Allahu Yahdik: Arti, Makna, dan Hikmah Mengucapkannya

Allahu yahdik – Sebagai umat muslim yang hidup di Indonesia, terkadang banyak kata atau istilah dalam bahasa Arab yang ternyata adalah sebuah doa yang tidak diketahui.

Wajar saja karena seringkali kata atau istilah yang diucapkan karena terlalu sering didengar atau diucapkan orang lain, jadi secara makna, kita tidak mengetahuinya.

Misalnya, kalimat barakallah fii umrik dan jawaban barakallah fii umrik yang jarang diketahui. Ada juga makna dari Assalamualaikum yang belum tentu semua orang tahu.

Selain itu kata yang sering didengar atau digunakan namun jarang diketahui artinya yaitu afwan, allahull musta’an dan masih banyak lagi.

Terlepas dari itu, ada juga kata bahasa Arab yang sering diucapkan namun tak banyak orang yang mengetahui arti dan maknanya, serta kapan waktu yang tepat untuk mengucapkan kata itu.

Namun jangan  takut, artikel kali ini akan membahas arti Allahul Yahdik dan kapan waktu yang tepat untuk mengucapkannya. Simak ulasannya berikut itu.

Arti Allahu Yahdik

Allahu yahdik
Sumber: google.com/bersosial

Allahu Yahdik atau dalam tulisan Arab اللَهُ يَهْدِك berasal dari dua suku kata, yaitu “Allah” dan Yahdik”.

Allah adalah Tuhan, dan Yahdik berarti “membalas dengan kebaikan” atau bisa berarti “memberikan petunjuk kebaikan”.

Maka Allahu Yahdik artinya “Semoga Allah memberikan petunjuk atau hidayah” atau “Semoga Allah membalas kebaikanmu”.

Oleh karena itu kalimat Allahu Yahdik merupakan sebuah doa yang secara tidak sadar diucapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu merujuk pada arti Allahu Yahdik. Maka sebagai umat muslim kita sangat dianjurkan untuk mengucapkan kalimat-kalimat yang baik.

Makna Allahu Yahdik

Allahu yahdiok
Sumber: google.com/bersosial

Kalimat Allahu Yahdik merupakan sebuah doa yang bisa kita ucapkan dan minta kepada Allah untuk saudara atau teman kita.

Makna dari arti kalimat tersebut adalah doa untuk saudara atau teman yang sedang dalam situasi sulit dan semoga mendapatkan hidayah.

Selain itu kita juga sekaligus mendoakan agar teman dan saudara kita selalu diberikan oleh Allah SWT.

Jadi, dengan kita mengucapkan kalimat ini kepada saudara atau teman, saat itu pula kita mendoakannya. Hal itu tentu sangat disukai oleh Allah SWT.

Bacaan Allahu Yahdik Sesuai kepada Siapa Ditujukannya

kalimat toyyibah
Suber: google.com/bersosial

Kalimat Allahu Yahdik memiliki bacaan yang berbeda tergantung untuk siapa kita mengucapkan itu. Berikut ini adalah perbedaannya:

1. Kepada seorang laki-laki

Jika lawan bicara atau doa yang ditujukan kepada seorang laki-laki, maka yang harus diucapkan adalah اَللهُ يَهْدِيكَ atau dalam tulisan latin yaitu Allahu Yahdika

2. Kepada seorang perempuan

Selain itu, jika kalimat ini ditujukan kepada seorang perempuan, maka kalimatnya menjadi اَللهُ يَهْدِيكِ atau dalam bahasa latin yaitu Allahu Yahdiki.

3. Kepada dua orang laki-laki maupun perempuan

Kemudian ada pula kalimat Allahu Yahdik ditujukan kepada dua orang laki-laki atau dua orang perempuan, atau di antara keduanya adalah laki-laki dan perempuan.

Maka kalimatnya menjadi اَللهُ يَهْدِيكُمَا atau dalam tulisan latinnya yaitu Allahu Yahdikuma.

4. Kepada banyak laki-laki

Sedangkan jika ditujukan kepada banyak laki-laki, maka kalimatnya menjadi اَللهُ يَهْدِيكُمْ atau tulisan latinnya yaitu Allahu Yahdikum.

5. Kepada  banyak perempuan

Kemudian yang terakhir yaitu ditujukan kepada banyak perempuan, maka kalimatnya menjadi اَللهُ يَهْدِيكُنَّ atau dalam tulisan latinnya yaitu Allahu Yahdikunna.

Jadi meskipun kalimat tersebut adalah doa, ternyata ada perbedaan dalam mengucapkannya sesuai dengan kepada siapa doa tersebut ditujukan.

Namun terlepas dari itu semua jika mengucapkannya kepada siapapun bisa juga mengucapkannya hanya dengan kalimat Allahu Yahdik saja. Karena bagaimana pun kalimat tersebut adalah doa.

Kapan Waktu yang Tepat Mengucapkan Allahu Yahdik?

doa
Sumber: google.com/bersosial

Dalam mengucapkan kalimat ini ada waktu-waktu tertentu yang sering digunakan dalam mengucapkannya.

Pertama, ucapkan kalimat ini jika ada teman atau saudara yang sedang jauh dari Allah atau dari agama.

Kita bisa mengucapkan doa ini dan meminta agar teman atau saudara kita bisa kembali lagi kepada Allah dan jalan yang benar.

Kemudian kita mendoakan dan membaca kalimat ini ketika ada teman atau saudara kita yang melakukan kemaksiatan.

Maka dari itu wajib bagi kita sebagai saudara seislam untuk mendoakannya agar teringat pada Allah.

Ada pula jika ada seseorang yang berada dalam kesesatan, maka kita bisa mengucapkan doa tersebut di dalam hati.

Tetapi perlu diingat, jangan sampai kita mengucapkan kalimat tersebut karena merasa paling benar dan merendahkan orang lain.

Namun ucapkan dengan tulus dan doakan dengan ikhlas tanpa merendahkan orang lain. Agar kita mendapat pahala juga dari Allah karena telah mendoakan saudara seiman.

Hikmah Mengucapkan Allahu Yahdik

Ada hikmah yang didapat ketika mengucapkan kalimat ini, yakni saling mendoakan dan saling mengingatkan sesama muslim.

Karena jika kita mendoakan saudara atau teman yang sedang jauh dari Allah dan selalu berbuat maksiat, secara tidak langsung kita juga diingatkan agar tidak berbuat maksiat dan harus mendekatkan diri kepada Allah.

Maka mengucapkan kalimat ini sama dengan mengingatkan diri sendiri agar tidak terjerumus dalam dosa.

Demikianlah ulasan mengenai arti Allahu Yahdik, makna hingga hikmah yang didapat ketika mengucapkan kalimat tersebut.

Selalu kunjungi situs Blog Evermos untuk mendapatkan artikel islami menarik lainnya. Semoga bermanfaat!

Bagi Anda yang ingin berpenghasilan dan berjualan tanpa modal cuma dari HP, langsung saja bergabung menjadi reseller Evermos di sini.

×