Pahami Permasalahan Generasi Sandwich beserta Solusinya Berikut Ini

Generasi Sandwich

Pernahkah Anda mendengar kata Generasi sandwich atau sandwich generation? Istilah ini mungkin terdengar masih asing di telinga Anda, namun istilah ini sedang ramai diperbincangkan. Sebenarnya apa itu generasi sandwich? Langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Generasi Sandwich?

generasi sandwich

Sumber: google/bersosial

Generasi sandwich adalah suatu julukan bagi generasi yang harus membiayai dua generasi sekaligus yaitu orang tua dan anak-anaknya.

Mengapa demikian diberi nama generasi sandwich? Cukup unik, sandwich adalah jenis makanan berupa daging yang diapit oleh roti tawar. Impitan roti tawar inilah yang kemudian dianalogikan sebagai generasi atas dan generasi bawah.

Golongan ini umumnya adalah mereka yang berusia antara 30 hingga 50 tahun dan berlaku baik laki-laki atau perempuan.

Tak bisa dipungkiri keluarga memang begitu penting dalam hidup. Keluarga menjadi tempat untuk berbagi kasih sayang dan keluh kesah. Bahkan kita tidak bisa membalas jasa orang tua.

Maka dari itu, sudah seharusnya anak berbakti kepada orang tuanya. Namun ternyata situasi ini tidak selalu baik dan mudah untuk dilalui. Akan Banyak kendala yang dihadapi oleh golongan ini.

Baca Juga : Yuk, Pahami Investasi Jangka Panjang Agar Anda Bisa Kaya Di Hari Tua!

Tantangan Bagi Generasi Sandwich

generasi sandwich

sumber : pexels.com

Banyak tantangan dan tuntutan yang didapat oleh generasi sandwich. Jadi mengapa demikian bisa terjadi seperti ini dan masalah apa yang dihadapi oleh generasi ini?

Penyebab terbentuknya generasi sandwich disinyalir karena Peningkatan harapan hidup dan kekurangan orang tua menyiapkan finansial untuk masa depan.

Jumlah populasi lansia saat ini semakin banyak hingga membutuhkan dukungan perawatan dan biaya dari anaknya, Sementara anak-anak yang menanggung hidup orang tuanya juga harus memikirkan biaya untuk merawat anak-anaknya sendiri.

Generasi sandwich ini juga mendapat tuntutan besar untuk mampu multitasking baik dalam pekerjaan rumah tangga maupun karir. Di saat yang sama ia harus berbagi perhatian, waktu, materi, dan tenaga pada dua pihak berbeda.

Masalah utama untuk Generasi Sandwich adalah seringkali dihadapkan pada tekanan finansial karena pendapatan habis dipakai untuk membiayai banyak orang dan kebutuhan. Mulai dari biaya sekolah, biaya makan, biaya pengobatan, biaya kebutuhan pribadi, dsb.

Selain masalah ekonomi, mereka juga kerap menghadapi masalah kesehatan dan mental. Mereka terlalu sibuk sehingga kurang menikmati waktu personal dan istirahat.

Masalah ini juga bisa menghambat pada perkembangan karier yang mungkin terganggung karena harus berkorban waktu pada keluarga.

Depresi, stress dan kecemasan adalah sesuatu yang menghantui Generasi Sandwich. Perasaan galau, terjebak, dan perasaan bersalah sering menimpa Generasi Sandwich.

Mereka merasa meskipun sudah berusaha keras namun tetap gagal dan belum bisa memberikan yang terbaik untuk keluarga.

Jadi solusi apa yang bisa dilakukan oleh generasi sandwich ini? langsung saja simak pembahasan berikut ini

Baca Juga : Ada Rencana Investasi Reksadana Syariah? Pahami Dulu Hal Berikut Ini

Tips Menghadapi Generasi Sandwich

Persiapkan Pengetahuan Finansial

Generasi sandwich

sumber : unsplash.com

Untuk memutus Generasi Sandwich memang harus dilakukan secara sadar dari kita sendiri. Mulai dari mencari penghasilan tambahan atau membuat asuransi da investasi masa depan.

Wawasan soal finansial menjadi penting dalam hal ini dan ingat tidak ada kata terlambat untuk mulai menabung.

Hal terpenting adalah membangun mindset bahwa kelak kita harus bisa bertanggungjawab untuk diri sendiri tanpa bergantung pada anak.

Tanamkan pola pikir untuk mengizinkan anak-anak kita nanti menikmati kesuksesan mereka di masa mendatang dan fokus mengurus diri serta keluarga mereka nantinya.

Untuk orangtua yang sudah terlanjur bergantung pada bantuan kita, kita harus coba membantu dengan seikhlasnya, meski kadang tak mudah.

Komunikasikan Secara Terbuka

generasi sandwich

Sumber: google/bersosial

Kemudian kita juga bisa jujur tentang kondisi finansial yang sedang kita alami pada orang tua. Kita bisa berdiskusi mengenai pembagian tanggung jawab.

Selanjutnya untuk terus menjaga kestabilan finansial kita bisa memberikan edukasi keuangan kepada Anak. Terutama bila mereka sudah masuk usia sekolah atau remaja. Kita bisa mengajarkan kebiasaan menabung hingga mencari uang jajan sendiri, agar generasi kedepan bisa mandiri secara finansial.

Tangani Stres dengan Tepat

generasi sandwich

Sumber: google/bersosial

Sangat wajar bila kita mengalami saat dihadapkan dengan masalah. Namun hal yang terpenting adalah kita mengontrol perasaan sendiri.

Seperti kata RuPaul, Jika Anda tidak bisa mencintai diri sendiri bagaimana Anda bisa peduli pada orang lain.

Jadi solusi selanjutnya adalah jangan lupa peduli pada diri sendiri sebelum memikirkan orang lain. Bila Anda merasa Lelah akan masalah, maka Anda bisa beristirahat sejenak untuk menenangkan diri untuk menyiapkan hari yang lebih baik.

Jangan Merasa Bersalah

generasi sandwich

sumber : pexels.com

Jangan merasa bersalah bila Anda Membutuhkan waktu menyendiri atau menghabiskan waktu bertemu teman. Anda juga membutuhkan waktu untuk tidak hanya memikirkan keluarga. Hal ini menjadi penting agar Anda tetap bisa fresh dan punya energi positif saat kembali ke rumah.

Demikianlah ulasan mengenai generasi sandwich dan solusi mengatasinya.

Ada baiknya kita tidak memendam permasalahan sendiri. Jangan sungkan untuk menghubungi orang terdekat atau bantuan professional untuk menangani masalah ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.

Untuk membaca artikel menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi situs Blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×