Khoir Artinya? Inilah Arti Shobahul Khoir dan Jazakallah Khairan

Khoir artinya – Bahasa Arab adalah salah satu bahasa yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hal itu menjadikan ciri bahwa banyak sekali umat Islam di Indonesia karena Islam pun berasal dari tanah Arab.

Oleh karena itu banyak sekali kosakata bahasa Arab yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, salah satunya adalah khoir. 

Kata khoir memiliki banyak awalan kata yang menjadi satu kesatuan yang utuh, misalnya jazakallah khairan katsiran, shobahul khoir, dan masih banyak lagi.

Artikel ini akan membahas tentang shobahul khoir artinya dan jazakallah khairan lengkap dengan artinya.

Khoir Artinya?

khoir artinya
Sumber: google.com/bersosial

Sebelum mengetahui shobahul khoir artinya dan jazakallah khairan artinya, perlu diketahui terlebih dahulu khoir artinya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata khoir memiliki arti baik, elok (tentang perbuatan dan sebagainya).

Shobahul Khoir Artinya? 

khoir artinya
Sumber: pexels.com

Setelah mengetahui khoir artinya, kemudian ada juga kalimat yang menggunakan kata khoir yaitu shobahul khoir.

Kalimat ini adalah sebuah sapaan kepada sesama Muslim di pagi hari. Banyak masyarakat Indonesia yang sudah mengetahui arti ini, namun banyak juga yang tidak mengetahuinya.

Dalam agama Islam, meskipun sudah ada kata Assalamualaikum yang biasa digunakan untuk tegur sapa sesama muslim, namun tetap banyak yang menggunakan kalimat shobahul khoir untuk bertegur sapa.

Merdeka Ongkir Ke Seluruh Indonesia

Makna Shobahul Khoir dan Keutamaan Bertegur Sapa

khoir artinya
Sumber: pexels.com

Kalimat ini bukan hanya sekedar sapaan biasa yang dilakukan di pagi hari, namun terdapat doa di dalamnya.

Oleh karena itu wajib untuk saling bertegur sapa antar umat Islam, sebagaimana sabda Rasulullah SAW tentang pentingnya bertegur sapa.

Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah kalian saling membenci, saling menghasut, saling membelakangi, dan saling memutus hubungan. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Tidak boleh bagi seorang muslim membuat (tidak bertegur sapa) dengan saudaranya sesama muslim lebih dari tiga hari.” (HR. Muslim).

Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari tersebut mengandung perintah bahwa sesama Muslim itu sangat penting untuk bertegur sapa dan berhubungan baik.

Bahkan jika bermusuhan lebih dari tiga hari pun itu adalah hal yang sangat dilarang. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk saling bertegur sapa dan memiliki hubungan baik dengan siapapun.

Shobahul Khoir Artinya dan Cara Menjawabnya

shobahul
Sumber: pexels.com

Selain itu ketika bertegur sapa di jalan dengan seseorang kemudian orang tersebut mengucapkan kalimat shobahul khoir, maka perlu untuk dijawab.

Cara menjawabnya yaitu dengan mengucapkan kalimat Shobahunnur, artinya adalah selamat pagi juga.

Maka dari itu dengan bertegur sapa sesama Muslim, kita sudah melakukan sunnah Rasulullah yakni saling bertegur sapa dan berhubungan baik dengan sesama.

Arti Jazakallah Khairan Katsiraa

jazakallah
Sumber: google.com/bersossial

Selain shobahul khoir, ada juga kalimat lain yakni jazakallah khairan yang memiliki arti terimakasih banyak.

Kalimat jazakallah khairan katsiiraa merupakan sebuah ucapan yang sering digunakan ketika ingin mengungkapkan rasa terima kasih kepada seseorang yang telah memberikan sesuatu kepada kita. 

Kemudian jazakallah khairan katsiiraa merupakan doa yang baik, dan kita harus menjawab dengan doa yang baik pula ketika ada orang yang mengucapkan kalimat tersebut kepada kita. 

Kalimat ini memiliki dua suku kata dan satu kata tambahan. Kata jazakallah dan khair merupakan dua suku kata utama, kata jazakallah memiliki arti “semoga Allah membalasmu”, kemudian kata khair memiliki arti “kebaikan”. 

Jika disatukan, maka kalimat jazakallah khairan memiliki arti yang sangat indah, yaitu “semoga Allah membalasmu dengan kebaikan”.

Selain arti dari dua kata tersebut, kalimat jazakallah khairan juga menambahkan satu kata lain yakni katsiiraa.

Kata katsiiraa dalam bahasa Arab memiliki arti “banyak”, maka dari itu jika ketiga kata tersebut digabungkan menjadi satu kalimat doa yang utuh, yakni jazakallah khairan katsiiraa memiliki arti “semoga Allah membalas kebaikanmu dengan kebaikan yang banyak pula”. 

Jawaban Jazakallah Khairan Katsiran

jazakallah
Sumber: pexels.com

Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui jawaban dari kalimat jazakallah khairan setelah kita membantu seseorang, rata-rata dari kita tentu menjawab kalimat tersebut  dengan kalimat “terima kasih kembali” atau pun dengan kalimat “sama-sama”. 

Tidak ada salahnya memang, namun jika kita mendapati ucapan terimakasih dengan bahasa Arab atau dengan kalimat jazakallah khairan, maka alangkah baiknya kita juga menjawabnya dengan bahasa Arab atau doa yang sama baiknya.

Bukan semata-mata karena ingin menjawab kalimat ini dengan bahasa Arab saja, ada pahala yang lebih besar jika kita menjawab kalimat tersebut dengan sebuah doa untuk orang yang mengucapkan kalimat tersebut. 

Jazakallah khairan jawabnya memiliki perbedaan yang disesuaikan dengan lawan bicaranya. Jazakallah khairan jawabnya adalah sebagai berikut:

1. Lawan bicara laki-laki tunggal

Jika lawan bicaranya laki-laki tunggal maka jawaban yang diucapkan yaitu “fa jazakallahu khairan”. Kalimat tersebut memiliki arti “semoga Allah membalasmu dengan kebaikan”

2. Lawan bicara perempuan tunggal 

Jika lawan bicaranya perempuan tunggal, maka jawaban yang diucapkan adalah “fa jazakillahu khairan” yang berarti “semoga Allah membalasmu dengan kebaikan”.

3. Lawan bicara lebih dari satu orang

Jika lawan bicaranya jamak maka jawaban yang diucapkan yaitu “fa jazakumullahu khairan”. Kalimat tersebut artinya “semoga Allah membalasmu dengan kebaikan”.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka wajib bagi kita untuk mendoakan kembali orang yang mengucapkan kalimat jazakallah khairan katsiiraa. 

Namun tetap harus diperhatikan kepada siapa lawan bicaranya, agar tepat dalam menggunakan kalimat untuk menjawabnya.

Demikianlah pembahasan tentang Shobahul Khoir artinya dan jazakallah khairan artinya, semoga bermanfaat!

Kunjungi terus situs Blog Evermos untuk mendapatkan dan membaca artikel islami menarik lainnya.

Selain itu, dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

  1. Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  2. Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  3. Akses E-Katalog tanpa batas
  4. Belajar bisnis dipandu trainer professional
  5. Gratis Ongkir*
  6. Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  7. Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  8. Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah ini.

YUK, GABUNG DISINI!

×
slot88