Arti dan Jawaban Jazakallah Khairan Katsiran dalam Bahasa Arab

Ketika seorang muslim membantu saudara seimannya, maka ia kerap menerima ucapan Jazakallah Khairan Katsiran. Lalu, apa arti dan jawaban Jazakallah Khairan Katsiran?

Jazakallah adalah ucapan terima kasih dalam bahasa Arab. Sebagai umat Muslim, kamu pasti sudah tidak asing dengan ajaran Nabi Muhammad mengenai berbuat baik kepada sesama.

Tindakan menolong ini juga ada adabnya. Ketika seseorang menolong kita, maka berikanlah ucapkan rasa syukur dan apresiasi atas bantuan orang tersebut. 

Seperti sebuah hadits riwayat Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw. bersabda “Tidak dikatakan bersyukur pada Allah bagi siapa yang tidak tahu terima kasih pada manusia.”  

Sehingga tidak heran jika kamu menolong seseorang, lalu ia mengucapkan jazakallah khairan katsiran. Tentu ketika menerima ucapan ini, kamu juga harus membalasnya. 

Berikut ini adalah arti dan jawaban dari jazakallah khairan katsiran yang bisa kamu ucapkan. 

Baca juga: Khoir Artinya? Inilah Arti Shobahul Khoir dan Jazakallah Khairan.

Arti Jazakallah Khairan Katsiran 

Dalam bahasa Arab, ada tiga versi dalam mengucapkan kalimat jazakallah. Pertama, jika ucapan terima kasih ditunjukkan untuk laki-laki, maka ucapannya adalah “Jazakallah Khairan” (جزاك اللهُ خيراً). 

Kedua, jika kalimat terima kasih untuk perempuan, maka mengucapkan “Jazakillah Khairan” (جزاك اللهُ خيراً). 



Ketiga, jika ucapan terima kasih untuk orang banyak atau lebih dari satu orang, maka mengucapkan “Jazakumullah Khairan” (جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا).

Arti dari ketiga ucapan tersebut sama, yaitu “semoga Allah membalas kebaikanmu.”

Adapun Katsiran artinya adalah “banyak”. Sehingga, Jazakallah Khairan Katsiran (جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا) artinya “Semoga Allah membalas kebaikanmu dengan kebaikan yang banyak”. 

Selain itu, mari pahami lebih dalam mengenai perbedaan ucapan terima kasih tersebut disini: Jazakumullah dan Jazakallah, Perbedaan serta Cara Menjawabnya.

Jawaban Jazakallah Khairan Katsiran 

Sama seperti bahasa Indonesia, ada banyak ungkapan untuk memberikan jawaban orang yang berterima kasih kepada kita. Berikut beberapa jawaban Jawaban Jazakallah Khairan: 

  • Wa iyyaaka (وإياك) artinya, “kebaikan untukmu juga” (untuk laki-laki).
  • Wa iyyaakum (وَ اِيَّكُمْ) artinya, “kebaikan untuk kalian juga” (untuk lebih dari satu orang). 
  • Wa iyyaki (وإياك) artinya, “kebaikan untukmu juga” (untuk perempuan). 
  • Wa jazakallahu khairan artinya, “dan semoga Allah membalas kebaikanmu juga”. 
  • Wa antum fa jazakumullahu khairan artinya, “dan semoga Allah membalas kebaikan Anda juga.”
  • Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza (وَجَزَاكُمُ اللهُ اَحْسَنَ الْجَزَاء) artinya, “dan semoga Allah akan membalas kalian dengan balasan terbaik”

Selain jawaban di atas, kamu juga dapat menemukan ucapan jawaban lainnya disini: 3 Jawaban Jazakallah untuk Perempuan dan Laki-laki yang Benar.

Demikianlah pembahasan mengenai arti dan jawaban jazakallah khairan katsiran dalam bahasa Arab. Semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat ya!

Jika kamu ingin membaca informasi menarik lainnya kamu bisa mengunjungi blog Evermos.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Evermos untuk mendapatkan informasi mengenai program Reseller Evermos. Program ini mengajak kamu untuk memulai usaha tanpa modal!

Tertarik? Klik tombol di bawah ini untuk registrasi gratis ke platform Evermos!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)