Islam: Pengertian, Arti, dan Makna Islam, Wajib Anda Tahu

Dalam ajaran Islam, umat Muslim diperintahkan untuk melakukan kewajiban sebagai seorang muslim dalam bentuk peribadahannya adalah sholat, zakat, puasa dan sebagainya.

Peribadahan tersebut dilakukan dalam rangka bersyukur terhadap Allah SWT. 

Namun, jauh sebelum mengenal itu semua kita perlu mengetahui pengertian agama Islam sendiri.

Apa itu Islam? Bagaimana pengertian Islam sesungguhnya? Kemudian apa yang seseorang lakukan apabila menjadi Islam? Tim Evermos akan mengulas informasinya dalam artikel berikut.

Arti dan Pengertian Islam

Dari segi bahasa, Islam berasal dari kata “aslama”, “yuslimu”, “islaaman,” dan memiliki arti yaitu tunduk, patuh dan selamat. 

Seorang mukmin dan muslim memiliki sikap berpasrah diri terhadap Allah SWT dan ketundukan secara total terhadap Allah SWT.

Setelah kita mengetahui maknanya sendiri yaitu agar selamat, sehingga setiap muslim haruslah mampu menyelamatkan diri sendiri, dan menyelamatkan orang lain.

Pengertian Agama Islam

Sebelum beralih ke pengertian agama Islam, kita perlu mengetahui arti dari agama itu sendiri.

Bersumber dari wikipedia, Agama adalah sebuah sistem kepercayaan atau keyakinan yang dimiliki manusia.



Kepercayaan tersebut bersumber dari Tuhan, sehingga aturan yang dimiliki jelaslah bersumber dari siapa.

Agama mencakup tata kaidah yang berhubungan dengan kehidupan manusia, sehingga satu sama lain saling terikat.

Sementara itu, arti Islam adalah agama yang sempurna, agama yang mengatur segala aspek dalam kehidupan manusia baik ibadah atau habluminnallah (hubungan manusia dengan Allah SWT) maupun aspek habluminnanas (hubungan manusia dengan sesamanya.

Allah SWT juga berfirman dalam Al-Qur’an bahwasanya agama ini yang paling sempurna, yang bersih, yang universal.

Apa itu Islam

Kita tentu sering mendengar istilah Islam dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga termasuk salah satu penganut diantaranya.

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri, jumlah penduduk Muslim di Indonesia sebanyak 237,53 juta jiwa per 31 Desember 2021.

Yang artinya jumlah ini mencakup mayoritas masyarakat Indonesia saat ini.

Oleh karena itu, sebagai Muslim yang bijak kita perlu mengetahui istilah lain yang disematkan dalam kata Islam berikut ini.

  • Assalmu berarti damai, damai. Islam adalah agama damai dan setiap Muslim harus menjaga perdamaian.
  • Aslama berarti ketaatan, pengabdian. Seorang Muslim harus tunduk kepada Allah dan patuh mengikuti ajaran berikut.
  • Istaslama artinya berserah diri.
  • Salim artinya bersih dan suci. Inilah gambaran hati seorang muslim yang suci, suci dan jauh dari syirik atau menyekutukan Allah.
  • Salaam berarti aman, keamanan. Islam adalah agama keselamatan. Jika seorang muslim menerapkan ajarannya dengan baik, maka Allah akan selalu menyelamatkannya, baik di dunia maupun di akhirat.

Arti Islam dalam Al-Qur’an

Sementara itu, Allah telah berfirman dalam surat Al-Maidah ayat 3 terkait arti agama itu sendiri,

..اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ فَمَنِ اضْطُرَّ فِيْ مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّاِثْمٍۙ فَاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Artinya:”..Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu. Tetapi barangsiapa terpaksa karena lapar, bukan karena ingin berbuat dosa, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

Agama Islam adalah satu satunya agama yang diridhai oleh Allah, hal ini terkandung dalam surah Ali-Imran ayat 19, sebagaimana berikut.

اِنَّ الدِّيْنَ عِنْدَ اللّٰهِ الْاِسْلَامُ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ اِلَّا مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًاۢ بَيْنَهُمْ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ فَاِنَّ اللّٰهَ سَرِيْعُ الْحِسَابِ

Artinya: “Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam. Tidaklah berselisih orang-orang yang telah diberi Kitab kecuali setelah mereka memperoleh ilmu, karena kedengkian di antara mereka. Barangsiapa ingkar terhadap ayat-ayat Allah, maka sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya.”

Kesimpulan 

Agama Islam adalah agama yang sempurna, agama yang suci, agama yang bersih dari campur tangan makhluk-Nya dan agama yang bersifat universal atau dapat dijalankan bagi siapa saja yang ridha.

Untuk menjalankan agama tersebut maka diperlukan sikap berpasrah diri terhadap ketentuan Allah SWT serta mau mempelajari ajarannya dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebab, tujuan dari agama Islam adalah agar rahmatan lil alaamin, yang artinya adalah dapat menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Ketika Islam dapat berjaya, maka agama tersebut dapat bersifat rahmatan lil alamin, sehingga setiap pribadi muslim dapat turut mengamalkan ajarannya sungguh-sungguh.

Untuk mendapatkan rezeki yang berkah, Islam menganjurkan untuk memperbanyak ikhtiar bagi manusia.

Salah satu ikhtiar yang dapat dilakukan dalam situasi tengah pandemi seperti saat ini adalah berjualan.

Cuma Modal HP Udah Bisa Buka Usaha, Mau? Evermos Solusinya!

Buat buka usaha, Anda tidak perlu lagi pusing mikirin modal, stok atau siapa suppliernya, dan kemana buat promosiinnya!

Karena sekarang hanya dengan modal HP saja Anda sudah bisa jualan ribuan produk lokal yang pastinya berkualitas.

Hanya dengan download dan install aplikasi Evermos di HP sekarang juga dan lakukan pendaftaran sebagai reseller Evermos buat langsung ikhtiar dari sekarang juga,

Dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS,

  • Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  • Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  • Akses E-Katalog tanpa batas
  • Belajar bisnis dipandu trainer professional
  • Gratis Ongkir*
  • Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  • Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  • Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik button di bawah berikut.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Sekian informasi pengertian dan arti dari Islam yang dapat Admin sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda.

Sebarkan juga artikel berikut melalui platform media sosial dengan share link kepada orang-orang terdekat Anda yang membutuhkannya.

Untuk membaca artikel menarik dan informatif lainnya, kunjungi Blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)