10 Tempat Wisata di Padang Panjang yang Lagi Hits dan Instagramable

Kamu berencana berlibur ke kota Padang Panjang di Sumatera Barat? Agar liburan tidak membosankan, yuk simak rekomendasi tempat wisata di Padang Panjang yang lagi hits saat ini!

Dijuluki sebagai kota Serambi Mekkah, Padang Panjang merupakan kota keempat terkecil di Indonesia. Meskipun begitu, kota ini kaya akan wisata alam yang indah dan mempesona. 

Apalagi, kota Padang Panjang ini diapit oleh 3 gunung sekaligus, yaitu Gunung Marapi, Gunung Singgalang dan Gunung Tandikek. 

Selain itu, Padang Panjang juga terkenal dengan wisata kulinernya yang unik dan khas. Banyak wisatawan Sumatera Barat yang sengaja berkunjung ke kota ini hanya untuk berwisata kuliner. 

Semakin penasaran dengan rekomendasi tempat wisata di Padang Panjang yang lagi hits? Berikut ini ulasan lengkap Tim Evermos hanya untuk kamu!

Baca juga: 10 Tempat Wisata Cikarang yang Wajib Dikunjungi!

Tempat Wisata di Padang Panjang yang Lagi Hits

1. Goa Batu Batirai

Tempat Wisata di Padang Panjang yang Lagi Hits
Sumber: google.com/bersosial

Jika kamu menginjakkan kaki ke kota Padang Panjang untuk berwisata alam sambil berjelajah, tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Goa Batu Batirai.

Goa Batu Batirai adalah wisata alam goa yang di dalamnya tersusun beberapa lapisan batu (stalaktit dan stalakmit) yang menjulur ke bawah dengan tetesan air dari batunya.

Terletak di Kelurahan Kampung Manggis, Kecataman Padang Panjang Barat wisata alam satu ini dinamakan batirai kerena susunan batu tersebut menyerupai tirai dengan keindahan warnanya yang mempesona.

Untuk masuk ke wisata alam Goa Batu Batirai, wisatawan hanya perlu membayar tiket sebesar Rp4.000 per orang saja.

2. Wisata Lubuak Mato Kuciang

Tempat Wisata di Padang Panjang yang Lagi Hits
Sumber: google.com/bersosial

Tempat wisata di Padang Panjang yang lagi hits berikutnya adalah Lubuk Mata Kucing atau Lubuak Mato Kuciang.

Lubuak Mato Kuciang ini adalah pemandian umum dengan air yang sangat jernih dan berasal dari sumber air dari pegunungan langsung.

Jika kamu mengunjungi tempat wisata ini, kamu tidak hanya dapat menikmati kesegaran airnya, namun juga pemandangan di sekitar pemandian yang dikelilingi oleh hutan dan pepohonan.

Lokasi tempat wisata ini yaitu di Kelurahan Pasar Usang, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

Adapun untuk harga tiketnya sangatlah terjangkau, yaitu hanya Rp5.000 per orang saja.

3. Air Terjun Tujuh Tingkat

Tempat Wisata di Padang Panjang yang Lagi Hits
Sumber: google.com/bersosial

Ingin berlibur ke salah satu air terjun terindah di Sumatera Barat? Di Padang Panjang, kamu bisa menemukannya di Air Terjun Tujuh Tingkat.

Seperti namanya, air terjun ini memiliki tujuh tingkat yang mengalir mengikuti aliran air sungai.

Wisatawan yang mengunjungi air terjun ini tidak hanya dimanjakan dengan keindahan pemandangannya yang mempesona, namun juga dengan airnya yang sangat sejuk dan jernih.

Pastinya wisatawan dapat berfoto-foto di air terjun ini dengan view yang instagramable. 

Untuk masuk ke air terjun Tujuh Tingkat ini, wisatawan hanya perlu membayar Rp10.000 per orang. Selain itu, wisatawan juga dapat menyewa tour guide dengan biaya tambahan.

4. Minang Fantasi (Mifan)

Tempat Wisata di Padang Panjang yang Lagi Hits
Sumber: google.com/bersosial

Tempat wisata di Padang Panjang yang lagi hits dan cocok untuk berwisata bersama keluarga adalah Minang Fantasi (Mifan) Waterpark.

Destinasi wisata yang satu ini sangat pas untuk melepaskan kejenuhan sambil berenang dan menikmati berbagai wahana waterboom.

Bahkan, Mifan Waterpark juga menyediakan tempat outbound yang ramah untuk anak-anak, lho.
Selain waterpark, Mifan juga menyediakan fasilitas penginapan yang dapat membantu wisatawan dari luar kota.

Untuk biaya masuk ke Minang Fantasi (Mifan) Waterpark ini, wisatawan hanya perlu membayat Rp40.000 – Rp50.000 per orang.

Jika kamu berencana untuk berlibur sendirian, simak tips agar perjalananmu selalu aman disini: 11 Tips Aman Travelling Sendirian Agar Uang dan Barang Anti Hilang.

5. Museum Kebudayaan Minangkabau 

Tempat Wisata di Padang Panjang yang Lagi Hits
Sumber: google.com/bersosial

Jika kamu tertarik melakukan perjalanan wisata kebudayaan Minangkabau di Padang Panjang, maka mengunjungi Museum Kebudayaan Minangkabau adalah pilihan yang tepat.

Museum ini termasuk ke dalam Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) yang terletak di Kelurahan Silaiang Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat.

Ketika mengujungi museum ini, wisatawan dapat mengenal berbagai macam koleksi kebudayaan Minangkabau termasuk dokumentasi audio hingga visualnya.

Untuk tiket masuknya juga sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp2.000 – Rp3.000 saja.

6. Kampung Budaya Religi 

Tempat Wisata di Padang Panjang yang Lagi Hits
Sumber: google.com/bersosial

Sebagai kota yang dijuluki sebagai kota Serambi Mekkah, Padang Panjang memang terkenal sebagai salah satu daerah di Sumatera Barat yang kuat akan nilai-nilai keislaman.

Nah, jika kamu tertarik menjelajah dan mengenai kebudayaan Islam di Padang Panjang, maka kamu bisa kunjungi Kampung Budaya Religi.

Destinasi wisata ini selalu hits dan ramai dikujungi para wisatawan. Selain karena keunikannya, Kampung Budaya Religi juga menjadi tempat bersejarah dari tokoh Islam Minangkabau terkenal yaitu Buya Hamka.

Karena tempat wisata ini adalah sebuah kampung, maka di dalamnya terdapat banyak destinasi wisata bersejarah lainnya yang bisa dikunjungi.

7. Air Terjun Lembah Anai 

Tempat Wisata di Padang Panjang yang Lagi Hits
Sumber: google.com/bersosial

Ketika kamu berwisata ke Padang Panjang, cobalah untuk menikmati perjalanan dengan kendaraan di tengah hutan sambil berhenti sejenak di air terjun Lembah Anai.

Air Terjun Lembah Anai adalah salah satu destinasi wisata hits yang cukup ikonik di Padang Panjang. Karena air terjunnya hanya berjarak beberapa meter dari baju jalan.

Sehingga, siapapun yang melewati jalanan dapat menyaksikan keindahan tumpahan air terjun dari tebing yang sangat tinggi.

Tak sedikit juga banyak para wisatawan yang berhenti untuk mengambil foto dengan latar belakang alam yang mempesona.

Untuk masuk ke Air Terjun Lembah Anai ini gratis ya! Jadi pengujung tidak perlu mengeluarkan biaya selain untuk parkir kendaraan.

8. Batu Limo 

Tempat Wisata di Padang Panjang yang Lagi Hits
Sumber: google.com/bersosial

Batu Limo adalah salah satu desa wisata di padang panjang yang lagi hits karena baru diresmikan pada tahun 2020.

Selain memiliki spot foto yang unik, Batu Limo juga memiliki wahana outbound hingga river boarding.

River boarding adalah olahraga berselancar di sungai. Kegiatan ini termasuk salah satu paket wisata yang cocok untuk dicoba anak-anak muda.

Bahkan di waktu-waktu tertentu, juga ada kegiatan memancang iklan larangan di sungai Batu Limo sebagai salah satu kegiatan tradisi warga setempat.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Cikarang yang Wajib Dikunjungi!

9. Desa Wisata Kubu Gadang 

Tempat Wisata di Padang Panjang yang Lagi Hits
Sumber: google.com/bersosial

Tempat wisata hits selanjutnya yang dapat dikunjungi di Padang Panjang adalah Desa Wisata Kubu Gadang.

Meskipun merupakan tempat wisata kebudayaann, namun Desa Wisata Kubu Gadang ini sangat cocok untuk wisatawan muda yang ingin mengenal lebih dalam mengenai kebudayaan Minangkabau.

Karena selain disuguhkan oleh pemandangan desa yang sangat asri, ada banyak sekali wisata budaya di Kubu Gadang termasuk kegiatan seni masyarakat tradisional.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati berbagai kuliner khas Kubu Gadang yang tidak kalah unik dan lezat.

Adapun untuk masuk ke Desa Wisata Kubu Gadang, pengujung tidak perlu membayar biaya tiket masuk karena gratis.

10. Malibo Anai Resort

Tempat Wisata di Padang Panjang yang Lagi Hits
Sumber: google.com/bersosial

Malibo Anai Ressort empat wisata di Padang Panjang yang lagi hits dan selalu ramai pengujung saat masa-masa liburan.

Karena di Malibo Anai Ressort ini terdapat pemandian alam Tirta Alami Malibo Anai dengan hamparan air yang sangat alami dan jernih.

Saking jernihnya air di pemandian ini, pengujung bisa melakukan foto under water lho.
Tidak hanya airnya saja, pengujung yang berwisata disini juga disuguhkan dengan pemandangan alam berupa hutan dan pepohonan.

Untuk mengujungi Malibo Anai Ressor, wisatawan cukup membayar sebesar Rp15.000 per orang saja.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Padang Panjang yang lagi hits dan Instagramble. Cocok untuk kamu kunjungi bersama teman-teman maupun keluarga di liburan kali ini.

Selain berbagai rekomendasi di atas, ada banyak destinasi lainnya yang tidak kalah menarik di Padang Panjang termasuk wisata kuliner yang terkenal kelezatannya.

Semoga artikel ini menambah referensi kamu dalam mempersiapkan rencana liburan!

Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya kamu dapat mengujungi blog Evermos, ya!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)