Fiddunya wal Akhirah Artinya? Ini Doa Keselamatan yang Mujarab Berikut dengan Waktu Mustajabnya

Fiddunya wal akhirah artinya – Meminta kepada Allah hal yang harus dilakukan oleh setiap umat Islam. Karena Allah-lah tempat untuk meminta dan bergantung. Salah satu doa yang harus panjatkan adalah doa keselamatan di dunia dan akhirat Fiddunya wal Akhirah.

Kalimat yang paling sering digunakan dalam sebuah doa yang fiddunya wal akhirah. Fiddunya wal akhirah artinya meminta keselamatan dan kebaikan di  dunia dan akhirat.

Selain itu doa selamat yang lengkap akan dibahas pada artikel kali ini. Bagi Anda yang belum mengetahui doa selamat dan fiddunya wal akhirah artinya, berikut ini ulasannya untuk Anda.

Fiddunya wal Akhirah Artinya? 

fiddunya wal akhirah artinya
Sumber: google.com/bersosial

Kalimat ini mungkin sering Anda dengar dan Anda ucapkan ketika berdoa, terutama doa selamat setelah sholat.

Karena kalimat fiddunya wal akhirah merupakan penggalan dari kalimat doa selamat yang biasa dibacakan setelah sholat dan tahlil.

Fiddunya wal akhirah artinya “di dunia dan di akhirat”. Namun biasanya kalimat tersebut diawali dengan kata Rabbana aatinaa yang artinya “berilah keselamatan”.

Kemudian di tengah kata fiddunya dan akhirah ditambahkan kata Hasanah dan Wafil akhirati.

Jika digabung kalimatnya menjadi Rabbana Aatinaa Fiddunya Hasanah, Wafil Akhirati. Maka artinya menjadi “Ya Tuhan kami, berilah kami keselamatan di dunia dan di akhirat”.

Dunia wal akhirat artinya di dunia dan di akhirat. Begitu juga untuk arti kata dunia wal akhirah artinya di dunia dan di akhirat.

Selain itu kalimat ini pun sering digunakan sebagai kalimat penutup dalam doa selamat yang sering dibaca.

Fiddunya wal Akhirah Artinya? Bacaan Doa Selamat Pendek

fiddunya wal akhirah artinya
Sumber: pexels.com

Doa selamat memiliki dua versi yang biasa digunakan oleh masyarakat muslim, khususnya di Indonesia.

Berikut ini adalah bacaan doa selamat versi pendek: 

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ 

Latin: Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wa fil akhiroti hasanah, waqinaa adzaabannaar 

Artinya: “Ya Tuhan kami, berila kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka.”

Doa selamat ini merupakan versi yang pendek dan biasa dibaca dalam keadaan tertentu. Selain doa yang pendek, ada juga doa selamat versi panjang yang bisa Anda baca.

Arti Fiddunya wal Akhirah? Bacaan Doa Selamat Lengkap

doa selamat
Sumber: unsplash.com

Kemudian selain doa selamat versi pendek, ada juga doa selamat versi panjang. Berikut ini adalah doa selamat versi panjang atau lengkap:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ 

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fiddiini wa ‘afiyatan fil jasadi wa ziyadatan fil ‘ilmi wa barakatan fir rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rahmatan ‘indal maut wa maghfirotan ba’dal mauti, allahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal ‘afwa ‘indal hisab, rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa mil ladunka rahmah, innaka antal wahhaab, rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah, wafil akhirati hasanah waqinaa ‘adzaa ban naar.

Artinya: “Ya Allah kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati. 

Ya, Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa, selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan. 

Wahai Allah, janganlah Engkau goyahkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

Doa Selamat Dunia dan Akhirat Pendek

fiddunya wal akhirah artinya
Sumber: pexels.com

ALLAAHUMMA INNAA NAS-ALUKAL ‘AFWA WAL ‘AAFIYATA FIDDIINI WAD DUN-YAA WAL AAKHIRATI.

Artinya: “Ya Allah, kami mohon ampunan kepadaMu dan limpahkanlah kesejahteraan agama dunia dan akhirat.”
Semoga kita semua bahagia dan selamat.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Meminta dan Berdoa kepada Allah?

waktu mustajab untuk berdoa
Sumber: unsplash.com

Ketika meminta atau berdoa kepada Allah, ada beberapa waktu yang bisa dikatakan mustajab untuk berdoa.

Berikut ini adalah waktu yang mustajab untuk berdoa agar dikabulkan oleh Allah SWT:

1. Ketika selesai sholat fardhu

Waktu yang pertama untuk berdoa adalah ketika selesai sholat wajib. Seperti hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi.

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ قَالَ جَوْفَ اللَّيْلِ الْآخِرِ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوبَاتِ 

Dari Abu Umamah ia berkata; Rasulullah shallallahu wa`alaihi wa sallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: “Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib.” (HR. Tirmidzi).

2. Ketika selesai adzan dan iqamah

Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Imam Abu Daud, dan Imam Nasai berikut ini adalah penjelasan bahwa doa yang dipanjatkan ketika selesai adzan dan iqamah tidak akan ditolak.

الدُّعَاءُ لَا يُرَدُّ بَيْنَ الْأَذَانِ وَالْإِقَامَةِ

Artinya: “Doa yang dipanjatkan di antara azan dan iqamah tidak ditolak.” (H.R Tirmidzi, Daud, dan Nasai).

3. Ketika sepertiga malam

Kemudian doa yang mustajab dikabulkan adalah di sepertiga malam. Pada waktu ini dirikanlah sholat malam atau tahajud, Allah akan mengabulkan doa yang dipanjatkan pada waktu ini.

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ قَالَ جَوْفَ اللَّيْلِ الْآخِرِ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوبَاتِ 

Artinya: “Dari Abu Umamah ia berkata; Rasulullah shallallahu wa`alaihi wa sallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: “Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib.” (HR. Tirmidzi).

Jadi, fiddunya wal akhirah artinya meminta diselamatkan di dunia dan akhirat. Itulah tadi ulasan mengenai fiddunya wal akhirah dan doa selamat serta waktu yang mustajab untuk berdoa.

Terus kunjungi situs Blog Evermos untuk membaca artikel islami lainnya. Semoga bermanfaat.

Jika Anda ingin mendapatkan uang tanpa harus mengeluarkan modal, mudah saja. Yuk gabung jadi reseller Evermos dan dapatkan jutaan rupiah setiap bulannya.

×