Habibati Artinya? Inilah Panggilan Romantis Bahasa Arab yang Populer

Habibati artinya – Sebagai suami yang baik, tentu Anda memiliki panggilan sayang untuk istri Anda. Apalagi sebagai pasangan pengantin baru.

Banyak sekali panggilan untuk menunjukkan rasa cinta kepada pasangan Anda, entah itu kata-kata menggemaskan ataupun kata-kata romantis.

Biasanya masyarakat Indonesia sering memanggil pasangannya dengan kata-kata lucu dan unik.

Namun banyak juga yang menggunakan bahasa Arab dalam memanggil istri tercintanya. Salah satu panggilan yang sering digunakan yaitu Habibati. 

Panggilan ini banyak sekali digunakan di luar dan dalam negeri. Namun sebenarnya habibati artinya apa, sih? Berikut ini ulasan lengkapnya untuk Anda.

Habibati Artinya adalah?

habibati artinya
Sumber: pexels.com

Kata habibati artinya adalah kekasihku, kesayanganku, yang tercinta. Dengan kata lain kata ini adalah sebuah panggilan dengan rasa cinta untuk istri tersayang.

Habibati adalah lawan dari panggilan sayang untuk suami, yakni habibie, yang sama-sama memiliki arti kekasihku, sayangku, cintaku, dan panggilan romantis lainnya. 

Selain itu kata habibati bukan hanya digunakan di dalam negara Arab saja, di Afrika kata ini pun memiliki arti yang sama yakni terkasih dan tersayang.

Nah, di Indonesia sendiri kata ini masih jarang digunakan, karena kebanyakan orang Indonesia lebih banyak menggunakan bahasa Inggris.

Tetapi untuk kalangan tertentu, misalnya Kyai, Ustadz atau para ulama, kata habibati sering digunakan untuk memanggil istri mereka.

Arti Habibati dan Panggilan Romantis Lainnya dalam Bahasa Arab

habibati artinya
Sumber: pexels.com

Selain habibati artinya adalah panggilan sayang untuk istri, ada juga panggilan sayang untuk para suami atau istri tercinta

1. Habibie

Panggilan sayang atau terkasih selain habibati adalah habibie. Habibie memiliki arti yang sama dengan habibati.

Hanya saja penggunaan kata habibie ditujukan untuk suami atau laki-laki. Kata ini pun tergolong romantis dan banyak digunakan sebagai nama seseorang.

Kemudian kata habibie tak hanya digunakan di Arab saja, namun banyak orang Indonesia yang menggunakannya.

Bahkan ada salah satu lagu qasidah yang sangat terkenal di Indonesia yang mengusung tema habibie.

Maka tak heran jika kata ini sudah menjadi hal yang sering didengar oleh masyarakat Indonesia.

2. Humaira

Selanjutnya ada panggilan sayang yang terinspirasi dari Rasulullah SAW, yaitu humairah. Nabi Muhammad SAW memanggil istrinya, Aisyah, dengan sebutan ini sebagai bentuk kasih sayang.

Humairah artinya kemerah-merahan, merah yang dimaksud di sini yaitu pipi yang merah merona.

Rasulullah memanggil istrinya selain bentuk kasih sayang, juga sebagai bentuk memanjakan Aisyah.

Di Indonesia sudah tak asing lagi dengan kata ini, karena selain habibati dan habibie, kata ini populer di beberapa lagu yang bernuansa islami.

3. Yaa Zawjatii

Kemudian panggilan sayang untuk istri yang sangat romantis yaitu yaa zawjati yang memiliki arti wahai istriku.

Kata ini dalam bahasa Arab berasal dari kata zawjatun. Kata ini adalah sebagai bentuk bahwa seorang laki-laki benar-benar merasa memiliki dan menyayangi istrinya.

4. Ya Umma Awlaadii

Nah, kalimat ini adalah salah satu bentuk panggilan sayang apabila Anda sudah memiliki anak. Apakah Anda sudah memiliki anak?

Jika iya, maka Ya Umma Awlaadii bisa menjadi kalimat sanjungan penuh makna untuk seorang istri. Ya Umma Awlaadii bermakna wahai ibu anak-anakku. 

Kalau semua anak Anda berjenis kelamin laki-laki, panggilan itu bisa diganti dengan Yaa Umma Abnaa-ii. Jika semuanya perempuan, gantilah dengan Yaa Umma Banaati.

Ada yang unik dalam penggunaan kata ini di Indonesia. Ibu untuk anak-anakku sering dijadikan bahan untuk gombal.

Biasanya para pria menggunakan kalimat ini sebagai bentuk gombalan atau godaan kepada wanita. 

Namun konteks dalam kalimat gombalan itu hanya untuk bersenang-senang saja dan sebagai lelucon.

5. Hubby

Kemudian ada panggilan cinta lainnya untuk suami, yakni hubby. Hubby merupakan bahasa Arab yang memiliki arti cinta atau cintaku.

Meskipun terdengar seperti bahasa Inggris, kata ini juga mirip sekali dengan panggilan Abi untuk suami.

Namun di Indonesia jarang sekali yang mengetahui kata ini apalagi menggunakannya. Karena kata ini memang tidak sepopuler Abi, Habibie, dan yang lainnya.

Panggilan Romantis untuk Istri dalam Bahasa Inggris

habibati artinya
Sumber: pexels.com

Selain panggilan sayang kepada pasangan dari bahasa Arab yang populer di Indonesia, ternyata banyak juga panggilan sayang yang berasal dari bahasa Inggris dan populer di Indonesia.

1. Honey

Nah, ini adalah panggilan sayang yang paling sering didengat oleh masyarakat Indonesia, yaitu honey.

Honey dalam bahasa Inggris sebenarnya artinya madu, namun dalam konteks ini honey memiliki arti sayang yang terkesan manja.

2. Bunny

Bunny juga merupakan panggilan sayang dalam bahasa inggris yang sering sekali digunakan untuk memanggil orang-orang yang kita cintai. 

Panggilan Bunny ini pun lebih memiliki kesan yang lucu dan manis. Banyak sekali orang yang menggunakan kata ini sebagai bentuk kasih sayang.

3. Sweety

Kemudian panggilan sayang lainnya yang populer di Indonesia yaitu sweety. Sweety adalah sebuah ungkapan untuk menunjukkan rasa sayang kepada pasangan.

Jadi, itulah arti habibati dan panggilan romantis lainnya dalam bahasa Arab dan Inggris yang bisa Anda gunakan untuk memanggil istri atau suami Anda.

Jika Anda ingin membaca kata-kata bijak lainnya, silahkan klik di sini untuk mengunjungi situs Blog Evermos.

Tak lupa, bagi Anda yang ingin berjualan tanpa modal dan berpenghasilan besar setiap bulannya, langsung saja daftar menjadi reseller Evermos di sini.

×