapkan rasa terimakasih tidak hanya sekedar ungkapan balas budi seseorang, tetapi dapat menghindarkan diri dari kufur nikmat.

Kufur nikmat atau kufur al-ni’mah artinya yaitu mengingkari nikmat yang telah Allah SWT karuniakan kepadanya.

Sikap ini merupakan sikap yang berbahaya karena seseorang dikategorikan tidak dapat bersyukur atas pemberian yang Allah berikan kepadanya.

Hadits Pentingnya Ungkapan Terimakasih

“Siapa pun yang mendapat kebaikan dari orang lain, hendaklah dia membalasnya. Jika Anda tidak dapat menemukan sesuatu untuk membalasnya, sebaiknya dia memuji orang tersebut, karena jika ia telah memujinya maka dia telah mensyukurinya. Jika dia menyembunyikannya, itu berarti bahwa “Dia menyangkal kebaikannya. Seseorang yang dihiasi dengan (kebaikan) yang tidak dia miliki, seolah-olah dia mengenakan dua helai pakaian kepalsuan.” .(HR. Tirmidzi)

Allah SWT mengaruniakan rezeki kepada seseorang dalam berbagai bentuk salah satunya adalah dengan menghadirkan orang-orang yang baik di sekitarnya.

Maka, dalam penjelasan hadits tersebut hubungan antara manusia satu sama lain yang disebut dengan habluminannas menjadi penting untuk dijaga keharmonisannya.

Syukron Afwan Artinya

Perlu untuk diketahui, bahwa ada 3 kata yang dapat menggambarkan rasa terimakasih yaitu “syukron”, “jazakallah/jazakillah/jazakumullahu,” dan “afwan”.

Meskipun secara harfiah ketiga kata tersebut terlihat sama, namun sebagai muslim kita patut mengetahui apa saja perbedaan dari syukron afwan artinya.

Syukron berarti terimakasih, adapun afwan artinya adalah maaf atau sama-sama.

Kedua kata tersebut saling bersinggungan, sehingga untuk pertanyaan syukron jawabannya apa adalah afwan.

Jawaban Syukron untuk Laki-Laki

Sementara itu, apakah jawaban syukron untuk laki-laki? Kata syukron juga dapat disanding dengan kata katsiran yang artinya adalah “terima kasih banyak.”

Berikut ini adalah variasi jawaban syukron untuk laki laki, jawaban syukron untuk perempuan yang bisa menjadi referensi bagi Anda.

  1. Syukron laka: terima kasih untukmu (diucapkan kepada laki-laki)
  2. Syukron laki: terima kasih untukmu (diucapkan kepada perempuan)

Adapun referensi untuk jawaban syukron baik laki-laki maupun perempuan keduanya dapat mengatakan kata “afwan”. 

Dalam maknanya, kata “afwan” menandakan bahwa bantuan yang telah diberikan oleh pemberi kebaikan tersebut adalah tidak seberapa atau hanya sekadarnya saja.

Kesimpulan Syukron Jawabannya adalah Afwan

Sebagai umat Muslim, Islam mengajarkan bahwa setiap pemeluknya untuk selalu memiliki sikap bersyukur.

Allah SWT akan menerima rasa bersyukur seseorang hingga seseorang tersebut dapat kembali melakukan kebaikan kepada orang lain dan mau berterima kasih kepada pemberi kebaikan tersebut.

Kita tahu bahwa segala nikmat hakikatnya yaitu berasal dari Allah SWt, sehingga manusia yang dapat memberi kebaikan adalah perantara bagi Allah SWT untuk merahmati orang tersebut atas samainya kebaikan.

Nah itulah jawaban mengenai kata syukron dan afwan, semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda sesama muslim.

Sebagai bentuk pengingat dan kebaikan, mari sebarkan artikel berikut dengan share link artikel Blog Evermos kepada orang-orang terdekat Anda.

×
slot88