Berita Baik Di Hari Jumat. Gencatan Senjata Israel Palestina. Kemenangan Bagi Umat Muslim

Sudah 11 hari sejak serangan bertubi-tubi terjadi di antara israel dan palestina. Pagi dini hari ini, kedua belah pihak menyatakan bahwa mulai hari ini telah diberlakukan gencatan senjata. Sebenarnya, apa itu gencatan senjata dan bagaimana kronologis terjadinya gencatan senjata israel palestina ini? Untuk penjelasan lebih lengkapnya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Gencatan Senjata Adalah

Berita hari ini telah dipenuhi oleh kabar gencatan senjata israel palestina yang menjadi ketenangan bagi warga palestina khususnya di Gaza. Sebenarnya, apa itu gencatan senjata dalam peperangan?

Menurut KBBI, gencatan senjata adalah pemberhentian tembak-menembak dalam hal ini adalah pada peperangan.

Istilah gencatan senjata ini merujuk pada penghentian perang atau konflik bersenjata apapun untuk sementarayang mana kedua belah pihak terlibat telah setuju untuk menghentikan tindakan bernafsu menyerang masing-masing.

Gencatan senjata bisa dinyatakan sebagai bagian dari akad resmi dan bisa juga tidak resmi.

Untuk gencatan senjata israel palestina ini terjadi karena sebab diplomasi yang telah dilakukan kedua belah pihak dengan mesir sebagai pihak penengah.

Untuk kronologi lebih jelasnya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Gencatan Senjata Israel Palestina

Mulai hari ini, gencatan senjata telah diberlakukan di Jalur Gaza, Palestina pada Jumat dini hari.  Gencatan senjata ini berhasil dicapai setelah Mesir menengahi kesepakatan antara Israel dan Hamas untuk menghentikan peperangan yang telah berlangsung selama 11 hari ini.

Kepastian gencatan senjata ini berasal dari kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang menyatakan kabinet keamanan menerima rekomendasi dari Mesir untuk gencatan senjata.

Dalam sebuah pernyataan, kantor Netanyahu mengatakan Kabinet Keamanan dengan suara bulat menyetujui proposal tersebut setelah mendapat rekomendasi dari kepala staf militer dan pejabat tinggi pertahanan lainnya.

Sumber diplomatik menyatakan akan ada dua delegasi keamanan Mesir yang dikirim untuk memantau kesepakatan gencatan senjata ke Tel Aviv dan Palestina.

Atas pernyataan ini, maka kelompok Palestina Hamas dan Jihad Islam pun mengkonfirmasi gencatan senjata. Pejabat Hamas telah dihubungi oleh pejabat dari Rusia, Mesir, Qatar, dan PBB untuk melakukan gencatan dengan Israel.

Baca Juga : Kenapa Israel Menyerang Palestina Menurut Al Quran? Cek Faktanya Disini!

Mari Berikhtiar dan Berdonasi Bersama Evermos?

Coba bayangkan bagaimana saudara kita yang ada di Palestina. Hingga saat ini Zionis menyerang Palestina di udara, laut dan darat. Puluhan gedung di bom dan rumah warga menjadi sasaran.

Jumlah korban gugur syahid dan luka-luka terus meningkat. Korban terdiri dari orang dewasa maupun anak-anak.

Tangan kecil mereka harus terluka bahkan hancur terkena bom. Para orangtua menangis kehilangan anaknya terlalu cepat.

Tidak hanya 1 atau 2, banyak orangtua yang menangis kehilangan anaknya. Begitupun seorang anak yang kehilangan orangtuanya.

Ya Allah, betapa memprihatinkan kondisi tersebut. Lantas, apakah kita hanya bisa berdiam diri di atas penderitaan saudara kita?

Atas musibah tersebut, Evermos bertekad membantu Anda sekalian untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi reseller Evermos.

Dengan menjadi reseller Evermos, setidaknya Anda bisa berikhtiar untuk mendapat penghasilan. Kemudian dari penghasilan tersebut, maka sebagian penghasilannya bisa kita donasikan kepada warga Palestina.

Mari kita bantu saudara kita dengan menjadi reseller produk muslim. Nantinya,  donasikan harta terbaik Anda. Berapapun nominalnya, tentu akan sangat berarti bagi mereka.

IKHTIAR & DONASI SEKARANG

Kemenangan bagi Rakyat Palestina

Anggota Biro Hubungan Arab dan Islam Hamas, Ali Barakeh, menyatakan bahwa deklarasi gencatan senjata ini adalah kekalahan bagi Netanyahu dan kemenangan bagi rakyat Palestina.

Isai pengumuman gencatan senjata ribuan orang di Gaza dan wilayah Palestina turun ke jalan untuk merayakan gencatan senjata. Masyarakat di Gaza Palestina mengibarkan bendera dan mengibarkan tanda V untuk kemenangan melawan musuh yang lebih kuat.

Karena sebagaimana kita tahu selama ini, serangan udara dari artileri Israel telah menewaskan 232 orang memperburuk situasi kemanusiaan Gaza yang sudah mengerikan. Kampanye pengeboman Israel telah membuat dua juta penduduk di Gaza, di bawah blokade Israel selama 14 tahun, putus asa mencari bantuan.

Kronologi dan Syarat Gencatan Senjata Israel Palestina

Setelah berhari-hari menemui pertempuran yang bertubi-tubi, hari ini masyarakat Gaza sedikit menemui titik terang saat munculnya kesepakatam untuk melakukan gencatan senjata.

Hamas, kelompok militan Palestina yang menguasai Jalur Gaza, bersedia menerima menandatangani perjanjian gencatan senjata dengan kontingen militer Israel dengan dua syarat.  Adapun syaratnya adalah sebagai berikut

Pertama, pasukan Israel harus menghentikan serangan ke kompleks Masjid Al-Aqsa dan menghormati tempat keagamaan tersebut.

Kedua, Israel harus menghentikan evakuasi paksa warga Palestina di lingkungan Sheikh Jarrah. Kondisi ini sesuai dengan hukum internasional, bukan hanya syarat yang diharapkan oleh otoritas Hamas.

Namun pejabat Israel menyatakan dan mengaku Israel, bagaimanapun, tidak tertarik dengan syarat apa pun. Israel menyatakan berhenti sebelum waktunya adalah memberi Hamas kemenangan yang diinginkannya.

Namun, saat ini kita patut berbangga dan bersyukur atas keputusan untuk gencatan senjata ini, mengingat apa yang sudah dilalui oleh para saudara kita di Gaza dalam jangka waktu yang sudah lama.

Demikianlah informasi mengenai gencatan senjata israel palestina dan kronologi peristiwa serta penyebab terjadinya konflik belakangan ini yang dapat Anda ketahui.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Mari kita doakan saudara muslim kita yang ada di Palestina.

Mereka sangat membutuhkan doa dari saudaranya agar tetap aman dan terjaga serta terhindar dari konflik atau serangan Israel yang ingin menghancurkan Islam.

Tak hanya bantu dengan doa, bantuan dari segi harta pun bisa Anda salurkan kepada mereka.

Dan insya Allah bantuan kita akan terus mengalir seiring dengan semangat perjuangan mereka yang tak pernah berakhir.

DONASI DISINI SEKARANG

Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya pada situs Blog Evermos. 

×